Supply Chain Management

Nah, ini termasuk kesukaan saya. Selain karena basic saya dari Teknik Industri, Supply Chain Management juga sangat asik untuk di pelajari. Karena dengan supply chain ini kita bisa mempelajari dan juga mengetahui aliran produk mulai dari hulu sampai hilir atau mulai dari pemasok sampai pada pelanggan berikut rantai nilainya. ya udah lah, kita langsung aja bahas yah.
Supply chain adalah sebuah sistem yang melibatkan proses produksi , pengiriman, penyimpanan , distribusi dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan akan produk tersebut .
Supply chain didalamnya termasuk seluruh proses dan kegiatan yang terlibat didalam penyampaian produk tersebut sampai ketangan pemakai (konsumen). Semua itu termasuk proses produksi pada manufaktur , sistem transportasi yang menggerakkan produk dari manufaktur sampai ke outlet retailer , gudang tempat penyimpanan produk tersebut , pusat distribusi tempat dimana pengiriman dalam party besar dibagi kedalam party kecil untuk dikirim kembali ke toko-toko dan akhirnya sampai ke retailer yang menjual produk-produk tersebut.

Tujuan dari supply chain adalah untuk memastikan sebuah produk berada pada tempat dan waktu yang tepat untuk memenuhi permintaan konsumen tanpa menciptakan stok yang berlebihan atau kekurangan.
Sebuah operasi yang effisien dari supply chain tergantung pada lengkap dan akuratnya aliran data yang berhubungan dengan produk yang diminta dari retailer kepada buyer , sistem transportasi dan kembali ke manufaktur.
Dalam rangka memenuhi stok barang yang tersedia untuk retailer , manufaktur harus menentukan jumlah produk yang diproduksi pada waktu tertentu. Dengan demikian berarti manufaktur harus meramalkan/ membuat perkiraan jumlah penjualan. Dalam hal ini yang terbaik dilakukan adalah bersama-sama dengan retailer menggunakan suatu tolak ukur seperti misalnya CPFR( Collaborative Planning Forecasting and Replenishment ). Ramalan ini digunakan untuk memperkirakan jumlah dan jenis bahan mentah yang harus dibeli, pengapalan dan waktu pengiriman untuk bahan mentah tersebut dan waktu yang dibutuhkan untuk proses di manufaktur. Kemudian barang yang sudah jadi disimpan didalam gudang sampai diorder oleh distributor.
Distributor membeli produk dari manufaktur dalam jumlah yang besar dan mungkin barang tersebut dimuat dalam truck , pallet atau kemasan lain dari produk tersebut.
Pada saat distributor menerima pengiriman , kemudian dipecah menjadi pengiriman yang lebih kecil untuk dikirim ke retailer.
Lima prinsip dasar yang menjadi bagian penting pada manajemen supply chain adalah:
1. Planning / perencanaan
2. Sourcing / sumber barang
3. Manufacturing
4. Pengiriman
5. Pengembalian

Tujuan dari manajemen supply chain adalah untuk menjamin kesatuan gerak dari jumlah dan kwalitas yang memadai pada persediaan yang meliputi banyak hal seperti perencanaan dan komunikasi. Lebih sederhana lagi dapat diartikan bahwa tujuan dari management supply chain adalah untuk memastikan seluruh item barang berada pada tempat dan waktu yang tepat agar dapat memberikan keuntungan yang terbaik dan service kepada customer.
Keuntungan dari manajemen supply chain yang efektif adalah untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal pada saat barang dan jasa bergerak melalui jalur supply sementara itu terjadi penurunan biaya dan peningkatan nilai tambah untuk service ke customer.

Faktor-faktor yang mendorong manajemen supply chain:
• Manufacturer : memastikan biaya produksi yang lebih rendah
• Customer : pengiriman produk yang lebih cepat memenuhi permintaan yang berubah-ubah

Pada saat ini supply chain didorong oleh operasi pada manufaktur untuk memastikan biaya produksi yang lebih rendah. Dorongan customer terhadap lingkungan keduanya baik itu manufaktur dan supply chain dimana pengiriman produk harus lebih cepat untuk menjamin retailer dapat memenuhi permintaan pasar yang selalu berubah dengan cepat.
Untuk beberapa tahun yang lalu , kwalitas yang tinggi dari produk manufaktur selalu merupakan keharusan dalam persaingan. Bagaimanapun , selagi kwalitas produk ditingkatkan , memenuhi permintaan khusus konsumen untuk pengiriman produk telah menjadi hal yang sangat penting untuk persaingan yang akan datang. Ukuran sebuah perusahaan yang sukses dilihat dari sebaik apa mereka mengetahui lebih dahulu kebutuhan pasar.
Ekonomi global saat ini , manufaktur , supplier , distributor, supplier logistik , operator pergudangan dan retailer harus melihat pangsa pasar mereka dari sudut pandang yang besar dan bukan sesederhana dalam sudut pandang mereka sendiri.
Manajemen makro memberikan gambaran untuk hubungan bisnis internal dan eksternal. Tujuannya adalah meningkatkan efisiensi dari sebuah organisasi bersama dengan seluruh faktor yang dapat diandalkan untuk membawa sebuah produk mulai dari bahan mentah sampai ke titik akhir penjualan.
Sejak tidak adanya pengawasan sungguh-sungguh terhadap seluruh aspek dari supply chain itu sendiri, sangat penting sekali bahwa seluruh mitra didalam supply chain mengkoordinasi usaha mereka untuk merendahkan biaya dengan memaksimalkan pelaksanaan tugas mereka masing-masing. Semua ini membutuhkan usaha kerjasama dari seluruh mitra yang berhubungan untuk berbagi data dan pengawasan pada biaya.
Dalam menerapkan manajemen makro pada supply chain , sekumpulan tolak ukur harus dibangun untuk mengukur efisiensi dari masing-masing operasi didalam supply chain.
Sebagai contoh , mitra harus membuat ukuran untuk menunjukan jumlah dan angka dari kedatangan tepat waktu terhadap jadwal kedatangan dari barang dan jasa.
Pada saat diidentifikasi, tolak ukur ini menjadi standar yang ditentukan oleh seluruh mitra didalam supply chain.
Informasi yang berkaitan dengan tolak ukur tersebut harus:
• Terbuka
• Dimengerti
• Bertindak untuk supply chain



Comments :

55 komentar to “Supply Chain Management”
Anonim mengatakan...
on 

wah..lengkap bgt ngulasnya, emangdasar basic nya ada sih ya..
Hmm...banyak belajar nih dari sini..
matur nuhun kunjungannya
-salam persaHabatan-
Yup !

Anonim mengatakan...
on 

Supply Chain ama PPIC atau Production Planning Inventory Control apa dong??...kalo aku baca Supply Chain kayaknya sama deh ama PPIC...tapi karena yang nulis ini anak teknik industri, mungkin lebih tau bedanya biarpun dikit...

Anonim mengatakan...
on 

sebelumnya terima kasih atas komentarnya..
sebenernya bukan beda dikit lagi bu, tapi emang perbedaannya sangat jauh sekali. Kalau SCM itu mengatur rantai nilai dari mulai pemasok trus masuk ke perusahaan (dari mulai gudang bahan baku, masuk ke bagian perencanaan, masuk ke produksi, ke pemeriksaan, sampai gudang barang jadi) serta sampai ke para distributor dan sampai ke pelanggan. Nah, kalau PPIC itu sebenarnya salah satu divisi dalam bagian produksi (operasi) yang melakukan perencanaan produksi dan juga mengelola persediaan.
Mungkin seperti itu perbedaannya.

Anonim mengatakan...
on 

seep deh ilmunya, tapi dedi bukan anak teknik, apakah bisa cara suplaynya diterapkan dengan jurusan laen??..

Aulia R.N. mengatakan...
on 

sipp bgt boss ulasannya :) bisa saya aplikasikan nih sistem nya... thx atas infonya ,,,

Anonim mengatakan...
on 

Mas dedi..
sebenernya ini bukan masalah jurusannya, sebenernya kan ilmu pengetahuan itu bisa kita terapkan dimana saja. Hanya kitanya aja yang kurang peka ketika menerapkan ilmu itu sendiri. SCM ini bisa kita terapkan juga pada sistem logistik atau distribusi.

Anonim mengatakan...
on 

Evan, aku sih engga terlalu ngerti masalah Suplai chain Management..
Tapi asli. sumpah..ulasan kamu bagus banget
Kayanya kamu ahli banget dibidang ini

Anonim mengatakan...
on 

wah pas banget nih ilmunya...
aku juga nanti plajarin tentang SCM ini...
tapi tahun depan...
lumayan lah buat pembuka plajaran...he5
thanks ya...

Anonim mengatakan...
on 

waduh.... lengkap banget ya ulasannya... hehe

Belajar SEO Para Pemula mengatakan...
on 

haduh.. berat topiknya :D

bintang mengatakan...
on 

keren nii artikelnya :)
tentang SCMnya cukup dimengerti

Festival Museum Nusantara mengatakan...
on 

informasi yang menarik sobat

Piala Dunia 2010 mengatakan...
on 

thx for share, bro

Nyubi mengatakan...
on 

mampir sob

Chiropractic mengatakan...
on 

blognya keren

Anonim mengatakan...
on 

@ bintang , supply chain terdiri dari 5 elemen yaitu :
1. Pengembangan produk
2. Perencanaan Produksi dan Persediaan (PPIC)
3. Procurement/Pembelian
4. Produksi/operasi
5. Distribusi

dari penjelasan diatas, terlihat bahwa PPIC adalah salah satu elemen dalam supply chain management (SCM).

Industrial Estate West Java mengatakan...
on 

Uih.. manteb banget penjelasannya, ketauan banget nih bidangnya di bidang teknik industri :D

Kalo kaitannya dengan software, apakah SCM ini bagian dari ERP yang biasanya diimplementasikan untuk industri manufaktur? Atau merupakan dua apklikasi yang terpisah?

Trims. :)

obat asam urat mengatakan...
on 

mantap sekali nih informasinya sangat bermanfaat sekali gan, lam kenal aja gan

facebook photo album mengatakan...
on 

informasi yang menarik sobat

Faisal's Blog mengatakan...
on 

ulasannya bagus...
aku may nanya, kompleksitas yang bagaimana yang akan dihadapi manajer pada saat perusahaan menegelola supply chain?
thanks ya...

Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia mengatakan...
on 

Banyak bisnis tiba-tiba macet ditengah jalan karena konsumen tidak puas akibat stok macet :)

Data mobile Phone mengatakan...
on 

Nice Post.... Salam Knl

WORLD TIPS mengatakan...
on 

oh, akhirnya sya thu jugaa..

Obat Herbal Jerawat mengatakan...
on 

Wiihh mantap ilmunya..walaupun masih binging tapi ih bnyak gan..

Maag Kronis mengatakan...
on 

keerreenn artikelnya..makasih udha mau share..

Nuno mengatakan...
on 

mempelajari aliran produk mulai dari pemasok sampai pada pelanggan

toko genset mengatakan...
on 

Nice post! saya lagi nyari2 nih artikel ttg ini..

Anonim mengatakan...
on 

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

seowaps mengatakan...
on 

seowaps

Jasa Seo Indonesia mengatakan...
on 

Jasa Seo Indonesia

fashion pria 2013 mengatakan...
on 

fashion pria 2013

Motif Batik mengatakan...
on 

terima-kasih-atas-informasinya

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

obat tipes mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas infonya...
semoga semakin suksesnya....

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

MASADIK mengatakan...
on 

yuk, belajar seo di mywapblog
mempercepat pengindexan ke search engine,
Cara mengalahkan posisi blog senior pada SERP
memahami atribut rel nofollow dan dofollow
Belajar seo mwb dan Cara Mencari Backlink Berkualitas Di mywapblog
Cara mengoptimalkan SEO off page untuk blog mywapblog
Cara Mengoptimalkan SEO On-page Pada Blog Mywapblog
Cara Membuat Blog MWB Dengan Benar Menurut SEO Google
Cara verifikasi blog ke googlewebmaster tool
Cara Verifikasi blog mywapblog ke Bing
Cara Mengirimkan Peta Situs Ke Google Webmaster

Great Washers mengatakan...
on 

Anak Teknik Industri ya. Saya jurusan fisika. Salam kenal..

terbaik1 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

herbal1 mengatakan...
on 

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

faridaputri mengatakan...
on 

menarik sekali artikel yang anda buat
saya tunggu artikel selanjutnya
semoga bermanfaat salam sukses

ginanjar mengatakan...
on 

informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat kutil kelamin mengatakan...
on 

nice share

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

mlm green world Indonesia mengatakan...
on 

semoga brmanfaat sma atiklnya...

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya

greenworld Indonesia mengatakan...
on 

Terimakasih atas infonya....sukses selalu

A Health Web Blog mengatakan...
on 

mantav gan..

susu kambing mengatakan...
on 

drink milk for better life!

Sewa Mobil Surabaya mengatakan...
on 

Nice post share. Thanks for share with us that kind informative blog.

Unknown mengatakan...
on 

Hi, your blog has great informative and awesome posts. I am very glad to read it . It increased my knowledge. thanks for sharing
Cara Menyembuhkan Penyakit Chikungunya

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN CEPAT. YUK CEKK....

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN. YUK CEKK...

Anonim mengatakan...
on 

www.lampungservice.com
https://servicecentermito.blogspot.com/
https://www.crunchbase.com/organization/pt-lampung-service
https://youtubelampung.blogspot.com/
https://konsultanhp.wordpress.com/
https://komunitasyoutuberindonesia.wordpress.com
https://youtuberandroid.wordpress.com
https://youtuberterbaikindonesia.wordpress.com

Penghemat BBM mengatakan...
on 

Thanks infonya gan.. mampir jg yaa.. Barangkali butuh alat penghemat bbm untuk mobil agan..

Alat Penghemat BBM
Alat Penghemat Solar
Penghemat Bensin Mobil
Alat Penjimat Minyak
Testimoni AlcoHHO

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik