Marketing Mix

Akhirnya saya bisa posting lagi, walaupun koneksi internetnya numpang sama temen hehehehe... melanjutkan postingan yang dulu mengenai manajemen pemasaran, kali ini saya akan posting mengenai marketing mix atau bauran pemasaran. Bauran pemasaran merupakan salah satu bagian dari konsep pemasaran modern, tetapi harus di ingat bahwa pemasaran bukanlah marketing mix.

Menurut Kotler (2005:17) menyatakan bahwa “Bauran Pemasaran (Marketing Mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran”. Berdasarkan definisi tersebut diatas bahwa bauran pemasaran adalah kombinasi beberapa elemen bauran pemasaran untuk memperoleh pasar, pangsa pasar yang lebih besar, posisi bersaing yang kuat dan citra positif pada pelanggan sehingga dapat kita artikan bahwa tujuan pemasaran adalah untuk meningkatkan jumlah pelanggan, meningkatkan hasil penjualan, serta dapat memberikan keuntungan untuk perusahaan dan stakeholdernya.

Konsep marketing mix yang pertama kali dikenalkan oleh Jerome McCarthy mempunyai empat variabel yang biasa dikenal dengan 4P yaitu product, price, promotion, dan place. Berkat Jerome McCarthy lah konsep 4P kemudian dikenal luas oleh masyarakat dan sering menjadi rujukan jika membahas tentang pemasaran. Untuk lebih jelasnya, mengenai strategi bauran pemasaran ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini :



Gambar diatas menunjukkan perusahaan yang mempersiapkan bauran tawaran yang terdiri dari produk, jasa, dan harga serta memanfaatkan bauran promosi yang terdiri dari promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, humas, surat langsung, pemasaran jarak jauh (telemarketing), dan internet untuk mencapai saluran perdagangan dan pelanggan sasaran. Perusahaan tersebut dapat mengubah harga, banyaknya tenaga pemasaran, dan pengeluaran periklanan dalam jangka pendek. Ia dapat mengembangkan produk baru dan memodifikasi saluran distribusinya hanya dalam jangka panjang. Dengan demikian, perusahaan umumnya membuat lebih sedikit perubahan bauran pemasaran dari periode ke periode dalam jangka pendek dibandingkan jumlah yang mungkin disarankan oleh variabel-variabel keputusan bauran pemasaran.
Oleh karena itu, perusahaan yang menjadi pemenang adalah perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan hemat dan nyaman serta dengan komunikasi yang efektif. Untuk lebih jelas mengenai konsep 4P tersebut, dibawah ini akan dipaparkan satu-persatu mengenai ke empat variabel tersebut.

1. Product (Produk)
produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide.
Pada dasarnya konsumen membeli manfaat dan nilai dari suatu produk yang ditawarkan bukan membeli barang atau jasa. Penawaran suatu produk dibedakan berdasarkan lima tingkatan seperti dikutip oleh Fandy Tjiptono (1997:96), yaitu :
a. Manfaat Inti (Core Benefit)
Tingkatan pertama atau merupakan tingkatan paling dasar dimana manfaat inti yang sesungguhnya dicari konsumen atau pelanggan ketika mereka membeli.
b. Produk Dasar (Basic Product)
Tingkatan kedua dimana pemasar harus mengubah manfaat inti menjadi produk dasar.
c. Produk yang Diharapkan (Expected Product)
Tingkatan ketiga dimana sebuah set atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan pembeli.
d. Produk Dengan Nilai Tambah (Augmented Product)
Tingkatan keempat dimana pemasar menyediakan sesuatunya melebihi harapan konsumen.
e. Potensi Produk (Potential Product)
Tingkatan kelima dimana penyedia produk dan jasa mencari sesuatu yang bisa melampaui semua harapan pelanggan untuk menyenangkan pelanggan dan membedakan penawaran mereka dari pesaing-pesaingnya.

2. Price (Harga)
Harga merupakan unsur terpenting dalam bauran pemasaran setelah produk dan merupakan satu-satunya unsur dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan sedangkan unsur-unsur lainnya merupakan biaya saja. Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh produsen.
Penetapan harga merupakan suatu masalah jika perusahaan akan menetapkan harga untuk pertama kalinya. Ini terjadi ketika perusahaan mengembangkan atau memperoleh produk baru, ketika akan memperkenalkan produknya ke saluran distribusi baru atau daerah baru, ketika akan melakukan penawaran atas suatu perjanjian kerja baru. Perusahaan harus memutuskan dimana ia akan mendapatkan produknya berdasarkan mutu dan harga. Perusahaan dapat menempatkan produknya di tengah pasar atau pada tiga tingkat di atasnya atau tiga tingkat di bawahnya.

3. Place (Tempat atau Distribusi)
Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Disini penting sekali perantara dan pemilihan saluran distribusinya. Perantara ialah sangat penting karena dalam segala hal, mereka lah yang berhubungan langsung dengan konsumen.
Lokasi sering pula disebut sebagai saluran distribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. “Tempat termasuk berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran”.

4. Promotion (Promosi)
Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. “Promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran”. Sebagaimana dikutip dari Fandy Tjiptono (1997:219), komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya yang ada di pasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima, membeli dan loyal kepada produk yang ditawarkan.
Menurut Kotler (2000:658) dalam mengembangkan program periklanan, manajer pemasaran harus selalu memulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif membeli. Ada beberapa konsep dalam komunikasi pemasaran yang kesemuanya mengandung huruf M. Salah satu yang populer adalah konsep 7M yang dikutip oleh Fandy Tjiptono (1997:218) yang terdiri dari :

  • Mission (Misi) : Apa tujuan yang ingin dicapai dari program promosi yang dilaksanakan.
  • Market Target (Target Pasar) : Apa sasaran dari target pasar atau pasar konsumen.
  • Message (Pesan) : Pesan apa yang harus disampaikan dalam program promosi yang akan dilaksanakan.
  • Media (Saluran Komunikasi) : Media apa yang akan digunakan dalam melaksanakan program promosi.
  • Mix (Bauran Promosi).
  • Money (Metoda Penentuan Anggaran) : Berapa banyak anggaran biaya promosi yang dapat dibelanjakan.
  • Measurement (Pengukuran Efektivitas Promosi) : Bagaimana mengevaluasi hasilnya, apakah penjualan, pertumbuhan pangsa pasar atau ratio biaya terhadap pertumbuhan penjualan.

Bauran komunikasi pemasaran (bauran promosi) terdiri dari lima unsur utama, yaitu (Craven, 2000:350) :

- Advertising (Periklanan)
Semua bentuk penyajian dan promosi non personal atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan sponsor tertentu.
- Sales Promotion (Promosi Penjualan)
Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.
- Public Relation (Publisitas/Kehumasan)
Berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya.
- Personal Selling (Penjualan Pribadi/Wiraniaga)
Interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih, dengan tujuan untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesanan ataupun melakukan penjualan.
- Direct Marketing (Pemasaran Langsung)
Penggunaan surat, telepon, faximile, e-mail dan alat penghubung non personil lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu.


Selain hal yang disebutkan diatas, baru-baru ini ada konsep baru yang muncul dari bauran promosi yaitu Point Of Purchase Communication (POPC) yang merupakan bentuk promosi yang ada di toko atau berupa display dari produk yang berada di etalase atau shelf space tertentu.
Nah, salah satu contoh dari gagalnya menerapkan 4P ini ya yang sering saya keluhkan yaitu Indosatm2. Kenapa saya katakan gagal?? Jadi dalam hal ini pihak indosat tidak memperhatikan secara keseluruhan dari bauran pemasaran yang ada. Mereka hanya fokus pada promosi yang sangat gencar dimana-mana tetapi tidak siap dengan infrastrukturnya, ini bisa dilihat dari tidak siapnya mereka terhadap permintaan yang begitu banyak sehingga sering kali server mereka overload atas permintaan dari konsumen yang menyebabkan terganggunya koneksi internet para pelanggannya. Selain itu, sudah seminggu ini saya mencari-cari voucher isi ulang indosatm2 broom unlimited dan saya tidak menemukannya diseluruh Bandung (BEC dan gerai-gerai indosat lainnya) sehingga menyebabkan tidak seimbangnya diantara bauran pemasaran yang ada (produk, harga, promosi dan tempat) sehingga para pelanggannya kecewa dan termasuk saya, akhirnya saya memutuskan untuk pindah ke telkomsel flash. sehingga GOOD BYE indosatm2 dan beberapa waktu ini saya sering posting untuk mengeluhkan indosat, inilah salah satu bentuk kekecewaan saya dan kalau boleh meminjam istilahnya Hermawan Kartajaya yaitu sekarang sudah eranya "New Wave Marketing" dengan ciri-cirinya yaitu Digitalization, Globalitation dan Futurisation pelanggan tidak boleh dianggap remeh karena mereka bisa saja melakukan apapun pada produsennya (hal yang baik dan yang buruk bagi produsen tersebut). Jadi keseimbangan diantara bauran pemasaran yang ada sangat penting dalam pemasaran.

Comments :

129 komentar to “Marketing Mix”
toriq mengatakan...
on 

Yoo om....Info nya...^^

Reduce Reuse Recycle mengatakan...
on 

emmmmmm....

ekosulistio mengatakan...
on 

wah nambah ilmu nich......thanks

ajeng mengatakan...
on 

Hiks..hiks.. Je,aku gak ngerti...

innes mengatakan...
on 

hai, mas....wa akahirnya gak berhub.ma m2 lagi nih???di Surabaya jg banyak yg protes mas
Btw, thanks ya atas bantuannya.banyak22222 makasih.aku sekarang menunggu kepastian dari dosenku kapan sidangnya.
Tyuz...skrang bhas pemasaran nih..itu mata kul.yg agak q g suka.hehe

Ranie mengatakan...
on 

beb.....ini mah tesis nie bgt....komunikasi pemasaran....bantuin nie beb.....hikzhikz..bantuin doa ja ya biar nie nya semangat lagi..

aa.LiL - Belajar dan Berbagi mengatakan...
on 

hayah... kagaaakk ngarti marketing kang saya... kalo di suruh research virus ngerti deh.. hehehe..

Sungaikuantan.Com mengatakan...
on 

tarikk... bro.....
sukses selalu yah......

anggi mengatakan...
on 

nambah ilmu nih walaupun agak gag mudeng..

salam kenal ^-^

nelson kaligis mengatakan...
on 

Waduh....bukan ahlinya saya ini !!!

tapi thanks buat informasinya ...menarik sekali...salam kenal yah !!! ;)

Atca mengatakan...
on 

thanks for sharing...
mantappp

MATA HATI mengatakan...
on 

berasa kuliah lg ne..hihi seeeplah

Itik Bali mengatakan...
on 

akang semakin mantaps
Tapi saya semakin perdarahan
hiks..hiks..engga ngerti uy
di jelasin dulu atuh pak Dosen!!

sam mengatakan...
on 

tanks bro infonya

blackberry gratis mengatakan...
on 

nice info

reny mengatakan...
on 

Kmrn br belajar lagi, dilengkapi dgn bahasan ini. Komplit! Thanks infonya... :)

Hendro mengatakan...
on 

Belajar marketing dulu di sini...

Festival Museum Nusantara mengatakan...
on 

informasi yang menarik sobat

Piala Dunia 2010 mengatakan...
on 

thx for share, bro

Nyubi mengatakan...
on 

mampir sob

Chiropractic mengatakan...
on 

blognya keren

PrimaCerdas mengatakan...
on 

wah mantabs banget infonya. jadi gatel pengen mempraktekkan nich...

deshal mengatakan...
on 

andai aja pembuatan konsep pemasaran di serahin ama gua, pabrik gw bisa dikerubutin distributor...
wakakak.. lem laler kalee...

lin mengatakan...
on 

AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,性愛,ut聊天室,情色遊戲,情色a片,情色網

鳳梨酥Blue mengatakan...
on 

徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,背叛,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,離婚,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,錄音,找人,追蹤器,GPS,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社

Blogger Templates Colorizetemplates.com mengatakan...
on 

siip dech.
mantabs banget infonya. jadi gatel pengen mempraktekkan nich...

Anonim mengatakan...
on 

thanks..

obat nyeri haid mengatakan...
on 

mantap sekali nih penjelasan nya, sangat bermanfaat sekali gfan , salam kenal aja ya gan

DIABETES MELITUS mengatakan...
on 

mantap bener...


sip lah...

jelly gamat mengatakan...
on 

makasih banyak nih buat infonya,semoga bermanfaat gan dan sukses selalu yah

Jelly Gamat mengatakan...
on 

informasinya mantap sekali nih gan, makasih banyak ya gan, semoga bermanfaat nih

Rattan Furniture mengatakan...
on 

bener2 ide pemasaran yang sangat baru di telinga saya.. mohon tulis tentang pemasaran online ya kang.. please...

watch tv show mengatakan...
on 

bingung banget ni gan...ga bakatnya kali...

obat herbal stroke mengatakan...
on 

Thanks for share, really good info hopefully helpful...!

Data mobile Phone mengatakan...
on 

Nice post.. lam knl sob

tas maika etnik mengatakan...
on 

g terlalu ngerti mas punyeng baca nya....tapi lumayan buat tambah refrensi ilmu jualannya

Obat Herbal Keputihan mengatakan...
on 

bagus sekali nih artikelnya gan ,sangat bermanfaat sekali bagi saya, makasih banyak yah bauat infonya

Lowongan Kerja mengatakan...
on 

lumayan nambah ilmu lagi

Broadband mengatakan...
on 

You made some good points there. I did a search on the issue and found most individuals will go along with your blog.

WORLD TIPS mengatakan...
on 

top marketing project!!

Aji mengatakan...
on 

Kalo Ane jalan aja seperti air no planning yang penting Take Action nanti konsep marketing biar jalan sendiri.Kalo pake konsep yang njelimet malah nanti bisnis mandeg ditengah jalan karena bingung mikirin konsep...

tongkat madura mengatakan...
on 

makasih banyak nih buat infonya,semoga bermanfaat gan dan sukses selalu yah

anak autis mengatakan...
on 

bagus sekali nih artikelnya,sangat bermanfaat sekali bagi saya, makasih banyak yah buat infonya

vitabrain mengatakan...
on 

top sudah aku paktekin,
terimakasih atas infonya

Belajar Forex mengatakan...
on 

wah infonya menarik banget nih gan ! ditunggu yang menarik lagi yah :)

Rumah dijual mengatakan...
on 

Great posting gan, sangat bermanfaat

Printing mengatakan...
on 

terima kasih ya postingannya :)boleh lah di coba..

dsl services provider mengatakan...
on 

Great stuff from you, man. I’ve read your stuff before and you’re just too awesome. I love what you’ve got here, love what you’re saying and the way you say it. You make it entertaining and you still manage to keep it smart. I can’t wait to read more from you. This is really a great blog.

universitas terbaik mengatakan...
on 

.
.
.
.
.
.
Sportorium
Salah satu bangunan
Universitas Terbaik
cek peringkat di google
Pantun universitas terbaik
peringkat 16
universitas terbaik
blog contest
download youtube
ubah kepemilikan windows vista
trik basmi virus
kaligata
luka berdarah
.

tutorial wordpress mengatakan...
on 

nambah ilmu nih walaupun agak gag mudeng..

salam kenal ^-^

Rocker mengatakan...
on 

Kebetulan aye anak manajemen nih gan..nice info

CORE XP mengatakan...
on 

terimakasih bang

Mainan Anak mengatakan...
on 

Mantep nih... jadi nambah2 ilmu tentang marketing..

Download Antivirus Gratis Terbaik mengatakan...
on 

i like it

Nuno mengatakan...
on 

Belajar pemasaran dengan marketing mix

obat penyakit tbc mengatakan...
on 

nice post gan,,, aku suka banget

obat diabetes melitus tradisional mengatakan...
on 

semoga berguna nice post gan

obat diabetes melitus tradisional mengatakan...
on 

nyimak gan

Nuno mengatakan...
on 

marketing mix dengan 4 variabel yaitu product, price, promotion, dan place

Dhidhit mengatakan...
on 

Terimakasih informasi tentang marketing mix

ikat pinggang kulit asli mengatakan...
on 

hai, mas....wa akahirnya gak berhub.ma m2 lagi nih???di Surabaya jg banyak yg protes mas
Btw, thanks ya atas bantuannya.banyak22222 makasih.aku sekarang menunggu kepastian dari dosenku kapan sidangnya.
Tyuz...skrang bhas pemasaran nih..itu mata kul.yg agak q g suka.hehe

jual dompet pria kulit asli mengatakan...
on 

Mantep nih... jadi nambah2 ilmu tentang marketing..

management consultant mengatakan...
on 

Marketing mix, ilmu yang sudah banayak diterapkan...jadi inget pelajaran Pengantar Manajemen Bisnis semester lalu...:D

Usaha Bisnis mengatakan...
on 

aku jadi tambah ngerti, makasih atas artikelnya,
kapan update lagi mas, mungkin bisa di mix dengan konsep usaha bisnis online.

jual tas murah banget mengatakan...
on 

Belajar pemasaran dengan marketing mix mantap bro lanjtkan

Dhidhit mengatakan...
on 

Marketing Mix....

obat patah tulang herbal mengatakan...
on 

makasih gan atas ingormasinya yang sangat bermanfaat

asep sumantri mengatakan...
on 

bnar informasi yang bisaj k untuk disimak terimakasih

Obat alami kelenjar getah bening mengatakan...
on 

manatabb pamans.......

obat tradisional rematik mengatakan...
on 

wah gan sangat bermanfaat artikelnya.,.,., makasih

penyewan ac mengatakan...
on 

wah jadi inget waktu kuliah dulu..konsep 4P
produk, price, place & promotion..keren nch konsepnya..klo mw jadi pengusaha kita harus nerapin konsep 4P ini..

obat herbal kista mengatakan...
on 

widih.. bingungnya.. banget

obat penyakit kolesterol mengatakan...
on 

wah kagak ngerti sama aku juga yang kayak gini nih..

agen bola online mengatakan...
on 

wah berguna sekali ini artikelnya, sangat bermanfaat.

judi bola online mengatakan...
on 

makin banyak deh ilmu yg ane dapet dari artikel ini. thanks udah mau sharing gan

rental genset mengatakan...
on 

bermanfaat banget gan.. thx :D

taruhan bola online mengatakan...
on 

ditunggu ya potingan yang bermanfaat lainnya.

rental dehumidifier mengatakan...
on 

saya masih kurang mengerti nih gan-__-

live score bola mengatakan...
on 

wah infona menarik banget nih.. thaks for share

Dedi Galih Wisnumurti mengatakan...
on 

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

devilz-anime mengatakan...
on 

Kmrn br belajar lagi, dilengkapi dgn bahasan ini. Komplit! Thanks infonya... :)

likesmedia mengatakan...
on 

thanks atas ilmu pemasarannya gan..

Wulan mengatakan...
on 

Sekedar tambahan, kalo mau promosi besar2an perusahaan memang harus siap dengan efek yang juga bisa besar2an :) Respon yang besar dari calon pelanggan/pembeli harus diimbangi dengan sumber daya yang ada supaya efek promosi tetap berpotensi menghasilkan penjualan dan bukan malah menghasilkan complain...

konveksi surabaya mengatakan...
on 

good article

for product is 4P

for service is 7P

order kaos promosi mengatakan...
on 

siiph2, ijin nyimaak

seowaps mengatakan...
on 

seowaps

Jasa Seo Indonesia mengatakan...
on 

Jasa Seo Indonesia

Pangeran Tehnik mengatakan...
on 

pa ja

ibundacerdas mengatakan...
on 

Hi there, I found your website via Google while searching for a related topic, your site came up, it looks good. I've bookmarked it in my google bookmarks. Down Forget Visit us at Mazda Bloggers Share Informations About Biodata Artis Indonesia and Gallery Foto Artis

egi mengatakan...
on 

Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya

Robi mengatakan...
on 

Setelah saya brkunjung ke blog ini ternyata banyak sekali informasi yang bermanfaat semakin banyak ilmu yang saya dapatkan....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Sukses selalu...

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

sipirok.org mengatakan...
on 

maju blogger

SEO Mazda mengatakan...
on 

cerita cikatien
Info Terkini
Kambuh-lagi
Seribuan Satu
Prediksi Bola
Info Terbaru
lepetitartistecarte
Kambuhlagi
Internet Technology Marketing Online
lovers sketch book
Dunia Unik
Unik Aneh
Portal Online
White Rusa
Kumat Maning
Dunia Sepakbola
My Story
Cinema 38
Dunia Pendidikan
SEO Mazda
Sipnosis Drama
Gallery Foto Artis
Sebenarnya
Info Harga Terbaru
Backlink
5 Besar
Biodata Profil Selebritis
Mazda News
etsy-yarns
foragama-vedios
iloveserenitysisters
Gallery Foto Hot
Zona Dewasa
Dunia Dewasa
Prediksi Togel
Majalah 17

jasa google adsense mengatakan...
on 

nzlkdnlzdldsd

Obat Herbal Abses Payudara mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga suksesnya gan.....

sukses usaha online mengatakan...
on 

thank very much gan
i like your article..

salam USAHA DAN BISNIS ONLINE TERPERCAYA

Belajar SEO mwb mengatakan...
on 

Pemasaran bagian saless.. Hehehe

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

obat tradisional varises mengatakan...
on 

saya berkunjung ke blog ini semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan
semogha bermanfaat dan bertambah sukses...

terbaik1 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

terbaik1 mengatakan...
on 

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

ginanjar mengatakan...
on 

informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

grosir batik pekalongan mengatakan...
on 

apapun strateginya. Closing atau penjualan adalah tujuan utama pemasaran

cara pakai jilbab mengatakan...
on 

Bahasan nya sangat bagus, perlu pemikiran yang mendalam untuk implementasinya. Terima kasih

obat benjolan di belakang telinga mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas informasi nya
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

obat kutil kelamin mengatakan...
on 

keren bgt sob

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

Free Album Download mengatakan...
on 

makasih gan . semoga bermanfaat buat yang lainnya ya .

jual frame kacamata mengatakan...
on 

Keren gan artikelnya..

Obat Sakit Gigi Pada Ibu Hamil mengatakan...
on 

Ikut menyimak artikel nya

Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia mengatakan...
on 


Camera.co.id Toko kamera murah di Indonesia 
Camera.co.id Toko kamera murah di Indonesia ~ Dek Arif 
Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia ~ Dek Arif Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia Dek Arif Dek Arif ~ Arif Rachman Hakim

anti aging jakarta mengatakan...
on 

Bagaimana pun model pemasaran yang penting tujuan utamanya adalah closing...

yunan mengatakan...
on 

wah, menarik reviewnya gan. terima kasih ya..

Muhammad Tohir mengatakan...
on 

Dapat ilmu marketing baru juga, semoga admin ilmunya semakin bertambah amiinnnn

infounik-pintar mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..

Jual Cat Jalan mengatakan...
on 

Terima kasih infonya gan...

Tiang Listrik Beton mengatakan...
on 

Terimakasih informasi tentang marketing mix

Cat Jotun Terbaik mengatakan...
on 

amazing gan....

Jual Jas Pria mengatakan...
on 

Ohh gitu , Okehdeh makasih gan

bimbel online jakarta mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya

mlm green world Indonesia mengatakan...
on 

thanks.....semoga seumua artikelnya bermanfaat bagi kita semua

mlm green world Indonesia mengatakan...
on 

tanks mas bro...

Grosir jam tangan mengatakan...
on 

ilmu yg sngt bermnfaat thanks gan

Desain Company Profile mengatakan...
on 

Waaahh... Postingan yang bagus.
terima kasih dan salam kenal :)
jangan lupa kunjungi kami pada www.tatawarna.com

TATA WARNA
Solusi Desain dan Cetak Company Profile, Corporate Identity, Booklet, CD Interaktif, dan Aneka Desain Kebutuhan Perusahaan. Nikmati Karya Kami, dapatkan Inspirasi, percayakan kebutuhan desain pada Tata Warna. PH : 0341 - 57 57 75 | PIN : 315d8d1a | http://www.tatawarna.com/

TERIMA KASIH :)

Ficri Pebriyana mengatakan...
on 

makasih infonya sangat bermanfaat....

cara memperbesar penis mengatakan...
on 

Extenderjilq adalah cara untuk membesarkan dan memanjangkan penis yang sangat terbaik.
Kami tidak berbicara sembarangan tentang hal itu, karena metode yg digunakan adalah penggabungan alat extender dan teknik urut arab "jilq"
anda tidak akan cape menggurut.
hasilnya aman karena menggunakan sistem traksi pegas, bukan vakum yg dapat berbahaya untuk penis.

info lengkap segera kunjungi:
www.extenderjilq.com

Poskan Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik