Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia 2022 ?

Terus terang ketika saya pertama kali mendengar dan melihat berita ini saya sangat TERKEZUT sekali, langsung punya pikiran "bener gak sih?" serius ah? ah yang salah? masa sih? maenya?hehehe.... "Lebay klo kata anak gaul mah". Ya, memang ini adalah rencana serius dari PSSI dan juga Manpora untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia. Tapi menurut saya juga ini merupakan cita-cita seluruh Rakyat Indonesia, mudah-mudahan terwuud yah, Amiin...
Banyak sekali pendapat yang keluar dari masyarakat Indonesia khususnya masyarakat sepak bola Indonesia, Mustahil ah dan apalah yang kata-kata yang keluar dari mereka. Mustahil? Ga juga, menurut gwa yang mustahil itu adalah kata mustahil itu sendiri. Apapun kalau kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan fokus Insya Allah akan ada hasilnya. Intinya, hal yang pertama harus ada adalah optimisme untuk mewujudkan cita-cita kita itu sendiri.

Kalau ditanya "berat ga untuk mewujudkannya?", Saya rasa memang sangat berat sekali banget yah jawabannya hehehe..Selain memang banyak pesaingnya yang mengajukan jadi tuan rumah, infrastruktur yang harus di persiapkan juga tidak main-main. Karena salah satu persyaratannya yang wajib dan lumayan berat buat Indonesia adalah harus tersedianya 10 stadion yang berkapasitas minimal 40.000 tempat duduk dan 2 (dua) stadion yang berkapasitas minimal 80.000 tempat duduk. Terus terang ini sangat berat bagi Indonesia yang hanya mempunyai beberapa stadion saja yang berstandar internasional dan memenuhi syarat jumlah tempat duduknya. Tentu saja bukan hanya itu syaratnya, infrastruktur lainnya yang perlu disiapkan adalah Bandara Internasional, akses jalan yang mudah terhadap stadion, Penginapan atau hotel, Rumah sakit, hingga fasilitas-fasilitas lainnya yang juga harus berstandar internasional. Berat juga yah??Tapi bukankah Indonesia sudah terlatih dengan tantangan yang berat selama ini?
Nah, setelah tadi kita berpikir optimis sekarang mari kita lihat hambatan-hambatan yang ada. Hambatan yang pasti adalah masalah keuangan, karena kita sendiri mengetahui bagaiman akeadaan keuangan negara kita ini. Sebenarnya banyak uang sih Indonesia tapi uang nganggur (di SBI, Deposito dll lah) yang bisa di manfaatkan. Dalam hal ini tentu saja masalahnya adalah prioritas, yaitu yang mana dulu yang harus di kedepankan? Apakah pembangunan infrastruktur untuk syarat jadi tuan rumah piala dunia atau misalnya untuk pendidikan, bantuan bencana alam, sektor industri, atau pembangunan lainnya. Hambatan lain yaitu persiapan dari PSSI sendiri, baik dari mulai organisasinya sendiri yang akhir-akhir ini carut marut setelah ketuanya sendiri di pindah rumahkan, masalah profesionalisme manajemen (mulai dari penjadwalan, sampai penyelenggaraan). Kenapa? Karena kita sendiri semuanya sudah mengetahui bagaimana kinerja PSSI dalam melakukan penjadwalan di LSI yang masih buruk sekali, sering sekali pengunduran jadwal atau perubahan yang membuat klub-klub kebingungan. Selain itu, masalah penyelenggaraan pertandingan juga masih belum bisa profesional, karena pengalaman dari Piala Asia yang masih banyak tindak percaloan, lampu stadion yang mati, banyak yang ga kebagian tiket dan lain sebagainya.
Sebenarnya masih banyak sekali hambatan dan pro kontra dari cita-cita kita ini. Ya mudah-mudahan saja semuanya bisa berjalan lancar, Saya sih berharap pembangunan dan kemajuan Negara kita tercinta ini di mulai dari menjadi tuan rumah piala dunia. Karena kita bisa memanfaatkan pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan untuk menjadi tuan rumah ini untuk pembangunan dan pengembangan ke depannya. Ya, semoga ini semua terjadi. Kalau kata orang sih "jadikanlah semua ini perjalanan, bukan tujuan". Karena bukan jadi tuan rumah piala dunia tujuan negara kita, tapi mudah-mudahan ini menjadi perjalanan untuk membuat negara kita menjadi lebih maju dan rakyatnya makmur. Amiin.

Comments :

117 komentar to “Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia 2022 ?”
Anonim mengatakan...
on 

Cita-cita dan semangatnya luar biasa... kita dukung dan doakan semoga semuanya berjalan sesuai harapan. yah itu semua kembali kepada pemimpin2 kita dimasa depan... sementara kita dukung dulu kampanye damai pemilu 2009 ini, semoga terpilih pemimpin yang bisa diandalkan. :)

Laisya mengatakan...
on 

Tapi bukankah sebaiknya membenahi dulu sistem kompetisi, klub, mentalitas, dan fisik pemain??
Walopun masih sekitar 13 taun kedepan, tp lebih baik siapkan dulu infrastrukturnya, baru deh boleh maju jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022...
Aaahhh tp saat itu mungkin Kaka sudah gak maen lagi ya? :D

Anonim mengatakan...
on 

Betul, ya itu lah yang dikatakan tadi masalah prioritas. da semuanya juga ada urutannya ya teh, ga mungkin jadi tuan rumah piala dunia tapi bikin jadwal liga sendiri aja ga bisa dan sistem kompetisi yang masih carut-marut. oh iya, satu lagi, yang saya lupa. Pemain juga harus dipersiapkan, karena malu yah jadi tuan rumah tapi jadi lumbung gol lawan hehehhee...Mau dikemanakan muka kita bung????
kayaknya bakal keluar deh kaka kaka lainnya yang ganteng dan bagus mainnya heheheh....

Anonim mengatakan...
on 

sesuatu yang baik... kita dukung saja yang penting tujuannya untuk kemajuan bersama

Anonim mengatakan...
on 

yaaahhhh.... klo 2022 masih ada harapan lah...mana kita tahu klo 10 tauhn lagi Indonesia udah berkembang pesat, dan masyarakatnya ga bermental barbar lagi (mental "kalo kalah, ribut")

tapi... ya gitu deh... lemungkinannya aja, tapi hampir nggak mungkin XDDDD

Anonim mengatakan...
on 

Saya sih cuman mau bilang
" Semoga mimpi itu menjadi kenyataan"
Tapi mimpi itu tak selamanya cuman jadi mimpi
kalo ada usaha buat mewujudkan pasti akan jadi kenyataan

Betul tidak ?? *meniru logat AA Gym*

------------------------

E-je : kemana dirimu??

Yanuar Catur mengatakan...
on 

wahh,,beneran nih??
kalau emang bener,,selamat lah buat indonesia

aalil Belajar SEO mengatakan...
on 

Ini dia Hil..Hil yg Mustahal... hehehe.

Pembenahan dulu di semua infrastruktur Lap yg ada di indonesia.. kan Lap di indonesia masih acak kadut bin eweh nurata..(halah)

mudah2an aja terwujud jadi tuan rumah Pil Dun..hehe

keep share kaangg asdost..hihih

Ajeng mengatakan...
on 

Tidak ada yg tidak mungkin. Cuma kita kadang memang harus lebih realistis... Tapi seneng juga kalo Indonesia bisa ikutan.

Anonim mengatakan...
on 

bukannya pesimis, tapi tau diri..tuan rumah sih boleh2 aja..tapi kalau permainan timnas kita masih kayak itu2 aja ya mending gak usah ikut piala dunia...lha daripada jadi lumbung goal..dibantai 10-0, dihajar 9-1, apa gak malah malu..
lha wong masuk ranking 100 dunia aja sulit, ama thailand kalah, ama singapura kalah, ama vitnam kalah..
belajar main bola dulu aja deh..

admin mengatakan...
on 

yg penting ttp semangat aja, caiyo

E-Tavasi mengatakan...
on 

Yeah...yang penting semangat berjuang itu ada(^^,)

Anonim mengatakan...
on 

semenjaknya zamannya maladi hingga zaman (alm)roni patinasarany...sepak bola menjadi barang yang mahal, hanya milik mereka yang punya uang saja dan kita di sini terdiam ....bola sepak dari plastik ditendang jatuh ke langit..pecahlah sudah jedela hati..yaa pecah dehhh..
mulai saat ini budayakan sepakbola jalanan.....insyaalloh majuuuuu

Anonim mengatakan...
on 

bener kang..
da sebenernya mah orang Indonesia itu harus pada jago maen bolanya yah, biar pada tau kapan harus berbagi, kapan harus ngambil keputusan sendiri, kapan harus kerjasama dengan orang lain dan bisa mengatur ritme kehidupan kita.

Anonim mengatakan...
on 

Sepakbola, my kids' fav nich...

Tuan rumah Sepakbola dunia 2022, berarti ada rentang waktu 13 tahun mulai tahun ini. Optimis, harus itu! Tetapi tetap harus visible, artinya mungkinkah dalam rentang waktu itu mewujudkan segala persyaratan tuan rumah dengan segala permasalahan dalam negeri yang harus diselesaikan.
Bukan hal yang mustahil, tetapi jika seluruh aspek bangsa bisa bekerjasama, kerja keras, jujur, amanah, disiplin, dan berdoa, satu per satu benang merah dari segala carut marut di negeri ini bisa ditarik dan terselesaikan...

Ayo bangkit Indonesiaku!!!

Anonim mengatakan...
on 

satu aja deh: "ga bener mikirnya" perbaiki dulu dong ya seharusnya diperbaiki.........
kalimat bagusnya sih "lebai"
maaf kalo pesimis.............

zhind mengatakan...
on 

semoga menjadi kenyataan....dan klo jadi kenyataan kan enak tuh tarohan nya bisa tambah kenceng karena nonton nya langsung,weweweewe....

Aulia R.N. mengatakan...
on 

wahh.. saya jg terkezzzut mas.. hehehe

tp moga bs terwujud ya.aminnn

Ibnu Mas'ud mengatakan...
on 

Semangat yang luar biasa memang. tapi, apa mungkin??????????

Anonim mengatakan...
on 

semoga solo ditunjuk sebagai salah satu lota penyelenggara ya...

Nia mengatakan...
on 

mungkinkah oh mungkinkah????

RAMKUR mengatakan...
on 

siiiplah ane dukung

Anonim mengatakan...
on 

mungkin... ga..... mungkin... ga.... mungkin... ga... mungkin ga?

Anonim mengatakan...
on 

cita cita harus punya, masalah jadi nggaknya itu tergantung ikhtiar dan paling penting ridho Allah SWT.

Anonim mengatakan...
on 

wahh..kata2 yang bijaksana yang terucap dari seorang vannado :D hehehe..

sukses lah pun buat indonesia ;)

Industrial Estate in Indonesia mengatakan...
on 

Sebagai rakyat Indonesia, kita harus tetap mendukung semangat tersebut. Tercapai atau tidak itu urusan nanti, yang penting kita bersama-sama mengusahakannya dahulu. Setuju? :)

haka mengatakan...
on 

mungkinkah??? siapa tau indonesia masa depan beda,,, maju terus indonesia

facebook photo album mengatakan...
on 

yaaahhhh.... klo 2022 masih ada harapan lah...mana kita tahu klo 10 tauhn lagi Indonesia udah berkembang pesat, dan masyarakatnya ga bermental barbar lagi (mental "kalo kalah, ribut")

tapi... ya gitu deh... lemungkinannya aja, tapi hampir nggak mungkin XDDDD

Data mobile Phone mengatakan...
on 

Nice post.. lam knl sob

obat herbal kanker prostat mengatakan...
on 

mudah-mudahan cita-cita indonesia menjadi tuan rumah piala dunia tahun 2022 menjadi kenyataan..

obat herbal penyakit gondok mengatakan...
on 

bener banget gan....jika timnas indonesia optimis,dilakukan dengan sungguh-sungguh dan fokus pasti indonesia bisa menjadi tuan rumah piala dunia 2022 nanti.

obat herbal migren mengatakan...
on 

semua itu tidak ada yang tidak mungkin....
jika mau berusaha pasti bisa mewujudkan apa yang di inginkan...

obat herbal kanker usus mengatakan...
on 

memang berat syarat-syarat yang harus di penuhi untuk menjadi tuan rumah piala dunia....
tapi semoga saja indonesia bisa memenuhi nya..

obat herbal keputihan mengatakan...
on 

bener bro jangan jadikan pembangun untuk tujuan piala dunia tapi jadi itu suatu perjalanan kemakmuram rakyat indonesia.

obat herbal glukoma mengatakan...
on 

saya cuma bisa mendo'akan supaya indonesia bisa menjadi tuan rumah piala dunia 2022 nanti.

Kawasan Industri Indonesia mengatakan...
on 

semoga saja apa yang direncakan bisa terwujud, dan bisa menyiapkan infrastruktur yang layak.

WORLD TIPS mengatakan...
on 

jdi tempat bermain aj, timnas gak bisa ikut main??

obat herbal darah tinggi mengatakan...
on 

menjadi tuan rumah piala dunia memang tidak mudah,tapi apa salahnya untuk berusaha.

obat herbal kanker payudara mengatakan...
on 

ya mungkin xlo indonesia pengin jadi tuan rumah piala dunia mendingan perbaiki dulu lah persepakbolaan indonesianya.

0bat herbal kanker prostat mengatakan...
on 

yah mudah mudahan aja indonesia nisa mewujudkan impianya menjadi tuan rumah piala dunia 2012. terima kasih gan infonya.

obat herbal liver empedu mengatakan...
on 

ayo terus berjuang indonesiaku biar bisa mewujudkan mimpimu.

obat herbal kanker usus mengatakan...
on 

jadi tuan rumah piala dunia memang impian dari semua negara tapi kalau masih ada yang lebih penting buat rakyat mending di pending aja dulu lah impian itu.

obat herbal keputihan mengatakan...
on 

dengan semangat dan berusaha pasti indonesia bisa...

obat herbal getah bening mengatakan...
on 

kalau menurut saya sih lebih baik urusin dulu hal hal yang lebih penting dari pada impian untuk jadi tuan rumah piala dunia.

obat herbal XAMthone mengatakan...
on 

menjadi tuan rumah piala dunia memang jadi dambaan setiap negara karena selain menguntungkan pemasukan negara juga menguntungkan buat masyaraktnya.

obat herbal glukoma mengatakan...
on 

lebih baik benahi dulu sepak bolanya...
nice gan infonya.

ON THE SPOT mengatakan...
on 

syukurlah..

gempa bumi mengatakan...
on 

semoga!

Nuno mengatakan...
on 

Semoga Indonesia berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia

lingerie indonesia mengatakan...
on 

wahhh masih lama banget yah...terus semangat aja indonesia.majukan terus tim sepak bolanya.

Girls Mobile Number mengatakan...
on 

wahh,,beneran nih??
kalau emang bener,,selamat lah buat indonesia

alvi mengatakan...
on 

hmmm...ga mungkin deh ini....hahaha

WANITA KENCAN mengatakan...
on 

Just wish to say your article is as astonishing. The clarity to your submit is simply cool and that i could think you're an expert in this subject. Well along with your permission let me to snatch your feed to stay up to date with forthcoming post. Thanks one million and please continue the rewarding work.

rental ac mengatakan...
on 

untuk para penonton Bola Indonesia jangan sering bikin rusuh..nanti malah mencoreng nama sepakbola Indonesia dan impian Indonesia jadi tuan rumah piala dunia hanyalah mimpi semata..

xamthone mengatakan...
on 

butuh biaya berapa gan??

citra harmoni mengatakan...
on 

hotel2nya juga harus berbintang gan....

tour and travel disurabaya mengatakan...
on 

sukses terus buat blognya.

agen sbobet casino mengatakan...
on 

beneran gak ni gan? ane kok gak yakin ya?.btw infonya dari mana ya?

toko genset mengatakan...
on 

wah semoga beneran terjadi ya..

agen 368bet mengatakan...
on 

harus bener2 siap indonesia kalo mau jadi tuan rumah, biar ga malu-maluin hehe. tp masih lama sih ya..

sewa ac mengatakan...
on 

semoga aja ya...

taruhan bola online mengatakan...
on 

wah iya apa gan? masih lama banget ya..

judi bola online mengatakan...
on 

masih lama banget gan....duh keren banget yang bisa ngeramal begitu hehe

agen sbobet mengatakan...
on 

tuh 2022 mau jadi tuan rumah piala dunia. makin maju yah indonesia :)

Versi On The Spot mengatakan...
on 

I am writing a paper on romoba vacuum cleaners and I found this post to be very helpful and informative. Thank you.

Anonim mengatakan...
on 

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

rumah minimalis mengatakan...
on 

semoga saja memang PSSI serius ingin menjadikan indonesia tuan rumah minimalis piala dunia 2012

Template Booklet Company Profile mengatakan...
on 

wiih, lama amat 2022?

Uang Dari Internet mengatakan...
on 

semoga aja jadi kenyataan...

Yahoo US News mengatakan...
on 

Finally, an matter so as to I am passionate regarding. I include looked intended for information of this competence meant for the previous quite a lot of hours Your place is greatly treasured.

seowaps mengatakan...
on 

seowaps

Jasa Seo Indonesia mengatakan...
on 

Jasa Seo Indonesia

Sejarah Fashion mengatakan...
on 

Sejarah Fashion

Bukan Blog Zombie mengatakan...
on 

Thanks

Lebay Loe mengatakan...
on 

:))

Download Line mengatakan...
on 

Keyenn...

Lagu Galau Indonesia mengatakan...
on 

Lagu Galau

Kata-kata Buat Nyindir Mantan Pacar mengatakan...
on 

Kata-kata Buat Nyindir Mantan Pacar

Auto Like mengatakan...
on 

Auto Like

Internet marketing mengatakan...
on 

wish that dream come true

batik mengatakan...
on 

terima-kasih-atas-informasinya

Tips agar cantik mengatakan...
on 

keren-sekali

Cari Uang Lewat ekiosku.com mengatakan...
on 

cukup 1 kata gak mungkin

egi mengatakan...
on 

Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

usaha sampingan mengatakan...
on 

Semogalah....

baju muslim hyeongnim mengatakan...
on 

kayaknya masih banyak yang harus dibenahi.

suratan makna mengatakan...
on 

semoga aja lah sob, semuanya matang

sukses usaha online mengatakan...
on 

thank very much gan
i like your article..

salam USAHA DAN BISNIS ONLINE TERPERCAYA

obat tipes mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas infonya...
semoga semakin suksesnya....

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

MASADIK mengatakan...
on 

yuk, belajar seo di mywapblog
mempercepat pengindexan ke search engine,
Cara mengalahkan posisi blog senior pada SERP
memahami atribut rel nofollow dan dofollow
Belajar seo mwb dan Cara Mencari Backlink Berkualitas Di mywapblog
Cara mengoptimalkan SEO off page untuk blog mywapblog
Cara Mengoptimalkan SEO On-page Pada Blog Mywapblog
Cara Membuat Blog MWB Dengan Benar Menurut SEO Google

terbaik1 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

herbal1 mengatakan...
on 

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

cara mengobati penyakit diabetes melitus mengatakan...
on 

nice informasinya gan

obat benjolan di belakang telinga mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat kutil kelamin mengatakan...
on 

nice share

Obat Nyeri Sendi Alami mengatakan...
on 

Semoga saja indonesia menjadi tuan rumah piala dunia 2022 ya. Terima kasih atas inforamsinya gan.

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

green world indonesia mengatakan...
on 

Semoga aja......Bila Tuhan mngijinkan

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya

Desain Rumah mengatakan...
on 

mudah mudahan gan....

greenworld Indonesia mengatakan...
on 

Terimakasih atas infonya....sukses selalu

US News mengatakan...
on 

Appreciate your website. I'm not quite sure If I concur with all that was discussed but it's still good food for thought. I will make sure to bookmark you gentlemen. I've been looking around for this kind of information for a very long time", Appreciate it. But why is there not more activity on this board. It's kind of dead here. Anyone out there?

game online mengatakan...
on 

semoga hal yang di cita-citakan ini bisa sukses,,

Jonny Chan mengatakan...
on 

Agen Taruhan
Domino qq
qq Online
Agen Poker
Bandar Bola
Tvonline
Bioskop 21
Tv Indonesia
Film dewasa
Info Bola
Prediksi Togel
Info Togel
Aplikasi Gratis
Foto Bugil
Hasil Bola
Cerita Dewasa
Indo Togel
Rumus Togel
Prediksi Bola
Livescore

susu kambing mengatakan...
on 

drink milk for better life!

Sahabat Online mengatakan...
on 

ipoker8 situspoker dan domino paling terpercaya | SHINCHANPOKER|MIYABIPOKER|SAHABATQQ|ituDewa|Referensi Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia | Rejekipoker

Makasih Gan :)

Unknown mengatakan...
on 

Website Ahli Gizi Indonesia
Nutritionist Website

Pegertian cotton combed mengatakan...
on 

saya percaya aja siih

Sewa Mobil Surabaya mengatakan...
on 

The first read the title immediately attracted to read this information is very valuable to me. Thank you for sharing with me

Unknown mengatakan...
on 

bandar bola Thanks for sharing it

Unknown mengatakan...
on 

Foto telanjang janda berkacamata ngentot
This is a great test blog! I personally love it and find that it!

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN MANTAP. YUK CEK...

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN. YUK CEKK...

Penghemat BBM mengatakan...
on 

Thanks infonya gan.. mampir jg yaa.. Barangkali butuh alat penghemat bbm up to 70% untuk mobil agan..

Penghemat BBM Mobil
Alat Penghemat Solar
Penghemat Bensin Mobil
Alat Penjimat Minyak
Testimoni AlcoHHO

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik