Forecasting atau peralaman adalah suatu alat bantu untuk melakukan suatu perencanaan yang efektif dan efisien, seperti peramalan terhadap tingkat permintaan suatu produk atau beberapa produk dalam periode waktu tertentu di masa yang akan datang. (Biegel, 1992). Apabila kita melihat pengertian tersebut, sudah jelas bahwa memang suatu perusahaan memerlukan sekali yang namanya peramalan. Terus kenapa judul artikel saya seperti itu?? Baik, lebih jelasnya kita bahas saja langsung.
Sering kali forecasting atau peramalan ini diterapkan pada sebuah produk untuk melihat jumlah permintaannya di waktu yang akan datang dan ini memang sangat bermanfaat sekali bagi perusahaan agar bisa melakukan perencanaan yang efektif dan efisien. Tetapi ada juga yang salah kaprah dengan implementasinya seperti meramalkan kebutuhan dan keinginan konsumen, karena sebenarnya kebutuhan dan keinginan konsumen tidak bisa diramalkan terutama untuk keinginan konsumen karena setiap orang pastinya mempunyai keinginan yang berbeda-beda. Contoh lain adalah peramalan yang dilakukan perusahaan baru yang datanya mengambil dari BPS, selain data dari BPS yang masih dipertanyakan kebenarannya ada kesalahan yang sangat fundamental lainnya yaitu data perusahaan mana yang kita ambil?? Data perusahaan sejenis?? Boleh, tapi perusahaan sejenis yang seperti apa? Misalkan saya punya perusahaan baru di bidang operator seluler, apakah harus ngambil data perusahaan telkomsel, indosat atau XL?? Menurut saya ini sangat keliru, karena kita sebagai perusahaan baru langsung meramalkan sesuai dengan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, akhirnya hasil peramalan akan memberikan rekomendasi kepada kita agar memproduksi lebih banyak, padahal kenyataannya belum tentu marketing perusahaan saya mampu menjualnya. Sebaiknya untuk hal ini menggunakan target market yang akan kita masuki saja, seberapa besar market share yang akan menjadi target perusahaan kita, ini lebih rasional menurut saya.
Nah, maksud dari judul artikel ini adalah bahwa masih relevan kah hasil forecasting yang dilakukan pada era sekarang ini?? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Iya, karena memang metode-metode peramalan yang biasa digunakan sudah terbukti dan banyak perusahaan-perusahaan berhasil menerapkannya. Tapi bisa juga jawabannya tidak terutama pada era sekarang yang turbulensinya sangat tinggi, karena metode-metode peramalan yang ada asumsi utamanya adalah bahwa lingkungan eksternal stabil, sedangkan yang terjadi sekarang adalah perubahan bisa terjadi kapan saja. Contohnya harga minyak yang sangat berfluktuasi dan saya rasa ini melawan hukum ekonomi mikro mengenai supply and demand karena demand untuk minyak terus meningkat tetapi akhir-akhir ini harganya malah mengalami penurunan yang tajam. Ini menandakan bahwa lingkungan eksternal yang memang tidak bisa dikendalikan oleh perusahaan sangat bergejolak, setiap saat bisa saja terjadi perubahan. Perusahaan seperti General Motor pada tahun 2007 mungkin saja hasil ramalannya adalah peningkatan jumlah permintaan selama tahun 2008, tetapi kenyataannya pada akhir tahun 2008 terjadi krisis ekonomi yang sangat luar biasa dan GM menjadi salah satu perusahaan yang terkena imbasnya, dan ini bisa saja mengacaukan perencanaan GM (hasil peramalan permintaan) karena bisa saja hasil perencanaan yang dilakukan GM sudah di implementasikan dengan mempersiapkan jumlah bahan baku, jumlah jam kerja, jumlah tenaga kerja sesuai dengan perencanaan dan ini akan menambah parah keadaan karena tidak efektif dan efisien lagi. Dengan melihat hal tersebut, saya rasa memang jawaban tidak untuk hal ini bisa saja.
Tetapi apakah sebaiknya perusahaan tidak melakukan peramalan sama sekali?? Jawabannya tidak juga, karena ada solusi lain untuk hal ini. Yaitu dengan melakukan peramalan pada jangka waktu yang lebih pendek, saya rasa paling pajang yaitu tiga bulan bahkan menurut saya lebih pendek jangka waktu peramalan maka hasilnya akan lebih baik karena melihat keadaan faktor eksternal yang sangat tidak bisa diramalkan sama sekali. Sehingga kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa peramalan memang masih bisa dilakukan tetapi tidak untuk jangka panjang atau dengan kata lain hanya meramalkan untuk jangka pendek. Ada masukan lain??
Cara Memasang Widget Jam di Blog
Cara Memasang Jam di Wordpress
Cara Membuat Link Bergoyang di Blog
Menampilkan Link Sumber Ketika Artikel Di copas
Menciptakan Google Sites Ramah
Kesalahan Publisher Google Adsense Yang Tidak Boleh Dilakukan
Google Adsense dan Pengertian
Broken link Tools
Tips SEO Killer optimalkan website
Meta Keyword Seo terbaik
Perhitungan backlink untuk pagerank
Cara Membuat Anti Copy Paste Di Blog
Cara Membuat Semua Link Terbuka di Tab Baru
http://www.seowaps.com/2013/04/cara-membuat-recent-post-berjalan-di.html
Cara Merubah Ukuran Kotak Komentar di Blog
Cara Mengganti Background Blog dengan Gambar
Cara Membuat Kotak Admin Di Bawah Postingan blog
Cara membuat kotak admin di blog
Cara membuat kotak komentar wordpress di blog
Cara Mempercepat Loading Blog
Cara Membuat Kotak Komentar Admin di blog
Cara Membuat Daftar Isi di Blog
Cara Membuat Recent Post dengan Thumbnail
Tips SEO wordpress
Melacak pengunjung google adsense dengan Google Analytics
Cara Membuat artikel terkait di blog
Cara Membuat Headline News di Blog
Cara membuat tulisan mengikuti kursor di blog
Meta Tag Robot
Meta Keywords SEO
Meta Description SEO
Pengertian Meta Tag
Link Building Seo
Black Hat atau White Hat SEO?
Dofollow Vs Nofollow dalam kualitas komentar SEO
SEO website hal yang terpenting meningkatkan kualitas website
Kontes SEO yang baik Dapat Meningkatkan kualitas website
Strategi Kata Kunci Incomplete Tanpa Intent Pengguna
Bagaimana Algoritma Google Panda Bekerja
Google untuk situs web multibahasa dan multinasional
Metode Link Building yang baik
On page SEO
Search Engine
cara membuat backlink yang benar
Tips SEO untuk Membuat Situs Search Engine
Cara Membuat SEO Bekerja Untuk Anda?
Kesalahan untuk Hindari Ketika Menggunakan rel=canonical
Cara membuat dan memasang ShoutCamp di Blog
Kumpulan Efek Blogger
Memasang Artikel Acak di Blog
strategi menaikan page rank google
Cara membuat chat online di blog
Cara membuat permalink di blog seo
Dofollow dan Nofollow
Pengertian Keyword Density
Cara Membuat Menu Navigasi Horisontal di blog
Bagaimana blog mendapat peringkat di Google
Pertempuran peringkat pagerank website
Manfaat web Caching Kinerja dari Web Caching
Membuat website seo firendly yang di sukai google
Tips untuk Mengurangi Bouncing Pada suatu website seo
Google Untuk Mengambil tindakan keras kepada blog dofollow
Metode SEO 2013
Kualitas Website Turun! Tahu Alasan Kemungkinan
Cara membuat blog dofollow
Cara menghapus threaded comments di blog
Membuat Tanda Tangan di Blog
Cara membuat menu accordion di blog
Cara mempercepat loading blog
Cara Membuat Rating Bintang di Hasil Pencarian Google
Jasa Seo Indonesia
Link building sangat penting untuk SEO Blog
Arti Kata GIP, GBL, ALR, TUV Di Widget MyPagerank
Cara membuat wigget menjadi nofollow
Tips Hindari Sebuah penalti Duplikat Konten
Contac Us
Panduan Robot Txt
Panduan meta tag terlengkap
Panduan blogger terlengkap
Panduan seo terlengkap
Keyword Density
SeoWaps
Search Engine Optimization Istilah
Search Engine Optimization Techniques: Playing Conservatively
Search Engine Optimization Basics - Keywords
SEO Strategies: Avoid Jumping the Gun
strategi pagerank google
Delegating Your SEO Tasks Into a Successful SEO Campaign
Good SEO Starts with Smart Purchasing Decisions
13 Quick and Easy Ways (Even You) Can Screw Up Your SEO Campaign
peringkat Panda perubahan algoritma Google SEO selamanya
Is SEO a Long-Term or a Quick Fix Issue?
Content Optimization Tutorial: How to SEO your Content for Rankings
Making the Case For SEO in a Social Media World
An SEO Client's Bill of Rights
Why Your PPC Campaigns are Like the Stock Market and Careful Management of Your 'Portfolio' Matters
An SEO's Bill of Rights
Seven (Non-SEO) Tips to Having a Successful SEO Campaign
How do you break into SEO?
Writing Google Places Reviews to Improve Rankings
Google is checking your conversions -- are you?
Why Google's Latest Updates Matter to SEOs
SEO is Out! Inbound Marketing is in?
How Important is Online Visibility?
How to Rebuild Yahoo
Where to Begin with SEO? Start Here!
How Your SEO Communication Affects a Client's Perception of Success
Revisiting Your Onsite SEO
Those Who Don't Learn SEO are Doomed to Repeat It
Revisiting Your Onsite SEO
Small Business SEO: Do it Right or Don't Do it at All
5 Quick Tips for Writing a Successful Landing Page
Every Good Content Strategy Starts With Having an Actual Strategy
How many pages are on your Web site?
Getting SEO into the Rest of Your Marketing
Search Marketing Is Like Dating
What Does a Winning SEO Team Look Like? This...
How to Optimize a Web Page in 7 Easy Steps
Translators aren't search experts
Think Your SEO Can Beat the Algorithms? Beat This...
5 Steps to Organic Ranking Success
Ramping Up Your Seasonal SEO
The Definitive Guide to Google Analytics untuk Profesional SEO
9 Irrefutable Reasons Why You Need SEO
Understanding and Celebrating the Little SEO Wins
5 Ways to Use Census Data to Improve Local SEO
What's Local SEO?
Link Building SEO meningkatkan Visitor
Panduan Meta Tag dan Meta Tag SEO
Arti Kata GIP, GBL, ALR, TUV Di Widget MyPagerank
Cara Menambah Kolom di Bawah Header Blog
Cara menambahkan kolom footer di blog
Cara mengganti font judul postingan blog
Cara membuat iklan di bawah postingan blog
Cara membuat iklan di bawah judul postingan
Cara Membuat Blog
Membuat Widget Blog Hanya Tampil di Homepage
Cara Mengganti Background Post Blockquote di Blog
Membuat Widget Blog Hanya Tampil di Postingan
Cara Memasang Scroll Kotak Komentar blog
Cara Membuat Efek Salju di Blog
Cara Memasang Scroll pada Kategori Blog
Cara Memasang Yahoo Messenger di Blog
Cara Mengganti Favicon di Blog
Cara Membuat Kotak Komentar Facebook di Blog
Cara Memasang Scroll pada Archive Blog
Cara Memasang Counter Flag di Blog
Cara Pasang Lagu di Blog
Cara Memasang Tombol Follow Twitter di Blog
Cara Membuat Text Area di Blog
Cara Membuat Judul Blog Bergerak
Cara Membuat Random Post di Blog
Cara Memasang Widget Jam di Blog
Menampilkan Link Sumber Ketika Artikel Di copas
Creating Google Friendly Sites
Menampilkan Link Sumber Ketika Artikel Di copas
Cara Membuat Anti Copy Paste Di Blog
Cara Membuat Semua Link Terbuka di Tab Baru
Cara Membuat Recent Post Berjalan di Blog
Cara Merubah Ukuran Kotak Komentar di Blog
Cara Mengganti Background Blog dengan Gambar
Cara Membuat Kotak Admin Di Bawah Postingan blog
Cara membuat kotak admin di blog
Cara membuat kotak komentar wordpress di blog
Cara Mempercepat Loading Blog
Cara Membuat Kotak Komentar Admin di blog
Cara Membuat Daftar Isi di Blog
Cara Membuat Recent Post dengan Thumbnail
Tips SEO wordpress
Melacak pengunjung google adsense dengan Google Analytics
Cara Membuat artikel terkait di blog
Cara Membuat Headline News di Blog
Cara membuat tulisan mengikuti kursor di blog
Meta Tag Robot
Meta Keywords SEO
Meta Description SEO
Pengertian Meta Tag
Link Building Seo
Black Hat atau White Hat SEO?
:D
:)))
Informasi Biodata/Profil Artis, Berita, Sinopsis & Download Drama Korea Terbaru & Terlengkap Episode 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 s/d Episode Terakhir.
terima kasih banyak informasinya
aku masih kagak nyambung yah :) tapi gak apa apa.? ijin nyimak gan :D
istilah Forecesting kok msh awam ditelinga ya bro... lumayan infonya sebagai tambah wawasan baru. mksh bro
Artikel yang sangat bermanfaat, ..mantap, Eitss jngn lupa daftar di sini ya AutoTraffic Exchange dan SEO Killer
terimakasih atas informasinya
mantap nih gan isi beritanya,,
isi web yang sangat menarik,,
terimakasih nih gan buat infonya...
sungguh luar biasa sekali informasinya..
sip deh beritanya,,
update dong informasinya,,
thanks buat infonya..
terimakasih atas informasinya
sangat bermanfaat infonya, makasih..
Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya
http://obatherbalanak.wordpress.com/
makasih banyak atas infonya gan
menurut saya masih perlu buat menyelesaikan permasalahan dengan jernih...