Thomas Mun (1571 – 1641)

Menyambung tulisan atau artikel atau postingan dulu mengenai ekonomi kontemporer, pada tulisan ini dan selanjutnya mengenai ekonomi saya akan membahas beberapa tokoh, biografinya dan juga pemikiran-pemikiran yang mereka sumbangkan terhadap kemajuan ilmu ekonomi ini. Tujuannya agar runtut dan juga kita bisa lebih menghargai pemikiran-pemikiran yang mereka sumbangkan bagi ilmu ekonomi yang ada sekarang ini. Saya mengambil referensi dari buku yang berjudul Fifty Major Economist karangan Steven Pressman. Saya mengurutkan tokoh-tokoh atau para pemikir ini berdasarkan pada zamannya atau tahun dimana dia mengeluarkan statement-nya dan tahun hidupnya. Nah pada kesempatan pertama ini saya coba mulai dari Thomas Mun (1571 - 1641) terlebih dahulu.
Thomas Mun adalah anggota kelompok ekonomi pedagang Inggris, (abad ke-17) lebih dikenal sebagai kaum “Merkantilis” yang paling terkenal dan paling di hormati. Kelompok ini menyarankan agar inggris menggunakan surplus perdagangan untuk memakmurkan negara secara ekonomi. Seperti yang dikemukakan Mun ([1664] 1954, hlm. 125).

“Cara-cara yang wajar... untuk meningkatkan kemakmuran dan kekayaan kita adalah dengan perdagangan luar negeri, dimana kita harus memperhatikan aturan berikut ini: menjual lebih banyak kepada pihak asing daripada konsumsi kita terhadap barang mereka ... Bagian dari persediaan kita yang tidak kembali ke gudang kita harus selalu dibawa pulang dalam bentuk kekayaan.”
Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan Mun. Kakeknya bekerja di tempat percetakan uang Kerajaan; Ayahnya adalah pedagang tekstil. Ia kemudian terlibat dalam East India Company (Perusahaan Hindia Timur), sebuah perusahaan gabungan milik Inggris yang berdagang terutama di Timur jauh. Pada tahun 1615 Mun terpilih sebagai Direktur perusahaan tersebut dan menjabat sampai ia meninggal. Mun menulis dua risalah ekonomi.
Karya pertamanya (Mun, 1621) mempertahankan Perusahaan Hindia Timur dari kritik yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut mengekspor emas dan perak ke Timur (ditukar dengan rempah-rempah), dan hilangnya logam-logam mulia ini telah membuat perekonomian Inggris merosot. Orientasi dari karya A Discourse of Trade tidaklah terlalu merkantilis. Ketimbang mendukung surplus perdagangan dan akumulasi emas, Mun justru mengajukan semua argumen yang ia pikir bisa mendukung perusahaan tersebut.
Ia menyatakan bahwa negara akan menjadi makmur dengan cara yang sama seperti yang ditempuh oleh sebuah keluarga—dengan penghematan dan menyimpan uang lebih banyak ketimbang yang mereka keluarkan. Demikian juga, negara dan keluarga akan miskin jika terlalu banyak menghamburkan uang. Mun beralasan, sepanjang perusahaan Hindia Timur menghasilkan uang, perusahaan ini tidak akan membuat Inggris bertambah miskin. Mun juga berpendapat bahwa makanan, pakaian dan mesiu adalah kebutuhan pokok, sehingga mengimpor barang-barang ini akan meningkatkan kemakmuran Inggris. Dipihak lain, mengimpor barang-barang mewah sangat membahayakan negara. Tetapi menurut dia tidak semua barang mewah itu membahayakan; beberapa barang impor dikembangkan oleh Inggris dan kemudian di ekspor kembali, dengan demikian menghasilkan pemasukan logam mulia ke Inggris. Selain itu, Ia juga menyatakan bahwa barang-barang yang di impor oleh perusahaannya pada umumnya adalah barang-barang yang dibutuhkan oleh eksportir Inggris.
Jika risalah Discourse ini merupakan pembelaannya terhadap Perusahaan Hindia Timur, maka buku keduanya, yang diterbitkan sesudah ia meninggal (1664), membuat Mun menjadi pemikir ekonomi awal yang penting. Yang paling berharga dari karyanya ini, England’s Treasure by Foreign Trade, adalah perspektifnya yang lebih luas. Mun tidak lagi membela perusahaannya, tetapi ia lebih banyak mengadopsi sudut pandang bangsa secara keseluruhan. Ia menyatakan bahwa perdagangan luar negeri akan memperkaya negara jika perdagangan ini menghasilkan surplus. Mun juga meneliti faktor-faktor yang menyebabkan suatu negara mendapatkan surplus perdagangan. Terakhir Mun mengajukan serangkaian proposal yang dapat diimplementasikan oleh para pemimpin Inggris jika mereka ingin mengingatkan posisi perdagangan nasional.
Disamping menjelaskan manfaat dari surplus perdagangan Mun juga menjelaskan apa yang dapat dilakukan untuk mendorong surplus tersebut. Pertama adalah dengan kebijakan harga. Mun menginginkan ekspor dijual pada tingkat “harga yang terbaik”; yaitu harga yang menghasilkan pendapatan dan kekayaan yang paling banyak. Ketika Inggris memiliki monopoli atau mendekati monopoli didunia perdagangan maka barang-barangnya harus dijual dengan harga tinggi. Tetapi ketika persaingan luar negeri sangat besar, barang-barang Inggris harus ditekan serendah mungkin. Kedua, Mun menjelaskan bahwa kualitas barang yang lebih baik akan menimbulkan permintaan yang lebih besar di seluruh dunia dan juga akan menghasilkan ekspor yang lebih besar bagi Inggris. Mun meminta pemerintah untuk mengatur para pengusaha pabrik dan membentuk dewan perdagangan (yang fungsinya sama dengan Departemen Perdaganan AS sekarang). Peraturan-peraturan ini harus tegas agar Inggris dapat memproduksi barang dengan kualitas tinggi. Terakhir Mun menjelaskan bagaimana kebijakan pajak nasional dapat membantu menghasilkan surplus perdagangan. Bea ekspor harus kecil karena bea ini akan dimasukkan dalam biaya penjualan di luar negeri. Bea impor harus rendah untuk barang yang akan di ekspor kembali, dan harus tinggi pada barang-barang yang cenderung di konsumsi oleh warga Inggris.
Mun dan merkantilisme mendapat kritik tajam dari ahli-ahli ekonomi lainnya pada abad ke-18. David Hume menjelaskan bagaimana ketidak seimbangan perdagangan akan memperbaiki dirinya sendiri secara otomatis. Francois Quesnay dan Adam Smith, keduanya mengkritik tajam merkantilisme dan berpendapat bahwa pembatasan peran pemerintah dalam bisnis akan memacu produksi domestik. Terakhir, David Ricardo mendukung ajarang perdagangan bebas. Semua pandangan anti-merkantilis ini segera mendapat dukungan luas dari hampir semua ahli ekonomi. Tapi ajaran merkantilis ini bangkit pada abad dua puluh. John Maynard Keynes memuji merkantilis karena pengakuannya bahwa permintaan yang ditimbulkan dari surplus perdagangan akan menaikkan pertumbuhan ekonomi. Di Asia, jepang sendiri mengangkat semangat merkantilis dalam meningkatkan perekonomiannya.
Walaupun Mun tidak begitu dihargai oleh ekonom-ekonom di masa kini, dan meskipun Mun tidak membuat sebuah penemuan terobosan, ia telah meningglkan tanda dalam sejarah ekonomi. Gagasan bahwa kebijakan ekonomi pemerintah seharusnya menciptakan surplus perdagangan, dan gagasan bahwa cara untuk mencapai pertumbuhan ekonomi adalah melalui pertumbuhan ekspor, merupakan kontribusinya yang abadi.
Indonesia sendiri seharusnya menerapkan surplus perdagangan, karena sampai saat ini Indonesia mengalami defisit perdagangan. Oleh karena itu campur tangan pemerintah dalam hal mengeluarkan kebijakan harus bisa mendukung para pengusaha Indonesia untuk bisa mengekspor hasil produksinya. Karena dengan hal tersebut banyak sekali keuntungan yang akan di hasilkan, diantaranya adalah daya beli yang tinggi di negara luar, pendapatan yang lebih besar, mengurangi pengangguran, mengurangi urbanisasi, pendapatan meningkat, dan pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan negara. Oleh karena itu, mungkin hal ini lah (dalam jangka pendek) yang akan bisa mengatasi Indonesia dari keterpurukan.

Karya-karya Mun
A Discourse of Trade from England unto the East Indies (1621) dalam Early English Tracts on Commerce, John R. McCulloch, Cambridge, Cambridge University Press, 1954.
England’s Treasure by Foreign Trade (1664) dalam Early English Tracts on Commerce, John R. McCulloch, Cambridge, Cambridge University Press, 1954.

Karya-karya Tentang Mun
Buck, Philip W, The Policies of Mercantilism, New York, Octagon Books, 1964.
Johnson, E.A.J., Predecessors of Adam Smith: The Growth of British Economic Trought, New York, August M. Kelley, 1965.
Magnusson,Lars, Mercantilism: The Shaping of an Economic Language, New York and London, Routledge, 1994.

Referensi Lain
Johnson, Chalmers, MITI and the Japanese Miracle: The Growth of Industrial Policy, Stanford University Press, 1982.
Keynes, John Maynard, The General Theory of Employment, Interest and Money (1936), New York, Harcourt Brace & World, 1964.


Comments :

80 komentar to “Thomas Mun (1571 – 1641)”
SECONAZ mengatakan...
on 

makasih info-nya,ang,...buat referensi tugas akhir..

Anonim mengatakan...
on 

E-je postinganmu selalu buat otakku sedikit mengalami pendarahan
wah..aku ini IQnya kalo diukur seberapa ya?
he..he
tapi sumpah, asyik kok!

Anonim mengatakan...
on 

Refferensinya kumplit bngt....Mantap!

Anonim mengatakan...
on 

ekonomi, tokoh, biografi...wah lengkap bangettt...top markotop dehh

Ajeng mengatakan...
on 

Maaf... Sebenere mau kasih komen, tp gak ngerti :D

Anonim mengatakan...
on 

wew postnya asik...buat tambahan referensi neh...

aalil Belajar SEO mengatakan...
on 

wekekeekeke... ane ngakak liat nick nya itik bali si cantik maut...huehahahahaha,,,

manttaaabbb bin maknyus postingan2 kang eje deh,,,good luck and keep share kang..

Linda mengatakan...
on 

wah jd tambah ilmu niy....
nice artikel sob...

Anonim mengatakan...
on 

Wah thanks buat sinopsis dan downloadnya bro

Salman Firdaus mengatakan...
on 

haduh.. g ngerti sama sekali.

Festival Museum Nusantara mengatakan...
on 

informasi yang menarik sobat

Piala Dunia 2010 mengatakan...
on 

thx for share, bro

Nyubi mengatakan...
on 

mampir sob

Chiropractic mengatakan...
on 

blognya keren

Nikmaya John mengatakan...
on 

Numpang baca aza gan,,,,

Data mobile Phone mengatakan...
on 

Nice post.. lam knl sob

WORLD TIPS mengatakan...
on 

siapa kah tokoh fenomenal itu??

lowongan Kerja mengatakan...
on 

nice post....

ON THE SPOT mengatakan...
on 

siapakah dia??

keajaiban dunia mengatakan...
on 

biogrfi org2 terkenl..

obat tradisional kanker payudara mengatakan...
on 

sejarah tetang apa siii???

Nuno mengatakan...
on 

Thomas Mun, mengingatkan pelajaran Ekonomi sewaktu sekolah dulu

obat kanker prostat mengatakan...
on 

thanks info nya saya suka banget deh hehehe

obat kanker payudara mengatakan...
on 

saya suka dengan info nya gan

Nuno mengatakan...
on 

Belajar pada tokoh tokoh ekonomi seperti Thomas Mun

Dhidhit mengatakan...
on 

Thomas Mun, menjelaskan manfaat dari surplus perdagangan

Nuno mengatakan...
on 

Karya karya besar dari Thomas Mun

www.mobilduit.com mengatakan...
on 

bisa jadi satu inspirasi untuk mengembangkan ekonomi bisnis

Dhidhit mengatakan...
on 

Selain melebihi Pinter John Locke, semoga Anakku melebihi pinternya Thomas Mun

sewa ac mengatakan...
on 

ane juga sepaham dengan Thomas Mun gan..thanks informasinya..

KENCAN JAKARTA mengatakan...
on 

I feel this is one of the such a lot vital info for me. And i am satisfied reading your article. But wanna statement on some common issues, The web site taste is perfect, the articles is in point of fact nice : D. Just right process, cheers.

agen sbobet mengatakan...
on 

sayang banget thomas mun gak tercantum dalam sejarah perekonomian

BUTUH TEMAN KENCAN mengatakan...
on 

Hi there, just became aware of your blog through Google, and found that it is really informative. I am gonna watch out for brussels. I will be grateful if you continue this in future. Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!

Versi On The Spot mengatakan...
on 

Wow, marvelous blog format! How lengthy have you ever been blogging for? you make running a blog look easy. The entire glance of your site is magnificent, let alone the content!

Anonim mengatakan...
on 

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

Template Booklet Company Profile mengatakan...
on 

thanks ya infonya..
but tugas nih :D

Yahoo US News mengatakan...
on 

I was awfully positive near hit upon this site. I sought after toward thank you intended for this extraordinary interpret. I unquestionably savored each diminutive tad of it in addition to I include you bookmarked to verify absent original stuff you position.

seowaps mengatakan...
on 

seowaps

Jasa Seo Indonesia mengatakan...
on 

Jasa Seo Indonesia

Model kebaya mengatakan...
on 

terima-kasih-atas-informasinya

egi mengatakan...
on 

Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya

Robi mengatakan...
on 

Setelah saya brkunjung ke blog ini ternyata banyak sekali informasi yang bermanfaat semakin banyak ilmu yang saya dapatkan....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Sukses selalu...

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

mlm terbaru indonesia mengatakan...
on 

sangat mantap...

Jasa SEO Profesional mengatakan...
on 

ndflnaslndawshttp://www.seowaps.net/2013/09/jasa-seo-profesional.html

Obat Herbal Abses Payudara mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga suksesnya gan.....

sukses usaha online mengatakan...
on 

thank very much gan
i like your article..

salam USAHA DAN BISNIS ONLINE TERPERCAYA

obat tipes mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas infonya...
semoga semakin suksesnya....

Jual Obat Kuat Foredi Gel mengatakan...
on 

Kereen banget artikelnya gan!!

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

obat tradisional varises mengatakan...
on 

saya berkunjung ke blog ini semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan
semogha bermanfaat dan bertambah sukses...

MASADIK mengatakan...
on 

yuk, belajar seo di mywapblog
mempercepat pengindexan ke search engine,
Cara mengalahkan posisi blog senior pada SERP
memahami atribut rel nofollow dan dofollow
Belajar seo mwb dan Cara Mencari Backlink Berkualitas Di mywapblog
Cara mengoptimalkan SEO off page untuk blog mywapblog
Cara Mengoptimalkan SEO On-page Pada Blog Mywapblog
Cara Membuat Blog MWB Dengan Benar Menurut SEO Google

terbaik1 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

ginanjar mengatakan...
on 

informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat benjolan di belakang telinga mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas informasi nya
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

obat kutil kelamin mengatakan...
on 

makasih banyak sob.. artikelnya sangat bermanfaat sekali

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

Dangdut Berkoplo 2014 mengatakan...
on 

makasih gan, sangat bermanfaat

Blog Remaja mengatakan...
on 

Wah thanks buat sinopsisnya gan....

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya

cara memperbesar penis mengatakan...
on 

Extender jilq adalah cara memperbesar dan memperpanjang penis terbaik.
memperbesar penis menggunakan extenderjilq sangat mudah, cepat dan aman.
anda tidak perlu cape mengurut seperti produk2 teknik urut arab yg dijual oleh website2 yg lain.

info lengkap silahkan kunjungi:
www.extenderjilq.com

greenworld Indonesia mengatakan...
on 

Terimakasih atas infonya....sukses selalu

tips kesehatan mengatakan...
on 

mantap gan artikelnya

resep kuliner mengatakan...
on 

bermanfaat sekali artikelnya, semoga tambah sukses ya

clik here mengatakan...
on 

sangat berguna untuk pengetahuan saya

US News mengatakan...
on 

Chances are you'll not feel this after i inform you but your site reminds me of a timeless quote... "If you are going through hell, keep going."

Anonim mengatakan...
on 

thanx gan!

susu kambing mengatakan...
on 

thanks for sharing. drink milk for better life!

Unknown mengatakan...
on 

Website Ahli Gizi Indonesia
Nutritionist Website

resep bebek bakar madu mengatakan...
on 

salam kenal gan :) pengen tau cara membuat resep bebek bakar madu yang lezat??

Sewa Mobil Surabaya mengatakan...
on 

setuju gan. Terima kasih atas artikel yang telah Anda berikan kepada kami, saya yakin semua ini berguna bagi kita semua.

toko bunga palembang mengatakan...
on 

wihhhh sebuah tokoh luar biasa

beli bunga donk di tempat kita
toko bunga medan
toko bunga solo
toko bunga bogor

Unknown mengatakan...
on 

Hi, your blog has great informative and awesome posts. I am very glad to read it . It increased my knowledge. thanks for sharing
Menghilangkan Ketergantungan Obat Jerawat Dari Dokter

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN MANTAP. YUK CEKK...

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN
YUK CEKK...

911 Play mengatakan...
on 

Bagi anda yang berminat untuk memainkan permainan casino online seperti baccarat, sicbo dan lain-lain. Anda dapat memainkannya di situs casino online terpercaya , hanya dengan 1 buah akun semua permainan judi online dapat anda mainkan, banyak bonus yang bisa anda dapatkan dengan menjadi member, daftar dan menangkan ratusan juta rupiah.

vionaelsha mengatakan...
on 

Saat ini banyak situs-situs judi bola abal-abal atau pun situs judi online yang tidak terpercaya, jika kalian ingin bermain judi bola online, kalian bisa mendaftar di Situs Judi Bola Resmi. Karena dengan situs judi bola online yang terpercaya kalian akan mendapatkan keamanan dalam bermain.

Master Seo mengatakan...
on 

http://www.serbupoker88.com/
http://www.daftarpokerclub88.info/
http://www.daftarpokeroriental.info/
http://www.daftarpokeroriental.info/
http://www.daftarpokerlegenda.info/

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik