William Petty (1623-1687)

Alhamdulillah abis jumatan jadi fresh lagi trus ada inspirasi lagi buat posting, mau ngelanjutin lagi postingannya yang kemarin mengenai bukunya Fifty Major Economics. Kemarin postingannya baru pertama kali yah mengenai Thomas Mun. Nah sekarang saya mau ngelanjutin lagi dengan ekonom yang lain yang sumbangsihnya sangat terasa sekali bagi ilmu ekonomi yaitu William Petty.
Nah William Petty ini adalah salah seorang yang pertama kali memikirkan dan menulis secara sistematis tentang ekonomi, dan salah seorang dari individu-individu yang menerapkan prinsip-prinsip ilmu ekonomi ke dunia nyata. Karyanya memberikan pencerahan dalam sifat dari sewa (rent) dan pajak. Tetapi ia lebih terkenal karena usahanya menjadikan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang kuantitatif dan statistikal melalui apa yang dinamakan dengan “aritmatika politik”.

Petty lahir pada tahun 1623 dari keluarga pedagang pakaian miskin di pasar yang sepi di kota Hampshire, dekat sungai Test, bagian selatan Inggris. Setelah tinggal di Perancis dan 3 tahun di angkatan laut, kemudian ke Belanda untuk belajar anatomi dan kedokteran. Pada tahun 1646 Petty kembali ke Inggris untuk belajar kedokteran di Oxford. Setelah menerima gelar di bidang kedokteran, ia di tunjuk sebagai profesor anatomi di Oxford. Pada tahun 1660-an Petty membantu mendirikan The Royal Society of London for the Improving of Natural Knowledge. Menggunakan observasi dan eksperimentasi untuk meneliti alam dan masyarakat.
Petty mengembangkan metode aritmatika politik yang dihasilkannya dari penerapan program penelitian untuk gejala ekonomi di Royal Society tersebut. Pada dasarnya metode aritmatika politik adalah “mengekspresikan diri menurut angka, timbangan dan ukuran; hanya menggunakan argumen akal sehat; dan hanya mempertimbangkan kasus-kasus yang fondasinya di alam semesta dapat terlihat; meniggalkan hal-hal yang bergantung pada pikiran yang bisa berubah, opini, hasrat dan keinginan dari orang-orang tertentu” (Hull 1899, hlm. 244). Aritmatika polotik menggunakan metode kuantitatif dalam menganalisa fenomena ekonomi dan sosial. Sebuah aspek dari pandangan ini adalah penggunaan angka dan ukuran untuk menggambarkan realitas. Aspek lainnya adalah memakai angka-angka tersebut untuk menarik kesimpulan tentang cara dunia ini bekerja. Eksperimen yang terkontrol benar-benar mengharuskan mulai dengan dua perekonomian yang identik, atau dua kelompok orang yang identik, yang ditempatkan dalam dua situasi yang persis sama. Kemudia kita mengubah kondisi dari salah satu kelompok ini. Kemudian kita amati perubahan ini dari tiap-tiap kelompok. Sayangnya, di dunia nyata sebenarnya tidak mungkin menciptakan atau menemukan lingkungan seperti itu. Aritmatika politik berusaha mengganti eksperimen ini dengan analisa statistik, yang diyakini sebagai upaya terbaik yang dapat dilakukan dalam ilmu ekonomi. Metode statistik ini sampai kini masih dipakai dalam ilmu ekonomi, kendati dewasa ini ada usaha lebih “ilmiah” dengan mencari cara bagaimana mencari cara melakukan eksperimen yang terkontrol.
Selain itu, Petty membuktikan bahwa London itu benar-benar makmur dan berkembang secara ekonomi, Petty menunjukkan bahwa London memiliki lebih banyak penduduk dan rumah-rumah dibandingkan dengan paris. Meskipun terasa ganjil, tapi Petty tetap berkeyakinan bahwa semakin makmur negara benar-benar akan mempercepat pertumbuhan penduduk; jadi analisa ini mungkin terbaik di masanya.
Berbeda dengan kaum merkantilis, Petty mendukung surplus perdagangan untuk meningkatkan pekerjaan ketimbang untuk mengumpulkan kekayaan. Selain itu, Petty mendukung sejumlah manfaat dari perdagangan internasional yang bebas. Terakhir, Petty tidak melihat perdagangan internasional sebagai cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi Inggris tetapi ia berpendapat bahwa keuangan publik (public finance) atau pengeluaran pemerintah dan kebijakan pajak merupakan determinan yang lebih penting dar kemakmuran ekonomi ketimbang kebijakan perdagangan atau akumulasi surplus perdagangan.
Disamping sumbangannya untuk studi keuangan publik dan karyanya yang menerangkan dan mendefinisikan gagasan surplus, Petty adalah tokoh penting terutama karena penekanannya pada penggunaan angka atau data untuk memahami dan menjelaskan bagaimana dunia ekonomi yang nyata bekerja. Walaupun ia mengembangkan statistik ekonomi yang lebih baik dan lebih teratur untuk membantunya dalam upaya ini, dibutuhkan waktu 250 tahun sebelum data menjadi lebih mudah untuk disediakan. Petty telah berusaha membuat alat ukur tersebut dan ia menggunakannya untuk mencoba memahami ekonomi Inggris. Hal ini merupakan kontribusi ekonominya yang paling penting dan membuatnya tokoh ekonomi terpenting abad ketujuhbelas.
Pada saat ini pun, statistik dalam bidang ilmu ekonomi sangatlah penting peranannya. Banyak sekali hal-hal atau kasus-kasus perekonomian yang bisa diselesaikan dengan bantuan statistik. Tetapi, asumsi Petty yang menyatakan bahwa kemakmuran negara bisa di lihat dari jumlah penduduknya tidak selamanya benar, karena pada kenyataannya hanya Amerika dan akhir-akhir ini China yang mempunyai jumlah penduduk banyak dan makmur, untuk kasus Indonesia dan India, asumsi ini tidak berlaku.

Karya-karya Petty
The Economic Writings of Sir William Petty, Cambridge, Cambridge University Press, 1899.

Karya-karya Tentang Petty
Hutchinson, Terence, Before Adam Smith: The Emergence of Political Economy, 1662 – 1776, Oxford, Basil Blackwell, 1988.
Letwin, William, The Origin of Scientific Economics: English Economic Trought, 1660 – 1776, London, Methuen & Co, 1963.
Roncaglia, Allesandro, Petty, Armonk, New York, M.E. Sharpe, 1985.
Strauss, Erich, Sir William Petty: Portrait of a Genius, London, Bodley Head, 1954.

Referensi Lain
Burtless, Garry, “The Case of Randomized Field Trials in Economics and Policy Research,” Journal Economics Perspectives, 9,2 (Spring, 1995), hlm. 63-84.
Smith, Vernon L., “Experimental Method in Economics,” dalam The New Palgrave: A Dictionary of Economics, ed., John Eatwell, Murray Milgate dan Peter K. Newman, N.Y., Stockon Press, 1987, 2, hlm. 241 – 9.
Smith, Vernon L (ed.), Experimental Economics, Aldershot, Edward Elgar, 1990.

Comments :

150 komentar to “William Petty (1623-1687)”
Itik bali mengatakan...
on 

William Petty ini akang apa teteh??
Bukunya banyak banget
Bagus2 lagi
Oh ya Je..kapan 2 saya mau bikin buku
asli ini mah..
engga becanda
ntar kasih comment ya..introducingnya

Dinoe mengatakan...
on 

Buku dan tulisan yang penuh muatan sejarah yang patut jadi pelajaran

Rian Bowok mengatakan...
on 

wow, saya baru pertama kali dengar tentang will petty ini disini. sya pribadi lebih suka baca buku buku marketingnya hermawan kartajaya hehe

Bolaku mengatakan...
on 

wah bahasannya lengkap banget nih...
asik banget, bahasanya mudah di mengerti dan yang penting sekarang gwa jadi tau siapa orang-orang yang berjasa dalam ilmu ekonomi.
thanks e-je

ogiex.slash mengatakan...
on 

ga mudeng

abie mengatakan...
on 

berguna sekali kang, saya jadi tau nih sama wiliam petty....

IjoPunkJutee mengatakan...
on 

Di Luar sono, orang miskn bisa mengenyam pendidikan tinggi....BAgaimana dengan kaum mskin di negeri ini..?

Pendidikan sudah menjadi lahan bisnis yang menggiurkan bagi "MEREKA...!!!", jahanam yang sok bercita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa....!

attayaya mengatakan...
on 

wah mas petty terlalu bicara angka-angka.
kalo berhadapan dengan faktor x, susah ga ya?

aaLiL mengatakan...
on 

gak ngerti ekonomi.. hehehe

aaLiL mengatakan...
on 

@Ijopunkjutee jgn senang menghujat bos, buktikan kalau diri anda bsa menghasilkan seperti itu, baru anda berkomentar menghujat seperti itu... Talk less do more bos..

aia mengatakan...
on 

aduh statistik,, pelajaran yang menarik! klu dibahas tetap menarik!

thx sdh mampir ke blog saya :)

exploe mengatakan...
on 

ulasan yang menarik

dari jumlah penduduknya tidak selamanya benar, karena pada kenyataannya hanya Amerika dan akhir-akhir ini China yang mempunyai jumlah penduduk banyak dan makmur, untuk kasus Indonesia dan India, asumsi ini tidak berlaku.

Mungkin dengan ucapan diatas, akan memacu kita untuk bisa memakmurkan bangsa ini seperti yang kita inginkan

maju terus dunia blogger

IHSAN mengatakan...
on 

wah HEBAT berawal dari NOl menjadi tidak NOl

Joshua mengatakan...
on 

kunjungan balik ...
dari http://joshuavictor-abcom.blogspot.com

J O N K mengatakan...
on 

amerika udah mulai down,

gak menutup kemungkinan india sama indonesia muncul sebagai pengganti :D. tapi agak susah kali ya ... tapi siapa tau bisa ...

Risti mengatakan...
on 

bisakah pembahasan diatas diterapkan pada bangsa yang sedang terpuruk seperti Indonesia misalnya, dan diharapkan hasilnya dalam jangka pendek?.

e-je mengatakan...
on 

@Risti :
klo untuk jangka pendek lebih cocoknya pemikiran dari Thomas Mun (pada postingan sebelumnya). Karena dengan melakukan surplus ekonomi (ekspor lebih banyak dari impor) tentu saja dengan bantuan dari kebijakan pemerintah, dengan ini diharapkan pengangguran berkurang, pendapatan meningkat, urbanisasi menurun dll.

tapi klo ditanya bisa atau ga ya bisa-bisa aja diterapkan.

Wien_daroe mengatakan...
on 

ekonomi susah ya?

belajar lagi ah

IjoPunkJUtee mengatakan...
on 

IjoPunkJutee tidak menghujat, tapi melihat keadaan sekitar. Mengapa anak2 miskin tidak sekolah? apa karena tidak mau? KARENA biaya pendidikan tidak terjangkau sama mereka! Tidak bayar SPP atau entah apapun namanya!
William Pretty lahir dari keluarga pedagang kain miskin, tapi ia dapat menerima gelar dalam bidang kedokteran...!! MAksudnya pihak berwenang biar menyadari, bahwa kaum MISKIN juga bisa ber[restasi jika diberi kesempatan. "membawa" biaya pendidikan keujung "langit ketujuh" sama juga dengan mematikan kesempatan KAUM MISKIN. itu maksudnya....

@ aaLiL : begitu maksudnya..., so lain kali baca dulu postingan baru kasih komentar, biar tau permasalahannya. jangan komem hanya untuk mengharapkan komen balik!!!

@ E-Je : SOri E-Je, konfirmas biar gak ada salah paham ajah.

e-je mengatakan...
on 

@ijoPunkJutee & aaLil : ya udah lah ga usah dibesar2kan, cuman salah paham aja.

Ani mengatakan...
on 

Bagus banget nih postingannya, nambah pengetahuan, thanks ya for sharing...

Anonim mengatakan...
on 

Sebaiknya setiap komentar dilihat dari sisi positif & tidak emosional, sehingga tidak menurunkan keinginan berperan serta dalam diskusi. Sree_on_o

genial mengatakan...
on 

materinya komplit kang :) mantap sourcenya :)
kita memandang sebuah bungkus roko' tentunya gk hanya dari tutup bungkusnya aja kan kang?

art mengatakan...
on 

happy blogging prend!!!
two thumbsup!!!




\m/

Festival Museum Nusantara mengatakan...
on 

informasi yang menarik sobat

Piala Dunia 2010 mengatakan...
on 

thx for share, bro

Nyubi mengatakan...
on 

mampir sob

Chiropractic mengatakan...
on 

blognya keren

Blogger Templates Colorizetemplates.com mengatakan...
on 

siip dech. info yg sangat berguna nech. :)

Pulsa elektrik mengatakan...
on 

banyak orang pikirannya masih sangat sederhana sehingga pemikiran orang-orang seperti tokoh di atas bikin mumet :D

Nikmaya John mengatakan...
on 

Ikut baca2 aza,,, biar tambah ilmu hehe,,, tapi bingng gan,,,, hehe

pasang iklan gratis mengatakan...
on 

wawasan sampean luas juga shob, terimakasih ats ilmunya

Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia mengatakan...
on 

Kepala saya cenat-cenut kalau banyak baca buku :D

pulsa elektrik termurah mengatakan...
on 

Kalau pakar ekonomi yang ngomong biasanya sulit saya ngerti, saya lebih paham ilmu fisis :D

xamthone plus mengatakan...
on 

bagus deh artikal'y, bza menambah ilmu...

Obat alami batu ginjal mengatakan...
on 

makasih banyak om informasinya, sangat bermanfaat sekali nih , makasih banyak buat infonya

Obat alami batu Ginjal mengatakan...
on 

informasinya keren juga nih , makasih banyak ya gan ,semoga bermanfaat nih

tv show news mengatakan...
on 

mantab gan infonya..

Data mobile Phone mengatakan...
on 

Nice post.. lam knl sob

locksmith in new york mengatakan...
on 

As usual i am searching some useful information, immediately i found this post and gain some useful information great work such a great brain to use.

locksmith in new york mengatakan...
on 

manhattan locksmithprovides exceptional security upgrades such as installation of the latest alarm systems, CCTV units and motion detection sensors. Feel Free Visit Here: “www.aaalocksmithnyc.com”

obat penyakit kelenjar getah bening mengatakan...
on 

ikut mampir aja ni sob

Natural Supplements mengatakan...
on 

Very efficiently written information. It will be beneficial to anybody who utilizes it, including me. Keep up the good work – for sure i will check out more posts. This site seems to get a good amount of visitors.

organic seo service mengatakan...
on 

This site is excellent and so is how the subject matter was explained. I also like some of the comments too.Waiting for next post.

cost effective advertising mengatakan...
on 

It is very interesting for me to read that article. Thank author for it. I like such topics and everything connected to this matter. I definitely want to read more soon.

cost effective seo company mengatakan...
on 

Stunning..!!! it made me stop and to look into it deeply, its so wonderful i wana appreciate you

from the bottom of my feelings, fantastic keep it up

best online pharmacy mengatakan...
on 

Thanks for the great info! I'm trying to watch what I ingest as my body attempts to properly digest it, then I learn that I'm being bamboozled the whole damn time!

http://www.mybabydoc.com/tubal-reversal-surgery.html mengatakan...
on 

Almost people like to write what he said, but I like to listen what they said, your post is very good. Thanks!

Bali Healthy Lifestyles mengatakan...
on 

berhubung bukan orang ekonomi jadi ga ngerti tapi lumayan lah nambah ilmu

drug forum mengatakan...
on 

I have no words to appreciate this post ..... I'm really impressed with this post .... the person who created

this post was a big thank you man .. for sharing with us.

WORLD TIPS mengatakan...
on 

siapakah beliau??

best seo company mengatakan...
on 

am also interested in this topic. I have spent a lot of time on searching this kind of topic. It is very informative.

Abby mengatakan...
on 

Beautifully expressed article, i really enjoyed my stay on this plus wonderful website buy codeine online

saim mengatakan...
on 

That’s an interesting point of view you’ve got there. Really makes me think and re-evaluate my priorities. Thanks for the inspiration.



buy curcumin

doctor ratings and reviews mengatakan...
on 

I’m still learning from you, but I’m improving myself. I definitely liked reading everything that is written on your blog. Keep the information coming. I liked it!

buy xanax without prescription mengatakan...
on 

I need this article to complete my assignment in the college, and it has same topic with your article. Thanks, great share.

0Zero7 mengatakan...
on 

I am searching new blogs , This site helping me a lot.
web hosting Pakistan

curcumin mengatakan...
on 

Curcumin in curry helps boost brain function, study finds.

obat tradisional kanker payudara mengatakan...
on 

blogwalking nii

Integrated marketing communication mengatakan...
on 

I am currently searching for ways in which I could enhance my knowledge in this said topic you have posted here. It does help me a lot knowing that you have shared this information here freely.

Advertisement mengatakan...
on 

Really your blog is very interesting.... it contains great and unique information. I enjoyed to visiting your blog. It's just amazing.... Thanks very much for the share

Production companies in Lahore mengatakan...
on 

I am currently searching for ways in which I could enhance my knowledge in this said topic you have posted here. It does help me a lot knowing that you have shared this information here freely.

pengobatan tradisional kelenjar getah bening mengatakan...
on 

mana gambar nya nih ?>

pengobatan tradisional stroke mengatakan...
on 

coba pke gambar pasti lebih ok

Nuno mengatakan...
on 

Sejenak mengingat tokoh ekonomi William Petty

obat glaukoma alami mengatakan...
on 

cantik gak ?

obat kanker payudara mengatakan...
on 

foto nya mana sih ?

Nuno mengatakan...
on 

William Petty tokoh ekonomi

www.mobilduit.com mengatakan...
on 

wahh sejarahnya yg hebat mulai dari nol persen jadi seratus persen.motivasi yang bagus

jhon paul mengatakan...
on 

This is a good,common sense article.Very helpful to one who is just finding the resouces about this part.It will certainly help educate me.

gift to Pakistan

Dhidhit mengatakan...
on 

Mengingat kembali Willian Petty

Dhidhit mengatakan...
on 

Semoga pinter seperti Willian Petty

rental ac mengatakan...
on 

belum pernah mendengar tentang william pretty..
tapi makasih sama e-je blog, karena saya jadi tw tentang william pretty..

talang air mobil mengatakan...
on 

pintar amat ya dia. dia fokus terus memecahkan masalah aritmatika keknya, akhirnya terbentuk juga formulanya.

Dhidhit mengatakan...
on 

William Petty 1623-1687

ulasan mobil terkini mengatakan...
on 

ulasan yang menarik

dari jumlah penduduknya tidak selamanya benar, karena pada kenyataannya hanya Amerika dan akhir-akhir ini China yang mempunyai jumlah penduduk banyak dan makmur, untuk kasus Indonesia dan India, asumsi ini tidak berlaku.

toyota baru auris mengatakan...
on 

I am currently searching for ways in which I could enhance my knowledge in this said topic you have posted here.

ulasan auto mengatakan...
on 

Thanks very much for the share.Very helpful to one who is just finding the resouces about this part.

review hoby mobil mengatakan...
on 

ulasan yang menarik

Mungkin dengan ucapan diatas, akan memacu kita untuk bisa memakmurkan bangsa ini seperti yang kita inginkan

review top auto mengatakan...
on 

It does help me a lot knowing that you have shared this information here freely.

automotive hijau mengatakan...
on 

It does help me a lot knowing that you have shared this information here freely.

berita mobil mengatakan...
on 

William Petty ini akang apa teteh??
Bukunya banyak banget...bagus lagi..

info top otomotif mengatakan...
on 

William Petty tokoh ekonomi

dunia otomotif mengatakan...
on 

makasih banyak om informasinya, sangat bermanfaat sekali nih , makasih banyak buat infonya

autofuture mengatakan...
on 

informasinya keren juga nih , makasih banyak ya gan ,semoga bermanfaat nih

theautoz mengatakan...
on 

berguna sekali kang, saya jadi tau nih sama wiliam petty....

carfans mengatakan...
on 

Ikut baca2 aza,,, biar tambah ilmu hehe,,, tapi bingng gan,,,, hehe

agen bola online mengatakan...
on 

ternyata banyak penemu ekonomi yg tidak kita kenal tapi sangat berpengaruh pada ekonomi

bmw m6 cabriolet mengatakan...
on 

nambah pengetahuan, thanks ya for sharing...

mclaren f1 mengatakan...
on 

wah bahasannya lengkap banget nih...mantap dhe..sukses selalu..

ford focus st mengatakan...
on 

gak menutup kemungkinan india sama indonesia muncul sebagai pengganti :D. tapi agak susah kali ya ... tapi siapa tau bisa ...

ford b max review mengatakan...
on 

William Petty pakar ekonomi ya...thx infonya..

chrysler delta mengatakan...
on 

As usual i am searching some useful information, immediately i found this post,

audi q7 mengatakan...
on 

berguna sekali infonya..kang, saya jadi tau nih sama wiliam petty....

2013 Porsche Cayenne Diesel mengatakan...
on 

aduh statistik,, pelajaran yang menarik!...thx ya sob..

honda cr z mugen rz jdm mengatakan...
on 

wah mas petty terlalu bicara angka-angka.
kalo berhadapan dengan faktor x, susah ga ya?

opel zafira 16 bbg turbo mengatakan...
on 

wah mas petty terlalu bicara angka-angka.
kalo berhadapan dengan faktor x, susah ga ya?

judi bola mengatakan...
on 

lumayan buat nambah wawasan, thanks gan

Dedi Galih Wisnumurti mengatakan...
on 


DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

Dedi Galih Wisnumurti mengatakan...
on 


DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

auto mobil mengatakan...
on 

siip dech. info yg sangat berguna nech. :)

Template Booklet Company Profile mengatakan...
on 

karyanya keren tuh :D

seowaps mengatakan...
on 

seowaps

Jasa Seo Indonesia mengatakan...
on 

Jasa Seo Indonesia

egi mengatakan...
on 

Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya

Robi mengatakan...
on 

Setelah saya brkunjung ke blog ini ternyata banyak sekali informasi yang bermanfaat semakin banyak ilmu yang saya dapatkan....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Sukses selalu...

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

mlm terbaru indonesia mengatakan...
on 

sangat mantapseklai gan...

Jasa SEO Bergaransi mengatakan...
on 

nsdlnsndsnad

Obat Herbal Abses Payudara mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga suksesnya gan.....

sukses usaha online mengatakan...
on 

thank very much gan
i like your article..

salam USAHA DAN BISNIS ONLINE TERPERCAYA

obat tipes mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas infonya...
semoga semakin suksesnya....

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

obat tradisional varises mengatakan...
on 

saya berkunjung ke blog ini semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan
semogha bermanfaat dan bertambah sukses...

terbaik1 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

terbaik1 mengatakan...
on 

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

ginanjar mengatakan...
on 

informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat benjolan di belakang telinga mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas informasi nya
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

obat kutil kelamin mengatakan...
on 

artikelnya sangat bermanfaat sekali...

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia mengatakan...
on 


Camera.co.id Toko kamera murah di Indonesia 
Camera.co.id Toko kamera murah di Indonesia ~ Dek Arif 
Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia ~ Dek Arif Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia Dek Arif Dek Arif ~ Arif Rachman Hakim

cara menyembuhkan penyakit hernia secara alami mengatakan...
on 

nice gan

wirnoto winkars mengatakan...
on 



Terimakasih gan atas Postingan yang bermanfaat ini
jika agan mau download games bisa kesini gan Gratis rip dan full Version Winkars Evolution

Dangdut Berkoplo 2014 mengatakan...
on 

makasih,makasih gan, sangat bermanfaat

Applikasi Dan Game terbaru untuk Handphone mengatakan...
on 

sangat bermanfaat infonya bos, di tunggu updatenya.

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya

cara besarkan penis mengatakan...
on 

Extender jilq adalah cara memperbesar dan memperpanjang penis terbaik.
memperbesar penis menggunakan extenderjilq sangat mudah, cepat dan aman.
anda tidak perlu cape mengurut seperti produk2 teknik urut arab yg dijual oleh website2 yg lain.

info lengkap silahkan kunjungi:
www.extenderjilq.com

greenworld Indonesia mengatakan...
on 

Terimakasih atas infonya....sukses selalu

tips kesehatan mengatakan...
on 

mantap gan artikelnya

resep kuliner mengatakan...
on 

artikelnya menarik sekali, semoga sukses ya

bimbel online mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya

Hijab model terbaru mengatakan...
on 

sangat senang bisa berkunjung ke web anda,,,trimakasih

Jonny Chan mengatakan...
on 

Agen Taruhan
Domino qq
qq Online
Agen Poker
Bandar Bola
Tvonline
Bioskop 21
Tv Indonesia
Film dewasa
Info Bola
Prediksi Togel
Info Togel
Aplikasi Gratis
Foto Bugil
Hasil Bola
Cerita Dewasa
Indo Togel
Rumus Togel
Prediksi Bola
Livescore

blog business mengatakan...
on 

Thank bro..
jilbab murah bisnis online gratis Jual jilbab murah Jual jilbab online jilbab murah Jual jilbab murah Jual jilbab syar'i jilbab murah Jual jilbab murah Jual jilbab murah Jual jilbab terbaru Jual jilbab murah Jual jilbab murah Jual jilbab murah Jual jilbab bayi bisnis online gratis bisnis online gratis Jual jilbab anak Jual jilbab murah Jual jilbab murah Jual jilbab murah Jual jilbab segi empat Jual jilbab murah Jual jilbab murah Jual jilbab grosir Jual jilbab murah Jual jilbab murah Jual jilbab murah


Ilike it
blog business girls blog business blog women blog blog business blog business business blog business blog business blog business blog business totorial word full version blog business Online business blog online

susu kambing mengatakan...
on 

thanks for sharing. drink milk for better life!

sahabatqq.com mengatakan...
on 

ipoker8 Situs Agen Judi Poker dan Domino Online Terpercaya Indonesia
SHINCHANPOKER AGEN POKER DAN DOMINO TERBAIK DI INDONESIA
MIYABIPOKER AGEN POKER DAN DOMINO ONLINE TERBAIK DI INDONESIA
SAHABATQQ AGEN DOMINO99 DAN POKER ONLINE TERBESAR DI ASIA
ITUDEWA Agen Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia
SITUSPOKER88.COM Referensi Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia
REJEKIPOKER AGEN POKER DAN DOMINO ONLINE TERBAIK DI INDONESIA

thanks :)

Internet Lambat? Cek Cara Melihat Kecepatan Internet Anda Disini mengatakan...
on 

siap gan, artikelnya bener - bener membantu saya hehe

Miyabipoker.com mengatakan...
on 

ipoker8 Situs Agen Judi Poker dan Domino Online Terpercaya Indonesia
SHINCHANPOKER AGEN POKER DAN DOMINO TERBAIK DI INDONESIA
MIYABIPOKER AGEN POKER DAN DOMINO ONLINE TERBAIK DI INDONESIA
SAHABATQQ AGEN DOMINO99 DAN POKER ONLINE TERBESAR DI ASIA
ITUDEWA Agen Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia
SITUSPOKER88.COM Referensi Judi Poker Domino QQ Ceme Online Indonesia
REJEKIPOKER AGEN POKER DAN DOMINO ONLINE TERBAIK DI INDONESIA

by situspoker88

Ridwan Annas AMd. Gizi mengatakan...
on 

Website Ahli Gizi Indonesia
Nutritionist Website

Poker Online mengatakan...
on 

Texas Poker Multi Jackpot System
Poker Online

KINI TELAH HADIR JACKPOT SUPER ROYAL FLUSH

KINI TELAH HADIR JACKPOT 2000 (KHUSUS TABLE VIP KEATAS).

Ikutilah global jackpot yang tersedia di system kami, dengan system jackpot terbaru dan pertama di indonesia, anda dapat membeli jackpot dengan harga 100 rupiah saja dan menangkan hadiahnya hingga puluhan juta rupiah.

Jackpot bukanlah suatu keharusan untuk dibeli, namun kami memberikan suatu fitur tambahan untuk member tercinta dari www.qilinpoker.net

Terdapat tiga pilihan harga jackpot yang bisa anda beli yaitu :100,500,1000 dan 2000(khusus table VIP Keatas) rupiah.

Hadiah dari Multi jackpot system www.qilinpoker.net

full house x 10 harga jackpot yang anda beli.
(contoh:anda membeli 1000 maka:1000 X10 = 10.000)
four of kind x 250 harga jackpot yang anda beli
(contoh:anda membeli 1000 maka:1000 X250 = 250.000)
Straight flush x 1200
(contoh:anda membeli 1000 maka:1000 X1200 = 1.200.000)
Royal flush x 10000 harga jackpot yang anda beli
(contoh:anda membeli 1000 maka:1000 X10000 = 10.000.000)
SUPER ROYAL FLUSH x 30000 harga jackpot yang anda beli
(contoh:anda membeli 1000 maka:1000 X30000 = 30.000.000)

poker 88 mengatakan...
on 

nice articel & thanks for sharing.

crown poker88 poker online uang asli terbaik dan terpercaya di Indonesia.
didukung staff profesional yang siap membantu layanan transaksi deposit dan withdraw anda 24jam

poker88
dewapoker
poker terpercaya
poker online indonesia
poker online indonesia terpercaya
poker asia
poker indonesia

poker asia mengatakan...
on 

terima kasih untuk infonya ,sangat bermanfat untuk saya.

medan poker adalah poker online indonesia penyedia Judi Poker Online Indonesia yang menyediakan
permainan Poker Online 24jam, poker online indonesia terpercaya dengan system teknologi yang canggih dan server berkecepatan tinggi, kami menjamin 100% kerahasiaan anda.

poker asia
poker online indonesia terpercaya
poker online terpercaya
dewapoker
poker online indonesia uang asli

poker 99 mengatakan...
on 

nice articel, dan terima kasih sudah berbagi infonya.

Grand poker99 adalah, poker asia dan poker poker online indonesia,
yang Menjunjung tinggi Fair Play dan sportifitas. Karena kenyamanan anda adalah Prioritas bagi Kami.

poker99
poker online indosia
poker online indosia terpercaya
pokerace99
poker online indosia
poker asia
dewapoker

togel asia mengatakan...
on 

artikerlnya ok!. mantap gan,terima kasih sudah berbagi info

pasaran togel online indonesia terpercaya, yang menyediakan pasaran live keno dan tebak angka.
togel77 adalah togel asia. penyedia Togel online yang menyediakan permainan tebak angka, Kami memberikan kemudahan serta kecepatan proses transaksi bagi para member.

togel online indonesia terpercaya
togel asia
toto betting
dunia togel
togel online
togel online terpercaya

Sewa Mobil Surabaya mengatakan...
on 

Artikel yang Sangat bagus. Ini memberikan saya banyak Pengetahuan dan wawasan.

toko bunga solo mengatakan...
on 

wihhh mantap sekali

kunjungi situs kami
toko bunga medan
toko bunga padang
toko bunga surabaya

Anonim mengatakan...
on 

Nitip pasang backlink ya bro....

Agen Togel Terpercaya | Agen Togel Online | Agen Bola Online | Agen Bola Indonesia| Agen Judi Bola | Agen Bola Terbaik | Cara Daftar Sbobet

Agen togel

Bandar togel

Agent togel Singapore terpercaya

agen poker mengatakan...
on 

Nice Info Artikelnya Gan..
Ditunggu Artikel Selanjutnya.. ^^

pokeronlinehq.net

AGENPOKER
AGEN DOMINO QQ
TEXAS

POKER

SITUS POKER ONLINE
POKER ONLINE TERPERCAYA

Poskan Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik