Francois Quesnay (1694 – 1774)

Alhamdulillah di pagi hari yang cerah ini saya bisa posting lagi di blog kesayangan saya ini hehehe.. Setalah beberapa hari kemarin saya ga bisa online terlalu lama karena ada beberapa hal yang harus saya selesaikan, sekarang setelah urusannya beres saya bisa blogwalking lagi ke blog nya temen-temen dan juga bisa posting lagi di blog ini. OK, pada postingan kali ini saya akan melanjutkan serial saya mengenai ekonomi, tepatnya tokoh-tokoh ekonomi terdahulu yang sudah banyak sekali memberikan masukan-masukan dan juga penemuan-penemuan pada bidang ekonomi yang ada sekarang ini. Setelah sebelumnya saya membahas mengenai Thomas Mun, William Petty, John Locke dan Richard Cantillon maka untuk postingan kali ini saya akan membahas mengenai Francois Quesnay.
Francois Quesnay (diucapkan kennay) terkenal sebagai pencipta model ekonomi pertama, Tableau Economique, dan sebagai pemimpin physiocrats, mazhab pertama dalam pemikiran ekonomi. Tetapi Quesnay juga dikagumi dalam berbagai hal lainnya—usulannya tentang kebijakan Laissez Faire, analisisnya terhadap kemunculan dan distribusi surplus ekonomi, dan visinya tentang ekonomi sebagai rangkaian yang terintegrasi dengan kuat dari bagian-bagian yang saling tergantung.


Quesnay lahir tahun 1694 di desa Mere, sekitar 15 mil sebelah barat Versailles. Ayahnya seorang petani dan penjaga toko, sehingga Quesnay hanya sedikit menerima pendidikan formal. Tetapi Quesnay sangat senang dengan buku-buku, dan sering berjalan kaki ke Paris untuk membeli buku-buku bekas tentang Plato dan Aristotle.
Pada usia 55 tahun Quesnay mulai tertarik pada ekonomi dan matematika (Sebelumnya sebagai dokter dan ahli bedah). Karakteristiknya yang luas, dan koneksinya dengan kalangan atas membuat ia diundang untuk menulis beberapa artikel untuk encylopedia Diderot. Artikel-artikel yang ditulisnya membuat dia terkenal dan memiliki banyak pengikut. Para pengikutnya menamakan diri mereka sebagai physiocrat dari bahasa Perancis, physiocrate, yang berarti hukum alam (Rule of Nature). Semua artikel di Encyclopedia menganalisa proses ekonomi sebagai siklus alirang uang, barang dan orang dari satu sektor ekonomi ke sektor lainnya, yang menyerupai aliran darah dalam tubuh. Corn adalah artikel dari Encyclopedia yang paling penting karena artikel inilah yang pertama kalinya mengemukakan doktrin bahwa dalam perekonomian Perancis hanya sektor pertanian ekonomi saja yang produktif. Quesnay berpendapat bahwa surplus ini muncul dari alam, properti generatif dari tanah. Ide ini penting karena menekankan bahwa kekayaan diperoleh dari proses produksi ketimbang melalui pertukaran atau perdagangan seperti yang dinyatakan oleh kaum merkantilis. Konsekuensi lain dari pernyataan ini, yang banyak menimbulkan kritik, adalah bahwa kegiatan manufaktur tidak produktif karena tidak menghasilkan surplus.
Quesnay memulai pendapatnya dengan asumsi bahwa ekonomi dapat digambarkan menurut tiga kelas atau sektor yang berbeda. Pertama, sektor pertanian yang menghasilkan makanan, bahan mentah dan hasil pertanian lainnya. Kedua, sektor manufaktur yang memproduksi barang-barang pabrik seperti pakaian dan bangunan serta alat-alat yang diperlukan oleh pertanian dan pekerja pabrik. Sektor manufaktur menurut Quesnay juga termasuk yang sekarang kita namakan sektor jasa, karena jasa bertanggung jawab untuk memfasilitasi perdagangan domestik dan internasional. Ketiga, kelas pemilik tanah yang tidak menghasilkan nilai ekonomi apa-apa, tetapi mereka ini memiliki klaim atas surplus output yang dihasilkan dalam pertanian. Biaya sewa ini merepresantasikan pembayaran surplus kepada pemilik tanah dan perdagangan ini kemudian dikenal sebagai Teori Sewa Physiocratic. Tetapi walaupun Quesnay berpendapat bahwa sektor pertanian adalah sektor yang paling produktif, dia juga sadar bahwa asumsi tentang hubungan antara input dan output ini tergantung pada teknik produksi yang digunakan dalam sektor pertanian. Beberapa usulannya yang penting menyangkut usaha untuk meningkatkan produktivitas dalam sektor pertanian. Terakhir Quesnay mengasumsikan bahwa semua pendapatan dibelanjakan dan pengeluaran tersebut dibagi sama rata antara barang pertanian dan barang pabrik. Asumsi ini ditunjukkannya dalam model zig-zag yang sangat terkenal itu.
Konklusi kebijakan penting dari Tableau adalah bahwa pajak seharusnya hanya dikenakan pada tuan tanah saja. Karena pajak pada sektor pertanian dan manufaktur akan membahayakan perekonomian, maka pajak harus dikenakan kepada pemilik tanah, kelas yang tidak menghasilkan apa-apa. Karena pajak pada pemilik tanah tidak mengurangi input yang tersedia dalam menufaktur atau pertanian, maka pajak ini tidak menyebabkan ekonomi menurun. Konklusi kebijakan kedua dari Tableau yang penting adalah bahwa sistem pertanian Perancis harus direstrukturisasi. Dua perubahan penting secara khusus diperlukan. Pertama, pertanian harus dimodernisasikan. Kedua, pertanian harus lebih bersifat kapitalis, mengikuti contoh pertanian Inggris. Konklusi kebijakan Tableau yang terakhir, berlawanan dengan merkantilis, Quesnay mendukung perdagangan bebas antar negara. Bagi mazhab physiocrat, kekayaan tergantung pada output total dari barang yang diproduksi ketimbang logam mulia yang dikumpulkan negara.
Dalam satu hal, sejarah tidak begitu baik terhadap Quesnay. Padahal ia layak dianggap sebagai bapak ilmu ekonomi seperti Adam Smith. Tetapi ketika Adam Smith akhirnya menjadi nama yang terkenal, Quesnay benar-benar tidak dikenal di luar masyarakat ahli ekonomi profesional. Ahli ekonomi juga mengikuti kritik, yang pertama kali diajukan oleh Adam Smith, bahwa Quesnay telah keliru karena menganggap manufaktur tidak produktif. Terakhir, tableau telah dikecam dengan keras karena terlalu sulit untuk diikuti dan dipahami. Tetapi, dalam hal lain, seharah telah begitu baik terhadap Quesnay. Sebenarnya semua ahli ekonomi, lepas dari orientasi mereka, sangat mengaguminya (karena prestasinya tidak kecil!). Ahli ekonomi berhaluan matematika menghargai Quesnay karena perannya sebagai pelopor dalam pembuatan model ekonomi. Quesnay benar-benar ekonom sejati sepanjang masa, terutama karena pendapatnya mengenai sektor pertanian lebih produktif dari pada sektor manufaktur. Terutama lagi, menurut pendapat saya sendiri, hal ini masih berlaku sampai sekarang di negara-negara yang berkembang, dimana sektor manufakturnya banyak mengalami kendala dalam perkembangannya.

Karya-karya Quesnay
L`Ami des hommes, 5 Vol., Avignon, 1762 dengan Victor de Riquetti, Marquis de Mirabeau.
Philosophie Rurale, 5 Vol., Amsterdam, Chez Les Libraries Associes, 1764.
The Economical Table, New York, Bergman Publishers, 1968.
Quesnay’s Tableau Economique, ed., Marguerita Kuczynski dan Ronald L., Meek, New York, Augustus M. Kelley, 1972.

Karya-karya Tentang Quesnay
Beer, Max, An Inquiry Into Physiocracy, London, George Allen & Unwin, 1939.
Higgs, Henry, The Physiocrats, London, Macmillan, 1897.
Meek, Ronald, The Economics of physiocracy: Essays and Translations, Cambridge, Harvard University Press, 1963.
Pressman, Steven, uesnay’s Theory of Economic Growth and Decline,” dalam Ecnomic as Wordly Philosopy, ed., Ron Blackwell, Jaspal Chatha dan Edward J. Nell, London, Macmillan, 1993, hlm. 305 – 21.
Pressman, Steven, Quesnay’s Tableau Economicque: A Critique and Reassesment, Fairfield, New Jersey, Augustus Kelley, 1994.
Vaggi, Gianni, The Economics of Francois Quesnay, Durham, North Carolina, Duke University Press, 1987.

Referensi Lain
Leontief, Wassily, The Structure of the American Economy 1919 – 1929, Cambridge, Massachusetts, Harvard University Press, 1941.
Marx, Karl, The Theory of Surplus Value, 3 Vol, Moscow, Foreign Language Publishing House, 1954.

Comments :

185 komentar to “Francois Quesnay (1694 – 1774)”
makeyourscream mengatakan...
on 

nice post...link me back

achmad sholeh mengatakan...
on 

salam kenal dan kunjungan balik boss

Unknown mengatakan...
on 

pemikiran Quesnay mungkin lebih pada ekonomi kerakyatan ya...

Infopemula mengatakan...
on 

salam kenal
nice share, Thanks

Ajeng mengatakan...
on 

Biyuh Je.. gak mudeng aku kalo masalah yg begituan.Tapi baca itu jadi sedikit (banget) ngerti tuh..

JoOZ mengatakan...
on 

Hyuhh....E... tau gag? pasti blom tau kan..
ntu si Quesnay engkongku lho....

asep mengatakan...
on 

thank,s for share alias hatur nuhun broo

Blog Sejarah mengatakan...
on 

bagus artikelnya, sangat informatif terutama bagi para pelaku ekonomi....

Unknown mengatakan...
on 

Sangat informatif kang, cuman aku gak ngerti
he..he
gak apa2 kan?

wah kang emang cocok lho kalo jadi ahli ekonomi..

IjoPunkJUtee mengatakan...
on 

Emang gak perlu jadi TERKENAL untuk menyumbang bagi perkembangan DUNIA.....

Vindie Caroline mengatakan...
on 

Informatif isinya. Slam knal yah!!!

bunda azka mengatakan...
on 

wah.. koq msh blm ngerti ya??
kyknya perlu bc 2 kali deh :P

Suster Gila mengatakan...
on 

Pengen belajar ilmu ekomini. Sama siapa ya :)

Reza Fauzi mengatakan...
on 

banyak juga karyanya yah...

innes mengatakan...
on 

hai mas....
aku bentar lagi sidang
doakan ya...mas aku akhirnya nemu software visio dari temenku di its
thanks banget karena mas banyak bantu aku, aku cantumkan namamu di skripsiku, sebgai bentuk terimakasihku ma Mas

btw, soal quesnay, aku pernah denger, tapi itu kalo di kampusku lebih banyak dipelajari oleh anak2 jurusan ekonomi pembangunan

bening mengatakan...
on 

nice posting
met kenal ya

Bara mengatakan...
on 

Hmm..Boleh juga artikelnya,kayaknya jago ekonomi nih.

Linda mengatakan...
on 

wah keren niy....
nambah pengetahuan Je...^^

Bang arie mengatakan...
on 

Hehehe....nice...makasih sharingny :)

akanglil mengatakan...
on 

bener2 dah kang eje mantaaabbb lah,, kudu berguru neh saya... keep share kang... meraba ekonomi neh saya dikit2... hihihi

Laisya mengatakan...
on 

Haduuuh...emang Lies gak cocok jd ahli ekonomi :( Lieur ...

IjoPunkJUtee mengatakan...
on 

Bro....., nunggu artikel barunya neh....

nietha mengatakan...
on 

baru dengar nih tentang quesney.'
nice article

e-je mengatakan...
on 

@ijoPunkJutee :: paling besok pagi bro..sekalian syukuran hehehe..

Mulyati mengatakan...
on 

Yang ini mas... saya baru tahu... Bagus postingnya...

dedy21 mengatakan...
on 

wahh lengkap penjelasannya..... walo cuman nyambung dikit, hehee
salam kenal bang!!

kakara mengatakan...
on 

artikel yg bagus frenz :)
TFS ;)

The Man Great mengatakan...
on 

ane kasih koment nih boss....bener2 ttg buku yg belum pnh ana baca...

Festival Museum Nusantara mengatakan...
on 

informasi yang menarik sobat

Piala Dunia 2010 mengatakan...
on 

thx for share, bro

Nyubi mengatakan...
on 

mampir sob

Chiropractic mengatakan...
on 

blognya keren

Peluang Usaha Tanpa Modal mengatakan...
on 

Ya kalau Adam Smith sih pernah baca, yang ini belum :P

Review The Latest gadgets mengatakan...
on 

Wah isinya tokoh ekonomi semua nih,,,,

xamthone plus mengatakan...
on 

emz artikel'y mnarik jg, pha lg tkoh'y mnceritakan tokoh eknomi.......

3d ultrasounds mengatakan...
on 

I agree with my friend, if u help someone who needs u desperately, then its nothing good than this act..

3d4d ultrasound mengatakan...
on 

There’s visibly a new bundle in order to identify relating to this. I just believe you’ve made various good points inside elements likewise.

Latest Fashion Trends mengatakan...
on 

Hey great stuff, thank you for sharing this useful information and i will let know my friends as well.

obat herbal liver mengatakan...
on 

Thanks for share, really good info hopefully helpful...!

Data mobile Phone mengatakan...
on 

nice post sob lam knl

locksmith in new york mengatakan...
on 

Incredible, what an amazing way to express your opinion…very cool I must say …
I think you are right when you say this. Hats off man, what a superlative knowledge you have on this subject…hope to see more work of yours.

computer repair new york mengatakan...
on 

nice post and blog, keep it up

obat tradisional kanker usus mengatakan...
on 

posting yang bagus gan...
sukses selalu ya...

lowongan kerja mengatakan...
on 

wah ini pasti tentang ilmu ekonomi lagi ya? tp lumayan lah nambah ilmu ttg ekonomi...

WORLD TIPS mengatakan...
on 

ni namanya blog sejarah :D

steve @save money ideas mengatakan...
on 

it is good

calgary seo mengatakan...
on 

Hello.This article was extremely interesting, especially because I was looking

for thoughts on this matter last Monday.

calgary seo

Find a Business mengatakan...
on 

Ya kalau Adam Smith sih pernah baca, yang ini belum.
Find a Business

Business Directory mengatakan...
on 

especially because I was looking

for thoughts on this matter last Monday.

Business Directory

Free Listing mengatakan...
on 

The post was very informational and interesting, thank you very much for sharing this.
Free Listing

Entertaiment News mengatakan...
on 

contents of the article is very interesting and awaited the next post ...

Chicago remodeling mengatakan...
on 

Thank you admin, I've recently been searching for information approximately this topic for a while and yours is the best I have found out so far.

Chicago construction company mengatakan...
on 

2-Great site. Lots of useful info here. I’m sending it to some friends ans also sharing in delicious. And certainly, thank you for your info.

bioenergoterapeuta new york mengatakan...
on 

Good post… Just killing some time at work surfing the interweb and found your post. Great looking website. I will hve to bookmark your blog to come back and see what’s new.
bioenergoterapeuta new york

uzdrowiciel Chicago mengatakan...
on 

Good post… Just killing some time at work surfing the interweb and found your post. Great looking website. I will hve to bookmark your blog to come back and see what’s new.
uzdrowiciel Chicago

Business Directory mengatakan...
on 

You made some good points there. I looked on the internet for the issue and found most persons will go along with with your blog.
Business Directory

Free Business Listings mengatakan...
on 

I have recently been searching for information about this topic forWhen you is the best I have found so far. However, the bottom line? You are positive about the source?

yacht transport mengatakan...
on 

This article was extremely interesting, especially because I was looking
for thoughts on this matter last Monday.

boat transport mengatakan...
on 

informational and interesting, thank you very much for sharing this

salt lamp mengatakan...
on 

Good Post and have informational knowledge. I really impresses! I visited this page and found very informative knowledge. This post is showing a good approach on this Topic. I really impressed !

salt lamp

furniture stores mengatakan...
on 

"Its impressive Post! I found good knowledge from here. Its a great source of knowledge for me and for my future".


furniture stores

Boat Transport mengatakan...
on 

This post is exactly what I am talking about lots of people getting together and writing about subjects they enjoy! Thank you and maybe when you get time you can check out.

business mengatakan...
on 

Thanks for sharing such a vital information, actually I am looking for information regarding travel services. Now this blog post written by you definitely help me a lot.
business directory

Calgary Herald mengatakan...
on 

Good post… Just killing some time at work surfing the interweb and found your post. Great looking website. I will hve to bookmark your blog to come back and see what’s new.
Calgary Herald

boat shipping mengatakan...
on 

it is good

Obat Herbal Diabetes mengatakan...
on 

nice post gan...

obat tradisional kanker payudara mengatakan...
on 

pengetahuan ku jadi bertambah nii setelah berkunjung ke sini
mksh ya gan

obat infeksi saluran kemih mengatakan...
on 

saya suka deh dengan info nya gan,,, makasih ya

Nuno mengatakan...
on 

Francois Quesnay adalah pencipta model ekonomi pertama

merawat payudara mengatakan...
on 

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

cara perawatan payudara mengatakan...
on 

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

pemutih wajah alami mengatakan...
on 

Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

cara memutihkan kulit wajah mengatakan...
on 

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

pemutih wajah mengatakan...
on 

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

pemutih wajah mengatakan...
on 

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

pemutih muka alami mengatakan...
on 

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

menghilangkan bekas jerawat mengatakan...
on 

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

menghilangkan bekas jerawat mengatakan...
on 

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

cara menghilangkan bekas jerawat mengatakan...
on 

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

krim pemutih selangkangan mengatakan...
on 

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

cara memutihkan ketiak mengatakan...
on 

Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

obat glukoma mengatakan...
on 

saya suka dengan info nya sangat menarik gan.. hehehe smoga berguna dan bermanfaat ya :D

obat hiv aids mengatakan...
on 

nice post deh

obat stroke mengatakan...
on 

saya suka dengan post nya gan :D

Nuno mengatakan...
on 

Mengenal lebih dekat Francois Quesnay

pengobatan alami keputihan mengatakan...
on 

keren baget gan saya suka

OBAT HERBAL DARAH TINGGI mengatakan...
on 

ikutan nyimak bos....

OBAT HERBAL ASAM URAT mengatakan...
on 

terima kasih, jadi tahu sejarah nih.

Obat herbal sakit jantung mengatakan...
on 

informasi yang sangat bermanfaat banget.

headhunter singapore mengatakan...
on 

all of them had been used and tested during my many years of advising clients and training recruitment consultants

recruitment agency mengatakan...
on 

This was so really painful, and we need to take our medicine.Yet I am a strong soandso, and now I need to restore the damage done to my personal team.

Dhidhit mengatakan...
on 

Francois Quesnay, mengingat kembali dari blog ini

Dhidhit mengatakan...
on 

Tokoh Ekonomi dunia itu bernama Francois Quesnay

Dhidhit mengatakan...
on 

Semoga secerdas Francois Quesnay

rental genset mengatakan...
on 

salah satu filosofi di bidang ekonimo nch..jarang yg kenal klo bukan orang ekonomi

judi bola mengatakan...
on 

wah saya baru tau kalo francois Quesnay adalah tokoh ekonomi didunia

sewa ac mengatakan...
on 

ternyata banyak tokoh ekonomi yang belum ane ketahui,

judi bola online mengatakan...
on 

banyak juga ya tokoh ekonomi yg gak terkenal, thanks bro

score bola mengatakan...
on 

thanks for info, aku jadi banyak tau :D

agen bola mengatakan...
on 

makasih nih udah sharing lumayan nambah nambah pengetahuan

Anonim mengatakan...
on 

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

Sepatu Boot mengatakan...
on 

thanks buat sharenya, semoga makin rame aja blognya :)

Jasa pembuatan CD Template mengatakan...
on 

nice post, amazing :)

Template Booklet Company Profile mengatakan...
on 

waah, aku baru tau nih :)

Visit Website mengatakan...
on 

Thanks a lot for providing the nice info in this blog that to useful info in this blog. I am searching for the great service in this blog.

cincin perak mengatakan...
on 

masalah ekonomi bikin pusinbg

makasih infonya

cincin kawin perak

cincin kawin palladium

Citra Garment mengatakan...
on 

hohohohoho, pasti politisi di bidang ekonomi tuh :D

obat herbal diare untuk anak mengatakan...
on 

terimakasih atas informasinya

egi mengatakan...
on 

Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya

Robi mengatakan...
on 

Setelah saya brkunjung ke blog ini ternyata banyak sekali informasi yang bermanfaat semakin banyak ilmu yang saya dapatkan....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Sukses selalu...

hiban mengatakan...
on 

Setelah saya berkunjung ke blog ini banyak sekali yang saya dapatkan yaitu ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi saya...

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

Obat Herbal Abses Payudara mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga suksesnya gan.....

sukses usaha online mengatakan...
on 

thank very much gan
i like your article..

salam USAHA DAN BISNIS ONLINE TERPERCAYA

obat tipes mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas infonya...
semoga semakin suksesnya....

Jual Frame Kacamata mengatakan...
on 

Informasinya sangat membatu sekali gan. Thank you..

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

terbaik1 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

faridaputri mengatakan...
on 

menarik sekali artikel yang anda buat
saya tunggu artikel selanjutnya
semoga bermanfaat salam sukses

ginanjar mengatakan...
on 

informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat benjolan di belakang telinga mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat kutil kelamin mengatakan...
on 

nice post... di tunggu kunbalnya

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

Dek Arif mengatakan...
on 

Dek Arif Dek ~ Arif Rachman Hakim Arif Rachman Hakim

Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia mengatakan...
on 


Camera.co.id Toko kamera murah di Indonesia 
Camera.co.id Toko kamera murah di Indonesia ~ Dek Arif 
Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia ~ Dek Arif Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia Dek Arif Dek Arif ~ Arif Rachman Hakim

obat benjolan di testis mengatakan...
on 

informasi yang sangat bermanfaat..
semoga semakin sukses

Unknown mengatakan...
on 



Terimakasih gan atas Postingan yang bermanfaat ini
jika agan mau download games bisa kesini gan Gratis rip dan full Version Winkars Evolution

Dangdut Berkoplo 2014 mengatakan...
on 

bagus artikelnya

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

mantap gan artikelnya,

thx ya atas info nya

Unknown mengatakan...
on 

Wih Keren gan Artikelnya Sangat Bermanfaat, Terimakasih Telah berbagi

Jika anda berkenan Kunjungannya ke >>> Kumpulan game PC <<<
Anime
Kumpulan MOD Gta San Andreas

cara memperbesar penis mengatakan...
on 

EXTENDER JILQ adalah cara memperbesar penis terbaik.
Kami sudah membuktikan dan melakukan survey kepada sangat banyak konsumen kami yang telah menggunakan produk lain dan berpindah menggunakan produk Extender jilq.
hasilnya sangat positif bahwa tidak ada yg lebih baik dari produk Extender jilq.

info lengkap segera kunjungi:
www.extenderjilq.com

resep kuliner mengatakan...
on 

bermanfaat sekali informasinya

greenworld Indonesia mengatakan...
on 

Terimakasih atas infonya....sukses selalu

Arif Rachman Hakim mengatakan...
on 

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik | Smartphone dengan layar 4 inci | Smartphone dengan layar 5 inci | Smartphone dengan layar 6 inci | ASUS ZenFone | Smartphone | Android Apps | Harga Smartphone | Smartphone Murah | Smartphone Android | Smartphone Terbaik | Smartphones | Harga dan Spesifikasi ASUS ZenFone 4 | Harga dan Spesifikasi ASUS ZenFone 5 | Harga dan Spesifikasi ASUS ZenFone 6

Jual Frame Kacamata mengatakan...
on 

makasih ya...
jual frame kacamata online

Grosir Hijab Syar'i mengatakan...
on 

artikelnya sangat enak untuk dibaca gan

prediksi cup bola mengatakan...
on 

mantap gan artikelnya, sangat bermanfaat

thx ya atas info nya

Unknown mengatakan...
on 

postingan nya bagus sekali gan, dan sangat bermanfaat .. salam sukse gan :)

Prediksi Togel terbaru
Prediksi Bola Hari Ini
Prediksi Togel Hari Ini

Prediksi Bola Cup
Hasil Prediksi Bola
Prediksi Biskey Bola
Jadwal Prediksi Bola
Prediksi Bola Live
Prediksi Togel SGP HK
Prediksi Akhir Bola

Prediksi Keluaran Togel mengatakan...
on 

mantab
silahkan kunjungi http://di-tkp.com

Unknown mengatakan...
on 

Berbagai informasi yang diposting pada web ini sangat manfaat cara , kumpulan besar, besarkan bermanfaat, dan menambah wawasan untuk para pembaca. Terimakasih yah udah mau share, dan ditunggu berita terbaru menarik lainnya.

Obat Herbal mengatakan...
on 

ghn

Jonny Chan mengatakan...
on 

Agen Taruhan
Domino qq
qq Online
Agen Poker
Bandar Bola
Tvonline
Bioskop 21
Tv Indonesia
Film dewasa
Info Bola
Prediksi Togel
Info Togel
Aplikasi Gratis
Foto Bugil
Hasil Bola
Cerita Dewasa
Indo Togel
Rumus Togel
Prediksi Bola
Livescore

Unknown mengatakan...
on 

Jual Frame Kacamata

Jual Kacamata Branded

Jual Kacamata Murah

Jual Kacamata Online

susu kambing mengatakan...
on 

thanks for sharing. drink milk for better life!

Cara Mendowload Aplikasi Berbayar Android di Play Store Secara Gratis mengatakan...
on 

wiihh gak bener - bener gk nyangka saya gan liat francois quesnay

Unknown mengatakan...
on 

infonya very useful for us, thank you for the info you always hope in the mercy of Allah. :)

OBAT MIOM AMPUH

poker 99 mengatakan...
on 

nice articel, dan terima kasih sudah berbagi infonya.

Grand poker99 adalah, poker asia dan poker poker online indonesia,
yang Menjunjung tinggi Fair Play dan sportifitas. Karena kenyamanan anda adalah Prioritas bagi Kami.

poker99
poker online indosia
poker online indosia terpercaya
pokerace99
poker online indosia
poker asia
dewapoker

ambarwati ardiyanti mengatakan...
on 

kerajinan tangan batik kayu
minyak bulus

rumah dijual
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo

rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo

rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo

rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo
rumah joglo

seohani mengatakan...
on 

Daftar Ioncasino
Daftar Ioncasino
Daftar Sabung Ayam
Prediksi Piala Eropa 2016
Link Alternatif Sbobet
Daftar Calibet
Agen Calibet
Daftar Asiapoker77
Cara Menang Judi Online

Unknown mengatakan...
on 


Sexy Model Photo

Sewa Mobil Surabaya mengatakan...
on 

Assalamu alaikum wr wb! Terima kasih telah berbagi dengan kami

bunga pengantin mengatakan...
on 

seorang tokoh yang super sekali cerdasnya

vagina senter mengatakan...
on 

good job.

Unknown mengatakan...
on 

Agen Calibet
Daftar Akun Sbobet
Daftar Ioncasino
Ioncasino
Daftar Sabung Ayam
Daftar Pokerplace88
Bursa Taruhan Liga
Agen Judi Indonesia
Daftar Tangkasnet
Daftar Tangkas88
Ioncasino

Anonim mengatakan...
on 

Link Login Maxbet

Daftar S12888

IDN Poker Indonesia

IDN Poker Domino

Klik4d Result

Game Tangkas Android

Login Sbobet Bola

Adu Ayam mengatakan...
on 

Dewasa Nakal
Info Liga Italia
Doyanbet Casino

Unknown mengatakan...
on 

Info Aneh Dunia
Cerita Dewasa
Film Dewasa
Info Liga Bola
POKER IDNPLAY
DAFTAR JUDI IKAN
LOGIN SBOBET CASINO
DAFTAR Pokerplay338
DAFTAR IDN PLAY

Unknown mengatakan...
on 

Data HK

Daftar Poker Asia Online

Download Poker Mobile

Cara Daftar IDN Poker

Tembak Ikan

Cara Pasang Togel

Shellyyu mengatakan...
on 

Thanks you... please visit my blog...
Cerita seru
Pesona Indonesia
Aneka Masakan
Orang Kaya Baru
Teknologi Terkini
Sejarah Indonesia
Kumpulan Peribahasa
Info Liga Bola
Info Aneh
Agen Judi Online

Shellyyu mengatakan...
on 

Silahkan masuk kedalam website kami yang memberikan bacaan yang seru dan enak..terima kasih.

http://www.joker-123.net/
http://www.togelindonesiaonline.com/
http://www.sabung-ayam.asia/
http://www.daftar-akunsbobet.com/
http://www.login-poker88.com/

Shellyyu mengatakan...
on 


http://www.joker-123.net/
http://www.togelindonesiaonline.com/
http://www.sabung-ayam.asia/
http://www.daftar-akunsbobet.com/
http://www.login-poker88.com/

Unknown mengatakan...
on 

Situs Daftar Poker
Agen Poker Terpercaya
Agen Poker Terbesar
Judi Online Poker
Daftar Poker Online
Bandar Poker Terpercaya
Poker Uang Asli
Situs Poker Terbaik
Agen Poker Terbaik
Server POKER V
Agen Poker Terbaik
Server POKER V
Server PKV Games
Agen PKV Games
Agen POKER V

Unknown mengatakan...
on 

Daftar Bandarq
Agen Bandarq
Situs Bandarq
Download Bandarq
Daftar Poker Online
Judi Bandarq
Agen Bandarq Terbaik
Agen Bandarq Terpercaya
Situs Bandarq Terbaik
Bandarq PKV Games
Bandarq Poker V
Deposit Bandarq
Login Bandarq
Daftar Akun Bandarq

Unknown mengatakan...
on 

Situs PKV Games
Daftar PKV Games
Livechat PKV Games
Deposit PKV Games
Login PKV Games
Server PKV Games
Server POKER V
Download PKV Games
Agen PKV Games
Agen Poker online
Agen Bandarq Online
Taruhan POKER v
Judi PKV Games

Unknown mengatakan...
on 

Berita Judi Online
Berita Poker Online
Berita Bola Online
Berita Casino Online
Berita Togel Online
Berita Tembak Ikan Online
Situs Poker Online
Informasi Judi Online
Agen Poker
Agen Casino
Agen Togel Online
Taruhan POKER v

Unknown mengatakan...
on 

Daftar Sakong
Daftar Sakong Online
Agen Sakong
Bandar Sakong V
Jackpot Sakong
Judi Online Domino
Bonus Sakong
Livechat Sakong
Agen Sakong Terpercaya
Agen Sakong Terbaik
Situs Sakong Online
Situs Bandar Sakong

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN MANTAP. YUK CEKK...

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN MANTAP. YUKK CEKKK. ...

Obat Pembesar Penis Titan Gel asli mengatakan...
on 

JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN MANTAP. Yuk CEKKK...

extenze mengatakan...
on 

Greetings admin
I like your topic, after reading your article very helpful at all and can be a source of reference
I will wait for your next article updates

OBAT ABORSI mengatakan...
on 

hank you admin
the article is very interesting, it helps me and can be used for reference.
hopefully successful admin always.

Obat Aborsi

Jual Obat Aborsi

Obat Penggugur

Penggugur Kandungan

Obat Penggugur Kandungan

Obat Abosi 1 Bulan

Obat Abosi 2 Bulan

Obat Abosi 3 Bulan

Obat Abosi 4 Bulan

Obat Abosi 5 Bulan

Obat Abosi 6 Bulan

chaelinsugar mengatakan...
on 

im really appreciate with this site, very good

iyapoker

daftar joker123 online

game joker123 online indonesia

link alternatif ioncasino online

situs poker online indonesia

naga poker88 online

winpalace88 mengatakan...
on 

Daftar S128

Judi Tembak Ikan

Daftar Tembak Ikan

Situs Taruhan Casino

Daftar Sbobet Casino

Daftar Casino 338a

Daftar Casino Online Uang Asli

Daftar Maxbet Casino

Indo Sbobet 365

เพิ่มเงิน mengatakan...
on 

Thank you !!

Gclub Royal1688

เพิ่มเงิน mengatakan...
on 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
หมูอวกาศ mengatakan...
on 

nice post deh

Gclub

SEO Gendut Bosque mengatakan...
on 

KakiQQ Situs Judi Poker, DominoQQ, BandarQ Online Terbaik, Terpercaya Serta Terpopuler di Indonesia 2020
Official Website : Situs BandarQ
Visit : Situs BandarQ Terpercaya

bokep mengatakan...
on 

cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep

bokep mengatakan...
on 

cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep
cerita bokep

Unknown mengatakan...
on 

Agen Fafaslot

Situs Gaming Slot Online Uang Asli mengatakan...
on 

Situs Fafaslot

Gaming World Asia Terbesar Agen Joker123 mengatakan...
on 

Situs s1288

Satria Muda mengatakan...
on 

SV388
DAFTAR JOKER123
JOKER388
IDN POKER
BANDAR JOKER
AGEN JOKER123
SITUS JOKER
DAFTAR JOKER
LOGIN JOKER123
JOKER123
LOGIN JOKER123b
JOKER GAMING
JOKER123d

movers near me mengatakan...
on 

This is a wonderful post! Thanks for sharing all of this property detailed information moving companies Chicago

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik