Uji Validitas

Nah, sekarang kita jalan-jalan dulu ke bagian metode penelitian dan statistik lagi. sebenernya kalau melihat bahasan ini sudah banyak sekali yang mengetahuinya dan saya juga merasa ragu-ragu untuk posting membahas masalah ini. Tapi ga apa-apa lah, mungkin nanti kalau ada yang jauh lebih mengetahuinya bisa mengkoreksi saya dengan mengisi komentarnya yah atau di shout mix juga ga apa-apa.

Nah, sekarang kenapa uji validitas ini sangat di perlukan dalam melakukan penelitian?Jadi begini, Dalam statistik Inferensial (pengambilan sampel dalam suatu populasi yang dapat merepresentasikan populasi tersebut) ada satu kalimat yang menyatakan bahwa sampel yang diambil harus bisa mewakili populasinya. Nah, sebenernya kan tidak ada alat ukur yang pasti (seperti penggaris) untuk melakukan pengukuran ini karena biasanya objek yang diteliti adalah berkaitan dengan penelitian sosial. Jadi, untuk bisa mengukur hal tersebut biasanya menggunakan kuesioner. Nah, tepat atau tidaknya kuesioner yang kita buat bisa dilakukan oleh uji instrument yang salah satunya adalah uji validitas ini.


Validitas ini merupakan derajat ketepatan antara data yang sesungguhnya terjadi pada objek penelitian dengna data yang dapat dilaporkan oleh peneliti. Dengan demikian, data yang valid adalah data "yang tidak berbeda" antara data yang dilaporkan oleh peneliti dengan data yang sesungguhnya terjadi pada obyek penelitian. Terdapat dua macam validitas penelitian ini, yaitu validitas internal dan validitas eksternal. Validitas internal berkenaan dengan derajat akurasi desain penelitian dengan hasil yang dicapai. Sedangkan Validitas eksternal adalah berkenaan dengan derajat akurasi apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan atau diterapkan pada populasi dimana sampel tersebut diambil. Nah, sebenernya uji validitas ini tidak hanya dilakukan pada penelitian yang bersifat kuantitatif, tapi kualitatif juga bisa dilakukan uji validitas ini. Cuman, karena pada umumnya dilakukan pada penelitian kuantitatif, jadi saya juga akan membahasnya pada penelitian kuantitatif.
Mari kita lihat lagi, sebenernya apa itu yang dimaksud dengan uji validitas dan fungsinya. Uji validitas adalah untuk mengetahui apakah alat ukur yang kita gunakan (dalam hal ini adalah kuesioner) memiliki taraf kesesuaian atau ketepatan dalam melakukan pengukuran. Teknik pengujian yang dilakukan untuk melakukan uji validitas ini adalah menggunakan teknik korelasi melalui koefisien korelasi product moment dari pearson dengan rumus :

Mungkin sudah jelas yah dengan malihat rumus di atas, bagaimana cara menggunakannya juga kayaknya sudah pada tau juga yah karena hanya tinggal memasukkan data ke rumusnya aja. Dalam uji validitas ini, jika korelasi Pearson positif dan besarnya lebih dari o,3, maka item yang bersangkutan dinyatakan valid, jika nilainya kurang dari 0,3 maka item yang bersangkutan dinyatakan tidak valid dan dikeluarkan dari kuesioner atau digantikan dengan pernyataan perbaikan. Udah ah segitu aja, bingung nulisnya saya heheheh..

Comments :

112 komentar to “Uji Validitas”
timbul widodo mengatakan...
on 

Kalau tidak keberatan saya hanya sekedar sharing tentang uji validitas. saya
sharing uji validitas dalam bentuk video bagi yang ingin tahu dapat kunjungi
blog saya http://video-tutorial-spss.blogspot.com sebelum ke blog saya anda
berikan komentar kepada blog sebagai tanda terima kasih

Anonim mengatakan...
on 

terima kasih untuk info tentang validitasnya.

Anonim mengatakan...
on 

terimakasih untuk infonya...

saya mau nanya... cara validasi itu,,kita test 10 orang untuk menjawab kuesioner itu... lalu cara mengukur validitas nya apakah diukur pertanyaannya satu persatu atau gimana???

lalu saya mau nanya lagi dong...kalo T test itu untuk apa ya??? tolong di jelaskan,, terimakasih...

Anonim mengatakan...
on 

terima kasih atas infonya

skripsi gratis mengatakan...
on 

nice inpoh gan. kalo mau cari skripsi disini tempatnya. http://www.skripsikuliah.co.cc/

jelly gamat gold-G mengatakan...
on 

makasih banyak gan buat infonya semoga bermanfaat , sukses selalu gan

Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia mengatakan...
on 

Saya ingat adik saya pernah tulis skripsi soal statistik tapi ada masalah multikolinieritas klu gak salah,... --")

Obat nyeri haid mengatakan...
on 

liat rumus nya jadi ingat waktu sma dulu tuh gan , heheh

Obat herbal keputihan mengatakan...
on 

keren juga tuh rumus nya gan, kaya rumus matematika waktu SMA dulu tuh, hehe

Data mobile Phone mengatakan...
on 

Nice Post.... Salam Knl

ANA ARISANTI mengatakan...
on 

bagi yang kesulitan n pusing lihat rumusnya yang panjang, lebih baik serahin aja ke software SPSS hasilnya akan keluar dalam sekian detik hehehe...

WORLD TIPS mengatakan...
on 

penting buat skripsi kgek..

pembalut altenatif mengatakan...
on 

terasa punya perpustakaan online, makasih untuk postingannya

herbalife mengatakan...
on 

hem,,,ada rumusnya jg ya ? thanks gan untuk infonya

ON THE SPOT mengatakan...
on 

lumayan buat baca2..

universitas terbaik mengatakan...
on 

.
.
.
.
.
.
Sportorium
Salah satu bangunan
Universitas Terbaik
cek peringkat di google
Pantun universitas terbaik
peringkat 16
universitas terbaik
blog contest
download youtube
ubah kepemilikan windows vista
trik basmi virus
kaligata
luka berdarah
.

pesawat tempur mengatakan...
on 

ntar aja belajar seperti ini..

Anonim mengatakan...
on 

kenapa dalam uji validitas harus pakai rumus angka kasar pearson product moment???

Nuno mengatakan...
on 

Terimakasih info dan tips uji validitas

Dhidhit mengatakan...
on 

Uji validitas agar data sesuai dengan data yang sesungguhnya terjadi

Gasa mengatakan...
on 

Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

Gagah Perkasa mengatakan...
on 

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Tisu Majakani mengatakan...
on 

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Sarang Semut mengatakan...
on 

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Sarang Semut Papua mengatakan...
on 

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

BioJANNA mengatakan...
on 

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Macafit mengatakan...
on 

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Xamthone mengatakan...
on 

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Vitabrain mengatakan...
on 

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Crystal X mengatakan...
on 

Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

Ejakulasi Dini mengatakan...
on 

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

penyakit katarak mengatakan...
on 

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

katarak mengatakan...
on 

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Dhidhit mengatakan...
on 

Bingung dengan contoh rumus diatas

Dhidhit mengatakan...
on 

Uji Validitas

MENCARI TEMAN KENCAN WANITA mengatakan...
on 

Greetings!What's up? :p It's good to know that you are still around this website. How did the last Google update affect your site? It seems that your blog is one of the strongest in the current SERP's! Hope you will maintain the quality, just don't forget about your friends Hope to see you soon!

central lock mobil mengatakan...
on 

ilmu dewa ini. saya sudah S1 sampe sekarang masi bingung aplikasinya gimana.

putra mahayana mengatakan...
on 

terimakasih atas informasinya gan, sangat bermanfaat. salam suksess..

Dhidhit mengatakan...
on 

Membaca baca kembali postingan tentang uji validitas

anomous mengatakan...
on 

baru tau deh istilah uji validitas itu apa

review mobil mengatakan...
on 

Terimakasih info dan tips uji validitas...nya

toyota rav4 2012 Ev mengatakan...
on 

bagi yang kesulitan n pusing lihat rumusnya yang panjang, lebih baik serahin aja ke software SPSS

penyewaan genset mengatakan...
on 

uji validasi memang sangat diperlukan.

panduan auto mengatakan...
on 

makasih untuk postingannya,terasa punya perpustakaan online.

ulasan hoby mobil mengatakan...
on 

terima kasih gan untuk info tentang validitasnya.

top auto mengatakan...
on 

terima kasih sudah berbagi ilmu semoga amal baik anda diterima disisi alllah...

review automotive hijau mengatakan...
on 

terimakasih atas informasinya gan dan ilmunya, sangat bermanfaat

informasi mobil mengatakan...
on 

Saya ingat kakak saya pernah tulis skripsi soal statistik tapi ada masalah multikolinieritas

informasi top otomotif mengatakan...
on 

kenapa dalam uji validitas harus pakai rumus angka kasar pearson product moment???

informasi dunia otomotif mengatakan...
on 

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

informasi autofuture mengatakan...
on 

kenapa dalam uji validitas harus pakai rumus angka kasar pearson product moment?bkin ribet..

ulasan theautoz mengatakan...
on 

terimakasih atas informasinya gan, sangat bermanfaat. salam suksess..

info carfans mengatakan...
on 

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

mazda 3 mengatakan...
on 

sangat bermanfaat. salam suksess..thx

mercedes cls mengatakan...
on 

lebih baik serahin aja ke software SPSS...beres kan...

ford focus titanium mengatakan...
on 

Uji Validitas....ribet juga ya...tp thx infonya...

nissan micra dig s visia mengatakan...
on 

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus.

ford c max energy mengatakan...
on 

berkenaan dengan derajat akurasi apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan atau diterapkan pada populasi dimana sampel tersebut diambil

agen judi bola mengatakan...
on 

thanks banget buat ilmunya..terus sharing yg kaya gini ya gan!

2013 Ford C-Max Hybrid mengatakan...
on 

ulisannya menarik juga. Saya akan coba...thx ya..

honda accord resmi mengatakan...
on 

makasih untuk postingannya gan...hihih

ferrarri ff dengan komversi e85 etanol mengatakan...
on 

Dalam uji validitas ini, jika korelasi Pearson positif dan besarnya lebih dari o,3, maka item yang bersangkutan dinyatakan valid,

judi bola mengatakan...
on 

berat nih ilmunya. nice bgt nambah wawasan. perbanyak lagi ya bro

agen sbobet mengatakan...
on 

dalam matematika emg harus memakai validitas bro.

Versi On The Spot mengatakan...
on 

Considerably, the content is generally one of the best on this subject worthwhile theme. My partner and i harmonise with all your conclusions and definitely will consistently will enjoy your current getting close to up-dates. Declaring thanks a lot will not likely you should be ample, in the fantastic understanding in your making. I most certainly will without delay get hold of the feed to keep up to date with all upgrades. Fabulous function and far financial success in yourbusiness transactions!

Dedi Galih Wisnumurti mengatakan...
on 


DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

suratan makna mengatakan...
on 

buat penelitian nih ya sob

baju muslim mengatakan...
on 

rumusnya ribet juga ya, bingung.

autogags mengatakan...
on 

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya

Ahmadi Tanjung mengatakan...
on 


Foto bugil
Cerita Sex Bonus Foto Bugil
Cewek 15 Tahun Pamer Memek Merah
Cewek 15 Tahun Pamer Memek Merah
Prediksi Togel
ABG bugil

Download Games Gratis
Download Games Indowebster
ASSASSINS CREED III
ASSASSINS CREED III
ASSASSINS CREED III
DRIVER 3 PC GAMES
DRIVER 3 PC GAMES
DRIVER 3 PC GAMES


Foto bugil
Cerita Sex Bonus Foto Bugil
Cewek 15 Tahun Pamer Memek Merah
Cewek 15 Tahun Pamer Memek Merah
Prediksi Togel
ABG bugil

Download Games Gratis
Download Games Indowebster
ASSASSINS CREED III
ASSASSINS CREED III
ASSASSINS CREED III
DRIVER 3 PC GAMES
DRIVER 3 PC GAMES
DRIVER 3 PC GAMES

Ahmadi Tanjung mengatakan...
on 

Kumpulan Artikel Menarik 2013 - Farid's Blog
Jasa Pembuatan Banner murah Terpercaya di SHARE4RT
Beli Followers Twitter Murah & Terpercaya Hanya di JuraganFollowers.com
Mau Bikin Website + Hosting Murah AbizZ? Ke Rajawebhost.com aja!
Agung XD dan Jakarta-Cyber4art Blog Berisi Informasi Komputer, Software Dan Info Menarik
Yamaha XEON RC - Sepeda Motor Keren, Cepat, dan Canggih
Yamaha XEON RC - Sepeda Motor Keren, Cepat, dan Canggih

Yahoo US News mengatakan...
on 

This is a smart blog. I mean it. You have so much knowledge about this issue, and so much passion. You also know how to make people rally behind it, obviously from the responses. Youve got a design here thats not too flashy, but makes a statement as big as what youre saying. Great job, indeed.

seowaps mengatakan...
on 

seowaps

Jasa Seo Indonesia mengatakan...
on 

Jasa Seo Indonesia

resep membuat sambal mengatakan...
on 

klo sudah masuk rumus2. bingung saya

Kumpulan Sejarah mengatakan...
on 

Apa perbedaan uji validitas dengan uji reliabilitas ?

trend fashion 2013 mengatakan...
on 

terima-kasih-atas-informasinya

egi mengatakan...
on 

Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya

alfarizqi mengatakan...
on 

Uji validitas berasma uji reliabilitas untuk menguji instrumen penleitian. menarik untuk di bahas!! lanjutkan!

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

Jasa SEO Profesional mengatakan...
on 

http://www.seowaps.net/2013/09/jasa-seo-profesional.html

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

Verby other mengatakan...
on 

yuk, belajar seo di mywapblog
mempercepat pengindexan ke search engine,
Cara mengalahkan posisi blog senior pada SERP
memahami atribut rel nofollow dan dofollow
Belajar seo mwb dan Cara Mencari Backlink Berkualitas Di mywapblog
Cara mengoptimalkan SEO off page untuk blog mywapblog
Cara Mengoptimalkan SEO On-page Pada Blog Mywapblog
Cara Membuat Blog MWB Dengan Benar Menurut SEO Google

terbaik1 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

herbal1 mengatakan...
on 

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

faridaputri mengatakan...
on 

menarik sekali artikel yang anda buat
saya tunggu artikel selanjutnya
semoga bermanfaat salam sukses

ginanjar mengatakan...
on 

informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat kutil kelamin mengatakan...
on 

OK... bro

princes Nadia mengatakan...
on 

silakan kunjungi blog saya http://update-film-movies.blogspot.com/2013/11/the-wolverine-2013-bluray-720p.html

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

Jual Frame Kacamata mengatakan...
on 

Keren gan..

jual cacing lumbricus rubellus mengatakan...
on 

binggung gan, kalao masalah rumus-rumusan. do'akan saya semoga
Jual Cacing Lumbricus Rubellus yang saya jalankan tidak menambar membinggungkan dan berkah, amiin.

mlm green world Indonesia mengatakan...
on 

ARtikelnya sangat bermnafaat sekali....semoga sukses selalu

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya

kanker payudara mengatakan...
on 

menarik untuk di simak dan bermanfaat sekali postinganya makasih telah menambah wawasan saya dan bloger yang membaca nya

cara besarkan alat vital mengatakan...
on 

Extenderjilq adalah cara untuk membesarkan dan memanjangkan penis yang sangat terbaik.
Kami tidak berbicara sembarangan tentang hal itu, karena metode yg digunakan adalah penggabungan alat extender dan teknik urut arab "jilq"
anda tidak akan cape menggurut.
hasilnya aman karena menggunakan sistem traksi pegas, bukan vakum yg dapat berbahaya untuk penis.

info lengkap segera kunjungi:
www.extenderjilq.com

Seragam SMA mengatakan...
on 

wah sekalian uji reliabilitasnya mas,
Saya biasanya pakai SPSS aja dan korelasinya yang paling kuat itu ada diatas 0,75

greenworld Indonesia mengatakan...
on 

Terimakasih atas infonya....sukses selalu

US News mengatakan...
on 

Thanks for the a new challenge you have discovered in your short article. One thing I want to comment on is that FSBO connections are built after a while. By launching yourself to owners the first saturday their FSBO will be announced, prior to masses get started calling on Mon, you build a good interconnection. By giving them methods, educational materials, free reviews, and forms, you become the ally. By using a personal curiosity about them and also their predicament, you create a solid interconnection that, on many occasions, pays off when the owners opt with a realtor they know in addition to trust preferably you.

selaput dara buatan mengatakan...
on 

Info Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kita Semua
Salam Sukses

obat sipilis mengatakan...
on 

Obat Sipilis
merk obat sipilis,
merk obat sipilis paling ampuh,
nama obat sipilis paling ampuh,
nama obat sipilis paling bagus,
Obat Ampuh Untuk Penyakit Sipilis,
obat buat sipilis,
Obat Penyakit Sipilis,
Obat Sakit ketika Kencing,
Obat Sipilis,
Obat Sipilis Alami,
Obat Sipilis Ampuh,
Obat Sipilis Apotik,
Obat Sipilis atau raja singa,
Obat Sipilis dengan bayam duri,

Jonny Chan mengatakan...
on 

Agen Taruhan
Domino qq
qq Online
Agen Poker
Bandar Bola
Tvonline
Bioskop 21
Tv Indonesia
Film dewasa
Info Bola
Prediksi Togel
Info Togel
Aplikasi Gratis
Foto Bugil
Hasil Bola
Cerita Dewasa
Indo Togel
Rumus Togel
Prediksi Bola
Livescore

susu kambing mengatakan...
on 

drink milk for better life!

aneka daster murah mengatakan...
on 

bermanfaat informasinya gan..makasih
salam daster murah

Obat Herbal Jauhari HS mengatakan...
on 

Mantaps Broo Info nya.
Gue demen bgt. Sukses ya Broo . . .

Cara cepat artikel terindex google mengatakan...
on 

terima kasih gan udah ngajarin tentang validitas

Sahabat Online mengatakan...
on 

ipoker8 situspoker dan domino paling terpercaya | SHINCHANPOKER|MIYABIPOKER|SAHABATQQ|ituDewa|Referensi Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia | Rejekipoker

Makasih Gan :)

sahabatqq.com mengatakan...
on 

ipoker8 Situs Agen Judi Poker dan Domino Online Terpercaya Indonesia
SHINCHANPOKER AGEN POKER DAN DOMINO TERBAIK DI INDONESIA
MIYABIPOKER AGEN POKER DAN DOMINO ONLINE TERBAIK DI INDONESIA
SAHABATQQ AGEN DOMINO99 DAN POKER ONLINE TERBESAR DI ASIA
ITUDEWA Agen Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia
SITUSPOKER88.COM Referensi Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia
REJEKIPOKER AGEN POKER DAN DOMINO ONLINE TERBAIK DI INDONESIA

thanks :)

cerita misteri terbaru mengatakan...
on 

wih hebat

domino online mengatakan...
on 

artikelnya sangat bermanfaat untuk pemain judi online


18Dewa Agen Judi Poker,Domino dan Ceme Online Indonesia Terpercaya


MASTERDOMINO88 AGEN JUDI POKER DOMINO ONLINE DAN SITUS CAPSA INDONESIA TERPERCAYA


AGEN JUDI POKER DOMINO ONLINE DAN SITUS CAPSA INDONESIA TERPERCAYA

Cerita Sex

Masterpoker88

99Dewa

masterdomino88


MASTERDOMINO88 AGEN JUDI POKER DOMINO ONLINE DAN SITUS CAPSA INDONESIA TERPERCAYA

MASTERDOMINO88 AGEN JUDI POKER DOMINO ONLINE DAN SITUS CAPSA INDONESIA TERPERCAYA

18dewa Agen Judi Poker , Domino dan Ceme Online Indonesia Terpercaya


Poker Online

MASTERDOMINO88 AGEN JUDI POKER DOMINO ONLINE DAN SITUS CAPSA INDONESIA TERPERCAYA


18Dewa Agen Judi Poker,Domino Dan Ceme Online Indonesia Terpercaya



Promo Masterdomino88

Poker Online Terpercaya

Berita Politik

Liputan389.com Merupakan Situs Berita Online Terupdate

SITUS POKER DAN DOMINO ONLINE UANG ASLI INDONESIA TERPERCAYA

SITUS POKER DAN DOMINO ONLINE UANG ASLI INDONESIA TERPERCAYA






Sewa Mobil Surabaya mengatakan...
on 

The Article is really interesting, simple and useful. Such a nice post, keep up the fantastic work

Poskan Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik