SWOT Analysis

Beberapa hari ini saya lebih senang untuk posting mengenai ulasan tentang ilmu-ilmu science, jadi yang sekarang juga mungkin tidak akan jauh berbeda dengan postingan saya sebelumnya. yaitu mengenai BSC dan SCM. Untuk postingan yang sekarang, saya akan coba bahas mengenai SWOT Analysis. Mungkin sudah tidak asing lagi istilah ini buat yang kuliah di manajemen, teknik industri dan yang lainnya juga pasti sudah banyak yang mengetahuinya.
Analisa SWOT adalah suatu metoda penyusunan strategi perusahaan atau organisasi yang bersifat satu unit bisnis tunggal. Ruang lingkup bisnis tunggal tersebut dapat berupa domestik maupun multinasional. SWOT itu sendiri merupakan singkatan dari Strength (S), Weakness (W), Opportunities (O), dan Threats (T) yang artinya kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman atau kendala, dimana yang secara sistematis dapat membantu dalam mengidentifikasi faktor-faktor luar (O dan T) dan faktor didalam perusahaan (S dan W). Kata-kata tersebut dipakai dalam usaha penyusunan suatu rencana matang untuk mencapai tujuan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Supaya lebih jelas, berikut saya lampirkan juga pengertiannya menurut salah satu pakar SWOT Indonesia, yaitu Fredy Rangkuti. Kurang lebih seperti ini :

“Analisa SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisa ini didasarkan pada hubungan atau interaksi antara unsur-unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan, terhadap unsur-unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman”.

Petunjuk umum yang sering diberikan untuk perumusan adalah :
1. Memanfaatkan kesempatan dan kekuatan (O dan S). Analisis ini diharapkan membuahkan rencana jangka panjang.
2. Atasi atau kurangi ancaman dan kelemahan (T dan W). Analisa ini lebih condong menghasilkan rencana jangka pendek, yaitu rencana perbaikan (short-term improvement plan).

Tahap awal proses penetapan strategi adalah menaksir kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang dimiliki organisasi. Analisa SWOT memungkinkan organisasi memformulasikan dan mengimplementasikan strategi utama sebagai tahap lanjut pelaksanaan dan tujuan organiasasi, dalam analisa SWOT informasi dikumpulkan dan dianalisa. Hasil analisa dapat menyebabkan dilakukan perubahan pada misi, tujuan, kebijaksanaan, atau strategi yang sedang berjalan.
Dalam penyusunan suatu rencana yang baik, perlu diketahui daya dan dana yang dimiliki pada saat akan memulai usaha, mengetahui segala unsur kekuatan yang dimiliki, maupun segala kelemahan yang ada. Data yang terkumpul mengenai faktor-faktor internal tersebut merupakan potensi di dalam melaksanakan usaha yang direncanakan.
Dilain pihak perlu diperhatikan faktor-faktor eksternal yang akan dihadapi yaitu peluang-peluang atau kesempatan yang ada atau yang diperhatikan akan timbul dan ancaman atau hambatan yang diperkirakan akan muncul dan mempengaruhi usaha yang dilkaukan.
Dapat disimpulkan bahwa analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur-unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur-unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman. Didalam penelitian SWOT kita ingin memproleh hasil berupa kesimpulan-kesimpulan berdasarkan ke-4 faktor dimuka yang sebelumnya telah dianalisa :
  • Strategi Kekuatan-Kesempatan (S dan O atau Maxi-maxi)
Strategi yang dihasilkan pada kombinasi ini adalah memanfaatkan kekuatan atas peluang yang telah diidentifikasi. Misalnya bila kekuatan perusahaan adalah pada keunggulan teknologinya, maka keunggulan ini dapat dimanfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan kualitas yang lebih maju, yang keberadaanya dan kebutuhannya telah diidentifikasi pada analisis kesempatan.

  • Strategi Kelemahan-Kesempatan (W dan O atau Mini-maxi)
Kesempatan yang dapat diidentifikasi tidak mungkin dimanfaatkan karena kelemahan perusahaan. Misalnya jaringan distribusi ke pasar tersebut tidak dipunyai oleh perusahaan. Salah satu strategi yang dapat ditempuh adalah bekerjasama dengan perusahaan yang mempunyai kemampuan menggarap pasar tersebut. Pilihan strategi lain adalah mengatasi kelemahan agar dapat memanfaatkan kesempatan.

  • Strategi Kekuatan-Ancaman (S atau T atau Maxi-min)
Dalam analisa ancaman ditemukan kebutuhan untuk mengatasinya. Strategi ini mencoba mencari kekuatan yang dimiliki perusahaan yang dapat mengurangi atau menangkal ancaman tersebut. Misalnya ancaman perang harga.

  • Strategi Kelemahan-Ancaman (W dan T atau Mini-mini)
Dalam situasi menghadapi ancaman dan sekaligus kelemahan intern, strategi yang umumnya dilakukan adalah “keluar” dari situasi yang terjepit tersebut. Keputusan yang diambil adalah “mencairkan” sumber daya yang terikat pada situasi yang mengancam tersebut, dan mengalihkannya pada usaha lain yang lebih cerah. Siasat lainnya adalah mengadakan kerjasama dengan satu perusahaan yang lebih kuat, dengan harapan ancaman di suatu saat akan hilang.
Dengan mengetahui situasi yang akan dihadapi, anak perusahaan dapat mengambil langkah-langkah yang perlu dan bertindak dengan mengambil kebijakan-kebijakan yang terarah dan mantap, dengan kata lain perusahaan dapat menerapkan strategi yang tepat.

Kurang lebih seperti itu penjelasan saya mengenai SWOT Analysis ini, namun yang harus di ingat adalah sering sekali terjadi kekeliruan mengenai penentuan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancamannya. Selain harus benar-benar jujur dalam pengisiannya, kebanyakan suka terjebak pada teori yang ada. Misalkan, untuk kekuatan dan kelemahan yang katanya dilihat dari internal. Nah untuk itu kebanyakan yang melakukan analisis SWOT ini dalam mengisi kekuatan dan kelemahannya hanya melihat internal saja. Sebenarnya ini keliru, karena sebenarnya ketika kita melakukan listing kekuatan dan kelemahan dalam organisasi kita, sebaiknya dibandingkan dengan pihak eksternal. Kenapa? Begini ceritanya, misalkan karyawan di perusahaan kita semuanya lulusan S1. Ini bisa saja oleh perusahaan tersebut di sebut kekuatan apabila tidak dibandingkan dengan perusahaan lain. Tetapi, ketika kita bandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis ternyata perusahaan tersebut sudah S2 semua karyawannya, ini bukan kelebihan lagi tapi sudah menjadi kelemahan. Begitu juga untuk peluang dan ancaman, sebenarnya ini juga harus melihat internal. Kenapa? Nah yang ini begini ceritanya hehehe.. Misalkan seperti sekarang kan lagi musim pemilu tuh, nah ini kan menjadi peluang bagi perusahaan-perusahaan sablon dan percetakan. Namun, apabila perusahaan tersebut secara internal tidak siap dalam menangkap peluang ini, maka ini akan menjadi ancaman, karena perusahaan lain akan mengambil peluang ini dan akan jauh lebih maju karena mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dari pada perusahaan kita. Nah segitu aja yah..dah ngantuk nih.. byeeee... klo mau lebih lengkap mah, biasa lihat link dibawah ini aja :D klik aja ga usah ragu-ragu kali... hehehe...

Comments :

146 komentar to “SWOT Analysis”
era - kaos lucu mengatakan...
on 

wah keren tuh artikelnya, tapi yg paling oke kaya'nya kalimat terakhir deh..:D

Hendro mengatakan...
on 

Tulisannya bagus. Saya jadi teringat masa-masa kuliah dulu. Pelajarannya sama seperti di atas.

e-je mengatakan...
on 

Makasih komennya..
ya ini cuma untuk mengingat kembali aja, saya juga nulis disini biar ga lupa lagi hehehe...

bunda mengatakan...
on 

SWOT : Sopo Wani Omong Terusterang

Anonim mengatakan...
on 

Bagus mas bagi ilmu itu baik banyak pahalanya sementara ilmunya juga gak berkurang, trim nambah wawasan saya !tak tunggu kelanjutannya.

Anonim mengatakan...
on 

mantap...

Lebih dalam lagi biar OK

Plus contoh kasus yang mutakhir

Festival Museum Nusantara mengatakan...
on 

informasi yang menarik sobat

Piala Dunia 2010 mengatakan...
on 

thx for share, bro

Nyubi mengatakan...
on 

mampir sob

Chiropractic mengatakan...
on 

blognya keren

OgahRugi mengatakan...
on 

salam kenal

mobile phone mengatakan...
on 

walking"

bisnis online mengatakan...
on 

mampir gan, kutunggu kunjungan baliknya yah

tech mengatakan...
on 

salam knl dr blogger madiun

pulsa elektrik harga termurah mengatakan...
on 

Kalau S lebih banyak dari W, mungkin berenti aja kali ye :D

obat stroke mengatakan...
on 

keren juga nih gan informasinya sangat bermanfaat gan, salam kenal aja gan

obat epilepsi mengatakan...
on 

ok juga nih informasinya, sangat bermanfaat sekali gan , salam kenal aja gan

xamthone plus mengatakan...
on 

ya betul banget tu...
nie kan pelajaran kewirausahaan buat SMK,, hehe

salam kenal ajj y!!

Data mobile Phone mengatakan...
on 

Nice Post.... Salam Knl

Forum Promosi Gratis mengatakan...
on 

artikelnya worthfull.
jadi bisa belajar gratis.
kok nggak diupdate lagi mas?

Agen obat herbal mengatakan...
on 

Makasih mas artikelnya sangat bermanfaat...

Professional Indemnity Insurance mengatakan...
on 

thx for share

Invest in Indonesia mengatakan...
on 

wah artikel yang menarik

Strategi yg bagus dan bisa manambah wawasan


thanks

WORLD TIPS mengatakan...
on 

yang ini jugaa, dahsyat membingungkan!!

bodrox mengatakan...
on 

serasa kembali ke zaman kuliahan dulu. Wahai pemuda indonesia, tetap semangat demi kemajuan bangsa indonesia.


btw, silahkan berkunjung ke situs Wisata Indonesia. anda bisa menemukan berita mengenai Tour Indonesia, Travel Indonesia dan Hiburan Indonesia.

Salam cinta Indonesia.

Fajar Irawan SN mengatakan...
on 

sip..sip

Obat Alami Darah Tinggi mengatakan...
on 

keep spirit

Obat Alami Diabetes Mellitus mengatakan...
on 

gkgkgkggk sopo waniomong terus terang.. kudu wani ah..!

Obat Alami Diabetes Mellitus mengatakan...
on 

terus semangat para mahasiswa.

Obat Alami Hepatitis B mengatakan...
on 

swot :
jika di terapkan yg benar akan mantaaap

Obat Alami Hepatitis C mengatakan...
on 

kekuatan kelemahan dari dalam...peluaang ancaman dari luar...

Obat Alami Thalasemia mengatakan...
on 

kekuatannya apa saja, kelmahannya apa saja...
peluangnya apa saja, ancamannya apa saja....swot is great

Obat Alami Batu Ginjal mengatakan...
on 

tinggal di praktekan, tapi sulit,,,

Obat Alami Kolesterol mengatakan...
on 

mampir lagi ke e je...sukses aja...

Obat Alami Nyeri Sendi mengatakan...
on 

ulah sewot tp yg ini keren swot

Obat Herbal Maag Kronis mengatakan...
on 

memanfaatkan kekuatan dan peluang ini analisis jangka panjang, setuju

Obat Berbagai macam Luka mengatakan...
on 

perbaiki kelemahan ,ancaman, rencana jangka pendek....

Obat Demam Berdarah mengatakan...
on 

swot analysis , >> jangan sampai ada peluang di ambil oleh perusahaan lain,,,

Obat Alami Epilepsi mengatakan...
on 

nie buat pelajaran smk salam...

Obat Alami Epilepsi mengatakan...
on 

perbarui sistem kekuatan dan perbaiki sistem kelemahan,

Obat Alami Jerawat mengatakan...
on 

strategi kekuatan kesempatan maxi-maxi.good

Obat Alami Jerawat mengatakan...
on 

S W O T = STRENGT WEAKNESS OPPORTUNITY TREATH

om bray mengatakan...
on 

peluang and ancaman, eksternal

Obat Alami Lupus mengatakan...
on 

swot kalau di jalankan akan lumayan hasilnya

Obat Alami Mioma mengatakan...
on 

analisis swot lupa2 ingat

Obat Alami Sinusitis mengatakan...
on 

Beberapa hari ini saya lebih senang untuk posting mengenai ulasan tentang ilmu-ilmu science, jadi yang sekarang juga mungkin tidak akan jauh berbeda dengan postingan saya sebelumnya. yaitu mengenai BSC dan SCM. Untuk postingan yang sekarang, saya akan coba bahas mengenai SWOT Analysis...ini juga udah bagus

Obat Tipes mengatakan...
on 

waw hebat sob....

Obat Alami Tumor Lambung mengatakan...
on 

melihat ke dalam dan keluar

om bray mengatakan...
on 

swot bagus jika di pakai dlam sehari2

Obat Herbal Insomnia mengatakan...
on 

tinggal di praktekan aja,, thanks

Obat Herbal Penyakit Jantung mengatakan...
on 

terima kasih banyak atas infonya

Obat Asam Urat mengatakan...
on 

tinggal actionnya,, wah ilmu semua thanks

Obat Sakit Diare mengatakan...
on 

very good, i can give u a appretiation

Obat Sakit Gagal Ginjal mengatakan...
on 

this site is very awesome, can go global

Obat Sakit Kanker Darah mengatakan...
on 

hi, good morning, i read this blog and i can get what i want

Obat Sakit Kepala mengatakan...
on 

web ini agar up date terus yah....

Obat Sakit Nyeri Haid mengatakan...
on 

spirit of the morning, all successful

penyembuhan jantung mengatakan...
on 

analisa ini seperti analisa perang sangat bagus sekali

Nuno mengatakan...
on 

Belajar strategi perusahaan dengan SWOT analysis

Obat Jantung mengatakan...
on 

mas bro mba bro makasih yah telah dimuat komen ane , moga blog ini kaya raya

Berita seputar kesehatan mengatakan...
on 

Jika kita mengamati orang-orang sukses entah di bidang apapun juga. Pastilah mereka hebat di satu bidang.

obat herbal asma mengatakan...
on 

Ingin ini, ingin itu, ingin jadi ini, ingin jadi itu. Pada akhirnya kita tidak mendapatkan apa-apa dari sana

Obat Asam Urat Tradisional mengatakan...
on 

Berfokuslah di satu bidang yang kita kuasai. Jadilah "master" di bidang tersebut. Saya yakin jika kita berfokus di bidang yang kita kuasai dan menjadi "master" di bidang itu,

Obat Darah Tinggi Tradisional mengatakan...
on 

kesulitan keuangan tidak akan kita alami.

Obat gondok mengatakan...
on 

kekuatan fokus. Berfokuslah di satu bidang yang kita kuasai.

Obat Darah Tinggi mengatakan...
on 

kita lihat dan amati tetesan-tetesan air yang jatuh di batu atau karang di dalam gua

pengobatan penyakit diabetes mellitus mengatakan...
on 

tetesan-tetesan tersebut jatuh terus menerus di tempat yang sama

pengobatan penyakit gagal ginjal mengatakan...
on 

Sehingga karang atau batu sekeras apapun dapat di buat menjadi bolong.

obat herbal radang mengatakan...
on 

terima kasih gan

obat herbal rambut rontok mengatakan...
on 

informasi yang sangat menarik

Obat Ginjal mengatakan...
on 

thanks fo r your time thanks for your attention thanks for your sharing...

Obat Jantung mengatakan...
on 

nice post....semangat yah

obat herbal sinusitis mengatakan...
on 

"Persahabatan sering berakhir dengan cinta
Tetapi cinta kadang berakhir BUKAN dengan persahabatan"

Jus Kulit Manggis mengatakan...
on 

thanks for your sharing...

Obat Kanker Kulit mengatakan...
on 

"Nafsu hanya akan memberikan kebahagiaan sesaat
tapi cinta yang tulus dan sejati akan memberikan
kebahagiaan selamanya"

Jus Kulit Manggis mengatakan...
on 

thank you very much.... for your time and nice post

obat herbal alami tradisional alternatif mengatakan...
on 

asyiik mantap gan semoga sukses

Obat Jantung mengatakan...
on 

Sesuatu yang baik, belum tentu benar. Sesuatu yang benar, belum tentu baik. Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga. Sesuatu yang berharga, belum tentu bagus.

Xamthone plus mengatakan...
on 

Yang kemarin, hanya ada dalam ingatan. Untuk besok, hanya kamu yang mampu dengan harapan. Yang sekarang, ini adalah yang sebenarnya. Dimana kamu harus terima, dengan penuh kesadarannya. Siapa sekarang yang tidak ingin membuka mata, besokpun akan tetap buta.

Obat Herbal Penyakit Kista Ovarium mengatakan...
on 

Janganlah mencari Tuhan karena anda membutuhkan jawaban. Carilah Tuhan karena anda tahu bahwa Dia lah jawaban yang anda butuhkan.

Pengobatan HIV AIDS mengatakan...
on 

Sebenarnya Anda lebih berani dari yang anda duga, lebih kuat dari yang anda tahu, dan lebih pintar yang anda kira, namun itu semua tersembunyi dibalik diding tipis bernama keragu-raguan.

Obat Asam Urat dan Kolesterol mengatakan...
on 

hidup ini adalah perjuangan

Obat Kanker Rahim mengatakan...
on 

hiduplah dengan penuh semangat kawan

pengobatan penyakit mioma uteri mengatakan...
on 

mimpi yang sempurna adalah keberasilan mimiyang tercapai

cara menjadi agen trica jus mengatakan...
on 

hidup berawal dari mimpi

jadi jangan sia-siakan mimpi anda sehingga tertidur pulas

pengobatan penyakit gondok mengatakan...
on 

maksih gan atas infonya

obat untuk jantung mengatakan...
on 

maksih gan infonya sukses terus

cara menjadi agen trica jus mengatakan...
on 

maksh gan atas infonya

Nuno mengatakan...
on 

Baru mengerti tentang SWOT

obat kanker hati mengatakan...
on 

obat ace maxs

obat kanker hati mengatakan...
on 

obat kanker hati

Obat Penyempitan Pembuluh Darah mengatakan...
on 

semangat pagi kawan-kawan semoga sehat n sukses selalu

Obat Penyempitan Pembuluh Darah mengatakan...
on 

entah kenapa aku kehilangan barang yang sangat aku suka inget trus susah nyari barang yang bagus seprti itu...

obat kanker hati mengatakan...
on 

makasih mastah ilmunya "Jangan tanyakan mengapa seseorang membencimu, sebelum kamu tanyakan dirimu sendiri mengapa kamu peduli akan hal itu.


Hanya karena kamu telah dapatkan cintanya, tak berarti kamu berhenti melakukan hal yg kamu lakukan ketika berusaha dapatkannya. "

obat kencing manis mengatakan...
on 

makasih tuan yang penting happy

obat penyempitan pembuluh darah mengatakan...
on 

semoga tetap semangat dan teruslah berjuang jangan pernah menyerah.....tingkatkan terus disiplin

irohdotbiz mengatakan...
on 

artikel menarik, jadi mengingatkan lagi mata kuliah dulu tapi belum dipraktekkan, sekarang saya ingin mempraktekkannya,terima kasih sudah berbagi

obat penyempitan pembuluh darah mengatakan...
on 

Mengurangi kesungguhan dalam bekerja adalah bentuk ketidak-jujuran yang paling tidak terasa sebagai ketidak-jujuran. Kejujuran adalah jalan kedamaian hati dan kebaikan hidup.

roy mengatakan...
on 

skarang aturan yang bener harusnya TOWS..karena eksternal harus dipantau dulu

goez mengatakan...
on 

Analisa ini tergantung kembali kepada diri masing-masing, Seberapa peka kah diri kita dalam melihat setiap potensi, peluang dan ancaman yang ada.

Bisnis Online mengatakan...
on 

dengan adanya SWOT analisis, kita jadi paham mana kelemahan kita dan mana kekuatan kita, dalam dunia bisnis online juga perlu banget nih mas. :D

cara pembelian spirulina pacifica mengatakan...
on 

terimakasih... informasi yang sangat berguna gan

jelly gamat luxor mengatakan...
on 

salam kenal gan...

obat maag kronis alami mengatakan...
on 

ok, thanks

obat maag kronis alami mengatakan...
on 

wow itu keren

Dhidhit mengatakan...
on 

mengenal analysis SWOT

Ary_Putra mengatakan...
on 

Rahasia Di Balik Perkataan Anda !
Kisah Sukses Helmut Werner Membangun Brand Mercedes-Benz
Wizyuloverz
Kisah Sukses Luar Biasa "Mimpi Sejuta Dollar"
Manusia pasti pulang ke kampung AKHIRAT
Cara menyingkapi sebuah masalah
Berani Gagal
Ambil Resiko
IMAJINASI YANG EMOSIONAL
Jangan Pernah Terlalu berharap
Filosofi Modal Nol
Miskin?? Siapa Takut..!!
5 Langkah Efektif untuk Mengalahkan Rasa Takut Anda
Sukses Itu Bukan Tujuan tapi akibat
Orang PINTAR sulit dapat KERJA
Usahawan yang Sombong. Celaka !!
Penjara Pikiran
Selamat Tinggal Masa Lalu
Belajar Dari Burung & Cacing
Permainan Pikiran

penyewaan genset mengatakan...
on 

jadi inget waktu kuliah..belajar tentang SWOT..klo ujian juga menguraikan SWOT dari study kasus yg ada..mantaf lah ini ilmu SWOT.

judi bola mengatakan...
on 

analisis SWOT memang sangat berguna, saya punya bisnis kecil2an dan mencoba untuk menganalisa bisnis saya..teknis SWOT lah yg saya gunakan..

rental genset mengatakan...
on 

postingan yg bermanfaat gan..

Dedi Galih Wisnumurti mengatakan...
on 

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

STIFORP mengatakan...
on 

Salam Kenal Bos
Saat ini yang saya tahu SWOT sudah kurang disukai karena orang biasanya hanya melihat kekuatannya saja, makanya kata Ahli Pemasaran Indonesia Hermawan Kartajaya harus diganti TOWS,jadi yang dilihat bahaya atau ancaman, baru kemudian dilihat yang lainnya lagi. Semoga update ini berguna.

suratan makna mengatakan...
on 

thanks buat tulisannya sob, buat referensi nih

baju muslim mengatakan...
on 

SWOT memang penting sekali untuk dunia manajemen ,,

Shinta PKBM Tanda Genap mengatakan...
on 

SWOT, kalau Indonesia SEWOT E nya "Enrichment" pasti tambah keren...
http://www.tandagenap.com|kejar paket c

obat herbal jerawat mengatakan...
on 

SWOT strategi manajemen yang keren dan sangat bermanfaat,namun harus dijalankan konsisten dan disiplin

Obat Tradisional Hepatitis mengatakan...
on 

oke makasih infonya

seowaps mengatakan...
on 

seowaps

Jasa Seo Indonesia mengatakan...
on 

Jasa Seo Indonesia

Kumpulan Foto Bugil mengatakan...
on 

hay kawan, Kumpulan Foto Bugil ada disini

egi mengatakan...
on 

Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

Jasa SEO Bergaransi mengatakan...
on 

http://www.seowaps.net/2013/09/contac-jasa-seo.html

sukses usaha online mengatakan...
on 

thank very much gan
i like your article..

salam USAHA DAN BISNIS ONLINE TERPERCAYA

obat tipes mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas infonya...
semoga semakin suksesnya....

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

Verby other mengatakan...
on 

yuk, belajar seo di mywapblog
mempercepat pengindexan ke search engine,
Cara mengalahkan posisi blog senior pada SERP
memahami atribut rel nofollow dan dofollow
Belajar seo mwb dan Cara Mencari Backlink Berkualitas Di mywapblog
Cara mengoptimalkan SEO off page untuk blog mywapblog
Cara Mengoptimalkan SEO On-page Pada Blog Mywapblog
Cara Membuat Blog MWB Dengan Benar Menurut SEO Google

terbaik1 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

herbal1 mengatakan...
on 

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

faridaputri mengatakan...
on 

menarik sekali artikel yang anda buat
saya tunggu artikel selanjutnya
semoga bermanfaat salam sukses

ginanjar mengatakan...
on 

informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat benjolan di belakang telinga mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat kutil kelamin mengatakan...
on 

wahh.. ini ide bagus

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

hosting terbaik di indonesia mengatakan...
on 

Sungguh Bahagia Bisa Saling Berbagi.
Makasih ya .... Atas Sharing Ilmunnya.
Semoga Selalu Diberkahi Tuhan Yang Maha Kaya.

Dangdut Berkoplo 2014 mengatakan...
on 

makasih gan, sangat bermanfaat

Download Lagu New Pallapa Album Best Wiwik Sagita YKS 2014 mengatakan...
on 

New Pallapa Album Best Wiwik Sagita YKS 2014
Monata Live Sedayu 2014
New Pallapa Live Blandok Indah 2014
Sangkuriang Live Girimarto
LA Sonata Live Waduk Kali Bening Madiun 2014Lagu OM Sonata Live Dangdut GT JTV 2014
OM SERA Live Stadion Mini Bekonang 2013
Lagu OM Nirwana Vol 4 YKS
Lagu OM Monata Album Direject 2014
New Cobra Jandhut Vol 14 Terbaru 2014

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya

Desain Company Profile mengatakan...
on 

Waaahh... Postingan yang bagus.
terima kasih dan salam kenal :)
jangan lupa kunjungi kami pada www.tatawarna.com

TATA WARNA
Solusi Desain dan Cetak Company Profile, Corporate Identity, Booklet, CD Interaktif, dan Aneka Desain Kebutuhan Perusahaan. Nikmati Karya Kami, dapatkan Inspirasi, percayakan kebutuhan desain pada Tata Warna. PH : 0341 - 57 57 75 | PIN : 315d8d1a | http://www.tatawarna.com/

TERIMA KASIH :)

dinar mengatakan...
on 

artikel yang menarik tentang strategi bisnis..

metode besarkan penis mengatakan...
on 

EXTENDER JILQ adalah cara memperbesar dan memperpanjang penis yang terbaik.
penis menjadi besar, panjang serta menjadi tahan lama ketika berhubungan intim.
dijamin 100% berhasil !!

info lengkap kunjungi:
www.extenderjilq.com

misafa mengatakan...
on 

oke makasih infonya

Dyyana mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan...

2 Cara Mudah Agar Artikel Terindex Sama Google mengatakan...
on 

owwh jadi itu yaa artinyaa.. saya baru tau nii hehe

Jual Tanah Kavling Murah mengatakan...
on 

Artikel yang bagus. Trimakasih

Poskan Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik