Sudah lama sekali (satu mingguan lebih) saya tidak posting, banyak sekali halangan sehingga lebih banyak di sibukkan di dunia nyata hehehe..melanjutkan postingan mengenai manajemen pemasaran, kemudian melanjutkan ketidakpuasan saya terhadap salah satu produk indosat, yaitu im2, maka postingan sekarang membicarakan tentang kepuasan pelanggan terutama bagaimana kita dapat mengukur kepuasan pelanggan tersebut. Untuk yang mengambil mata kuliah manajemen pemasaran mungkin tidak akan asing lagi dengan istilah dan pengertiannya, sehingga saya tidak akan menulis mengenai pengertiannya, ya paling dikit aja lah.
Kepuasan dan loyalitas pelanggan seharusnya berbanding lurus, jadi apabila pelanggan merasa terpuaskan biasanya mereka akan menjadi pelanggan yang loyal. Tetapi pada kenyataannya banyak sekali yang berbanding terbalik, perusahaan sudah merasa bisa memuaskan konsumen tetapi kenyataannya konsumen tidak loyal terhadap produknya. Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut, salah satunya mungkin kesalahan dalam melakukan pengukuran kepuasan pelanggannya. Lalu bagaimana cara melakukan pengukuran kepuasan pelanggan? Baca aja semuanya yah...
Kepuasan dan loyalitas pelanggan seharusnya berbanding lurus, jadi apabila pelanggan merasa terpuaskan biasanya mereka akan menjadi pelanggan yang loyal. Tetapi pada kenyataannya banyak sekali yang berbanding terbalik, perusahaan sudah merasa bisa memuaskan konsumen tetapi kenyataannya konsumen tidak loyal terhadap produknya. Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut, salah satunya mungkin kesalahan dalam melakukan pengukuran kepuasan pelanggannya. Lalu bagaimana cara melakukan pengukuran kepuasan pelanggan? Baca aja semuanya yah...
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang hasil perbandingan dari kinerja suatu produk yang diterima dengan harapannya. Jadi tingkat kepuasan adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan. Nigel Hill (1996) menyebutkan bahwa kepuasan pelanggan adalah persepsi pelanggan terhadap penyedia produk / jasa untuk memenuhi atau melebihi harapannya. Selain itu juga, Wilkei menjelaskan bahwa kepuasan pelanggan adalah tanggapan emosional pelanggan terhadap pengalaman konsumsi suatu produk atau jasa. Kepuasan pelanggan ini menjadi sangat penting karena beberapa hal diantaranya adalah kepuasan pelanggan ini menjadi kunci untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang, penyebab munculnya loyalitas pelanggan, menumbuhkan citra positif perusahaan, dan bentuk keunggulan daya saing yang paling efektif.
Perusahaan dapat mengukur kepuasan pelanggan ini dengan berbagai cara, diantaranya adalah :
1. Sistem Keluhan dan Saran
Industri yang berwawasan pelanggan akan menyediakan formulir bagi pelanggan untuk melaporkan kesukaan dan keluhannya. Selain itu dapat berupa kotak saran dan telepon pengaduan bagi pelanggan. Alur informassi ini memberikan banyak gagasan baik dan industri dapat bergerak lebih cepat untuk menyelesaikan masalah.
2. Survei Kepuasan Pelanggan
Industri tidak dapat menggunakan tingkat keluhan sebagai ukuran kepuasan pelanggan. Industri yang responsif mengukur kepuasan pelanggan dengan mengadakan survei berkala, yaitu dengan mengirimkan daftar pertanyaan atau menelpon secara acak dari pelanggan untuk mengetahui perasaan mereka terhadap berbagai kinerja industri. Selain itu juga ditanyakan tentang kinerja industri saingannya.
3. Ghost Shopping
Ghost Shopping adalah menyuruh orang berpura-pura menjadi pelanggan dan melaporkan titik-titik kuat maupun titik-titik lemah yang dialami waktu membeli produk dari industri sendiri maupun industri saingannya. Selain itu pelanggan bayangan melaporkan apakah wiraniaga yang menangani produk dari industri.
4. Analisa Kehilangan Pelanggan
Industri dapat menghubungi pelanggan yang tidak membeli lagi atau berganti pemasok untuk mengetahui penyebabnya (apakah harganya tinggi, pelayanan kurang baik, produknya kurang dapat diandalkan dan seterusnya), sehingga dapat diketahui tingkat kehilangan pelanggan.
1. Sistem Keluhan dan Saran
Industri yang berwawasan pelanggan akan menyediakan formulir bagi pelanggan untuk melaporkan kesukaan dan keluhannya. Selain itu dapat berupa kotak saran dan telepon pengaduan bagi pelanggan. Alur informassi ini memberikan banyak gagasan baik dan industri dapat bergerak lebih cepat untuk menyelesaikan masalah.
2. Survei Kepuasan Pelanggan
Industri tidak dapat menggunakan tingkat keluhan sebagai ukuran kepuasan pelanggan. Industri yang responsif mengukur kepuasan pelanggan dengan mengadakan survei berkala, yaitu dengan mengirimkan daftar pertanyaan atau menelpon secara acak dari pelanggan untuk mengetahui perasaan mereka terhadap berbagai kinerja industri. Selain itu juga ditanyakan tentang kinerja industri saingannya.
3. Ghost Shopping
Ghost Shopping adalah menyuruh orang berpura-pura menjadi pelanggan dan melaporkan titik-titik kuat maupun titik-titik lemah yang dialami waktu membeli produk dari industri sendiri maupun industri saingannya. Selain itu pelanggan bayangan melaporkan apakah wiraniaga yang menangani produk dari industri.
4. Analisa Kehilangan Pelanggan
Industri dapat menghubungi pelanggan yang tidak membeli lagi atau berganti pemasok untuk mengetahui penyebabnya (apakah harganya tinggi, pelayanan kurang baik, produknya kurang dapat diandalkan dan seterusnya), sehingga dapat diketahui tingkat kehilangan pelanggan.
Yah, seperti itu lah teorinya. Tapi memang pada prakteknya tidak semudah yang dibayangkan. Silahkan saja klik link-link di bawah untuk lebih jelasnya.
mau bilang dikit aja. aku males banget ama penjual yang cuek dan milih milih pelanggan.
meskipun saya bukan orang manajemen tapi kalo baca ini jadi serasa anak manjemen kang!
pokonya sip kang pasti saya ikuti terus...
wah lumayan nih buat nambah ref bahan KuL gw :D
Makasih boz..
waahhh makin ngerti masalah manajement neeh...!!
Yah, seperti itu lah teorinya. Tapi memang pada prakteknya tidak semudah yang dibayangkan. Silahkan saja klik link-link di bawah untuk lebih jelasnya.
lho koq Ads ya???
hihi.... "pinterrrrrrrr"
lho koq Ads ya???
hihi.... "pinterrrrrrrr"
gw baru perhatiin, dari atas gw serius baca..heheh
tp gpp namanya juga usaha.hehhe
Iklan itu sehat kok
salam
Kayak lagi kuliah aja ya..
Customer satisfaction that's key all of business :)
orang pemasaran ni...
paragraf terakhir itu loh...
heheh.. :)
BOleh lah belajar dikit tentang manajemen...mudah-mudahan bisa ngerti gitu...biar gk ketinggalan kereta begitu..... :)
ya itu kan nyontohin aja, salah satu pemasaran itu ya kaya gitu khakhakhakakhaha nge les nih..
kepuasan pelanggan numero uno salam merdeka!
ada lagi tuh .. kebiasaan orang "sini" yang melayani pelanggan dari penampilan mereka...kalo penamilan borju..udah dilayanin abis2an..giliran penampilan cuek..kaos oblongan n sandal jepitan dicuekin...huh...padahal blom tentu lo yg cuek gak berduit...hehehe...contohnya yg nulis ini... (banyak duit kecil...hakakakak)
Hm...begitu yah Survei Kepuasan Pelanggan kasih bonus donk
lebih mudah mendapatkan pelanggan daripada mempertahankannya ya. perusahaan cenderung giat mendapatkan customer baru namun tidak ditunjang dengan kemampuan dan kualitas servis, akhirnya memilih produk pesaing....sayang sekali
slamat malam dunia
Teori sama praktek emang suka lain kalo udah di jalanin dan biasanya dgn semakin lamanya kita praktek semaikn menambah pengalaman dan ilmu dlm menghadapi customer...Btw good posting bosss cheers :)
Usaha yang bagus, saya kasih jitakan 1x
hehehehe....sip..jitak balik ya
artikelnya bagus kang, detail ..seperti lagi kuliah.. thx for sharing. :)
IM2 beuki parah kang.. manya jam 2 nepi jam 4 subuh ge lemoott.. aduuuhhh. ancur dunia persilatan... hehehehe..
keep share ah kang..
aa.LiL
sharingnya supeeeer sekali...
salam supeeer.
Costumer Satisfaction
Costumer = Pelanggan
Satisfaction = Kepuasan
Begitulah kira-kira
he..he dari tadi kan udah disebutin di atas
wah..aku musti banyak belajar nih sama Evans
Maklum engga terlalu ngertos
great info.... so important to me.... thx a lot...
Keren infonya sob,
Thx ya walaupun hrs ditranslate...! seep deh
wah saya mah blm nyicipi m2 nih. tx info na
Wahh..wahh.... setuju... pake indosat mang.. kurang memuaskan gag kek si Inem pelayan *****sensor**** ah ngaaaaaco...new ngomongnya...
Sekarng yang bagus malah telkomsel hyuhh tapi muahall uey u/ mahasiswa kek saya hotspotan lebih asyik.. ato M2 sesuai ma kantong... heeeeeeee...
Yahh.. laper new.. makan dolo ah..sapa tau ada yang nawarin koneksi internet gratis ntar di jalan...kwowkowkwok
informasi yang menarik sobat
thx for share, bro
mampir sob
blognya keren
siip dech. info yg sangat berguna nech. :)
Terimakasih telah berbagi informasi, semoga banyak membawa manfaat
khususnya bagi pembaca setia blog ini. Jangan berhenti untuk terus berkarya,
semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
terima kasih banyak nih buat infonya semoga bermanfaat gan , salam kenal aja gan
makasih banyak nih buat ainfornya semoga bermanfaat gan , sukses selalu yah
informasi menarik nih, sangat bermanfaat sekali bagi saya yang masih newbie tentang ini
makasih banyak nih atas infonya semoga bermanfaat gan, sukses selalu yah
Nice post.. lam knl sob
Yang saya rasakan ketika saya bekerja di perusahaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan, melayani dengan hati adalah kunci sukses agar pelanggan loyal
Yup bener banget point 1 sampai 4 adalah cara untuk mengevaluasi tingkat pelayanan suatu perusahaan.
thank for share
that's a top priority..
Kepuasan Pelanggan adalah prioritas utama sob
That was an absorbing area of advice on autography analysis. Amuse column added about this absorbing topic. Acknowledge you!
saya suka dengan post nya... ajeeeo deh
kren deh.. nyimak dlu deh
thanks share nya
Belajar cara cara mengukur kepuasan pelanggan dengan Sistem Keluhan dan Saran, Survei Kepuasan Pelanggan, Ghost Shopping dan Analisa Kehilangan Pelanggan
Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses
Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses
Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.
Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.
Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil
Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!
Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba
aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu
Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses
Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses
Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses
Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih
Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil
Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.
Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses
Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses
Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.
Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.
Belajar mengetahui kepuasan pelanggan
Kepuasan pelanggan sangat penting dalam perkembangan sebuah perusahaan
yap customer satisfaction is the most importan thing :)
Apa itu customer satisfaction?
Betul buat pelanggan puas, sehingga terjadi repeat order...artikel bagus thx
Customer satisfaction itu mengukur kepuasan pelanggan ya?
bener banget tuh, satisfaction bisa jugs = kepuasan yang dialami pelanggan akibat produk atau jasa yang diterimanya.
Dengan adanya standar layanan terbaik akan menimbulkan kepuasan bagi Pelanggan (Customer Satisfaction)...
memang akan bikin pelanggan puas banget deh dengan adanya hal tersebut yah...
nice gan infonya,, ini sangat bermanfaat sekali buat saya
sukses terus buat blognya.
salam sehat gan
Informasi bagus gan. makasih yah informasinya..
nice artokelnya
ikut nyimak aja ya gan
salam sehat
oke saya coba deh gan
tipsnya bagus nih. thanks ya :)
Terimakasih informasinya.
sangat bermanfaat, terima kasih sudah mau berbagi
spektakuler, mantep gan
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4
Jawaban kuesioner dari pelanggan bisa jd bahan evaluasi perusahaan atas produk dan layanan yg diberikan. Makanya dibutuhkan kejelian dlm membuat daftar pertanyaan kuesioner shg perusahaan juga bisa dpt daftar jawaban yg dibutuhkan utk evaluasi menyeluruh.
Good, simple post.. tapi bagus
boleh juga tuh belajar sdkit tentang manajemen.
dengan adanya standar layanan terbaik akan menimbulkan kepuasan bagi pelanggan...
nice gan :)
memang akan bikin pelanggan puas banget deh dengan adanya hal tersebut yah.
salam knal ya gan. :)
kepuasan konsumen merupakan prioritas nomor satu gan.
good article :)
seowaps
Jasa Seo Indonesia
dunia fashion
Keren
WOW
Thanks
Makasih..
WEW
(y)
YU
terima-kasih-atas-informasinya
Hi there, I found your website via Google while searching for a related topic, your site came up, it looks good. I've bookmarked it in my google bookmarks. Down Forget Visit us at Mazda Bloggers Share Informations About Biodata Artis Indonesia and Gallery Foto Artis
pembeli adalah raja . penjual harus mengerti keinginan pembeli
makasih gan nambah pembendaharaan untuk managemen penjualan nih
Luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya...
banyak pelajaran yang saya dapatkan dari sini...
ddflkndkfnksdf
Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga suksesnya gan.....
Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga suksesnya gan.....
ijin shaer nih, artikelnya sangat inovatif sekali..
mantep gan. salam blogger :)
thank very much gan
i like your article..
salam USAHA DAN BISNIS ONLINE TERPERCAYA
Informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas infonya...
semoga semakin suksesnya....
terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
banyak pengetahuan yang saya dapatkan....
semoga semakin sukses nya...
saya izin menyimak
yuk, belajar seo di mywapblog
mempercepat pengindexan ke search engine,
Cara mengalahkan posisi blog senior pada SERP
memahami atribut rel nofollow dan dofollow
Belajar seo mwb dan Cara Mencari Backlink Berkualitas Di mywapblog
Cara mengoptimalkan SEO off page untuk blog mywapblog
Cara Mengoptimalkan SEO On-page Pada Blog Mywapblog
Cara Membuat Blog MWB Dengan Benar Menurut SEO Google
Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya
informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses
menarik sekali artikel yang anda buat
saya tunggu artikel selanjutnya
semoga bermanfaat salam sukses
informasi yang menakjubkan dan sangat menarik
terimakasih info nya sangat bermanfaat
semoga sukses
blognya bagus dan artikelnya sangat bermanfaat... slam kenal buat adminnya
terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya
Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses
terimakasih banyak atas informasi nya
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses
Bagi saya konsumen adalah raja
nice post... ane dukung
terimakasih banyak atas info nya
ternyata banyak pengetahuan yang saya dapatkan..
sangat bermanfaat sekali
semoga sukses
Terimakasih. Numpang lewat gan..
Yap, setuju banget. Emang kadang kalo kita ga puas gitu si seller malah ngamuk2 sendiri :(
Cocok neh untuk kondisi saat ini, kerenn :
Kepuasan pelanggan ya, itu yang dari dulu aku jadikan prinsip :)
terima kasih atas informasinya
infonya2 nya sangat bermnafaat seklai mas...update terus....
EXTENDER JILQ adalah cara memperbesar penis terbaik.
Kami sudah membuktikan dan melakukan survey kepada sangat banyak konsumen kami yang telah menggunakan produk lain dan berpindah menggunakan produk Extender jilq.
hasilnya sangat positif bahwa tidak ada yg lebih baik dari produk Extender jilq.
info lengkap segera kunjungi:
www.extenderjilq.com
customer adalah raja..baiknya di layani dengan sempurna tanpa cela
pembeli wajib dilayani dengan penuh perhatian
pembeli adalah boos kita
penyakit berat yang di sebabkan obesitas sangat banyak, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke
god customer is real boos
siip artikelnya, panjang lebar
mancap dah artikelnya
keren banget gan
Terimakasih atas infonya....sukses selalu
bermanfaat sekali artikelnya, semoga sukses
mantap gan artikelnya, sangat menarik sekali
costomer satisfaction baru pernah dengar ini gue gan
mantap Gan infonya, Thanks...
customer ini sangant membantu saya sekali . terimakasih sudah mau berbagi
keren http://pripoenbatik.com/
Agen Taruhan
Domino qq
qq Online
Agen Poker
Bandar Bola
Tvonline
Bioskop 21
Tv Indonesia
Film dewasa
Info Bola
Prediksi Togel
Info Togel
Aplikasi Gratis
Foto Bugil
Hasil Bola
Cerita Dewasa
Indo Togel
Rumus Togel
Prediksi Bola
Livescore
keren sekali customer stisfaction kawan, mantab dan bermanfaat sekali yah
drink milk for better life!
kepuasan pelanggan memang harus dijaga. agar usahanya lebih maju lagi.
Website Ahli Gizi Indonesia
Nutritionist Website
nice articel, dan terima kasih sudah berbagi infonya.
Grand poker99 adalah, poker asia dan poker poker online indonesia,
yang Menjunjung tinggi Fair Play dan sportifitas. Karena kenyamanan anda adalah Prioritas bagi Kami.
poker99
poker online indosia
poker online indosia terpercaya
pokerace99
poker online indosia
poker asia
dewapoker
informasi yang bermanfaat dan bagus, thank
keren banget, jadi pengen punya
Terima kasih telah berbagi dengan kami informasi menarik ini tentang Customer Satisfaction.
Sorry Numpang Promo yaaa ;)
Ingin bermain Poker Sportif? Segera daftarkan ID Bossku di www.pokeronlinehq.net. Dapatkan bonus TO s/d 0.5% dan refferal 20%. PIN BB: 7B8E653E
JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN DAN CEPAT. YUK CEKK...
JUAL OBAT KUAT PRIA DAN PEMBESAR PENIS HASIL PERMANEN. YUK CEKK...