Perlukah Provinsi Cirebon Di Bentuk??

Mencoba update lagi blog setelah lama sekali tidak di update karena banyak hal hehehe.... Kali ini saya mencoba menulis yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan di tempat tinggal saya majalengka. Akhir-akhir ini sangat kencang sekali pemberitaan bahwa provinsi cirebon akan segera di bentuk, dimana anggota dari provinsi cirebon ini dikenal dengan nama CIAYUMAJAKUNING (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan). Sudah sering kali dilakukan pertemuan-pertemuan untuk merealisasikan wacana tersebut. Banyak juga dukungan-dukungan yang datang dari berbagai kalangan dari masing-masing kabupaten. Nah karna saya orang majalengka maka disini yang akan dibahasnya juga berkaitan dengan kabupaten majalengka yang ada wacana juga untuk ikut bergabung dengan provinsi cirebon.
Sinyal bahwa majalengka sendiri mendukung adanya pembentukan provinsi cirebon sebenarnya sudah ada, salah satunya yang paling keliatan adalah ketika pas hari jadi ulang taun majalengka terdapat kesenian khas cirebon yang ditampilkan di acara puncaknya, jelas ini membentuk pencitraan bahwa Majalengka mendukung adanya pembentukan provinsi cirebon. Sebenarnya, saya sebagai rakyat biasa tidak terlalu mengetahui apa yang menjadi alasan utama dan yang paling mendasar dan alasan pendukung dari wacana pembentukan provinsi cirebon ini. Namun ketika melihat berbagai diskusi yang dilakukan di berbagai forum di internet, muncul beberapa alasan diantaranya adalah bahwa wilayah III Cirebon menyumbang PAD yang sangat tinggi kepada jawa barat yaitu sekitar 58% dan yang dikembalikan untuk pembangunan di Wilayah III Cirebon tidak sebanding dengan apa yang diberikan, karna sebagaimana kita ketahui bahwa pembangunan di Jawa Barat lebih banyak ke wilayah baratnya. Ini adalah alasan utamanya, Ya karena ketidak puasan keresidenan 3 cirebon (wilayah III cirebon) akan pembangunan di daerahnya. Sehingga dari situ banyak sekali yang menyimpulkan bahwa karena perbedaan kultur terutama cirebon (kab. + kota) dan Kab. Indramayu dengan mayoritas kultur jawa barat lah yang menjadi alasan pembangunan di Wilayah III Cirebon ini di kesampingkan. Dan banyak alasan pendukung lain, diantaranya adalah keinginan adanya perubahan bahkan disalah satu forum ada yang sampai memasukkan salah satu ayat Al-qur'an yaitu surat Ar Rad ayat 11 yang artinya kurang lebih "....Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum apabila kaum itu tidak merubah dengan sendirinya...", Alasan lain yaitu bahwa SDM dan SDA dari Wilayah III Cirebon sudah siap untuk menjadikan Provinsi Cirebon dan lain sebagainya namun hal-hal tersebut lah yang menjadi alasan utamanya (yang paling banyak dilontarkan).


Memang, alasan-alasan di atas sepintas masuk akal dan dapat di terima. Tetapi terus terang saja saya kurang sependapat dengan adanya wacana pembentukan Provinsi Cirebon ini. Baiklah, saya juga akan mengemukakan alasan dari pendapat saya tersebut. kurang lebih seperti ini :
1. Pernyataan bahwa pembangunan di Wilayah III Cirebon kurang diperhatikan dan menimbulkan ketidakpuasan dari masyarakatnya terhadap pemerintahan Jawa Barat saya rasa kurang bukti yang kuat. Kita lihat saja, terutama Kabupaten Cirebon. Menurut saya dua wilayah ini adalah Kota terbesar kedua se Jawa Barat setelah Bandung, fasilitas-fasilitas baru yang dibangun banyak sekali disana, dan saya berani mengatakan kalau Cirebon sudah sangat maju sekrang ini. Kita lihat wilayah lainnya, pembangunan di kuningan, indramayu dan majalengka juga tidak kalah. Sekarang-sekarang ini pembangunan mulai jalan wilayah-wilayah itu terutama Majalengka yang katanya akan segera di bandung Bandara Internasional. Nah, kalaupun memang dirasa masih kurang dan tidak puas dengan pembangunan sekarang, menurut saya kenapa tidak membangun sendiri oleh masing-masing wilayahnya (kabupatennya), kan katanya Wilayah III Cirebon ini memberika PAD yang sangat signifikan bagi Jabar (kurang lebih 58%). Kalau memang itu benar kenapa ga membangun sendiri aja, kan sudah Otonomi Daerah jadi kebijakan ada di wilayahnya masing-masing. Jadi, menurut saya pembangunan yang tidak merata ini masih bisa diatasi dengan tidak melakukan pemekaran menjadi Provinsi Cirebon.
2. Melanjutkan pembicaraan tentang OTDA, bahwa esensi sebenarnya dari OTDA adalah Percepatan, efisiensi dan pengembangan. Jadi sekali lagi adalah PENGEMBANGAN bukan PEMEKARAN. Ya, percepatan pembangunan di wilayah masing-masing karena masing-masing wilayah bisa mempunyai kebijakan sendiri mengenai pembangunan wilayahnya. Selain itu jelas melakukan efisiensi karena tidak harus selalu ada izin dari atas (provinsi) dalam mengeluarkan berbagai kebijakan dan investasi sehingga usaha "One Stop Services" bisa tercapai. Dan yang terakhir adalah pengembangan, disini maksudnya adalah setiap wilayah diusahakan mempunyai kompetensi masing-masing, bisa dari industri, agrobisnis, wisata dll. Nah ketika melakukan pengembangannya mereka bisa merger (kerjasama) dengan wilayah lain yang tentunya mempunyai kompetensi sendiri dan ini bisa dilakukan karena ada "win win situation" atau saling menguntungkan satu sama lain.
3. Pernyataan yang mengatakan bahwa dengan dibentuknya provinsi cirebon bisa melakukan perubahan (bahkan ada di salah satu forum memakai ayat Al-quran segala untuk memperkuat pernyataannya). Ya, saya setuju dengan perubahannya karena memang kita harus terus menerus melakukan perubahan ke arah yang tentunya lebih baik dan benar seperti ayat Al-Qur'an tersebut yaitu tidak akan berubah dengan sendiri kalau kita tidak merubahnya. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah : Apakah harus pemekaran dulu sebelum berubah?? Tidak bisakah dengan keadaan sekarang kita berubah?? OK, sekarang kita lihat kekurangan dan kelebihannya dulu, kalau kita melakukan perubahan setelah pemekaran itu akan melakukan waktu yang lama karena selain harus menunggu pemekarannya selesai (dari tahap persiapan dan perizinan sampai tuntas semuanya) dan juga disana nanti pasti ada pilkada yang butuh biaya banyak, membangun gedung kegubernuran (biaya lagi) pemilihan gubernurnya dan lain sebagainya yang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Nah, saya juga akan menjawab dengan ajaran Al-Qur'an juga (walaupun saya kurang tahu persis ayat dan suratnya), yaitu ada keterangan di Al-Qur'an bahwa pemborosan adalah sifatnya setan dan sangat tidak disukai oleh Allah SWT. Tapi kalau kita melakukan perubahan dengan tidak melakukan pemekaran, kita bisa berubah dari sekarang. Bukan hal yang tidak mungkin dilakukan dari sekarang (irit biaya dan waktu).
3. Unsur Budaya, susah sekali menyatukan antara kuningan dan majalengka dengan cirebon dan indramayu yang budayanya berbeda. Saya pernah membaca di salah satu forum bahwa alasan majalengka dan kuningan tidak mau bergabung adalah gengsi karena ketundukannya pada kultur cirebon. Pernyataan ini menurut saya sangat naif sekali yah, dan sangat ironis menurut saya. Karena bisa saja saya balik memberi pernyataan, bahwa alasan cirebon dan indramayu (dua daerah ini yang ngebet pengen membentuk provinsi cirebon) adalah karena mereka tidak mau mengikuti kultur jawa barat dan sunda atau pasundan, bisa saja kan saya memberikan pernyataan seperti itu. Tapi menurut saya bukan hal itu yang menjadi alasan penolakan saya dari unsur budaya. Cirebon merasa tidak puas dengan pembangunan oleh jawa barat karena salah satunya mereka merasa diasingkan dari segi budaya, nah apakah itu juga tidak menjadi ketakutan saya (sebagai orang majalengka yang notabene berbeda kultur dengan cirebon), yaitu bisa saja nanti majalengka dikucilkan pembangunannya oleh provinsi cirebon karna berbeda kultur dan ini mungkin juga jadi ketakutan orang kuningan. Tapi menurut saya unsur budaya ini tidak terlalu penting dan bukan hal atau alasan yang paling urgent untuk melakukan pemekaran atau tidak, karena Indonesia saja terdiri dari berbagai kultur, bahasa dan warna kulit yang berbeda-beda tapi tetap bisa bersatu, kenapa kita tidak bisa??? jadi unsur budaya bukan alasan yang kuat menurut saya untuk membentuk provinsi cirebon.
4. Ada juga pernyataan disalah satu forum yang datang dari orang majalengka yaitu "Apabila sudah selesai pembangunan Bandara Internasional baru setuju dan ikut dalam Provinsi Cirebon". hahahahahaha kenapa saya tertawa??? lucu hehehe... selama ini majalengka menuntut ke jawa barat agar dilakukan pembangunan yang merata di wilayahnya, dan dengan adanya pembangunan bandara di wilayah majalengka itu salah satu jawaban dari jawa barat tentang pertanyaan yang selama ini digembar gemborkan, dan tentu saja APBD jabar dikucurkan untuk pembangunan bandara tersebut. Nah, pertanyaan saya kenapa setelah permintaan dikabulkan kita langsung lari ke propinsi cirebon??? Kalau menurut saya kasarnya adalah tidak tahu terima kasih namanya.
5. Alasan terakhir dari saya kenapa tidak setuju dengan pembentukan Provinsi Cirebon adalah karena belum tentu bisa maju dengan adanya pembentukan provinsi cirebon. Bukannya saya orang yang pesimis, tapi menurut saya kalau sistemnya sama saja (banyak KKN) ya tetap aja seperti itu, tidak akan maju. Selain itu bukannya saya su`udzon, menurut saya ini ada alasan lain dibalik ini semua yaitu unsur kekuasaan dan uang. Tidak sedikit orang yang ingin jadi gubernur, DPD dan menduduki jabatan lainnya, dan dengan adanya pembentukan Provinsi Cirebon ini peluang itu semakin terbuka. Mengerikan menurut saya....

Tetapi ini adalah hanya keluar dari saya yang tidak tahu apa-apa dan juga hanya rakyat biasa, jadi kalau pemekaran tetap terealisasi ya saya juga tidak bisa apa-apa dan harus mengikuti sistem dengan TERPAKSA. Harapan saya ini harus dikaji lebih dalam lagi, di pikirkan lebih matang lagi. Karena tidak sedikit masyarakat di dalamnya, ingat ribuan bahkan jutaan masyarakat CIAYUMAJAKUNING jadi taruhannya. Sanggup kah kalau sudah terbentuk nanti memenuhi tanggung jawab tersebut??? Ingat, tanggung jawab dan kekuasaan sekecil apapun akan dipertanyakan dan ada hisabnya di akhirat nanti.
hatur nuhun, punten anu kasuhun pami aya kalepatan cariosan. Oh iya, satu lagi yang paling PENTING bahwa jadi atau tidak pemekaran ini direalisasikan PERSIB tetap di hati saya, dan PERSIB NU AING akan tetap menjadi slogan saya hahahaha.....

Comments :

268 komentar to “Perlukah Provinsi Cirebon Di Bentuk??”
itthai mengatakan...
on 

sayang nih, aq belum tau cirebon, jadi bingun kalo kasih komentar

Kenny rockNroll mengatakan...
on 

ya....aku gx pernah mas ke cirebon...post donk foto2 yg menarik yg ada di cirebon..
mampir ke blog ku yg sederhana ya mas

Stop Dreaming Start Action mengatakan...
on 

Pemekaran atau apapun namanya itu punya sisi positif dan negatif. Tapi saya lebih setuju tidak perlu dibentu Provinsi Cirebon.

azarre mengatakan...
on 

Wahh... lagy ada issue pemekaran ya boss... kalo menurut saya pemekaran yang bertujuan untuk memajukan suatu daerah bleh2 aja... Tapi sebelum melakukan pemekaran perlu di tinjau kesiapan daerahnya sendiri untuk mandiri. Perlu di tinjau juga dari segi SDM yang bakal memegang kendali roda pemerintahan, apakah bisa diandalkan dari segi kejujuran dan sifat kerakyatannya... Jika tidak maka hanya akan menambah jumlah penjahat2 berdasi yang merampoki uang rakyat dan membawa daerah yang dipimpinnya ke arah kemunduran...

Sekian aja boss... mampir yaa... :)

ragil mengatakan...
on 

sama belom tau cirebon..

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi mengatakan...
on 

numpang lewat mas, salam kenal sajah
Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Rusli Zainal Sang Visioner | Rusli Zainal Sang Visioner

Handycrafts mengatakan...
on 

menurut ku, pemekaran cirebon tuk jadi provinsi, tergantung dari semua masyarakat yang ada di Cirebon.

Rusli Zainal Sang Visioner mengatakan...
on 

Hanya orang2 Cirebon saja yang tahu, tapi jangan sampai merger lg karena nggak mampu dan nggak layak..


salam dari Riau..

BeeMouNTaiN mengatakan...
on 

balik lagi kang, ini link blog beemountain yg baru kang.
hatur nuhun

angga weblog mengatakan...
on 

Kalo lihat dari alasan2nya mungkin "make sense" jika cirebon ingin mandiri. Namun untuk menjadi Cirebon yang mandiri tentunya tidak mudah dan ada pertimbangan2 tertentu. Namun apapun keputusannya nanti semoga hal itu jadi yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat.

IMAM MEQELS mengatakan...
on 

kalau sekiranya memungkinkan kenapa nggak,kalau kita cermati cirebon salah satu daerah produktif dengan segala hasil buminya,kan kesempatan dan peluang sama juga bagi daerah lain untuk bisa lebih maju lagi hehehe.salam

wantduit.blogspot.com

Mengembalikan Jati diri Bangsa mengatakan...
on 

tergantung kebutuhan sih kalo menurut saya..
selama mereka mampu..
kenpa ngga'...

Belajar Komputer dan Blog mengatakan...
on 

yah...kalao misal misah trus g bisa ngurusi diri sendiri nanti kasihan malah repot... tapi klo emang dah siap ya gimana lagi..yaw..hehe

HeQris mengatakan...
on 

aduh,,cori ni gak tau aq,,hari2 ku cuma ngeblog,,buat artikel..tapi tanks infonya..

kwangkxz mengatakan...
on 

Selama mereka mampu, ya oke-oke aja sobat

rohadi mengatakan...
on 

mas orang cirebon ya,,? salam kenal dari surabaya ( *ga nyambung ya..* )

indonesia raya mengatakan...
on 

hohoho saya sebagai anak cirebon(wlwpun jarang pulang) setuju2 aja lah,selama mengikuti aturan yang berlaku..dan biosa mensejahtrerakan rakyatnya..kebetulan tempat saya di cirebon sudah menjadi kecamatan..salam indonesia... terima kasih

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...
on 

menurut saya tergantung kepentingan..
kalau memang cirebon sudah dirasa mampu untuk menjalankan pemerintahan sendiri mengapa tidak...
kan boleh juga tuh...

Red Gear mengatakan...
on 

Awas!! Biasanya aspirasi seperti ini ditunggangi oleh pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan pribadi semata. Lihat kasus pemekaran Tapanuli di Sumatra Utara.

sopir angkot mengatakan...
on 

lebih baik dilihat kerugian & keuntunganya terlebih dahulu.

gooddell mengatakan...
on 

tidak perlu
http://gooddell.blogspot.com/

Stop Dreaming Start Action mengatakan...
on 

Kayakya kalo cirebon kalo di bentuk lagi bakaln rusuh dech

admin mengatakan...
on 

Hmm.. saya rasa sih ga perlu deh mas..

Free Blackberry Applications mengatakan...
on 

Hmm.. saya rasa sih ga perlu deh mas..

Car Holic mengatakan...
on 

wah ga perlu ada pemekaran lagi, sama saja, malah lebih banyak mudharatnya karena anggaran belanja pasti meningkat karena ada daerah baru, yang dibelanjakan untuk para pejabat2 baru, fasilitas2 buat pejabat2 baru dll, kapan ke rakyatnya

re-saintazkiya mengatakan...
on 

terima kasih telah mengunjungi blog kami. Komentar anda adalah sebuah kebanggaan bagi kami.

Bluescreen mengatakan...
on 

mo dimekarin mo ga , ga penting , tergantung masyarakat nya sendiri, mo maju apa enggak . desentralisasi dan otonomi bukan satu2 nya cara untuk memajukan suatu daerah , semakin banyak administrasi pemerintahan kemungkinan korup semakin tinggi

Kerja Keras Adalah Energi Kita mengatakan...
on 

walah kang, klo pemekaran makin banyak waaahh, jd makin ribet ath...

Astaga.com mengatakan...
on 

Dengan segenap jiwa saya meminta dukungan dari sobat! terimakasih sebelumnya.

DiSewa Rumah mengatakan...
on 

wah mas,apa ndak mumet ntar klo keseringan pemekaran

cara membuat blog mengatakan...
on 

kalau saya sih kurang tau soal cirebon...

nowgoogle.com adalah multiple search engine popular mengatakan...
on 

Kalau SDA dan SDM nya benar-benar siap, kenapa ga. Tapi klo melihat alasan Mas diatas, apalagi point yg terakhir,,,wew,,,

Buy Party Supplies mengatakan...
on 

thanks infonya mampir lagi sekalian tukaran link banner.

Blog Literature mengatakan...
on 

I am very happy to see that you have updated your blog after a long time. I always wait for your updates. Coz you always come up with different ideas. Its really a very nice feeling to read your blogs. Now i am waiting for your next update. Hope you 'll do it soon.

NegeriAds.com Solusi Berpromosi mengatakan...
on 

komentar aja singkat saja: gak perlu

Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace mengatakan...
on 

nice post :)

鳳梨酥Blue mengatakan...
on 

徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,背叛,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,商標,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,錄音,找人,追蹤器,GPS,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社

Koje mengatakan...
on 

Saya orang Jawa Barat.. hehe
Sebenarnya hanya kuliah sih...
Tapi menurut saya, tidak usah lah dibentuk sendiri...
http://ekos06.student.ipb.ac.id

udah cukup kok... hehe

ogahrugi mengatakan...
on 

menurut saya apa ada nya seperti sekarang aja..

Cell Phone Reviews mengatakan...
on 

nice post..

domy poznan mengatakan...
on 

Kayakya kalo cirebon kalo di bentuk lagi bakaln rusuh dech

rowery dzieciece mengatakan...
on 

menarik
salam kenal

Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal Mulai Bisnis Online mengatakan...
on 

Kalau saya sih perlu-perlu aja provinsi dibentuk karena indonesiakan masih kurang provinsi yang baru,hehe.

barita bola terkini mengatakan...
on 

sudah mampukah Cirebon mambentuk Provinsi sendiri klo mampu sah2 saja...

Thomas Brewer mengatakan...
on 

Gpp lah dibentuk provinsi baru asal semua memadai dan masyarakat mampu untuk membentuk suatu pemerintahan yg baru, semoga sukses.

$10 / hri mengatakan...
on 

wah kpn tu brtanya gan??

spesifikasi mobile phone mengatakan...
on 

selalu semangat gan artikelnya menarik gan
thanks

obat diabetes mengatakan...
on 

terima kasih nih gan buat informasinya sanngat bermanfaat sekali nih

facebook photo album mengatakan...
on 

Pemekaran atau apapun namanya itu punya sisi positif dan negatif. Tapi saya lebih setuju tidak perlu dibentu Provinsi Cirebon.

Mari Berkomunitas Blog Di Faceblog mengatakan...
on 

hahahhaha provnsi cirebon? waduuuh bkan urusan ane gan ngikut aja ah ane

obat mioma mengatakan...
on 

makasih banyak nih gan buat infonya semoga bermanfaat gan, sukses selalu yah

Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia mengatakan...
on 

Semakin banyak saja yang mau memekarkan wilayah

pulsa elektrik termurah mengatakan...
on 

Apa semua orang sudah mau jadi pejabat ya

obat herbal kencing manis mengatakan...
on 

kalo saya sih tidak setuju kalo di bentuk provinsi cirebon...

obat herbal glaukoma mengatakan...
on 

thanks for share..very useful info..!

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...
on 

duh saya blom pernah ke cirebon nich..!

obat herbal sakit pinggang mengatakan...
on 

thanks for share..! salam kenal ya..!

obat herbal insomnia mengatakan...
on 

thanks for share...really good info,hopefully helpful...!

Data mobile Phone mengatakan...
on 

nice post sob lam knl

xamthone plus mengatakan...
on 

thanks for share..!

indovision mengatakan...
on 

bingung mas masalah politik :(

indovision

amplifier circuit schematic mengatakan...
on 

ane gak setujua gan...buat ribet aja tuh

Home Improvement Blog mengatakan...
on 

nice post

domba murah mengatakan...
on 

kyknya cukup jadi daerah aja deh :D




domba murah

professional indemnity insurance mengatakan...
on 

tergantung kebutuhan

Professional Indemnity Insurance Australia mengatakan...
on 

saya rasa sih ga perlu deh

WORLD TIPS mengatakan...
on 

gak perlu..

ON THE SPOT mengatakan...
on 

kapan aja jadi!!

Obat Kanker Payudara Herbal mengatakan...
on 

kalu menurut saya sih gak perlu !

keajaiban dunia mengatakan...
on 

seperti ny perlu gan! :D sok tau:

Agen Xamthone Plus Jakarta mengatakan...
on 

cirebon itu kota yg besar,, apa salahnya jika propinsi di bntuk di kota itu .

Obat Herbal Diabetes mengatakan...
on 

emangnya cirebon sudah layak jadi propinsi

Obat Herbal Demam Berdarah mengatakan...
on 

ga bisa atuh gan

Kesehatan Gigi mengatakan...
on 

informasinya menarik gan,,, thanks sudah berbagi.

Kata Motivasi, Kata Gombal, Kata Motivasi Kehidupan

obat asam lambung tradisional mengatakan...
on 

perlu juga sih ?? gmn klw di buat ?

obat jerawat tradisional mengatakan...
on 

misah aja deh biar adil hehe

pengobatan tradisional kelenjar getah bening mengatakan...
on 

buat aja deh,,,
kan cirebon kota besar :D

pengobatan tradisional kanker hati mengatakan...
on 

gak perlu amat sih,,
kan udah jelas ada badnung

pengobatan tradisional infeksi saluran kemih mengatakan...
on 

saya stuju saja deh di buat

pengobatan tradisional penyakit gondok mengatakan...
on 

pasti ada pro dan kontra nih klw di buat :d

pengobatan tradisional liver empedu mengatakan...
on 

terserah deh...
aku hanya bisa mndukung

obat gagal ginjal tradisional mengatakan...
on 

di buat aja deh

Pest Control Toronto mengatakan...
on 

Its been a very informative posting indeed. Thanks for sharing such valuable info with us.

Pest Control Toronto mengatakan...
on 

Since the basic purpose of the internet is to share the knowledge and to communicate with each other, I can say that blogs and forums are playing one of the important role in sharing the knowledge and to communicate with each other.

Rackmount Monitor mengatakan...
on 

That's a very informative post. Thanks for submission

obat penyakit keputihan mengatakan...
on 

kaya sih perlu heheh

xamthone plus mengatakan...
on 

coba di bentuk

Cara pemesanan xamthone plus mengatakan...
on 

Mendengarkan musik favorit akan melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah.

Obat Kanker Ganas Herbal mengatakan...
on 

Durian mengandung banyak asam amino triptofan, yang berguna untuk mengurangi rasa gelisah, depresi dan mengobati insomnia.

obat herbal leukemia mengatakan...
on 

tapi pantas juga ya :s

obat kanker usus mengatakan...
on 

coba donk cirebon di buat kan :D

DbPromo mengatakan...
on 

gak perlu sih kayaknya

fokus herbal mengatakan...
on 

ini artikel lama ya? tahun 2009, dan sekarang 2012. sampai saat ini provinsi cirebon tidak pernah ada, atau bahkan mungkin tidak perlu dibentuk.

VPS Murah mengatakan...
on 

why not, tapi perlu dikaji secara mendetail dari segala segi, geografis, ekonomi, budaya dll

trica jus medan mengatakan...
on 

aku jadi bingung soalnya gak tingal dicirebon,

CARI PASANGAN KENCAN mengatakan...
on 

Excellent post. I was checking continuously this weblog and I am inspired! Very helpful info particularly the remaining part I maintain such info much. I was seeking this certain info for a very long time. Thank you and best of luck.

asam urat dan obatnya mengatakan...
on 

kunjungan sore gan

Cara Pemesanan Jelly Gamat Luxor mengatakan...
on 

blog ini sangat bermanfaat .. makasih banget yah dan atas informasinya.. ane suka isi postingannya dan templatenya juga bagus

penyewan ac mengatakan...
on 

g usah d bentuk provinsi cirebon..udah masuk jawa barat aj itu..kebanyakan provinsi tar bingung..

obat tradisional infeksi saluran kemih mengatakan...
on 

informasi yang disajikan agan emang TOP BGT lah.. kena banget ama makna nya. Ane yakin blog ini pasti bakalan jadi media yang memberi inspirasi buat para blogger lainnya. nice dan exellent 4 ur postings

Toko Online Herbal mengatakan...
on 

Gak apa bentuk provinsi asal mampu mensejah terakan masyarakat,,

Reseller Herbal mengatakan...
on 

Info yang menarik mas Broo,,,baru tahu saya ada wacana Cirebon mau jadi profinsi

Supercoolzz mengatakan...
on 

iya perlu juga dibentuk.. asal bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat tersebut..:)

tour and travel di surabaya mengatakan...
on 

sukses terus buat blognya yah sob.

tour and travel di surabaya mengatakan...
on 

sukses terus buat blognya yah..

Memelihara Kucing mengatakan...
on 

Setuju aja sih adanya pemekaran, asalkan itu membawa angin segar bagi daerah dan bukan menambah masalah baru

Tips Fitness mengatakan...
on 

Masalahnya sekarang Pemerintah pusat sudah banyak kerjaan dan PR, terutama dengan adanya pemekaran daerah, apalagi yang menuntut pemekaran tapi blm bisa mandiri

Yudha Situmorang mengatakan...
on 

perlu gak perlu la gan :v
Ekiosku.com.com jual beli online aman menyenagkan

aksesoris mobil fortuner mengatakan...
on 

tergantung masyarakat nya sendiri, mo maju apa enggak . desentralisasi dan otonomi bukan satu2 nya cara untuk memajukan suatu daerah

Di-Mana gan mengatakan...
on 

menurut saya perlu gan,tergantung masyarakatnya juga..

agen 368bet terbaik mengatakan...
on 

asalkan membawa dampak positif bagi negara, terutama warganya yaa kenapa nggak

agen guavita nomor satu mengatakan...
on 

sukses buat cirebon dan sekitarnya :)

agen sbobet mengatakan...
on 

sebenernya gak perlu gan. ngeri terjadi bentrok antar daerah

mengobati sakit maag mengatakan...
on 

ikut menyimak gan

mengatasi penyakit maag mengatakan...
on 

makasih infonya

Advertising agencies in Karachi mengatakan...
on 

Thanks for the information. I’m really glad that you share your ideas about this. I must relay these ideas to my friends.
Media buying houses | Media buying houses in Pakistan

MENCARI TEMAN KENCAN WANITA mengatakan...
on 

Greetings!What's up? :p It's good to know that you are still around this website. How did the last Google update affect your site? It seems that your blog is one of the strongest in the current SERP's! Hope you will maintain the quality, just don't forget about your friends Hope to see you soon!

Versi On The Spot mengatakan...
on 

You have noted very interesting points ! ps nice web site .

Informasi Terbaru mengatakan...
on 

thanks mas infonya, ditunggu kunjungan baliknya

Wisata Pulau Seribu mengatakan...
on 

Cirebon adalah kotaku. Sukses buat kota Cirebon

obat herbal jantung mengatakan...
on 

maksih banyak gan

Dedi Galih Wisnumurti mengatakan...
on 

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

mas ihsan mengatakan...
on 

wah koplak........

Posted by: Mas ihsan blog

Company Profile mengatakan...
on 

thanks buat infonya :)

Company Profile mengatakan...
on 

thanks buat infonya :)

cara menurunkan berat badan dengan cepat mengatakan...
on 

makasih gan infonya

Obat diabetes melitus herbal mengatakan...
on 

oh jadi begitu, saya baru nih.

Obat kanker payudara herbal mengatakan...
on 

Terimakasih banya sudah share informasi yang bermanfaat.

Jasa pembuatan CD Template mengatakan...
on 

makasih banyak gan buat infonya :)

Template Booklet Company Profile mengatakan...
on 

aku belom pernah nih ke cirebon :D

INFO SEMINAR,TRAINING DAN WORKSHOP mengatakan...
on 

Kayaknya cukup menyinggung... Tapi, Skedar info aja... Makasih...

Numpang Link ya :

INFO SEMINAR,TRAINING & WORKSHOP
INFO SEMINAR,TRAINING & WORKSHOP
Seputar Hypnosis,Hypnotherapy Dan NLP
2 DAY WORKSHOP HYPNO ANESTESIA DAN HYPNO BIRTHING
2 DAY WORKSHOP HYPNO ANESTESIA DAN HYPNO BIRTHING
Rahasia Melipatgandakan Daya Magnetisme Guru Dan Melejitkan Potensi Anak Didik
2 DAY WORKSHOP HYPNOTIC SELLING FOR SUCCESS
FUNDAMENTAL HYPNOTIS Dan PROFESSIONAL HYPNOTHERAPIST
3 Day Profesional Hypnotherapy

silvi silviani mengatakan...
on 

maksih gan

silvi silviani mengatakan...
on 

nice infonya gan

Yahoo US News mengatakan...
on 

I approve of the priceless in sequence you present in your articles I will bookmark your blog and contain my family test positive at this time regularly. I am relatively sure they will learn tons of original stuff at this point than anyone also!

grosir herbal murah daun jati cina mengatakan...
on 

makasih informasinya

Hafiz Fauzi mengatakan...
on 

By Admin : Berbagi Informasi JKT48

Free Download Games & Movie

Hafiz - 24™

Informasi Biodata/Profil Artis, Berita, Sinopsis & Download Drama Korea Terbaru & Terlengkap Episode 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 s/d Episode Terakhir. mengatakan...
on 

Informasi Biodata/Profil Artis, Berita, Sinopsis & Download Drama Korea Terbaru & Terlengkap Episode 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 s/d Episode Terakhir.

Citra Garment mengatakan...
on 

taoi kalau perlu sih , iya dibentuk aja.? sebaiknya liat sikon dulu lah :)

obat tradisional tumor lambung mengatakan...
on 

makasih infonya gan

web design company mengatakan...
on 

Got to learn more from this information, thanks for sharing this article with all of us

Astronomi-xp mengatakan...
on 

Ayo bentuk ajah heheheh

BOLA368.com Agen Judi Bola Terpercaya Promo 10% all Games Sportbook mengatakan...
on 

meninggalkan jejak dlu di cirebon. .
Salam.

Jhon Wiyono mengatakan...
on 

Cirebon kota yg besar wajar mau berdiri sendiri hampir sama kaya bandung terdapat banyak lokasi wisata hebat. Dari situ sy membuka usaha jualan paket wisata murah melalui
blog kami seratour.com dan saat ini sy sdg cari agen dr kota2 diluar Bandung yg mau kerjasama, anda minat? hub sy 0818220650

obat alami penyakit stroke mengatakan...
on 

nice infonya gan

sabut kelapa mengatakan...
on 

sangat tidak setuju
nambah provinsi berarti nambah pejabat
nambah pejabat berarti...
nambah koruptor
menurutku tingkatkan saja peran dan fungsi pejabat yang sekarang ada
kemajuan kota era OTDA lebih ditentukan oleh walikota nya,
bukan gubernur

obat untuk menurunkan darah tinggi mengatakan...
on 

makasih banyak gan

obat untuk menurunkan kolesterol mengatakan...
on 

nic infonya gan

cara menyembuhkan kanker serviks mengatakan...
on 

terimakasih atas informasinya

obat herbal diare untuk anak mengatakan...
on 

terimakasih atas informasinya

obat tradisional darah tinggi mengatakan...
on 

isi blognya sngat keren,,

obat kista mengatakan...
on 

makasih atas beritanya..

obat tradisional kanker serviks mengatakan...
on 

nice infonya :)

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...
on 

update dong infonya :)

obat alternatif radang testis mengatakan...
on 

sangat bermanfaat infonya, makasih..

egi mengatakan...
on 

Informasinya sangat menarik sekali saya berkunjung keblog ini banyak pelajaran yang saya dapatkan terimakasih banyak atas informasinya

ami mengatakan...
on 

setelah saya berkunjung ke blog ini saya banyak mendapatkan pelajaran dari blog ini
terimakasih banyaknya sangat bermanfaat sekali bagi saya

obat alternatif radang paru-paru mengatakan...
on 

makasih banyak atas infonya gan

Robi mengatakan...
on 

Setelah saya brkunjung ke blog ini ternyata banyak sekali informasi yang bermanfaat semakin banyak ilmu yang saya dapatkan....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Sukses selalu...

hiban mengatakan...
on 

Setelah saya berkunjung ke blog ini banyak sekali yang saya dapatkan yaitu ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi saya...

suplier tali rafia majalengka mengatakan...
on 

ane sebagai warga majalengka setuju banget kota cirebon di jadikan kota provinsi gan

obat kanker kolon herbal mengatakan...
on 

makasih banyak infonya

patah mengatakan...
on 

Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...

cara mengobati gagal ginjal tanpa cuci darah mengatakan...
on 

artikelnya bagus sekali

Kaos distro bola mengatakan...
on 

Menurut saya masalah pembangunannya dulu yang di bereskan selanjutnya bisa saja menjadi provinsi

Jasa SEO Terbaik mengatakan...
on 

AsbBSKDBKS

Obat Herbal Abses Payudara mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga suksesnya gan.....

obat batuk berdahak untuk anak mengatakan...
on 

makasih gan infonya

triks bisnis online mengatakan...
on 

thanks banget gan
semoga bermanfaat slalu

salam USAHA DAN BISNIS ONLINE GRATIS

triks bisnis online mengatakan...
on 

thanks banget gan
semoga bermanfaat slalu

salam USAHA DAN BISNIS ONLINE GRATIS

sukses usaha online mengatakan...
on 

thank very much gan
i like your article..

salam USAHA DAN BISNIS ONLINE TERPERCAYA

AK3 Umum mengatakan...
on 

bermanfaat bgt gan, makasih yooo

obat tipes mengatakan...
on 

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas infonya...
semoga semakin suksesnya....

Wisata Pulau Tidung mengatakan...
on 

Apa keuntungannya bila jadi Propinsi sendiri, yang pasti biaya anggaran RAPBD bERTAMBAH, PEMASUKAN BELUM TENTU.

Wisata Pulau Tidung mengatakan...
on 

Menyimak saja dulu Gan.

obat sariawan pada anak dan bayi mengatakan...
on 

makasih banyak gan

obat herbal varises mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak

obat tradisional varises mengatakan...
on 

saya berkunjung ke blog ini semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan
semogha bermanfaat dan bertambah sukses...

obat penyakit varises mengatakan...
on 

informasinya yang sangat luar biasa pengetahuan saya kini semakin bertambah
semoga semakin sukses nya...

obat alami varises mengatakan...
on 

info nya sangat menarik sekali
pengetahuan saya kini bertambah
terimakasih banyak info nya semoga sukses

paybloodz mengatakan...
on 

Mantep gan,,

batik pekalongan mengatakan...
on 

menurut saya tak perlu lah. jangan hanya mengikuti ego semata. pikirkan berbbagai macam dampak dan biayanya

faridaputri mengatakan...
on 

menarik sekali artikel yang anda buat
saya tunggu artikel selanjutnya
semoga bermanfaat salam sukses

ginanjar mengatakan...
on 

informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

Alicia Blackman mengatakan...
on 

Great, Informative Post, like this one must be maintained so I'll put this one on my bookmark list of Casino Game Rentals. Thanks for this wonderful post and hoping to post more of this. Have Great Day.

obat benjolan di belakang telinga mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik mengatakan...
on 

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas informasi nya
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

obat kutil kelamin mengatakan...
on 

thx bro.. artikelnya sangat bermanfaat sekali.. di tunggu kunbalnya

bimbel ilmci mengatakan...
on 

makasih atas informasinya

gisela mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses

nature indonesia mengatakan...
on 

terima kasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers...

kostum badut mengatakan...
on 

jika memang harus kenapa tidak, jangan sampai ada pihak yang dirugikan, tujuan hanya untuk pembangunan mensejahterakan rakyat.

obat herbal sifilis mengatakan...
on 

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

Jual Frame Kacamata mengatakan...
on 

Info nya menarik gan..

forum indonesia mengatakan...
on 

kalau memang siap dibentuk kenapa tidak. kita harus segera membangun daerah. tapi juga tidak asal membangun agar pembangunan benar-benar bisa merata di semua penjuru tanah air kita.

TutorialCaraKomputer.com - Tutorial Komputer dan Jaringan mengatakan...
on 

menarik nih. . .

TutorialCaraKomputer.com - Tutorial Komputer dan Jaringan

obat benjolan di testis mengatakan...
on 

informasi yang sangat bermanfaat..
semoga semakin sukses

jual baju murah mengatakan...
on 

orang cirebon hadir berkunjung nih...

obat tradisional demam berdarah mengatakan...
on 

menurut ku, pemekaran cirebon tuk jadi provinsi, tergantung dari semua masyarakat yang ada di Cirebon.

SARANG BERITA UNIK mengatakan...
on 

untuk apa sih bentuk provinsi baru lagi,,, nanti daerah2 lain juga ikut ikutan, bisa jebol APBN kita,,, katena setiap provinsi dapat jatah juga dri pusat...

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 268   Lebih baru› Terbaru»

Poskan Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik