Akhirnya saya bisa posting lagi, walaupun koneksi internetnya numpang sama temen hehehehe... melanjutkan postingan yang dulu mengenai manajemen pemasaran, kali ini saya akan posting mengenai marketing mix atau bauran pemasaran. Bauran pemasaran merupakan salah satu bagian dari konsep pemasaran modern, tetapi harus di ingat bahwa pemasaran bukanlah marketing mix.
Menurut Kotler (2005:17) menyatakan bahwa “Bauran Pemasaran (Marketing Mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran”. Berdasarkan definisi tersebut diatas bahwa bauran pemasaran adalah kombinasi beberapa elemen bauran pemasaran untuk memperoleh pasar, pangsa pasar yang lebih besar, posisi bersaing yang kuat dan citra positif pada pelanggan sehingga dapat kita artikan bahwa tujuan pemasaran adalah untuk meningkatkan jumlah pelanggan, meningkatkan hasil penjualan, serta dapat memberikan keuntungan untuk perusahaan dan stakeholdernya.
Konsep marketing mix yang pertama kali dikenalkan oleh Jerome McCarthy mempunyai empat variabel yang biasa dikenal dengan 4P yaitu product, price, promotion, dan place. Berkat Jerome McCarthy lah konsep 4P kemudian dikenal luas oleh masyarakat dan sering menjadi rujukan jika membahas tentang pemasaran. Untuk lebih jelasnya, mengenai strategi bauran pemasaran ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Gambar diatas menunjukkan perusahaan yang mempersiapkan bauran tawaran yang terdiri dari produk, jasa, dan harga serta memanfaatkan bauran promosi yang terdiri dari promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, humas, surat langsung, pemasaran jarak jauh (telemarketing), dan internet untuk mencapai saluran perdagangan dan pelanggan sasaran. Perusahaan tersebut dapat mengubah harga, banyaknya tenaga pemasaran, dan pengeluaran periklanan dalam jangka pendek. Ia dapat mengembangkan produk baru dan memodifikasi saluran distribusinya hanya dalam jangka panjang. Dengan demikian, perusahaan umumnya membuat lebih sedikit perubahan bauran pemasaran dari periode ke periode dalam jangka pendek dibandingkan jumlah yang mungkin disarankan oleh variabel-variabel keputusan bauran pemasaran.
Oleh karena itu, perusahaan yang menjadi pemenang adalah perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan hemat dan nyaman serta dengan komunikasi yang efektif. Untuk lebih jelas mengenai konsep 4P tersebut, dibawah ini akan dipaparkan satu-persatu mengenai ke empat variabel tersebut.
1. Product (Produk)
1. Product (Produk)
produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide.
Pada dasarnya konsumen membeli manfaat dan nilai dari suatu produk yang ditawarkan bukan membeli barang atau jasa. Penawaran suatu produk dibedakan berdasarkan lima tingkatan seperti dikutip oleh Fandy Tjiptono (1997:96), yaitu :
a. Manfaat Inti (Core Benefit)
Tingkatan pertama atau merupakan tingkatan paling dasar dimana manfaat inti yang sesungguhnya dicari konsumen atau pelanggan ketika mereka membeli.
b. Produk Dasar (Basic Product)
Tingkatan kedua dimana pemasar harus mengubah manfaat inti menjadi produk dasar.
c. Produk yang Diharapkan (Expected Product)
Tingkatan ketiga dimana sebuah set atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan pembeli.
d. Produk Dengan Nilai Tambah (Augmented Product)
Tingkatan keempat dimana pemasar menyediakan sesuatunya melebihi harapan konsumen.
e. Potensi Produk (Potential Product)
Tingkatan kelima dimana penyedia produk dan jasa mencari sesuatu yang bisa melampaui semua harapan pelanggan untuk menyenangkan pelanggan dan membedakan penawaran mereka dari pesaing-pesaingnya.
Pada dasarnya konsumen membeli manfaat dan nilai dari suatu produk yang ditawarkan bukan membeli barang atau jasa. Penawaran suatu produk dibedakan berdasarkan lima tingkatan seperti dikutip oleh Fandy Tjiptono (1997:96), yaitu :
a. Manfaat Inti (Core Benefit)
Tingkatan pertama atau merupakan tingkatan paling dasar dimana manfaat inti yang sesungguhnya dicari konsumen atau pelanggan ketika mereka membeli.
b. Produk Dasar (Basic Product)
Tingkatan kedua dimana pemasar harus mengubah manfaat inti menjadi produk dasar.
c. Produk yang Diharapkan (Expected Product)
Tingkatan ketiga dimana sebuah set atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan pembeli.
d. Produk Dengan Nilai Tambah (Augmented Product)
Tingkatan keempat dimana pemasar menyediakan sesuatunya melebihi harapan konsumen.
e. Potensi Produk (Potential Product)
Tingkatan kelima dimana penyedia produk dan jasa mencari sesuatu yang bisa melampaui semua harapan pelanggan untuk menyenangkan pelanggan dan membedakan penawaran mereka dari pesaing-pesaingnya.
2. Price (Harga)
Harga merupakan unsur terpenting dalam bauran pemasaran setelah produk dan merupakan satu-satunya unsur dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan sedangkan unsur-unsur lainnya merupakan biaya saja. Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh produsen.
Penetapan harga merupakan suatu masalah jika perusahaan akan menetapkan harga untuk pertama kalinya. Ini terjadi ketika perusahaan mengembangkan atau memperoleh produk baru, ketika akan memperkenalkan produknya ke saluran distribusi baru atau daerah baru, ketika akan melakukan penawaran atas suatu perjanjian kerja baru. Perusahaan harus memutuskan dimana ia akan mendapatkan produknya berdasarkan mutu dan harga. Perusahaan dapat menempatkan produknya di tengah pasar atau pada tiga tingkat di atasnya atau tiga tingkat di bawahnya.
Penetapan harga merupakan suatu masalah jika perusahaan akan menetapkan harga untuk pertama kalinya. Ini terjadi ketika perusahaan mengembangkan atau memperoleh produk baru, ketika akan memperkenalkan produknya ke saluran distribusi baru atau daerah baru, ketika akan melakukan penawaran atas suatu perjanjian kerja baru. Perusahaan harus memutuskan dimana ia akan mendapatkan produknya berdasarkan mutu dan harga. Perusahaan dapat menempatkan produknya di tengah pasar atau pada tiga tingkat di atasnya atau tiga tingkat di bawahnya.
3. Place (Tempat atau Distribusi)
Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Disini penting sekali perantara dan pemilihan saluran distribusinya. Perantara ialah sangat penting karena dalam segala hal, mereka lah yang berhubungan langsung dengan konsumen.
Lokasi sering pula disebut sebagai saluran distribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. “Tempat termasuk berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran”.
4. Promotion (Promosi)
Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Disini penting sekali perantara dan pemilihan saluran distribusinya. Perantara ialah sangat penting karena dalam segala hal, mereka lah yang berhubungan langsung dengan konsumen.
Lokasi sering pula disebut sebagai saluran distribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. “Tempat termasuk berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran”.
4. Promotion (Promosi)
Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. “Promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran”. Sebagaimana dikutip dari Fandy Tjiptono (1997:219), komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya yang ada di pasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima, membeli dan loyal kepada produk yang ditawarkan.
Menurut Kotler (2000:658) dalam mengembangkan program periklanan, manajer pemasaran harus selalu memulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif membeli. Ada beberapa konsep dalam komunikasi pemasaran yang kesemuanya mengandung huruf M. Salah satu yang populer adalah konsep 7M yang dikutip oleh Fandy Tjiptono (1997:218) yang terdiri dari :
Bauran komunikasi pemasaran (bauran promosi) terdiri dari lima unsur utama, yaitu (Craven, 2000:350) :
- Advertising (Periklanan)
Semua bentuk penyajian dan promosi non personal atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan sponsor tertentu.
- Sales Promotion (Promosi Penjualan)
Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.
- Public Relation (Publisitas/Kehumasan)
Berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya.
- Personal Selling (Penjualan Pribadi/Wiraniaga)
Interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih, dengan tujuan untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesanan ataupun melakukan penjualan.
- Direct Marketing (Pemasaran Langsung)
Penggunaan surat, telepon, faximile, e-mail dan alat penghubung non personil lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu.
Selain hal yang disebutkan diatas, baru-baru ini ada konsep baru yang muncul dari bauran promosi yaitu Point Of Purchase Communication (POPC) yang merupakan bentuk promosi yang ada di toko atau berupa display dari produk yang berada di etalase atau shelf space tertentu.
Nah, salah satu contoh dari gagalnya menerapkan 4P ini ya yang sering saya keluhkan yaitu Indosatm2. Kenapa saya katakan gagal?? Jadi dalam hal ini pihak indosat tidak memperhatikan secara keseluruhan dari bauran pemasaran yang ada. Mereka hanya fokus pada promosi yang sangat gencar dimana-mana tetapi tidak siap dengan infrastrukturnya, ini bisa dilihat dari tidak siapnya mereka terhadap permintaan yang begitu banyak sehingga sering kali server mereka overload atas permintaan dari konsumen yang menyebabkan terganggunya koneksi internet para pelanggannya. Selain itu, sudah seminggu ini saya mencari-cari voucher isi ulang indosatm2 broom unlimited dan saya tidak menemukannya diseluruh Bandung (BEC dan gerai-gerai indosat lainnya) sehingga menyebabkan tidak seimbangnya diantara bauran pemasaran yang ada (produk, harga, promosi dan tempat) sehingga para pelanggannya kecewa dan termasuk saya, akhirnya saya memutuskan untuk pindah ke telkomsel flash. sehingga GOOD BYE indosatm2 dan beberapa waktu ini saya sering posting untuk mengeluhkan indosat, inilah salah satu bentuk kekecewaan saya dan kalau boleh meminjam istilahnya Hermawan Kartajaya yaitu sekarang sudah eranya "New Wave Marketing" dengan ciri-cirinya yaitu Digitalization, Globalitation dan Futurisation pelanggan tidak boleh dianggap remeh karena mereka bisa saja melakukan apapun pada produsennya (hal yang baik dan yang buruk bagi produsen tersebut). Jadi keseimbangan diantara bauran pemasaran yang ada sangat penting dalam pemasaran.Menurut Kotler (2000:658) dalam mengembangkan program periklanan, manajer pemasaran harus selalu memulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif membeli. Ada beberapa konsep dalam komunikasi pemasaran yang kesemuanya mengandung huruf M. Salah satu yang populer adalah konsep 7M yang dikutip oleh Fandy Tjiptono (1997:218) yang terdiri dari :
- Mission (Misi) : Apa tujuan yang ingin dicapai dari program promosi yang dilaksanakan.
- Market Target (Target Pasar) : Apa sasaran dari target pasar atau pasar konsumen.
- Message (Pesan) : Pesan apa yang harus disampaikan dalam program promosi yang akan dilaksanakan.
- Media (Saluran Komunikasi) : Media apa yang akan digunakan dalam melaksanakan program promosi.
- Mix (Bauran Promosi).
- Money (Metoda Penentuan Anggaran) : Berapa banyak anggaran biaya promosi yang dapat dibelanjakan.
- Measurement (Pengukuran Efektivitas Promosi) : Bagaimana mengevaluasi hasilnya, apakah penjualan, pertumbuhan pangsa pasar atau ratio biaya terhadap pertumbuhan penjualan.
Bauran komunikasi pemasaran (bauran promosi) terdiri dari lima unsur utama, yaitu (Craven, 2000:350) :
- Advertising (Periklanan)
Semua bentuk penyajian dan promosi non personal atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan sponsor tertentu.
- Sales Promotion (Promosi Penjualan)
Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.
- Public Relation (Publisitas/Kehumasan)
Berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya.
- Personal Selling (Penjualan Pribadi/Wiraniaga)
Interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih, dengan tujuan untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesanan ataupun melakukan penjualan.
- Direct Marketing (Pemasaran Langsung)
Penggunaan surat, telepon, faximile, e-mail dan alat penghubung non personil lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu.
Selain hal yang disebutkan diatas, baru-baru ini ada konsep baru yang muncul dari bauran promosi yaitu Point Of Purchase Communication (POPC) yang merupakan bentuk promosi yang ada di toko atau berupa display dari produk yang berada di etalase atau shelf space tertentu.
Yoo om....Info nya...^^
emmmmmm....
wah nambah ilmu nich......thanks
Hiks..hiks.. Je,aku gak ngerti...
hai, mas....wa akahirnya gak berhub.ma m2 lagi nih???di Surabaya jg banyak yg protes mas
Btw, thanks ya atas bantuannya.banyak22222 makasih.aku sekarang menunggu kepastian dari dosenku kapan sidangnya.
Tyuz...skrang bhas pemasaran nih..itu mata kul.yg agak q g suka.hehe
beb.....ini mah tesis nie bgt....komunikasi pemasaran....bantuin nie beb.....hikzhikz..bantuin doa ja ya biar nie nya semangat lagi..
hayah... kagaaakk ngarti marketing kang saya... kalo di suruh research virus ngerti deh.. hehehe..
tarikk... bro.....
sukses selalu yah......
nambah ilmu nih walaupun agak gag mudeng..
salam kenal ^-^
Waduh....bukan ahlinya saya ini !!!
tapi thanks buat informasinya ...menarik sekali...salam kenal yah !!! ;)
thanks for sharing...
mantappp
berasa kuliah lg ne..hihi seeeplah
akang semakin mantaps
Tapi saya semakin perdarahan
hiks..hiks..engga ngerti uy
di jelasin dulu atuh pak Dosen!!
tanks bro infonya
Kmrn br belajar lagi, dilengkapi dgn bahasan ini. Komplit! Thanks infonya... :)
Belajar marketing dulu di sini...
informasi yang menarik sobat
thx for share, bro
mampir sob
blognya keren
wah mantabs banget infonya. jadi gatel pengen mempraktekkan nich...
andai aja pembuatan konsep pemasaran di serahin ama gua, pabrik gw bisa dikerubutin distributor...
wakakak.. lem laler kalee...
siip dech.
mantabs banget infonya. jadi gatel pengen mempraktekkan nich...
mantap sekali nih penjelasan nya, sangat bermanfaat sekali gfan , salam kenal aja ya gan
mantap bener...
sip lah...
makasih banyak nih buat infonya,semoga bermanfaat gan dan sukses selalu yah
informasinya mantap sekali nih gan, makasih banyak ya gan, semoga bermanfaat nih
bener2 ide pemasaran yang sangat baru di telinga saya.. mohon tulis tentang pemasaran online ya kang.. please...
bingung banget ni gan...ga bakatnya kali...
Thanks for share, really good info hopefully helpful...!
Nice post.. lam knl sob
g terlalu ngerti mas punyeng baca nya....tapi lumayan buat tambah refrensi ilmu jualannya
bagus sekali nih artikelnya gan ,sangat bermanfaat sekali bagi saya, makasih banyak yah bauat infonya
lumayan nambah ilmu lagi
You made some good points there. I did a search on the issue and found most individuals will go along with your blog.
top marketing project!!
Kalo Ane jalan aja seperti air no planning yang penting Take Action nanti konsep marketing biar jalan sendiri.Kalo pake konsep yang njelimet malah nanti bisnis mandeg ditengah jalan karena bingung mikirin konsep...
makasih banyak nih buat infonya,semoga bermanfaat gan dan sukses selalu yah
bagus sekali nih artikelnya,sangat bermanfaat sekali bagi saya, makasih banyak yah buat infonya
top sudah aku paktekin,
terimakasih atas infonya
wah infonya menarik banget nih gan ! ditunggu yang menarik lagi yah :)
Great posting gan, sangat bermanfaat
terima kasih ya postingannya :)boleh lah di coba..
Great stuff from you, man. I’ve read your stuff before and you’re just too awesome. I love what you’ve got here, love what you’re saying and the way you say it. You make it entertaining and you still manage to keep it smart. I can’t wait to read more from you. This is really a great blog.
nambah ilmu nih walaupun agak gag mudeng..
salam kenal ^-^
Kebetulan aye anak manajemen nih gan..nice info
terimakasih bang
Mantep nih... jadi nambah2 ilmu tentang marketing..
i like it
Belajar pemasaran dengan marketing mix
nice post gan,,, aku suka banget
semoga berguna nice post gan
nyimak gan
marketing mix dengan 4 variabel yaitu product, price, promotion, dan place
Terimakasih informasi tentang marketing mix
hai, mas....wa akahirnya gak berhub.ma m2 lagi nih???di Surabaya jg banyak yg protes mas
Btw, thanks ya atas bantuannya.banyak22222 makasih.aku sekarang menunggu kepastian dari dosenku kapan sidangnya.
Tyuz...skrang bhas pemasaran nih..itu mata kul.yg agak q g suka.hehe
Mantep nih... jadi nambah2 ilmu tentang marketing..
Marketing mix, ilmu yang sudah banayak diterapkan...jadi inget pelajaran Pengantar Manajemen Bisnis semester lalu...:D
aku jadi tambah ngerti, makasih atas artikelnya,
kapan update lagi mas, mungkin bisa di mix dengan konsep usaha bisnis online.
Belajar pemasaran dengan marketing mix mantap bro lanjtkan
Marketing Mix....
makasih gan atas ingormasinya yang sangat bermanfaat
bnar informasi yang bisaj k untuk disimak terimakasih
manatabb pamans.......
wah gan sangat bermanfaat artikelnya.,.,., makasih
wah jadi inget waktu kuliah dulu..konsep 4P
produk, price, place & promotion..keren nch konsepnya..klo mw jadi pengusaha kita harus nerapin konsep 4P ini..
widih.. bingungnya.. banget
wah kagak ngerti sama aku juga yang kayak gini nih..
wah berguna sekali ini artikelnya, sangat bermanfaat.
makin banyak deh ilmu yg ane dapet dari artikel ini. thanks udah mau sharing gan
bermanfaat banget gan.. thx :D
ditunggu ya potingan yang bermanfaat lainnya.
saya masih kurang mengerti nih gan-__-
wah infona menarik banget nih.. thaks for share
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
Kmrn br belajar lagi, dilengkapi dgn bahasan ini. Komplit! Thanks infonya... :)
thanks atas ilmu pemasarannya gan..
Sekedar tambahan, kalo mau promosi besar2an perusahaan memang harus siap dengan efek yang juga bisa besar2an :) Respon yang besar dari calon pelanggan/pembeli harus diimbangi dengan sumber daya yang ada supaya efek promosi tetap berpotensi menghasilkan penjualan dan bukan malah menghasilkan complain...
good article
for product is 4P
for service is 7P
siiph2, ijin nyimaak
seowaps
Jasa Seo Indonesia
pa ja
Hi there, I found your website via Google while searching for a related topic, your site came up, it looks good. I've bookmarked it in my google bookmarks. Down Forget Visit us at Mazda Bloggers Share Informations About Biodata Artis Indonesia and Gallery Foto Artis
Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya
Setelah saya brkunjung ke blog ini ternyata banyak sekali informasi yang bermanfaat semakin banyak ilmu yang saya dapatkan....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Sukses selalu...
Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...
maju blogger
cerita cikatien
Info Terkini
Kambuh-lagi
Seribuan Satu
Prediksi Bola
Info Terbaru
lepetitartistecarte
Kambuhlagi
Internet Technology Marketing Online
lovers sketch book
Dunia Unik
Unik Aneh
Portal Online
White Rusa
Kumat Maning
Dunia Sepakbola
My Story
Cinema 38
Dunia Pendidikan
SEO Mazda
Sipnosis Drama
Gallery Foto Artis
Sebenarnya
Info Harga Terbaru
Backlink
5 Besar
Biodata Profil Selebritis
Mazda News
etsy-yarns
foragama-vedios
iloveserenitysisters
Gallery Foto Hot
Zona Dewasa
Dunia Dewasa
Prediksi Togel
Majalah 17
nzlkdnlzdldsd
Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga suksesnya gan.....
Pemasaran bagian saless.. Hehehe
terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak
saya berkunjung ke blog ini semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan
semogha bermanfaat dan bertambah sukses...
Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya
informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses
informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses
apapun strateginya. Closing atau penjualan adalah tujuan utama pemasaran
Bahasan nya sangat bagus, perlu pemikiran yang mendalam untuk implementasinya. Terima kasih
terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya
Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses
terimakasih banyak atas informasi nya
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses
keren bgt sob
terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses
makasih gan . semoga bermanfaat buat yang lainnya ya .
Keren gan artikelnya..
Ikut menyimak artikel nya
Camera.co.id Toko kamera murah di Indonesia
Camera.co.id Toko kamera murah di Indonesia ~ Dek Arif
Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia ~ Dek Arif Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia Dek Arif Dek Arif ~ Arif Rachman Hakim
Bagaimana pun model pemasaran yang penting tujuan utamanya adalah closing...
wah, menarik reviewnya gan. terima kasih ya..
Dapat ilmu marketing baru juga, semoga admin ilmunya semakin bertambah amiinnnn
terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
Terima kasih infonya gan...
Terimakasih informasi tentang marketing mix
amazing gan....
Ohh gitu , Okehdeh makasih gan
terima kasih atas informasinya
thanks.....semoga seumua artikelnya bermanfaat bagi kita semua
tanks mas bro...
ilmu yg sngt bermnfaat thanks gan
makasih infonya sangat bermanfaat....
Trims infonya gan, ilmu marketingnya tingkat Sarjana
mantap gan artikelnya
sangat bermanfaat sekali isi artikelnya, sukses selalu ya gan
Sip...gan emang strategi marketing memang perlu..
iya,,emank tempat juga sangat mempengaruhi gan!
strategi marketing yang keren, patut di coba gan
Great article, and I like the way you fosting
untuk sekarang-sekarang ini koneksinya lagi pada lebay nih..hehe
Nice info,,terrimaksih banyak telah manfaat cara , kumpulan besar, besarkan berbagi infonya..sukses selalu untuk info and websitenya be the best and do the best to the next information..
nice info Gan, konsep yang harus diperhatikan agar penjualan meningkat
Wah...terus termotivasi untuk selalu menulis ya Pak..
meski kondisi internet kita seperti sekarang
konsep sangat baik , baik di contoh ini untuk memasarkan produk
Agen Taruhan
Domino qq
qq Online
Agen Poker
Bandar Bola
Tvonline
Bioskop 21
Tv Indonesia
Film dewasa
Info Bola
Prediksi Togel
Info Togel
Aplikasi Gratis
Foto Bugil
Hasil Bola
Cerita Dewasa
Indo Togel
Rumus Togel
Prediksi Bola
Livescore
drink milk for better life!
Artikel ini sangat bermanfaat bagi yang suka pemasaran.
Penulisnya sangat menguasai ilmu ekonomi.
masih pusing .
haduhhh
wah blognya keren, super simple.
ditunggu backnya yya gan :D
Website Ahli Gizi Indonesia
Nutritionist Website
Infonya mengandung ilmu yang berguna, makasih ya
Kontraktor Pameran
Jasa Pembuatan Booth Pameran
Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berbagi pengetahuan dengan kita tentang Marketing Mix. Artikel yang sangat bagus dan informative
Cara Mengobati Benjolan Di Leher
Terimakasih atas kesediaannya berbagi dengan kami, informasi yang di berikan sangat bermanfaat sekali
Khasiat Air Tawas Memutihkan Selangkangan
Setelah membaca artikel di atas saya jadi paham dan pengetahuan saya pun jadi bertambah
Darah Kental Menyebabkan Keguguran
Semoga anda selalu sukses, dan terimakah untuk informasi yang bermanfaatnya sangat membantu
Kmrn br belajar lagi, dilengkapi dgn bahasan ini. Komplit! Thanks infonya... :)
JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN MANTAP. YUK intip....
JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN. YUK CEKK....
nice post.
visit:
nusa penida tour
nusa penida tours
Bauran Pemasaran (Marketing Mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran
mengenai marketing mix atau bauran pemasaran
Marketing Mix.. belum paham...
KONTEK PLISS
Nice Post
silahkan kunjungi
LIVESCORE
JADWAL BOLA TER UPDATE
AGEN JUDI ONLINE
Keren mas, informasnya sangat menarik dan mudah dipahami
Jasa Sablon Surabaya
artikel yang sangat bagus, terimakasih
[url=https://servicehandpallet.com/service-hand-pallet-medan/]Jasa Service Hand Pallet Medan[/url]
artikel yang sangat bagus, terimakasih Jasa Service Hand Pallet Medan