Global Market

Spekulasi di pasar perumahan telah usai, untuk membangun kembali kesehatan ekonomi di Amerika Serikat dibutuhkan suatu resesi hebat yang berlangsung beberapa tahun “menurut marc faber“ Pasiennya yang menjadi melalui pertumbuhan kredit harus masuk rehabilitasi .
Memberikan lebih banyak alcohol , seperti yang dilakukan the fed dan the treasury pada saat ini, adalah obat yang salah. Harga rumah secara nasional telah menurun sebesar 22% dari harga tertingginya yang tercapai pada tahun 2006. Banyak orang yang sebetulnya tidak layak mendapatkan KPR diberikan pinjaman tanpa dokumentasi yang lengkap (subprime mortgage). Satu dari setiap lima rumah di AS telah turun begitu banyak sampai nilai KPR-nya lebih besar dari pada nilai rumah itu sendiri. Oleh karena itu , jumlah foreclosures atau penyitaan rumah kini 71% dibandingkan satu tahun lalu. Harga rumah di AS kemunngkinan masih akan turun 10% lagi dalam beberapa kuartal berikutnya sebelum mulai stabil tahun 2010. terjadinya pertumbuhan ekonomi yang semu di Amerika Serikat, seperti :

a. sekitar 2% dan bahkan kadang-kadang lebih dari 3% dari pertumbuhan BNP di tahun 2002 sampai tahun 2006 merupakan dari hasil kenaikan harga rumah.
b. Jadi penyehatan dari resesi pada awal decade ini di dorong oleh mortgage equity withdrawal , yang mengijinkan konsumen menggunakan rumahnya sebagai mesin ATM dan pinjam uang terhadap apresiasi rumah mereka.
c. Baik pada 2005 dan 2006 terjadi penarikan KPR sebesar hampir 700 milyar dolar AS, yang meningkatkan consumer spending dan menambah 3% ke BNP.
d. Tetapi tahun 2007 , MEW sudah turun ke 470 milyar dolar AS, dan tahun ini kecil sekali.

Selain itu, banyak juga produk derivatif mengancam system keuangan, diantaranya adalah :
a. Bank telah kehilangan lebih dari 680 milyar dolar AS selama 2 tahun terakhir setelah housing bubble pecah.
b. Tetapi perusahaan keuangan juga telah banyak berinvestasi dalam derivatif, yang oleh warren Buffet disebut “ financial weapon of mass destruction “ atau senjata pemusnah masal pada tahun 2002.
c. Selama 6 tahun berikutnya , jumlah derivative ini bertambah sebesar 500 persen menjadi lebih dari 500 milyar dolaar AS. Ukuran sebesar inilah yang menaikan probabilitas atau resiko untuk menjadi suatu bencana.
d. Terutama pasar CDS ( credit default swap) sebesar 50 triliyun dolar AS yang membahayakan dunia keuangan. Sebagai contohnya , AIG adalah salah satu penjual terbesar CDS dan kita sudah tahu nasibnya.

Perekonomian Amerika tenggelam seperti titanic, hal ini ditandai oleh perolehan kredit mulai sulit karena Bank menderita banyak kerugian , mereka terpaksa mengurangi pemberian kredit. Sampai dengan bulan September, jumlah pinjaman telah turun sebesar 154.3 milyar dolar AS, yang merupakan salah satu kontraksi kredit terbesar secara nominal dalam beberapa decade terkahir ini. Dengan demikian, uptrend yang bertahan sejak awal tahun 1995 telah pecah.
Perekonomian yang sehat mempunyai kredit bank yang meningkat, yang merupakan salah satu sumber ekspansi .Ketika bank harus mengurangi pemberian pinjaman , pertumbuhan ekonomi berkurang dan bahkan dapat mengakibatkan suatu resesi. Penurunan jumlah kredit (deleveraging) kemungkinan besar akan berlanjut terus sampai tahun 2013, deleveraging ini jelas akan menekan pertumbuhan ekonomi dan bursa saham beberapa tahun kedepan. Pemerintah boleh saja memompa uang dalam sisitem perbankan tetapi tidak akan ada dampak sama sekali, seperti pepatah lama mengatakan “Anda dapat menuntun kuda ke air tapi tidak bias membuatnya minum“.
Perekonomian terbesar di dunia melemah dengan 0.3% dalam bisnis tahunan di kuartal ketiga. Inilah kontraksi yang paling tajam di AS dalam 7 tahun terkahir. Tetapi mulai bulan September perekonomian jatuh ke jurang, dengan BNP yang kemungkinan berkontraksi sekitar 3% dalam kuartal ke empat. Apabila penurunan sebesar ini terjadi, berarti itu akan menjadi kuartal terburuk sejak 1982.
Sektor manufaktur maupun sector jasa terkontaksi, ini terlihat dari index manufaktur dari ISM turun 4.6 poin ke 38.9 pada bulan oktober, yang merupakan level terendah sejak September 1982. Sementara index jasa terjun ke 44,4 dibulan oktober dari 50.2 pada bulan sebelumnya.level tersebut adalah yang terendah dalam sejarah dr index ini.
Angka pengangguran yang mengejutkan, hal ini dikarenakan perusahaan telah mmemangkas 1.2 juta pekerja dalam 10 bulan pertama tahun ini, dengan lebih dari setengahnya kehilangan dari pekerjaan tersebut dalam 3 bulan terakhir. Menyususul masalah yang berhubungan dengan resesi menjadi makin berat. Oleh karena itu , tingkat pengangguran naik sampai 6,5 % bulan yang lalu. Kebanyakan ekonom memprediksi makin banyak pemecatan akan terjadi, dan tingkat pengangguran akan meningkat lebih jauh ke 8% atau bahkan lebih tinggi pada tahun 2009.
Dow Jones mencatat rekor tertingginya di 14,164.53 pada tanggal 9 oktober 2007. Persis satu tahun kemudian, pada hari kamis 9 oktober yg lalu, Dow Jones di tutup dilevel 8,579.19 dengan kata lain, index saham AS turun sebesar 39.4% atau 5,585 poin. Bursa saham lainpun kena imbasnya, tetapi belum selesai karena pendapatan perusahaan tetap menentukan harga saham. Dalam sutau perekonomian yang di dasarkan oleh consumer spending atau pengeluaran konsumen 10 bulan dari September 2007 sampai Juli 2008 naik 29.1 milyar dolar AS. 10 minggu dari agustus 2008 sampai pertengahan oktober 2008 naik 32.3 milyar dolar AS. Denagan kata lain, jumlah pinjaman lewat kartu kredit telah meningkat lebih banyak dalam 10 pekan tersebut dari 10 bulan sebelumnya. Sungguh aneh tapi nyata (dan menyedihkan), tetapi pedagang terbesar kedua untuk penggunaan kartu kredit sekarang adalah Mcdonalds. Ini jelas menunjukan bahwa banyak konsumen sedang sengsara kalau sudah harus bayar untuk big mac dan kentang senilai 4 dolar AS dengan kartu kredit.
The worst financial crisis since the untuk hampir 75% pengeluaran yang lebih sedikit pasti mengakibatkan suatu Resesi dan apabila pendapatan perusahaan yang tercatat di bursa menurun, harga saham mereka tentu akan anjlok. 
Dalam 3 bulan terkahir ini dolar AS diperdagangkan berdasar aliran dana bukan berdasarkan Fundamental. Adapun 5 alasan utama kenapa dolar AS kembali menjadi raja untuk sementara waktu :

1. Likuidasi Dari Carry Trade
Dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2007, banyak investor telah memanfaatkan pinjaman dalam dolar AS dan juga YEN jepang untuk berinvestasi dalam asset dengan yield yang lebih tinggi. Pada saat ini, menyusul credit crunch, banyak bank tidak mampu atau mau memperpanjang pinjaman tersebut dan investor terpaksa menjual asset untuk melunasinya. Penguatan dolar AS maupun Yen jepang dan penurunan mata uang utama lain pada saat yang bersamaan menegaskan perebutan yang sedang berlangsung untuk mengurangi hutang dan deleverage.

2. Investor Redemption
Menurut Nouriel Roubini, professor dari new york, ratusan Hedge funds akan tutup sebab investor tidak puas dengan kinerjanya dan minta uang mereka dikembalikan. Sebagai akibatnya, banyak hedge fund managers melikuidasi posisi mereka di berbagai pasar (valuta asing, komoditas, saham dan lain sebagainya).

3. Interest Rate Differential
Dengan pelambatan perekonomian secara global atau bahkan resesi, sudah sangat jelas bahwa bank sentral di eropa, inggris, dan Australia harus menurunkan tingkat suku bunga mereka secara agresif. Mengecilnya perbedaan suku antara dolar AS dan mata uang utama dunia lainnya menyebabkan euro ,puand sterling, dan dolar Australia terdepresi.

4. Losses From The Housing Bubble
Sebagian dari investor juga harus membeli dolar AS untuk menutupi kerugian yang mereka derita di mortgage investment dan credit default swaps. Sebagian besar dari kontrak derivative di terbitkan dalam dolar AS, jadi ketika pemegangnya ingin menjualnya, penerbitnya harus melunasi nya dalam dolar AS dan kadang kadang menjual investasi dalam mata uang lain untuk mengumpulkan dolar AS –nya.

5. Momentum
Saham, obligasi, komoditas, atau private equity sama sekali tidak menguntungkan pada sat ini, jadi uang keluar darinya dan mencari tempat lain untuk ditanamkan. Sekarang hanya dolar AS yang lagi cemerlang .tentu saja, makin banyak uang yang di investasikan ke dalam dolar AS main baik untuknya, dan semakin dolar AS menguat makin banyak hot money (seperti hedge funds) yang mengikutinya.
(Sumber : Gannfx di ambil dari sini)

Comments :

110 komentar to “Global Market”
duniaputri mengatakan...
on 

yeahhh,,, ekonomi kapitalis. hehek, sotoy...
seharusnya metode syariah mulai dijajal,,, terlepas dari baju agama apa yang dipakai para pelaku ekonomi...

Anonim mengatakan...
on 

setubuh.... eh setuju...
ya ini lah buah dari ekonomi kapitalis yaitu krisis global.
ya memang ekonomi syariah sedang mulai di galakan terutama di Indonesia. Soalnya ini sudah terbukti yang notabene bukan di negara islam, Ekonomi syariah ini telah berhasil dijalankan di Eropa (Terutama Perbankan Syariah nya) dan ini paling populer untuk sekarang di Eropa. Ya memang nasabahnya orang2 kaya raya di timur tengah. Tapi tetap para pekerjanya orang Eropa. Kenapa di Indonesia belum jalan yah????

facebook photo album mengatakan...
on 

wah iya ya baru tau nih.... kok kebetulan gitu ya...
salam kenal ya...

Data mobile Phone mengatakan...
on 

Nice Post.... Salam Knl

Belajar Forex mengatakan...
on 

terima kasih gan ! salam kenal :)

WORLD TIPS mengatakan...
on 

buat regional aja kah??

ON THE SPOT mengatakan...
on 

global competitor..

payudara dibuka mengatakan...
on 

global concept too..

pantai terindah di dunia mengatakan...
on 

global market mempengaruhi perkembangan perekonomian dunia..

Strong distribution networks in Pakistan mengatakan...
on 

I love reading and I am always searching for informative information like this! Write more informative news like this, and let's Stop Dreaming Start Action!!

obat herbal penyakit diabetes mengatakan...
on 

tingkat pengangguran naik sampe 6,5 % ? sungguh ironi & menyedihkan.

Jasa SEO Murah mengatakan...
on 

ya terutama saham2 disana juga ikut menurun, akibatnya malah mengambil kesempatan negara2 minyak untuk dicaplok :D

TEMAN KENCAN mengatakan...
on 

I read your site all the time and I just thought I'd say keep up the amazing work!

agen bola online mengatakan...
on 

terima kasih gan ifonya, keep sharing..

agen sbobet mengatakan...
on 

great article! lagi2 menambah pengetahuan :)

agen sbobet casino mengatakan...
on 

wah banyak banget ilmu yg ane serap dari ni artikel, thanks bro

Versi On The Spot mengatakan...
on 

I am delighted about the useful information that are in your reviews.I will likely bookmark your webpage and visit everyday. I reflect I will likely learn a ton from them!

CHAT KENCAN mengatakan...
on 

I got what you designate, thanks for putting up. Woh I am glad to make this website finished google. Thanks For Share.

obat demam berdarah mengatakan...
on 

info yang sangat cemerlang sekali

obat alami demam berdarah mengatakan...
on 

cemerlang sekali infonya, boleh saya coba tipsnya

obat tradisional demam berdarah mengatakan...
on 

Pasti saya akan coba tipsnya

obat herbal demam berdarah mengatakan...
on 

Terimakasih untuk info yang sangat bermanfaa

penyakit demam berdarah mengatakan...
on 

Info yang sangat bermanfaat, sukses selalu

penyebab penyakit demam berdarah mengatakan...
on 

setelah membaca artikel yang sangat bagus ini, saya jadi mau coba

penyakit demam berdarah dengue mengatakan...
on 

Semoga artikelnya bermanfaat dah sejahtera selalu

gejala penyakit demam berdarah mengatakan...
on 

Ketika membaca Tipsnya saya sangat amazing, sukses selalu

ciri-ciri penyakit demam berdarah mengatakan...
on 

Ditunggu info dan tipsnya yang sangat berguna

depresi mengatakan...
on 

Semoga artikelnya berkesan buat saya coba

obat herbal depresi mengatakan...
on 

Saya boleh coba tipsnya yang amazing

obat herbal depresi mengatakan...
on 

Nice Artikelnya,sukses selalu

obat depresi alami mengatakan...
on 

Semoga infonya akan bermanfaat buat yang baca

obat depresi herbal mengatakan...
on 

Tulisan artikelnya bermanfaat sekali,terutama infonya,sukses selalu

obat alami depresi mengatakan...
on 

sukses buat artikelnya menarikk sekali

depresi mengatakan...
on 

semoga tulisannya bermanfaat buat saya untuk mencobanya

penyebab depresi mengatakan...
on 

idenya kreatif, boleh dicoba tipsnya

cara mengatasi depresi mengatakan...
on 

Nice postnya boleh dicoba

gejala depresi mengatakan...
on 

Tulisan artikelnya bermanfaat sekali,terutama infonya,sukses selalu

terapi depresi mengatakan...
on 

sukses buat artikelnya menarikk sekali

cara menghilangkan depresi mengatakan...
on 

semoga tulisannya bermanfaat buat saya untuk mencobanya

cara mengatasi kencing manis mengatakan...
on 

idenya kreatif, boleh dicoba tipsnya

mengatasi kencing manis mengatakan...
on 

Nice postnya boleh dicoba

mencegah kencing manis mengatakan...
on 

saya boleh coba ide kreatifnya,salam sukses selalu

mengobati kencing manis mengatakan...
on 

Ditunggu ide kreatif yang bermanfaat buat saya,thnks

alat cek gula darah mengatakan...
on 

Pasti akan saya coba tipsnya,ditunggu info berikutnya.thnks

harga alat cek gula darah mengatakan...
on 

Akan saya coba tipsnya

jual alat cek gula darah mengatakan...
on 

segera akan aku coba tipsnya

alat cek gula darah kolesterol asam urat mengatakan...
on 

Terimakasih,setelah berkunjung di artikelnya indah

cara mencegah kencing manis mengatakan...
on 

Semoga sukses untuk Artikel dan tipsnya.

mencegah kencing manis mengatakan...
on 

Mantap sekali ini gan, saya suka sekali dengan Tipsnya

mengobati kencing manis mengatakan...
on 

great article! li2 menambah pengetahuan :)ag

mengatasi kencing manis mengatakan...
on 

saya akan coba tipsnya

gejala diabetes mengatakan...
on 

wah banyak banget ilmu yg ane serap dari ni artikel, thanks

gejala diabetes melitus mengatakan...
on 

terima kasih gan ifonya, keep sharing..

gejala penyakit diabetes mengatakan...
on 

Nice Post Salam Knl

gejala diabetes mellitus mengatakan...
on 

harus sukses nih artikelnya

cara mengobati kencing manis mengatakan...
on 

semoga artikelnya menjadi yang terbaik

mengobati kencing manis mengatakan...
on 

I love reading and I am always searching for informative information like this

Pengobatan Kencing Manis mengatakan...
on 

sukses artikelnya

cara menurunkan gula darah mengatakan...
on 

Terima kasih atas infonya

Games Full mengatakan...
on 

peran dan aksi dah beda sekarang.... susah dah.....

Jasa pembuatan CD Template mengatakan...
on 

mantab dah :)

Template Booklet Company Profile mengatakan...
on 

post'nya keren nih :D

Yahoo US News mengatakan...
on 

Finally, an issue that I am passionate about. I have looked for information of this caliber for the last several hours. Your site is greatly appreciated.

seowaps mengatakan...
on 

seowaps

Jasa Seo Indonesia mengatakan...
on 

Jasa Seo Indonesia

Anonim mengatakan...
on 

Mantap ! :D Sukses terus untuk blog ini :D

Nina Meilina mengatakan...
on 

Nice posting :)

egi mengatakan...
on 

Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

usaha sampingan mengatakan...
on 

sukses selalu gan

Jasa Seo Indonesia mengatakan...
on 

sdsadnasd

obat tipes mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas infonya...
semoga semakin suksesnya....

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

obat tradisional varises mengatakan...
on 

saya berkunjung ke blog ini semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan
semogha bermanfaat dan bertambah sukses...

obat tradisional varises mengatakan...
on 

saya berkunjung ke blog ini semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan
semogha bermanfaat dan bertambah sukses...

MASADIK mengatakan...
on 

yuk, belajar seo di mywapblog
mempercepat pengindexan ke search engine,
Cara mengalahkan posisi blog senior pada SERP
memahami atribut rel nofollow dan dofollow
Belajar seo mwb dan Cara Mencari Backlink Berkualitas Di mywapblog
Cara mengoptimalkan SEO off page untuk blog mywapblog
Cara Mengoptimalkan SEO On-page Pada Blog Mywapblog
Cara Membuat Blog MWB Dengan Benar Menurut SEO Google
Cara verifikasi blog ke googlewebmaster tool
Cara Verifikasi blog mywapblog ke Bing
Cara Mengirimkan Peta Situs Ke Google Webmaster

terbaik1 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

herbal1 mengatakan...
on 

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

obat benjolan di belakang telinga mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

green world indonesia mengatakan...
on 

Infonya sangat menarik sekali mas bro...makasih

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya

cara memperbesar penis mengatakan...
on 

EXTENDER JILQ adalah CARA MEMPERBESAR PENIS TERBAIK !!
kenapa bisa menjadi yang terbaik ??
karena extenderjilq menggabungkan alat extender dan teknik urut arab "jilq" pada peroses pembesaran penis.
Dijami 100% berhasil memperbesar penis dengan waktu yang cepat, namun tetap aman dengan hasil yang permanen.

info lengkap kunjungi:
www.extenderjilq.com

greenworld Indonesia mengatakan...
on 

Terimakasih atas infonya....sukses selalu

US News mengatakan...
on 

Thanks for this article. I will also like to state that it can possibly be hard if you are in school and just starting out to establish a long history of credit. There are many pupils who are just trying to live and have a long or beneficial credit history can occasionally be a difficult factor to have.

peluang usaha mengatakan...
on 

artikel bagus gan

Jonny Chan mengatakan...
on 

Agen Taruhan
Domino qq
qq Online
Agen Poker
Bandar Bola
Tvonline
Bioskop 21
Tv Indonesia
Film dewasa
Info Bola
Prediksi Togel
Info Togel
Aplikasi Gratis
Foto Bugil
Hasil Bola
Cerita Dewasa
Indo Togel
Rumus Togel
Prediksi Bola
Livescore

Unknown mengatakan...
on 

Bagus sekali informasinya

Iluminen.Com Jakarta & Bali Wedding Photographer

susu kambing mengatakan...
on 

drink milk for better life!

Sahabat Online mengatakan...
on 

ipoker8 situspoker dan domino paling terpercaya | SHINCHANPOKER|MIYABIPOKER|SAHABATQQ|ituDewa|Referensi Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia | Rejekipoker

Makasih Gan :)

Acemaxs272 mengatakan...
on 

Obat Syaraf Kejepit Herbal


Obat Kanker Prostat Stadium 4

Pengobatan Untuk Syaraf Kejepit (hnp) mengatakan...
on 

Good day on Monday were full of smiles Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Syaraf Kejepit
(hnp)

Probet88 mengatakan...
on 

Terimakasih atas infonya....sukses selalu terima kasih sudah berbagi infonya
kunjungi juga www.probet88.com

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN CEPAT
YUK CEKK....

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN MANTAP. YUK CEKK...

Unknown mengatakan...
on 

Apa Saja Tanda Mau Melahirkan Yang Umum Pada Wanita?
Desain Kamar Tidur Minimalis Adalah Solusi Untuk Ruangan Terbatas
Desain Kamar Tidur Sederhana Keren untuk Ruangan Sempit
Contoh Model Teras Rumah Minimalis Sederhana, Modern, Terbaru
model atap rumah minimalis terbaru
Mengenali Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Sehat Dan Normal

Dhidhit mengatakan...
on 

Global market....................................

Dhidhit mengatakan...
on 

Ekonomi/ Perekonomian

Dhidhit mengatakan...
on 

sekedar membaca

Dhidhit mengatakan...
on 

Angka pengangguran yang mengejutkan

Dhidhit mengatakan...
on 

terjadi penarikan KPR

Nuno mengatakan...
on 

Perdagangan.......................

Nuno mengatakan...
on 

Spekulasi di pasar perumahan

Nuno mengatakan...
on 

Belajar ekonomi

Nuno mengatakan...
on 

menambah pengetahuan

Nuno mengatakan...
on 

Terimakasih infonya

AGOGOQiu mengatakan...
on 

AGOGO888 SITUS SLOT ONLINE TERLENGKAP yang siap melayani 24JAM

SimbaQQ mengatakan...
on 

Situs Judi Slot Online Deposit Pulsa dengan sejumlah permainan deposit pulsa tiada potongan di Indonesia. Dengan sejumlah permainan terlengkap sampai sejumlah ribu permainan. Judi Online di Indonesia ini sendiri udah punyai beberapa lisensi terlengkap di Indonesia.
Visit: JUDI SLOT GACOR

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik