Analytical Hierarchy Process (AHP)

Sebenernya akhir-akhir ini lagi gundah gulana, resah dan gelisah, galau (gajah makan pulau) dan sejenisnya lah. Tapi biar lah ga apa-apa, semuanya biarlah berlalu curahkan saja semuanya di blog (tuhkan jadi metal alias melow total hahahahaha). Ya sudah lah, langsung aja yah pada bahasannya. Kali ini saya akan membahas mengenai Analytical Hierarchy Process (AHP) yang merupakan salah satu metoda untuk melakukan pengambilan keputusan tentunya secara ilmiah dan rasional. Mudah-mudahan saja ini bisa bermanfaat untuk pengambilan keputusan dalam memilih calon presiden nanti hehehehe...lanjut aja, cekedot....
Analitytical Hierarchy Process (AHP) adalah metode untuk memecahkan suatu situasi yang kompleks tidak terstruktur ke dalam beberapa komponen dalam susunan yang hirarki, dengan memberi nilai subjektif tentang pentingnya setiap variabel secara relatif, dan menetapkan variabel mana yang memiliki prioritas paling tinggi guna mempengaruhi hasil pada situasi tersebut.

Proses pengambilan keputusan pada dasarnya adalah memilih suatu alternatif yang terbaik. Seperti melakukan penstrukturan persoalan, penentuan alternatif-alternatif, penetapan nilai kemungkinan untuk variabel aleatori, penetapan nilai, pernyataan preferensi terhadap waktu, dan spesifikasi preferensi atas resiko. Betapapun melebarnya alternatif yang dapat ditetapkan maupun terperincinya penjajagan nilai kemungkinan, keterbatasan yang tetap melingkupi adalah dasar pembandingan berbentuk suatu kriteria yang tunggal.
Peralatan utama Analitycal Hierarchy Process (AHP) adalah memilih sebuah hirarki fungsional dengan input utamanya persepsi manusia. Dengan hirarki, suatu masalah kompleks dan tidak terstruktur dipecahkan ke dalam kelompok-kelompoknya. Kemudian kelompok-kelompok tersebut diatur menjadi suatu bentuk hirarki.
Kelebihan AHP dibandingkan dengan lainnya adalah :

1. Struktur yang berhirarki, sebagai konsekuensi dari kriteria yang dipilih, sampai pada subsubkriteria yang paling dalam.
2. Memperhitungkan validitas sampai dengan batas toleransi inkonsistensi berbagai kriteria dan alternatif yang dipilih oleh para pengambil keputusan.
3. Memperhitungkan daya tahan atau ketahanan output analisis sensitivitas pengambilan keputusan.

Selain itu, AHP mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah yang multi-obyektif dan multi-kriteria yang berdasarkan pada perbandingan preferensi dari setiap elemen dalam hirarki. Jadi, model ini merupakan suatu model pengambilan keputusan yang komprehensif.

Prinsip Dasar Pemikiran AHP
Dalam memecahkan persoalan dengan analisis logis eksplisit, ada tiga prinsip yang mendasari pemikiran AHP, yakni : prinsip menyusun hirarki, prinsip menetapkan prioritas, dan prinsip konsistensi logis.

Prinsip Menyusun Hirarki
Prinsip menyusun hirarki adalah dengan menggambarkan dan menguraikan secara hirarki, dengan cara memecah persoalan menjadi unsur-unsur yang terpisah-pisah. Caranya dengan memperinci pengetahuan, pikiran kita yang kompleks ke dalam bagian elemen pokoknya, lalu bagian ini dipecah lagi ke dalam bagian-bagiannya, dan seterusnya secara hirarkis.
Penjabaran tujuan hirarki yang lebih rendah pada dasarnya ditujukan agar memperoleh kriteria yang dapat diukur. Walaupun sebenarnya tidaklah selalu demikian keadaannya. Dalam beberapa hal tertentu, mungkin lebih menguntungkan bila menggunakan tujuan pada hirarki yang lebih tinggi dalam proses analisis. Semakin rendah dalam menjabarkan suatu tujuan, semakin mudah pula penentuan ukuran obyektif dari kriteria-kriterianya. Akan tetapi, ada kalanya dalam proses analisis pengambilan keputusan tidak memerlukan penjabaran yang terlalu terperinci. Maka salah satu cara untuk menyatakan ukuran pencapaiannya adalah dengan menggunakan skala subyektif.

Prinsip Menetapkan Prioritas Keputusan
Bagaimana peranan matriks dalam menentukan prioritas dan bagaimana bagaimana menetapkan konsistensi.
- Menetapkan prioritas elemen dengan membuat perbandingan berpasangan, dengan skala banding telah ditetapkan oleh Saaty.




Perbandingan ini dilakukan dengan matriks. Misalkan untuk memilih manajer, hasil pendapat para pakar atau sudah menjadi aturan yang dasar (generic); managerial skill sedikit lebih penting daripada pendidikan, teknikal skill sama pentingnya dengan pendidikan serta personal skill berada diantara managerial dan pendidikan.

Prinsip Konsistensi Logis
Matriks bobot yang diperoleh dari hasil perbandingan secara berpasangan tersebut, harus mempunyai hubungan kardinal dan ordinal, sebagai berikut :
Hubungan Kardinal : aij . ajk = aik
Hubungan Ordinal : Ai > Aj, Aj > Ak, maka Ai > Ak
Hubungan diatas dapat dilihat dari dua hal sebagai berikut :
a. Dengan melihat preferensi multiplikatif, misalnya bila apel lebih enak 4 kali dari jeruk, dan jeruk lebih enak 2 kali dari melon, maka apel lebih enak 8 kali dari melon.
b. Dengan melihat preferensi transitif, misalnya apel lebih enak dari jeruk, dan jeruk lebih enak dari melon, maka apel lebih enak dari melon.
Pada keadaan sebenarnya akan terjadi beberapa penyimpangan dari hubungan tersebut, sehingga matriks tersebut tidak konsisten sempurna. Hal ini terjadi karena ketidakkonsistenan dalam preferensi seseorang.
Untuk model AHP, matriks perbandingan dapat diterima jika Nilai Rasio konsistensi ≤ 0.1. Nilai CR ≤ 0.1 merupakan nilai yang tingkat konsistensinya baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian nilai CR merupakan ukuran bagi konsistensi suatu komparasi berpasangan dalam matriks pendapat. Jika indeks konsistensi cukup tinggi maka dapat dilakukan revisi judgement, yaitu dengan dicari deviasi RMS dari barisan (aij , dan Wi / Wj ) dan merevisi judment pada baris yang mempunyai nilai prioritas terbesar.
Memang sulit untuk mendapatkan konsisten sempurna, dalam kehidupan, misalnya dalam berbagai kehidupan khusus sering mempengaruhi preferensi sehingga keadaan dapat berubah. Jika buah apel lebih disukai daripada jeruk dan jeruk lebih disukai daripada pisang, tetapi orang yang sama dapat lebih menyukai pisang daripada apel, tergantung pada waktu, musim, dan lain-lain. Namun konsistensi sampai kadar tertentu dalam menetapkan prioritas untuk setiap unsur adalah perlu sehingga memperoleh hasil yang sahih dalam dunia nyata. Rasio ketidakkonsistenan maksimal yang dapat ditolerir 10 %.
Apa lagi yah?? udah dulu ah segitu dulu aja, mudah-mudahan aja bermanfaat. Kalau masi belum ngerti tinggal browsing2 aja di google pasti banyak kok hehehehe...


Comments :

193 komentar to “Analytical Hierarchy Process (AHP)”
an mengatakan...
on 

halo sob AHP wah kurang begitu mengerti ni kayaknya sobat pinter manajemen...


bagus sob tingkatkan ya..

suwung mengatakan...
on 

du ampun diriku yang gaptek dan kuper langsung KO

Unknown mengatakan...
on 

Kang e-je
nanti tolong kasih kuliah private ya
maklum kalo rame-rame gini aku gak ngerti
kurang lepel lah kalo rame-rame
he..he

mayaozk mengatakan...
on 

ya ampyun pembahasannya beraaattt :'(

toro mengatakan...
on 

Tak baca ber ulang kali kok gak mudeng-mudeng ya! Dasar lemot

Anonim mengatakan...
on 

ku ngaku deh.. soal ini saya bingung dan malas untuk mikir.
kaburrrrrrrrrrrrrrrr

RIP666 mengatakan...
on 

walah pinter bgt nih orang....ck...ck...ck...

SECONAZ mengatakan...
on 

nyerah ang, ga mudeng2..ilmu teknik ga da yg nyambung....

innes mengatakan...
on 

hai mas....
ni kul.ku pas semester 5 kemarin...
hehe
aku agak lupa tapi, pokoknya ni milih supplier to?

e-je mengatakan...
on 

@semuanya :: terima kasih sudah pada membaca postingannya...

@innes :: bisa untuk milih supplier juga, tapi intinya ini biasa digunakan untuk melakukan pengambilan keputusan dengan berbagai macam kriteria dan si pengambil keputusannya juga lebih dari satu.. Jadi, bisa digunakan untuk pengambilan keputusan apa saja..

Mulyati mengatakan...
on 

Waduh... dah tua, agak susah nih mas nyambungnya. Kayaknya perlu les tambahan nih...

Unknown mengatakan...
on 

sepertinya bahasanya tinggi banget ya bos,banyak yang aku gak ngerti..maafin ya

Yanuar Catur mengatakan...
on 

waduh,,agak ribet nih otak ku
maklum otak celeron
hehehehehe
keep share broo

Mentari Yousof mengatakan...
on 

hikz. . .bacaanx berat. . gak ku ku. .

attayaya mengatakan...
on 

aku suka yang terstruktur
gampang dimengerti

Risti mengatakan...
on 

# Sebenernya akhir-akhir ini lagi gundah gulana, resah dan gelisah, galau #

Duuuh sampe kaya gitu sih mikirin AHP....
santai aja sob enjoy aja lah jangan di bikin gundah

e-je mengatakan...
on 

@Risti :: hehehe... bukan mikirin AHP tuh, mikirin yang lainnya hahaha..

belajar dan berbagi :: blog aalil mengatakan...
on 

nyeraaaahhhh...... dah dibaca2, ttp gak mudeng... emank dsasar saya nya aja gak ngerti sama ginian... hehehehehe

Dinoe mengatakan...
on 

Sangat berbobot teman...izin baca2 ya

www.katobengke.com mengatakan...
on 

sobatku aq mau nanya gmana cara kamu memasang tabel tuh...................

Anonim mengatakan...
on 

kalau gitu gmana dengan kondisi aq...apakah yang harus aq lakukan so terkadang aq merasa kagak PD n merasa minder kpada orang

Dio mengatakan...
on 

weh...bingung nih

attayaya mengatakan...
on 

aku masih terhirarki datang kemari

Ibnu Sanggar Watasa (Inumarulez) mengatakan...
on 

Nggak begitu mudeng sobh.. Hahahah ^^

bening mengatakan...
on 

hemmm...
postingan keren yan bikin aku klimpungan memahaminya (maklum kuper n gaptek he he he...)

nyubi mengatakan...
on 

wah,,,baca ketiga kalinya baru aga ngerti dikit, mantabb info nya,,,,perlu penghayatan,,,,

Pixel mengatakan...
on 

Sorry bozz, Gue kaga ngarti... Beraaat dah..
Sukses selalu bro ..

Haady mengatakan...
on 

Detail dan Menarik, thx bro

angga mengatakan...
on 

hem...nambah ilmu neh..

bayu nugroho mengatakan...
on 

om boleh ijin buat pusing bentar ga? sumpah pusing ane buat ngertiin postingan ini....hehehee....

JoOZ mengatakan...
on 

Yuuuhuuu... sekarang blogger punya perpustakaan digital neh....
rame...
yang dibahas berat pula.... gag kwat diriku memikul bebannnya..
hahahahaha
keknya harus dijelaskan dengan cara yang uniq tuh...biar lebih ringan...
ok BOSS...
coba maen kesinimasukan aja seh.. hehehehe...

Ajeng mengatakan...
on 

Wah,butuh kursus tambahan nih mas kayaknya.Gak mudeng aku..

IjoPunkJUtee mengatakan...
on 

Sehabis semedi di bawah pohon mete, kusambangi sahabatku e-je yang makin hari makin kece.....

angga mengatakan...
on 

Aduh, terus terang masih kurang ngerti. Ini bisa dikatakan teknik skoring gitu yah?

rakyatindonesia mengatakan...
on 

artikelnya bagus sob...

Unknown mengatakan...
on 

duh, kyk lagi kuliah aja nih baca uraianmu.

Ariesvio mengatakan...
on 

Detil...sekali
Salam Kenal..Thank's telah mampi di Ariesvio
Walau sambil lari...ya ...lari pagi

IjoPunkJUtee mengatakan...
on 

E-je, kusambangi engkau kawan, di malam ini ku jenuh dengan kerjaan...

Jam segini masih ngulek-ulek kantor bro....!!!

Kembara Bumi mengatakan...
on 

Bagus bgt nih artikel, tapi kayaknya terlalu akademis bgt, so kasian yang kayak aku ini, lambat ngerti, he he.

Ibnu0971 mengatakan...
on 

Tesis saya juga menggunakan AHP. Memang bagus AHP

Anonim mengatakan...
on 

mudah2n capre RI baca blognya evan...

van, klo kmu yg jadi presiden, Indonesia aman damai tentram deh kayaknya....

be the best u can... n be urself....

suwung mengatakan...
on 

ampun kagak kuat otaku

Unknown mengatakan...
on 

Hi Evan.. ^^
artikel AHPnya masih kurang nh, boleh minta versi lengkapnya ga..??
klo boleh tolong kirim via emailku ya..
tonue_silverberg@yahoo.co.id
thanx b4

Anonim mengatakan...
on 

Salam....

Mas saya mendapat rujukan penelitian skripsi saya dengan metode AHP ini. Masalahnya, saya belum pernah belajar sama sekali, tapi pembimbing saya ngotot mau pake AHP :)

So, kalo bisa,, minta referensi buku untuk mempelajarinya mas. kalo perlu dari yang basic bngt yah.. Thanx..
Oia mas,, kirim ke email saya yah mas:

iif_86@ymail.com

Sekali lagi trims berat mas...

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...
on 

wah saya ga mengerti tentang AHP sama sekali

Festival Museum Nusantara mengatakan...
on 

informasi yang menarik sobat

Piala Dunia 2010 mengatakan...
on 

thx for share, bro

Nyubi mengatakan...
on 

mampir sob

Chiropractic mengatakan...
on 

blognya keren

Blogger Templates Colorizetemplates.com mengatakan...
on 

wah, cocok juga nich buat bantuan skripsi.
:)

ogahrugi mengatakan...
on 

nice share..

Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal Mulai Bisnis Online mengatakan...
on 

Terima kasih kang atas prinsip yang diberikan dan saya rasa ini betul dan itulah hak saya sebagai komentator.

Anonim mengatakan...
on 

thx om inpo nya
klw boleh tau ni sumber buku nya apa y??
please kirim k email ane y ry.end.wr@gmail.com
thx

erika mengatakan...
on 

mas boleh minta contoh soal AHP nya gak?thx b4

spesifikasi mobile phone mengatakan...
on 

selalu semangat gan artikelnya menarik gan
thanks

facebook photo album mengatakan...
on 

Hi Evan.. ^^
artikel AHPnya masih kurang nh, boleh minta versi lengkapnya ga..??
klo boleh tolong kirim via emailku ya..
tonue_silverberg@yahoo.co.id
thanx b4

facebook photo album mengatakan...
on 

nyerah ang, ga mudeng2..ilmu teknik ga da yg nyambung....

kasdul mengatakan...
on 

mas bisa jelaskan kenapa harus di hitung konsistensinya?apa maksud dari konsistensi? tolong kirim ke email saya kasdul46@yahoo.com terimakasih...

Berkomunitas Di Faceblog indonesia mengatakan...
on 

slm knl

Anonim mengatakan...
on 

mas, mau mnt buku dr sumber ni dunk..atau buku2 yg lainnya...
bs tlg krm k meeicia@yahoo.com...
trus gmn si tntuin konsistensi..masi blom ngerti..
bagi yg bisa jelasin dan mau jelasin tlg dunk kbrn saya...d tunggu bny infonya...makasih bgt

pizza bag mengatakan...
on 

Hi… that was great stuff.. I really like this subject. Could you tell me more … I would love to explore.

Xamthone Plus mengatakan...
on 

thanks for share..nice info...

obat herbal kanker prostat mengatakan...
on 

Thanks for share, really good info hopefully helpful...!

Anonim mengatakan...
on 

waduh makasih banyak om, ngebantu banget. lagi nyusun skripsi pake metode ini...

Data mobile Phone mengatakan...
on 

nice post sob lam knl

obat herbal insomnia mengatakan...
on 

thanks for share..

indovision mengatakan...
on 

berat nih artikelnya.. :)

indovision

arie mengatakan...
on 

wah mesti baca pelan-pelan nih biar cepat paham!

artikel yang bagus mas, salam kenal
http://arie-triyadi.blogspot.com

WORLD TIPS mengatakan...
on 

malware detected!!

ON THE SPOT mengatakan...
on 

oh, begitu??

mobil balap mengatakan...
on 

wah.. lumyan lah buat nmbh wawsan..

Agen Xamthone Plus Jakarta mengatakan...
on 

thank ya buat informasinya ??

Anonim mengatakan...
on 

ahp ya,..
mantap
www.bagusolo.blogspot.com

radio mengatakan...
on 

http://bagusolo.blogspot.ocm

Obat Herbal Diabetes mengatakan...
on 

makasih infonya gan

obat tradisional kanker payudara mengatakan...
on 

salam kenal ya mas

Pest Control Toronto mengatakan...
on 

Consistency to some degree in setting priorities for each element is necessary to obtain valid results in the real world. Inconsistency ratio of maximum tolerable 10%.

Harga Samsung Galaxy mengatakan...
on 

terima kasih gan buat infonya semoga bermanfaat

obat liver empedu mengatakan...
on 

harus di analysis ni gan haseeek

pengobatan tradisional stroke mengatakan...
on 

apa nih ane kurang paham dengan info nya :D

Nuno mengatakan...
on 

Metode pengambilan keputusan dengan Analytical Hierarchy Process (AHP)

obat diabetes melitus mengatakan...
on 

nice post deh,,,, aku suka gan

obat stroke mengatakan...
on 

waduh ok juga ya

obat glukoma mengatakan...
on 

suka dengan postingan

Paket Tour Wisata Istanbul Turki mengatakan...
on 

thx for the info..

semogaBeruntung mengatakan...
on 

sangat membantu mas, klw adafile downloadnya boleh juga tuh mas :)

Dhidhit mengatakan...
on 

AHP = Analytical Hierarchy Process

CHAT KENCAN mengatakan...
on 

I got what you designate, thanks for putting up. Woh I am glad to make this website finished google. Thanks For Share.

obat tradisional gula darah mengatakan...
on 

memang informasi yang disajikan anda begitu luar biasa, saya sangat senang dapat memberi komentar disini dan menjelajah artikel demi artikel di blog ini. luar biasa itulah yang dapat saya katakan untuk web blog ini.. nice POST!!

agen sbobet casino mengatakan...
on 

ane masih belum ngerti nih gan. kira" ada yg berbentuk video gak?

rental dehumidifier mengatakan...
on 

wah sangat komplit tipsnya. mantep bro

taruhan bola online mengatakan...
on 

udah saya coba ni mas,tapi kok masi belom bisa ya?

agen 368bet mengatakan...
on 

agak susah ya, coba dibikin dalam bentuk video :D

Versi On The Spot mengatakan...
on 

Wonderful items from you, man. I've be aware your stuff previous to and you're simply extremely wonderful. I actually like what you have acquired right here, really like what you are stating and the way during which you assert it. You make it enjoyable and you continue to take care of to stay it wise. I can't wait to read much more from you. That is actually a tremendous web site.

Newbie Blog mengatakan...
on 

hehe keren beudd

Anonim mengatakan...
on 


DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

Anonim mengatakan...
on 

I like the valuable information you provide for your articles.
I'll bookmark your weblog and check again here frequently. I am moderately certain I will learn many new stuff right here! Best of luck for the next!

Have a look at my blog; insurance traditional

Anonim mengatakan...
on 

Hi there! I realize this is kind of off-topic however I had to ask.
Does building a well-established blog like yours require a lot
of work? I'm completely new to blogging however I do write in my journal daily. I'd like
to start a blog so I can easily share my own experience and thoughts online.
Please let me know if you have any suggestions or tips for
brand new aspiring bloggers. Thankyou!

Look into my weblog start online Business

Anonim mengatakan...
on 

I was more than happy to find this page. I want to to thank you for ones time due to this wonderful read!
! I definitely enjoyed every little bit of it
and I have you book-marked to check out new things on your website.


my weblog; natural depression
Also see my site :: fight depression

Company Profile mengatakan...
on 

thanks buat postingannya, nambah pengetahuann saya :)

Anonim mengatakan...
on 

It's appropriate time to make some plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or suggestions. Perhaps you can write next articles referring to this article. I wish to read more things about it!

Feel free to visit my web page - roasted coffee

INFO SEMINAR,TRAINING DAN WORKSHOP mengatakan...
on 

Nice Share...

Numpang Link ya :

INFO SEMINAR,TRAINING & WORKSHOP
INFO SEMINAR,TRAINING & WORKSHOP
Seputar Hypnosis,Hypnotherapy Dan NLP
2 DAY WORKSHOP HYPNO ANESTESIA DAN HYPNO BIRTHING
2 DAY WORKSHOP HYPNO ANESTESIA DAN HYPNO BIRTHING
Rahasia Melipatgandakan Daya Magnetisme Guru Dan Melejitkan Potensi Anak Didik
2 DAY WORKSHOP HYPNOTIC SELLING FOR SUCCESS
FUNDAMENTAL HYPNOTIS Dan PROFESSIONAL HYPNOTHERAPIST
3 Day Profesional Hypnotherapy

agus herbal mengatakan...
on 

ikut menyimak gan

Anonim mengatakan...
on 

Hello just wanted to give you a quick heads up. The text in
your post seem to be running off the screen in Opera.
I'm not sure if this is a format issue or something to do with browser compatibility but I thought I'd
post to let you know. The design and style look great though!
Hope you get the issue solved soon. Thanks

Also visit my web-site; http://www.hjcustomjewelry.com/effortless-modcloth-coupon-plans/">visit

Anonim mengatakan...
on 

You really make it appear really easy along with your presentation but I find this topic
to be actually one thing which I think I'd never understand. It kind of feels too complex and very extensive for me. I am looking forward for your subsequent publish, I'll
attempt to get the cling of it!

Also visit my web site ... upct.es

Citra Garment mengatakan...
on 

wah , prinsipnya kalau diliat liat , eamng bgaus tuh :) tapi sulit dimengerti :)

Anonim mengatakan...
on 

Hi, I wish for to subscribe for this website
to take most recent updates, so where can i do it please help.


Here is my page ... http://wiki.cpa3y.net

Pengobatan Tuberkulosis mengatakan...
on 

makasih info'x sob..

setiyo11.heck.in mengatakan...
on 

mantap kawan

baju batik mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas saran dan infonya

obat herbal diare untuk anak mengatakan...
on 

terimakasih atas informasinya

egi mengatakan...
on 

Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya

obat alternatif radang paru-paru mengatakan...
on 

makasih banyak atas infonya gan

Robi mengatakan...
on 

Setelah saya brkunjung ke blog ini ternyata banyak sekali informasi yang bermanfaat semakin banyak ilmu yang saya dapatkan....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Sukses selalu...

hiban mengatakan...
on 

Setelah saya berkunjung ke blog ini banyak sekali yang saya dapatkan yaitu ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi saya...

Agen Judi Bola Terpercaya Promo 10% all Games Sportbook mengatakan...
on 

Agen Judi Bola Terpercaya Promo 10% all Games Sportbook

Agen Judi Bola Terpercaya Promo 10% all Games Sportbook mengatakan...
on 

Agen Judi Bola Terpercaya Promo 10% all Games Sportbook

Mutiarabijak.com kata kata mutiara dan kata kata bijak cinta mengatakan...
on 

Mutiarabijak.com kata kata mutiara dan kata kata bijak cinta

cari uang lewat ekiosku.com mengatakan...
on 

cari uang lewat ekiosku.com

Elektronik mengatakan...
on 

Elektronik

Cipto Junaedy mengatakan...
on 

Cipto Junaedy

Website Taruhan Lengkap dan Terpercaya mengatakan...
on 

Website Taruhan Lengkap dan Terpercaya

Cari Uang Lewat Ekiosku.com mengatakan...
on 

Cari Uang Lewat Ekiosku.com

Agen Bola Terpercaya Piala Dunia 2014 mengatakan...
on 

Agen Bola Terpercaya Piala Dunia 2014

Seowaps Jasa SEO Terbaik Di Indonesia mengatakan...
on 

Seowaps Jasa SEO Terbaik Di Indonesia

Mutiarabijak.com kata kata mutiara dan kata mengatakan...
on 

Mutiarabijak.com kata kata mutiara dan kata

HEMAT LISTRIK DENGAN ALAT UKUR DAN INSTRUMENTASI mengatakan...
on 

HEMAT LISTRIK DENGAN ALAT UKUR DAN INSTRUMENTASI

Sumberiklangratis.com Sumbernya Pasang Iklan mengatakan...
on 

Sumberiklangratis.com Sumbernya Pasang Iklan

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

SEO Service mengatakan...
on 

scdbkzscxkzsbcxas

Obat Herbal Abses Payudara mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga suksesnya gan.....

sukses usaha online mengatakan...
on 

thank very much gan
i like your article..

salam USAHA DAN BISNIS ONLINE TERPERCAYA

obat tipes mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas infonya...
semoga semakin suksesnya....

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

obat tradisional varises mengatakan...
on 

saya berkunjung ke blog ini semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan
semogha bermanfaat dan bertambah sukses...

obat penyakit varises mengatakan...
on 

informasinya yang sangat luar biasa pengetahuan saya kini semakin bertambah
semoga semakin sukses nya...

obat alami varises mengatakan...
on 

info nya sangat menarik sekali
pengetahuan saya kini bertambah
terimakasih banyak info nya semoga sukses

grosir batik pekalongan mengatakan...
on 

sepertinya ini berhubungan dengan bagaimana mengatur prioritas ya gan. CMIIW

terbaik1 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

herbal1 mengatakan...
on 

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

ginanjar mengatakan...
on 

informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

baju batik mengatakan...
on 

artikelnya menarik banget

batik mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas infonya

baju batik assidiq mengatakan...
on 

salam kenal dari kami, toko assidiq

batik solo mengatakan...
on 

maju terus blogger indonesia

obat benjolan di belakang telinga mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas informasi nya
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

obat lepra mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas informasi nya
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

obat kutil kelamin mengatakan...
on 

mantap bro... semoga tambah maju

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

Dek Arif mengatakan...
on 

Dek Arif Dek Arif ~ Arif Rachman Hakim Arif Rachman Hakim Dek Arif Dek Arif ~ Arif Rachman Hakim Arif Rachman Hakimdek-arif.blogspot.com

obat benjolan di testis mengatakan...
on 

informasi yang sangat bermanfaat..
semoga semakin sukses

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

terima kadih atas informasinya

mlm green world Indonesia mengatakan...
on 

semoga ilmunya brmanfaat...

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

wah,,,, bagus sekali sob infonya, thx ya sukses selalu

cara memperbesar penis mengatakan...
on 

Extenderjilq adalah cara untuk membesarkan dan memanjangkan penis yang sangat terbaik.
Kami tidak berbicara sembarangan tentang hal itu, karena metode yg digunakan adalah penggabungan alat extender dan teknik urut arab "jilq"
anda tidak akan cape menggurut.
hasilnya aman karena menggunakan sistem traksi pegas, bukan vakum yg dapat berbahaya untuk penis.

info lengkap segera kunjungi:
www.extenderjilq.com

cetak mug murah mengatakan...
on 

komplit banget artikelnya,,

jaket kulit wash murah mengatakan...
on 

hal yang utama untuk berkunjung menikmati postingan artikel yang memang bermanfaat seperti blog ini,, terima kasih admin

tips kesehatan mengatakan...
on 

mantap gan artikelnya

resep kuliner mengatakan...
on 

bagus sekali artikelnya, semoga bermanfaat

resep minuman mengatakan...
on 

artikel yg menarik gan.desain rumah minimalis resep masakan pusat grosir service laptop Belajar Photoshop Perbaikan Komputer Tutorial Komputer Iklan Jual Rumah Toko Online Pasang Iklan Gratis Belajar Photoshop Iklan Gratis Game Komputer Resep Tradisional Download Game Komputer Peluang Usaha Resep Masakan Artikel Wanita Tutorial Hijab
Artikel Olahraga Artikel Blogger Belajar Wordpress Peluang Bisnis Online Pasang Iklan Gratis Iklan Gratis Tanpa Daftar Pasang Iklan Bisnis Online Peluang Usaha Usaha Bisnis Waralaba Indonesia Wirausaha Auto Backlink Free Backlink Artikel Internet Artikel Komputer Tutorial Photoshop Resep Minuman Iklan Gratis resep masakan

greenworld Indonesia mengatakan...
on 

Terimakasih atas infonya....sukses selalu

Petualangan Body Rafting mengatakan...
on 

Terima kasis infonya gan..menarik sekali.

Unknown mengatakan...
on 

thanks infonya gan. fenuz desain rumah minimalis pusat grosir pusat grosir minuman sehat desain rumah minimalis resep masakan service laptop Belajar Photoshop Perbaikan Komputer Tutorial Komputer Iklan Jual Rumah Toko Online Pasang Iklan Tutorial Photoshop Iklan Gratis Game Komputer Resep Tradisional Download Game PC Peluang Usaha Resep Masakan Artikel Wanita Tutorial Hijab

Artikel Olahraga Artikel Blogger Belajar Wordpress Bisnis Online Pasang Iklan Gratis Iklan Gratis Tanpa Daftar Pasang Iklan Bisnis Online Peluang Usaha Usaha Bisnis Waralaba Indonesia Wirausaha Auto Backlink Free Backlink Artikel Internet Artikel Komputer Tutorial Photoshop Resep Minuman Iklan Gratis resep masakan

Anonim mengatakan...
on 

gimana cara dapatkan versi buku nya?

US News mengatakan...
on 

I was honored to obtain a call coming from a friend when he observed the important tips shared on your own site. Going through your blog publication is a real brilliant experience. Thank you for taking into account readers just like me, and I hope for you the best of success for a professional in this arena.

how to make home mengatakan...
on 

memang website yang keren memang harus begini,selalu mengedepankan kepuasan dan banyak memberi manfaat bagi pengunjungnya.

home design minimalist mengatakan...
on 

semua yang telah dihadirkan oleh website ini sangat sempurna,baik tampilan dan artikelnya..penuh warna dan penuh makna..

minimalist living room design mengatakan...
on 

memang website yang keren memang harus begini,selalu mengedepankan kepuasan dan banyak memberi manfaat bagi pengunjungnya.

Unknown mengatakan...
on 

Bermanfaat sekali nih beritanya,
makasih banyak ya pa admin telah memberikan manfaat cara , kumpulan besar, besarkan berita yang sangat bagus ini.

Perangsang Wanita mengatakan...
on 

informasi yang aktual, semua informasi yang diberikan bermanfaat sekali untuk kita semua

pusat grosir mengatakan...
on 

lagi ga mudeng nich. desain rumah minimalis pusat grosir

Jonny Chan mengatakan...
on 

Agen Taruhan
Domino qq
qq Online
Agen Poker
Bandar Bola
Tvonline
Bioskop 21
Tv Indonesia
Film dewasa
Info Bola
Prediksi Togel
Info Togel
Aplikasi Gratis
Foto Bugil
Hasil Bola
Cerita Dewasa
Indo Togel
Rumus Togel
Prediksi Bola
Livescore

susu kambing mengatakan...
on 

thanks for sharing. drink milk for better life!

Unknown mengatakan...
on 

infonya very useful for us, thank you for the info you always hope in the mercy of Allah. :)

OBAT MIOM AMPUH

Anonim mengatakan...
on 

cara mendownload ahp gimana gan? apakah ada linknya?

paket internet axis mengatakan...
on 

Apa kabar gan ?, kok sekian lama gak postng lagi

ambarwati ardiyanti mengatakan...
on 

kerajinan tangan batik kayu
minyak bulus

rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo

rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo

rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo

rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo

Sewa Mobil Surabaya mengatakan...
on 

Pertama melihat judul , saya langsung tertarik untuk membacanya.

bunga duka cita mengatakan...
on 

artikel yang mengajari statistika. sangat berguna

Unknown mengatakan...
on 

Hi, your blog has great informative and awesome posts. I am very glad to read it . IT increased my knowledge. thanks for sharing. Makanan Penyakit Gerd

Unknown mengatakan...
on 

Merawat Kecantikan Wajah Dengan Bahan Alami
hai gan / sist ya sorry I visit your article, because I am really interested sihh, it lohh article. oh he me it was fine the passengers, passengers kept a link wrote not nyepam kok.he Thank you :)

By : Jelly Gamat

Reni Sakti Amaliah mengatakan...
on 

Klo mau konsul lebih banyak bisa via email gak min?tks before..

Reni Sakti Amaliah mengatakan...
on 

Klo mau konsul lebih banyak bisa via email gak min?tks before..

Semenax - Suplemen Penyubur Sperma mengatakan...
on 

Blog yg sangat bagus dan artikel yang menarik

Anonim mengatakan...
on 

your article is very nice
bandar judi online indonesia

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN MANTAP. YUK CEKK...

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN MANTAP. YUK CEKK....

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN. YUKK CEKKK...

Unknown mengatakan...
on 

Apakah ada buku AHP nya sob, SAYA LAGI CARI BUKU ITU.
TOLONG BANTUANNYA, WA YA SOB 085277008080

BN Admin mengatakan...
on 

Kata kasino sebenarnya berarti villa kecil atau pergola dibuat untuk kesenangan. Meskipun awalnya kasino yang terletak di dekat hotel atau merupakan bagian dari hotel biasanya disebut hotel kasino. Mereka king4d menawarkan pengunjung dan wisatawan dengan hiburan perjudian. Namun saat ini tren berubah dan orang-orang yang tidak bisa mengunjungi kasino tanah dapat memanfaatkan pengalaman yang sama melalui kasino online dengan hanya duduk di zona kenyamanan rumah mereka. permainan kasino king4d online adalah cara yang menarik untuk menghabiskan waktu ekstra dan saat ini semakin banyak orang yang mencondongkan menuju kasino online untuk hiburan yang lebih besar. Apa yang bisa King4D lebih sempurna untuk pesta kasino? Anda tidak perlu memasang taruhan besar sebanyak yang Anda mampu untuk kalah. Dengan pesta kasino Anda dijamin menikmati malam yang menyenangkan karena tidak akan pernah ada momen yang menjemukan. Akan ada pasang surut saat orang menang, kalah, dan bersorak satu sama lain. Mungkin Anda juga bisa memasang taruhan sisi untuk siapa yang keluar King4D dari Anda dan tamu Anda akan menjadi yang paling beruntung malam itu. Rincian apa pun yang Anda putuskan, saya yakin pesta bertema ini akan menjadi satu untuk diingat!

Situs Judi Online mengatakan...
on 

Daftar Situs Judi BandarQ & Dominobet Online terpercaya Indonesia

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik