Quality Function Deployment (QFD)

Makhluk apa lagi nih QFD??yang pasti kalau ngeliat postingan saya sebelumnya mengenai kualitas, saya berjanji akan posting mengenai QFD ini. Trus apa hubungannya kualitas sama QFD? Sabar dong, Kalau kata orang tua mah harus runtut ceritanya biar ga ngaclok (apa yah bahasa indonesianya ini??). Jadi Quality Function Deployment (QFD) diperkenalkan oleh Yoji Akao, Professor of Management Engineering dari Tamagawa University yang dikembangkan dari praktek dan pengalaman industri-industri di Jepang. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1972 oleh perusahaan Mitsubishi di Kobe Shipyard, dan diadopsi oleh Toyota pada tahun 1978, dan tahun-tahun selanjutnya dikembangkan oleh perusahaan lainnya.
Nah, kalau fokus utamanya dari QFD ini yaitu melibatkan pelanggan pada proses pengembangan produk sedini mungkin. Filosofi yang mendasarinya adalah bahwa pelanggan tidak akan puas dengan suatu produk meskipun suatu produk yang dihasilkan sempurna, seperti yang kemarin dikatakan diposting sebelumnya mengenai kualitas bahwa produk yang superior atau sempurna belum tentu di butuhkan oleh konsumen.

Nah, supaya lebih jelas mengenai QFD mending kita liat aja yah apa sebenarnya QFD itu :
QFD merupakan suatu metodologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk dan jasa yang disediakan bagi konsumen. Berikut ini dikemukan beberapa definisi dari QFD antara lain :
• QFD adalah suatu metodologi untuk menterjemahkan kebutuhan dan keinginan konsumen ke dalam suatu rancangan produk yang memiliki persyaratan teknik dan karakteristik kualitas tertentu. (Akao, 1990; Urban Hauser, 1993).
• QFD adalah suatu metodologi terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mengefaluasi secara sistematis kapabilitas suatu produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
• Menurut Oakland J.S (1995), QFD adalah suatu sistem untuk mendesain sebuah produk atau jasa yang berdasarkan permintaan pelanggan, dengan melibatkan partisipasi fungsi-fungsi yang terdapat dalam organisasi tertentu.
• QFD juga dapat diartikan sebagai penyebaran fungsi-fungsi yang terkait dengan pengembangan produk dan pelayanan dengan mutu yang memenuhi kepuasan konsumen. (Revelle., Frigon., dan Jackson, 1995).

Berdasarkan definisinya, QFD merupakan praktek untuk merancang suatu proses sebagai tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan. QFD menterjemahkan apa yang dibutuhkan pelanggan menjadi apa yang dihasilkan oleh organisasi. QFD memungkinkan organisasi untuk memprioritaskan kebutuhan pelanggan, menemukan tanggapan inovatif terhadap kebutuhan tersebut dan memperbaiki proses hingga tercapainya efektifitas maksimum. QFD juga merupakan praktik menuju perbaikan proses yang dapat memungkinkan organisasi untuk melampaui harapan pelanggan.
Manfaat QFD bagi perusahaan yang berusaha meningkatkan daya saingnya melaui perbaikan kualitas dan produktifitasnya secara berkesinambungan adalah sebagai berikut :
1. Fokus pada pelanggan.
Organisasi TQM merupakan organisasi yang berfokus pada pelanggan. QFD memerlukan pengumpulan masukkan dan umpan balik dari pelanggan.
2. Efisiensi waktu.
QFD dapat mengurangi waktu pengembangan produk karena memfokuskan pada persyaratan pelanggan yang spesifik dan telah diidentifikasikan dengan jelas.
3. Orientasi kerja sama tim (Teamwork Oriented).
QFD merupakan pendekatan kerjasama tim. Semua keputusan dalam proses didasarkan konsensus dan dicapai melalui diskusi mendalam dan brainstorming.
4. Orientasi pada dokumentasi.
Salah satu produk yang dihasilkan dari proses QFD adalah dokumen komprehensif mengenai semua data yang berhubungan dengan segala proses yang ada dan perbandingannya dengan persyaratan pelanggan.
Dari ke empat point diatas, dapat kita ketahui bahwa secara spesifik manfaat penerapan QFD yaitu sebagai berikut :
• Meningkatkan Keandalan Produk.
• Meningkatkan Kualitas Produk.
• Meningkatkan Kepuasan Konsumen.
• Memperpendek time to market.
• Mereduksi biaya perancangan.
• Meningkatkan komunikasi.
• Meningkatkan Produktivitas.
• Meningkatkan keuntungan perusahaan.

Selain itu juga, QFD dapat menjalankan atau memperlancar cross functional communication dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sehingga proses komunikasi antar divisi atau fungsi organisasi dapat berjalan dengan lancar, supaya lebih jelas berikut adalah gambarnya :


Seperti itu kira-kira gambarnya. Trus yang harus di perhatikan lagi dalam QFD ini ada empat langkah pengerjaannya, diantaranya adalah :
1. Product Planning (House of Quality)
2. Design Deployment
3. Manufacturing Planning
4. Production Planning

Jadi, dengan empat langkah tersebut lengkap lah sudah proses pengembangan suatu produk mulai dari perencanaan produk, perencanaan komponen (komponen produk), perencanaan proses, dan perencanaan produksi yang semuanya saling berkaitan seperti gambar di bawah ini :

yah, seperti itu lah kira-kira proses atau langkah-langkah dalam membuat Quality Function Deployment (QFD). Buku yang saya sarankan adalah buku karangannya Cohen Law yang berjudul Quality Function Deployment atau bisa juga buku-buku yang membahas mengenai Total Quality Management (TQM). Atau kalau mau lebih lengkap lagi bisa juga klik link yang ada di bawah ini :D khakhakahakah ga bosen-bosennya.

Comments :

74 komentar to “Quality Function Deployment (QFD)”
Anonim mengatakan...
on 

info bagus,..jujur saya baru tahu disini,...!!

Anonim mengatakan...
on 

bagus QFD ini

RoseHana mengatakan...
on 

aku jua belajar ini..
memang harus QFD..
tuk menentuksn performance nya bagus ngak..
ya kan..

Anonim mengatakan...
on 

tujuan sebenarnya sih bukan untuk menentukan performance bagus atau engga, tapi QFD ini lebih pada pengembangan produk agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Anonim mengatakan...
on 

hmm..skripsiku sekarang juga tentang QFD

faradilla ardasy mengatakan...
on 

makasi yah ini jadi bahan skripsi ku...

e-je mengatakan...
on 

@Innes & Faradilla ardasry :: mudah2an skripsinya terbantu..

facebook photo album mengatakan...
on 

makasi yah ini jadi bahan skripsi ku...

Data mobile Phone mengatakan...
on 

Nice post.. lam knl sob

Anonim mengatakan...
on 

gimana cara analisisnya??kalo mau belajar harus baca dimana??pake software apa yah?

WORLD TIPS mengatakan...
on 

kualitas lebih di utamakan..

ON THE SPOT mengatakan...
on 

greatt..

payudara dibuka mengatakan...
on 

quality is nombr one!

pantai terindah di dunia mengatakan...
on 

hany org2 tertentu saja yg tahu apa itu QFD tanpa membca ini terlebh dlu..

Nuno mengatakan...
on 

Quality Function Deployment (QFD) adalah strategi perusahaan untuk mengetahui keinginan konsumen

Girls Mobile Number mengatakan...
on 

makasi yah ini jadi bahan skripsi ku...

KENCAN HOT mengatakan...
on 

Great blog here! Additionally your website rather a lot up very fast! What host are you the use of? Can I am getting your affiliate hyperlink in your host? I wish my web site loaded up as fast as yours lol.

rental ac mengatakan...
on 

kualitas adalah nomor 1..pelanggan senang dengan kualitas yang baik..

agen ibcbet mengatakan...
on 

ane jadi lebih paham apa itu QFD. thanks udah mau share

taruhan bola terpercaya mengatakan...
on 

kualitas memang selalu diutamakan, thanks for sharing

Versi On The Spot mengatakan...
on 

Wow, fantastic weblog layout! How lengthy have you ever been blogging for? you make running a blog glance easy. The overall look of your web site is fantastic, as well as the content!

TIPS KENCAN mengatakan...
on 

Hello my loved one! I want to say that this article is awesome, nice written and include approximately all vital infos. I would like to look more posts like this.

Jammu and Kashmir Location Map | Location Map of Jammu and Kashmir | Indiainmaps.com mengatakan...
on 

Jammu and Kashmir Location Map Where is Jammu and Kashmir. The Jammu and Kashmir, located at Latitude : 32º 44' N, Longitude : 74º 54' E . Get the Jammu and Kashmir location map. The Location Map of Jammu and Kashmir showing the location of Jammu and Kashmir in India. Where is Jammu and Kashmir in india

Yahoo US News mengatakan...
on 

The beauty of these blogging engines and CMS platforms is the lack of limitations and ease of manipulation that allows developers to implement rich content and 'skin' the site in such a way that with very little effort one would never notice what it is making the site tick all without limiting content and effectiveness.

seowaps mengatakan...
on 

seowaps

Jasa Seo Indonesia mengatakan...
on 

Jasa Seo Indonesia

hari kartini mengatakan...
on 

hari kartini

Lebay Loe mengatakan...
on 

Nice

Tips SEO Blogspot mengatakan...
on 

Thanks

Download Line mengatakan...
on 

WOW

Lagu Galau Indonesia mengatakan...
on 

W E W

Kata-kata Buat Nyindir Mantan Pacar mengatakan...
on 

OK

Auto Like mengatakan...
on 

Auto Like

batik indonesia mengatakan...
on 

terima-kasih-atas-informasinya

sejarah Celana Jeans mengatakan...
on 

keren-sekali

anekahosting.com Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia mengatakan...
on 

thanks for info

egi mengatakan...
on 

Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

Obat Herbal Abses Payudara mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga suksesnya gan.....

sukses usaha online mengatakan...
on 

thank very much gan
i like your article..

salam USAHA DAN BISNIS ONLINE TERPERCAYA

obat tipes mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas infonya...
semoga semakin suksesnya....

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

terbaik1 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

herbal1 mengatakan...
on 

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

faridaputri mengatakan...
on 

menarik sekali artikel yang anda buat
saya tunggu artikel selanjutnya
semoga bermanfaat salam sukses

ginanjar mengatakan...
on 

informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat benjolan di belakang telinga mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat kutil kelamin mengatakan...
on 

mantab bro

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

Cream pemutih wajah yang aman mengatakan...
on 

Excellent post. I was checking constantly this blog and I'm impressed! Very useful information particularly the last part :) I care for such information much. I was looking for this certain information for a very long time. Thank you and good luck.

mlm green world Indonesia mengatakan...
on 

makasih gan nitip link gan...

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya

Grosir jam tangan mengatakan...
on 


informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

CARA MEMPERBESAR PENIS mengatakan...
on 

Extenderjilq adalah cara memperbesar penis yang terbaik.
peroses pembesarannya begitu cepat dan aman karena menggunakan alat extender dan sedikit teknik urut arab "jilq"
Tidak ada metode lain yg secepat ini.
hasil PERMANEN

tunggu apa lagi, info lengkap segera kunjungi:
www.extenderjilq.com

greenworld Indonesia mengatakan...
on 

Terimakasih atas infonya....sukses selalu

US News mengatakan...
on 

By my investigation, shopping for technology online may be easily expensive, however there are some how-to's that you can use to help you get the best discounts. There are usually ways to come across discount specials that could make one to have the best technology products at the smallest prices. Interesting blog post.

yukjamtangan mengatakan...
on 

jam tangan

jam tangan original

jam tangan online

jam tangan casio

jam tangan wanita

jam tangan murah

jam tangan expedition

jam tangan swiss army

jam tangan eiger

jam tangan seiko

jam tangan original

jam tangan online

jam tangan casio

jam tangan wanita

jam tangan murah

jam tangan expedition

jam tangan swiss army

jam tangan eiger

jam tangan seiko

jam tangan pria

jam tangan alexander christie

jam tangan alba

jam tangan aigner

jam tangan anak

jam tangan automatic

jam tangan android

jam tangan adidas

jam tangan apple

jam tangan alexander

jam tangan alba wanita

jam tangan bonia

jam tangan baby g

jam tangan bermerek

jam tangan branded

jam tangan bekas

jam tangan bandung

jam tangan bonia wanita

jam tangan branded original

jam tangan bagus

jam tangan baby g snsd

jam tangan casio

jam tangan couple

jam tangan casio original

jam tangan casio wanita




Jonny Chan mengatakan...
on 

Agen Taruhan
Domino qq
qq Online
Agen Poker
Bandar Bola
Tvonline
Bioskop 21
Tv Indonesia
Film dewasa
Info Bola
Prediksi Togel
Info Togel
Aplikasi Gratis
Foto Bugil
Hasil Bola
Cerita Dewasa
Indo Togel
Rumus Togel
Prediksi Bola
Livescore

susu kambing mengatakan...
on 

drink milk for better life!

Sahabat Online mengatakan...
on 

ipoker8 situspoker dan domino paling terpercaya | SHINCHANPOKER|MIYABIPOKER|SAHABATQQ|ituDewa|Referensi Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia | Rejekipoker

Makasih Gan :)

Unknown mengatakan...
on 

Website Ahli Gizi Indonesia
Nutritionist Website

Titis Ayuningsih mengatakan...
on 

Beli bukunya dimana Mbak ? Ada yang versi bahasa Indonesia?

Anonim mengatakan...
on 

terimakasih artikelnya bermanfaat..

Sewa Mobil Surabaya mengatakan...
on 

Thanks for giving time to share that a wonderful blog with us.

Unknown mengatakan...
on 

agen taruhan bola This is a nice and informative, containing all information and also has a great impact on the new technology... judi bola

dapurmodifikasi mengatakan...
on 

saya memang tidak bisa bahasa inggris, tapi paling tidak saya masih bisa membaca :D hehe

Unknown mengatakan...
on 

Bisa gk qfd ini di aplikasikan di perpuatakaan tentang kualitas pelayanannya

Unknown mengatakan...
on 

Bisa gk qfd ini di aplikasikan di perpuatakaan tentang kualitas pelayanannya

download aplikasi mobo market mengatakan...
on 

Saya suka artikel ini.

download bigo live mengatakan...
on 

terima kasih, benar-benar sangat berguna

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN MANTAP
YUK CEKK....

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN. YUK CEKK...

Penghemat BBM mengatakan...
on 

Thanks infonya gan.. mampir jg yaa.. Barangkali butuh alat penghemat bbm up to 70% untuk mobil agan..

Penghemat BBM Mobil
Alat Penghemat Solar
Penghemat Bensin Mobil
Alat Penjimat Minyak
Testimoni AlcoHHO

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik