Six Sigma

balik lagi ngeblog ah hehehe.... dah lama banget nih ga pernah di update blog ini, terima kasih buat temen2 semuanya yang masih sering mengunjungi blog saya walaupun saya sendiri jarang update. mudah2an ke depannya bisa update lagi secara terus-menerus seperti dulu lagi hehe..kali ini saya akan coba menulis tentang six sigma, tapi karena saya juga masih rada-rada awam jadi saya tulis dari berbagai sumber juga (tapi saya cantumkan ko sumber2nya hehe). ok ga usah banyak cincong deh, langsung aja yah..

Untuk bisa sampai pada pengertian Six Sigma, kita perlu melihat sedikit sejarah mengenai Six Sigma itu sendiri. Six Sigma dimulai oleh Motorola pada tahun 1980-an yang di motori oleh salah seorang engineer disana yang bernama Bill Smith dan dukungan penuh CEO nya Bob Galvin. Motorola menggunakan statistics tools diramu dengan ilmu manajemen menggunakan financial metrics (yaitu Return On Invesment, ROI) sebagai salah satu alat ukur dari quality improvement process. Konsep ini kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Dr. Mikel Harry dan Richard Schroeder yang lebih lanjut membuat metode ini mendapat sambutan luas dari petinggi Motorola dan perusahaan lain (www.isixsigma.com).


D. Manggala (2005 : 6) memberikan definisi Six Sigma sebagai berikut :
Six Sigma merupakan metodologi yang terstruktur untuk memperbaiki proses yang difokuskan pada usaha mengurangi variasi proses (process variances) sekaligus mengurangi cacat (produk atau jasa yang di luar spesifikasi) dengan menggunakan statistik dan problem solving tools secara intensif.

www.isixsigma.com (2010) memberikan definisi Six Sigma secara harafiah sebagai berikut :
Six Sigma (6σ) adalah suatu besaran yang bisa kita terjemahkan secara gampang sebagai sebuah proses yang memiliki kemungkinan cacat (defect oportunity) sebanyak 3,4 buah dalam satu juta produk atau jasa. Jadi intinya di banyak organisasi diartikan sebagai pengukuran kualitas yang mendekati kesempurnaan atau hampir bebas cacat.

Sementara Clyde Creveling, Lynne Humbleton, dan Burke McCharty (2006 : 8) mengatakan : “Technically, Six Sigma is described as a data-driven approach to reduce defects in a process or cut costs in a process or product, as measured by "six standard deviations" between the mean and the nearest specification limit”.

Dari beberapa pengertian mengenai Six Sigma diatas, secara statistik Six Sigma digunakan untuk menggambarkan variabilitas, atau standar deviasi, seperti cacat per unit. Gambar 2.1 menunjukkan distribusi populasi normal, dengan mean (µ) di tengah-tengah dan titik data pada kurva yang menunjukkan standar deviasi (σ) di sebelah kanan dan kiri dari mean.




Tujuan dari Six Sigma kualitas adalah untuk mengurangi variasi proses output secara jangka panjang, yang merupakan agregat pengalaman dengan proses perusahaan dari waktu ke waktu, ini yang akan menghasilkan bagian tidak lebih dari 3,4 cacat per milion peluang. Untuk proses hanya satu batas spesifikasi (atas atau bawah), hasil ini dalam enam proses standar deviasi antara mean dari proses dan batas spesifikasi pelanggan (karena itu, 6 sigma). Untuk proses dua batas spesifikasi (Hulu dan Hilir), ini diterjemahkan menjadi sedikit lebih dari enam proses standar deviasi antara mean dan setiap batas spesifikasi sehingga tingkat kecacatan sesuai dengan total setara dengan enam proses standar deviasi.

KOMPONEN UTAMA SIX SIGMA

Menurut Peter Pande, dkk, dalam bukunya The Six Sigma Way : Team Fieldbook, ada 6 komponen utama konsep Six Sigma sebagai strategi bisnis :
1. Benar-benar mengutamakan pelanggan : seperti kita sadari bersama, pelanggan bukan hanya berarti pembeli, tapi bisa juga berarti rekan kerja kita, team yang menerima hasil kerja kita, pemerintah, masyarakat umum pengguna jasa, dll.
2. Manajemen yang berdasarkan data dan fakta : bukan berdasarkan opini, atau pendapat tanpa dasar.
3. Fokus pada proses, manajemen dan perbaikan : Six Sigma sangat tergantung kemampuan kita mengerti proses yang dipadu dengan manajemen yang bagus untuk melakukan perbaikan.
4. Manajemen yang proaktif : peran pemimpin dan manajer sangat penting dalam mengarahkan keberhasilan dalam melakukan perubahan.
5. Kolaborasi tanpa batas : kerja sama antar tim yang harus mulus.
6. Selalu mengejar kesempurnaan.


FONDASI SIX SIGMA

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Six Sigma adalah suatu metoda yang sangat tersetruktur. Struktur dari Six Sigma sendiri terdiri dari lima tahapan yang singkat yang sering disebut DMAIC atau Define, Measure, Analyze, Improve, Control. Selain itu, implementasi Six Sigma ditentukan oleh kehadiran seorang (atau lebih) fasilitator yang memahami manajemen dan penggunaan statistik; fasilitator ini disebut dengan Black Belt. Namun yang terpenting dari semua itu adalah team pelaksana, yang terdiri dari anggota yang berasal dari berbagai tim/departemen yang saling terkait atau cross-functional team (D. Manggala, 2005 : 9).

Setiap tahapan mempunyai bagian-bagian yang mesti dilaksanakan ataupun mempunyai jenis-jenis konsep statistik yang bisa dipakai, walaupun sebenarnya untuk penggunaan statistik bisa cukup fleksibel, berikut adalah tahapan-tahapan tersebut (D. Manggala, 2005 : 10) :
1. Define : pada tahap ini team pelaksana mengidentifikasikan permasalahan, mendefinisikan spesifikasi pelanggan, dan menentukan tujuan (pengurangan cacat, biaya dan target waktu) serta skala prioritasnya.
2. Measure : tahapan ini adalah untuk memvalidasi permasalahan, mengukur atau menganalisis permasalahan dari data yang ada termasuk pengukuran dan analisis kapabilitas proses.
3. Analyze : menentukan faktor-faktor yang yang paling mempengaruhi proses; artinya mencari satu atau dua faktor yang apabila hal tersebut diperbaiki akan memperbaiki proses kita secara dramatis. Hal ini bisa dilakukan dengan menganalisis ukuran performansi perusahaan serta mengidentifikasi sumber dan akar penyebab masalah kualitas proses.
4. Improve : pada tahap ini di diskusikan ide-ide untuk memperbaiki sistem berdasarkan hasil analisa terdahulu, melakukan percobaan untuk melihat hasilnya, apabila sudah sesuai atau baik maka di teruskan untuk membuat standarprosedur bakunya (standard operating procedure- SOP). Secara umum tahapannya adalah dimulai dari merencanakan perbaikan kualitas, mendesain faktor dan level, percobaan dengan metode Taguchi, dan pemilihan level terbaik dari proses.
5. Control : pada tahapan ini harus di buat perencanaan dan desain pengukuran agar hasil yang sudah bagus dari perbaikan team bisa berkesinambungan. Pada tahap ini biasanya dibuat metrics untuk selalu di monitor dan di koreksi bila sudah mulai menurun ataupun untuk melakukan perbaikan lagi.

Segitu aja dulu yah, terima kasih banyak kepada D. Manggala atas ebook nya yang telah banyak menginspirasi penulisan ini dan juga para senior-senior di bidang six sigma. ke depannya saya akan menulis bagaimana Six Sigma ini di terapkan pada bidang pemasaran. Mudah-mudahan bisa cepet di selesaikan penulisannya.


Comments :

4594 komentar to “Six Sigma”
obat radang paru paru mengatakan...
on 

pencerahan baru jadi nambah wawasan ,makasih,,

obat herbal ginjal mengatakan...
on 

posting yang sangat bermanfaat sekali,,,

Mari Berkomunitas Di Faceblog mengatakan...
on 

Mantab banget... buat tambahan informasi...

Obat herbal mengatakan...
on 

makasih banyak nih buat informasinya semoga bermanfaat gan, sukses selalu yah

obat luka diabetes mengatakan...
on 

jadi makin tau tentang six sigma,makasih sangat membantu sekali,

obat tipes mengatakan...
on 

lengkap dan berguna sekali,,,

image consultant mengatakan...
on 

Good read. There is currently quite a lot of information around this subject on the net and some are most defintely better than others. You have caught the detail here just right which makes for a refreshing change – thanks.

image consultant mengatakan...
on 

Excellent read, I just passed this onto a colleague who was doing a little research on that. And he actually bought me lunch because I found it for him smile So let me rephrase that.

Properti Murah mengatakan...
on 

terima kasih buat temen2 semuanya yang masih sering mengunjungi blog saya walaupun saya sendiri jarang update,---

gpp gan... meski g pernah update ane tetep berkunjung ke blog ente buat nyari backlink xixixixi... ada maunya..

insulated delivery bags mengatakan...
on 

I enjoyed reading it. I'm supposed to be somewhere else in a minute but I stuck to reading the story. I like the quality of your blog :D

xamthone mengatakan...
on 

sangat bermnfaat nih..

mskih ya buat share nya

Anonim mengatakan...
on 

six sigma is bet option for tech support employ to improve his carrier .Thank you for great article. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect way of writing.

Anonim mengatakan...
on 

Thank you for great article. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect way of writing? I have a presentation next week, and I am on the look for such information.
Free logo vector

percetakan mengatakan...
on 

artikel yg mencerahkan. terima kasih banyak :)

Firman Win mengatakan...
on 

Infonya oke bgt gan. .
Lanjutkan
,
Kalo pngn tau update trik internet gratis, sms gratis, nelpon gratis. .
Pkoknya yg gratis2. .
Jangan lupa kunjungi juga blog ane yah. . .

Kumpulan Trik Gratis dan Info Menarik

Info Tech mengatakan...
on 

Makasih gan buat infonya........ salam kenal

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...
on 

memang benar prinsip yang seperni ini yang harus di jalan kan kalau kita mau maju....

obat alternatif diabetes mengatakan...
on 

terima kasih bagi-bagi ilmunya, semoga bermanfaat dan sukses

Berbagi Berbagai Hal mengatakan...
on 

ga terlalu ngerti sebenernya..masih pusing abis baca 2 kali juga..

jam tangan online mengatakan...
on 

berguna banget nih artikelnya oom, kereen

hosting murah mengatakan...
on 

hemm...belajar filsafat....heehe

network monitoring systems mengatakan...
on 

This Network Monitoring Software represents the latest in cutting-edge network file monitoring security software and asset protection. While requiring absolutely no software installation on any computer on your network you can network monitoring systemscentrally monitor and record every single file action that occurs on your network.

penyakit jantung mengatakan...
on 

penjelasan yang lengkap sekali tentang six sigma,,,jadi tau dan jadi nambah ilmu,makasih dah berbagi,,sukses trus,,

hidup sehat mengatakan...
on 

posting yang bagus dan menarik sekali buat dipelajari,,,makasih banyak,,

Unknown mengatakan...
on 

vistback gan http://www.musicandnews.co.cc/
blog walking ane gan

Unknown mengatakan...
on 

blogwalking lg

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...
on 

bahasan yang sangat jelas dan midah di mengerti tks...

obat tradisional penyakit asm urat mengatakan...
on 

thank's info'a,..

Seniors Dating Online mengatakan...
on 

Nice Article Shared by you....

Keep Such Articles Continue in near future..................

Seniors Dating Online mengatakan...
on 

I'm Still awaiting For your Next Article..........

Keep It Up.............

Thank you So Much .....!!!!!!!

Atlanta Electrician mengatakan...
on 

Aw, this was a really nice post. In idea I want to put in writing like this additionally – taking time and actual effort to make a very good article… but what can I say…? I procrastinate a lot and not at all seem to get something done.

Atlanta Electrician mengatakan...
on 

Good luck getting people behind this one. Though you make some VERY fascinating points, you’re going to have to do more than bring up a few things that may be different than what we’ve already heard. What are trying to say here? What do you want us to think? It seems like you can’t really get behind a unique thought. Anyway, that’s just my opinion.

Jasa SEO mengatakan...
on 

Six Sigma ini memang berkaitan ya dengan pemasaran. thanks informasinya gan

Agen xamthone tegal mengatakan...
on 

mantap gan info nya....

obat herbal penyakit jantung mengatakan...
on 

thanks gan..artikel nya bagus banget....

Botox Auckland mengatakan...
on 

I must we appreciate you your time and efforts you earn in publishing this website post. I'm hoping the same best article by you later on also. Actually your creative writing expertise has encouraged me to start out my own blog site now. Actually the blogging is spreading its wings quickly. Your article can be a fine style of it.

Botox Auckland mengatakan...
on 

Aw, this was a really nice post. In idea I want to put in writing like this additionally – taking time and actual effort to make a very good article… but what can I say…? I procrastinate a lot and not at all seem to get something done.

rental ac mengatakan...
on 

six sigma, terdengar matematika banget, thanks

kado cinta mengatakan...
on 

six sigma adalah program yg luar biasa utk manajemen tapi penerapannya sangat mendetil dan sulit : )

PASANG IKLAN BARIS GRATIS mengatakan...
on 

Wah management juga strategi game ya keren. Kunjungi website saya juga gan di Iklan baris gratis tanpa daftar dan captcha

kesehatan alami mengatakan...
on 

terimakasih info nya,semoga bermanpat untuk saya

obat herbal xamthone mengatakan...
on 

six sigma sudah ada dari dulu yah gan???

kesehatan alami mengatakan...
on 

iah makasih banyak atas informasi nya

pembalut charm berbahaya mengatakan...
on 

ok saya sudah liat2 tapi puyeng sekali...

Kitchener gourmet gift baskets mengatakan...
on 

The article is nice and it’s pleasant to read. I have known very important things over here.
http://ontario-blooms.com/ have been used from thousands of yrs for express you most special feeling to your special one. They have a great and lovingly florist arrangement which covers almost every patterns and designs.

obat herbal gagal ginjal mengatakan...
on 

thanks for share...
useful once your article...

Unknown mengatakan...
on 

NICE POST...isi blog kamu berbobot n actual, sangat bagus KAWAN....
hampir tiap hari berkunjung ke blog kamu
ohiya visit back ya :
http://www.cin3ma2satu.co.cc/p/do-follow.html
gw tunggu thankss :)

Dofollow Blog List | Daftar Blog Dofollow mengatakan...
on 

mampir di juga di daftar dofollow ku ya

Blogshow mengatakan...
on 

masih bingung ni ama fungsinya

Kord Gitar | Lirik Lagu mengatakan...
on 

thnx ya sob infonya

obat herbal miom mengatakan...
on 

thanks for info,very useful info..!

Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood mengatakan...
on 

bermanfaat banget nih buat saya yg lg belajar six sigma

Cool Sculpting Gold Coast mengatakan...
on 

hello!! Very interesting discussion glad that I came across such informative post. Keep up the good work friend. Glad to be part of your net community.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...
on 

thanks ya buat infonya,sangat bermanfaat sekali..!

cara atasi kanker payudara mengatakan...
on 

ulasan bagus nih sangat membantu sekali proses pemasaran,,makasih,

pengobatan hepatitis C mengatakan...
on 

penjelasan yang sangta lengkap ,langsung saya terapkan ,makasih dan sukses trus,,

obat herbal alami koordinasi otot mengatakan...
on 

makasih atas info nya semoga berguna

obat herbal diabetes mengatakan...
on 

thanks for share...really good info,hopefully helpful...!

Baju Kebaya mengatakan...
on 

mampirr yuuukkk

Toyota Triple Amazing Riau


Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia

obat herbal alami demam berdarah mengatakan...
on 

makasih atas info nya kawan

Image Consultant mengatakan...
on 

I truly liked the way you have designed your website, its simple, neat, easy to get around and incredibly easy on the eyes. Is it possible to tell me which theme or designer did you use.

obat batu ginjal mengatakan...
on 

hmmm jadi menambah pengetahuan nich,,,,
thanks ya...

Data mobile Phone mengatakan...
on 

makasih infonya gan

Business And Finance mengatakan...
on 

sangat bermanfaat sob infonya... thanks

Latest technology mengatakan...
on 

walking" sob... knjungi balik yah

anfe mengatakan...
on 

wah, baru tau ini... thanks yagh

jamal mengatakan...
on 

mantap nih inponya .. terimakasih ...

xamthone plus mengatakan...
on 

thanks for share..very useful info..!

obat herbal benjolan dileher mengatakan...
on 

makasih atas info nya

yuda si putra sunda mengatakan...
on 

website anda sangat bagus . .penempatan temanya juag menarik . .jangan lupa kunjungi blog ku juga ya . .thanks n good luck :)

xamthone plus mengatakan...
on 

sigma X nya memang mantapp

obat herbal hiv aids mengatakan...
on 

wow.. infonya keren

obat herbal gagal ginjal mengatakan...
on 

artikelnya bagus...salam kenal

kids birthday party games mengatakan...
on 

A word of appreciation for you. The art of doing of writing things is excellent. Keep posting articles like this....

computer repair new york mengatakan...
on 

like other articles this is another impressive one containing much of useful information.

seo sydney mengatakan...
on 

These are all excellent posts. You seem to be reading day and night looking for good stuff to post lol. Nice information about the Six sigma. Thanks for the links So much.

obat herbal asma mengatakan...
on 

nice inpo,,terimakasih

pengobatan kanker cerviks mengatakan...
on 

makasi nifo nya sangat bagus nie kawan....

Wholesale Cotton Bags mengatakan...
on 

In my opinion, having a dofollow blog is really a wonderful idea. It helps in increasing the traffic on the blog. I would like to say thank you for sharing such an interesting post with us. I hope you will post again soon.

obat alami luka luka mengatakan...
on 

makasih banyak info nya........

Vadanta May mengatakan...
on 

good, but it had been hard to me to get clear. It's fine, I will be digging slowly

TEAK 123 best teak garden furniture manufacturer wholesale in Indonesia mengatakan...
on 

kunjungi blog dofollow saya

XAMthone plus mengatakan...
on 

makasih info nya sangat berguna buat saya....

obat herbal migrain mengatakan...
on 

okehh terimakasih ,, bermanfaat sekali ...

obat herbal epilepsi mengatakan...
on 

infonya keren sekali,,semoga bermanfaat

Shinobi Blog mengatakan...
on 

infonya sangat bagus..
banyak info2 menarik yaa disini. . . .

obat alami asam urat mengatakan...
on 

makasih info nya gan.........

lowongan kerja mengatakan...
on 

tambah lagi donk ilmu soal six sigmanya..
saya sangat minat nih..
:)

davi mengatakan...
on 

thanks atas infonya,,,
bermanfaat...

Burleigh heads Accommodation mengatakan...
on 

Thank You For This Blog, was added to my bookmarks.
http://www.lebeach.com.au/ offers you the best holiday accommodation opposite to the beautiful patrolled Burleigh Beach. Each apartment offers open, spacious accommodation, with modern amenities.

TEAK 123 Best Teak Garden Furniture Manufacturer Wholesale in Indonesia mengatakan...
on 

makasih infonya

TEAK 123 Best Teak Garden Furniture Manufacturer Wholesale in Indonesia

meteora mengatakan...
on 

perpaduan antara IT dan management . . .

aplikasi android mengatakan...
on 

SANGAT MEMBANTU... THANKS

obat herbal Jantung Koroner mengatakan...
on 

oke mas thanks info nya..

ady mengatakan...
on 

mantab gan...
patut di coba kelayakannya

cara menjadi agen xamthone mengatakan...
on 

wahh boleh juga nich pengetahuan,,, thanks ya dah share

Best Probiotic Supplement mengatakan...
on 

informasi yang bermanfaat sekali.

Homeopathic Medicines mengatakan...
on 

makasih dah bagi infonya gan.

Feel Pretty mengatakan...
on 

artikel yang bermanfaat buat semua orang.

Homeopathic Medicines mengatakan...
on 

super sekali artikelnya mas.

Health and Disease mengatakan...
on 

mantabs gan artikelnya..:)

classified ads pakistan mengatakan...
on 

It’s really a great post..I would like to appreciate your work and I am going to recommend it to my friends. Thanks for sharing.

thinkbet mengatakan...
on 

nice blog post.. keep sharing not selling

TOP 1 Oli Sintetik Mobil-motor Indonesia mengatakan...
on 

baru tahu ane, six sigma awalnya kayak gitu. makasih gan

Fraxel Melbourne mengatakan...
on 

Thank you for posting the great content…I was looking for something like this…I found it quiet interesting, hopefully you will keep posting such blogs….Keep sharing

Amazing news mengatakan...
on 

mantap gan semua artikelnya disini menginspirasi saya. Thanks ya

master of applied finance mengatakan...
on 

Has anyone heard if Kaplan’s MBA is any good?

xamthone plus mengatakan...
on 

kerenn nih inpo,, semoga bermanfaat ya mas,salam kenal

sepatu kerja mengatakan...
on 

makasih banyak gan share nya

GudangBeritaBagus mengatakan...
on 

nice info gan
kebetulan ane kul. di Teknik Industri
semoga bs bermanfaat bagi saya

obat herbal migrain mengatakan...
on 

terjun ke dunia marketing memang musti sabar yaa

houses for sale victoria mengatakan...
on 

Generally I do not post on blogs, but I would like to say that this post really forced me to do so, excellent post!

Table setting mengatakan...
on 

There are some provocative points in interval therein article but I don't be familiar with if I convoy all of them boldness to mid-section.
The glassco (http://www.the-glass-co.com/glass-dinnerware/table-setting/)long standing reliability among all our esteemed customers is proof enough that our customized dinnerware and handmade glass dinnerware are durable and stay beautiful, as good as new, for a long time.

obat herbal gondok mengatakan...
on 

artikelnya sangat membantu d dunia marketing bagi pemula,makasih pencerahanya

Henry mengatakan...
on 

jadi ingat kuliah bisnis dulu bos

xamthone plus mengatakan...
on 

terimakasih udah di share,ilmu yang bermanfaat sekali.

agen xamthone plus bandung mengatakan...
on 

good postingannya mas..
salam kenal aja ..

xamthone plus mengatakan...
on 

info yang sangat bagus dan menarik nie gan ..........

agen xamthone plus batam mengatakan...
on 

keren gan infonya..
salam kenal,,

obat herbal infeksi saluran kemih mengatakan...
on 

makasih sudah di kasih tau,,sangat bermanfaat

obat herbal kanker serviks mengatakan...
on 

wahh rumitt juga yah?? ilmu yang bermanfaat,terimakasih sudah di share

obat diabetes tradisional mengatakan...
on 

terima kasih semuanya, semoga bermanfaat...

jus manggis xamthone mengatakan...
on 

oke juga nie info nya sangat keren dan bagus nie.........

obat herbal kanker darah mengatakan...
on 

ilmu yang bermanfaat ,, makasih udah di share

obat herbal hepatitis mengatakan...
on 

siiip,,d tunggu artikel selanjutnya tentang six sigma yang lain,terimakasih

obat diabetes melitus mengatakan...
on 

keren sekali nih gan postingan nya, sangat bermanfaat gan salam kenal aja gan

kuyangmaneuver mengatakan...
on 

selalu mengejar kesempurnaan ya? hmmm

obat herbal asma mengatakan...
on 

keep bloging .. ilmu yang bermanfaat ..
terimakasih infonya ..

agen xamthone plus batam mengatakan...
on 

makasih info nya.......
sangat berguna buat saya nie........

obat herbal kolestrol mengatakan...
on 

mantabb nih,,makasih udah di share

Corportae Catering Sydney mengatakan...
on 

Great stuff from you, man. I’ve read your stuff before and you’re just too awesome. I love what you’ve got here, love what you’re saying and the way you say it. You make it entertaining and you still manage to keep it smart. I can’t wait to read more from you. This is really a great blog.

Kumpulan Artikel mengatakan...
on 

Tulisan yang bagus, terima kasih

xamthone mengatakan...
on 

mantap nie info nya sangat bagus nie......

obat herbal sakit pinggang mengatakan...
on 

artikel yang menarik,,semoga bermanfaat

indovision mengatakan...
on 

mau coba diterapin ahh :)

indovision

jelly gamat mengatakan...
on 

makasih artikelnya..

obat herbal glaukoma mengatakan...
on 

informasinya mantap nih,,semoga bermanfaat ..
terimakasih

YOGYAKARTA mengatakan...
on 

wow this really good blog content

Obat Herbal Kanker Payudara mengatakan...
on 

wah dah lama banget yah gak ngeblog nih, kmana aja sob,,
semoga sukses selalu yah

obat herbal kanker prostat mengatakan...
on 

info yang bagus,makasih udah di share

obat herbal sinusitis mengatakan...
on 

artikel yang menarik di baca,,makasih

chute mengatakan...
on 

Thanks for share...
Berguna bgt..!!!

Advertising agencies in karachi mengatakan...
on 

I am currently searching for ways in which I could enhance my knowledge in this said topic you have posted here. It does help me a lot knowing that you have shared this information here freely.

advertising agencies in pakistan mengatakan...
on 

Wonderful post. This is most inspiring post. I love to read such kind of material. Blogger did a great job here.

jus manggis mengatakan...
on 

mantap nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie makasih yach...

xamthone plus mengatakan...
on 

makasih.........
info nya sangat bagus.......
dan sangat menarik nie.......

jus manggis xamthone mengatakan...
on 

oke juga nie info nya sangat bagus nie dan sangat mantap nie..........

indovision mengatakan...
on 

keren2 nih artikelnya.. bermanfaat.. :)

obat herbal epilepsi mengatakan...
on 

makasih ilmunya,sangat bermanfaat

xamthone mengatakan...
on 

makasih atas info nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan.....

xamthone plus mengatakan...
on 

mantap juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan......

usaha sukses mengatakan...
on 

thanks atas infonya..

broadband cable mengatakan...
on 

Pretty insightful publish. Never believed that it was this simple after all. I had spent a good deal of my time looking for someone to explain this subject clearly and you’re the only one that ever did that. Keep it up

nasmoco mengatakan...
on 

bagus ini informasi jarang jarang ada yang bisa menjelaskan sedetail ini

obat tradisional Jerawat mengatakan...
on 

ilmu nih ,, artikel yang bermanfaat memang pak ..
makasih inponya

Tabloid Blogger mengatakan...
on 

Blog anda dofollow ya sangat membantu bagi blog dofollow lainnya...
Maksih artikel sangat menarik..

Panerai replica mengatakan...
on 

is six sigma the min acceptable representation for errors in production? I know most companies operate at 4 and 3 sigma and the optimal goal is to reach 3.4 sigma or less; but is it that if you exceed/reach 6 sigma that you should not be in business? Im just trying to make sure i understand this concept?

xamthone mengatakan...
on 

oke juga nie info nya sangt bagus dan sangat menarik nie,,,,

obat-tradisional-tumor-rahang mengatakan...
on 

terima kasih infonya semoga sangat bermanfaat untuk semuanya.lam kenal aja gan langsunga saja ke tkp.

obat alami kolesterol mengatakan...
on 

oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,

xamthone plus mengatakan...
on 

mantap juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

Professional Indemnity Insurance mengatakan...
on 

Walah...baru tahu yang beginian. awam banget ane kalau masalah teknologi

Cara mengatasi ejakulasi dini mengatakan...
on 

ini ngebahas sigma matematika apa sigma yang lain,??heheh,,kalo dulu schh notasi sigma

obat tradisional kanker prostat mengatakan...
on 

harus dipelajari nih buat d amalkan...
lam kenal aja ya

obat tradisional nyeri haid mengatakan...
on 

smoga bermanfaat infonya,,
maksih..

jewellery for cash mengatakan...
on 

This is the great one to having the right post at right place and this we found at here.

jewellery for cash mengatakan...
on 

This is the great one.

TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia mengatakan...
on 

salam kenal, mohon dukungan untuk kontes SEO yang sedang berlangsung ya gan =)

xamthone plus mengatakan...
on 

informsi yang bagus nih..
makasih udah berbagi

pazhu mengatakan...
on 

Terima kasih banyak telah berbagi ini dengan kita semua Anda benar-benar tahu apa yang Anda bicarakan!

nazar mengatakan...
on 

Saya sangat beruntung dapat menemukan situs ini. Terima kasih telah berbagi informasi-nya.

nisa mengatakan...
on 

Sangat mengesankan! Ini adalah posting yang benar-benar berguna. Terima kasih atas informasi Anda .

admin mengatakan...
on 

Saya baru saja belajar weblog, dan info yang Anda tawarkan di situs web ini telah sangat membantu saya. Thanks untuk semua waktu dan pekerjaan Anda .

obat herbal alami darah tinggi mengatakan...
on 

info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

bisnis online terpercaya mengatakan...
on 

saya baru denger ttg six sigma

obat tradisional kanker usus mengatakan...
on 

info yang bagus....
semoga bermanfaat ya as

new motorcycles specs|motorcycles images mengatakan...
on 

muantap banget artikelnya gan.....thanks for share

Obat herbal glaukoma mengatakan...
on 

info nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,,

Agen Xamthone Semarang mengatakan...
on 

Si agan ini pintar juga ternyata

episcopal priests mengatakan...
on 

dapet wawasan bru ttg six sigma :D

solusi pengobatan mengatakan...
on 

blog walking sambil belajar ilmu pengetahuan...its nice post,,thanks gan

website designer mengatakan...
on 

I have become a great fan of your blogs!!
I can feel that you have put in hard efforts. Good job!!
blog is presented in a nice way!!

blog bisnis online dan internet mengatakan...
on 

simple and easy

peluang bisnis online mengatakan...
on 

thks for the sharing

obat alternatif asam urat mengatakan...
on 

makin asyik bahasannya....

Rumah Dijual mengatakan...
on 

makasih yah infonya, artikelnya bagus juga

obat tradisional asam urat mengatakan...
on 

info yg bermanfaat.

jelly gamat mengatakan...
on 

info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,

cara memanjangkan penis mengatakan...
on 

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

rumah dijual mengatakan...
on 

bagus sekali

domba murah mengatakan...
on 

hmm, bagus jg ternyata prinsip six sigma ini ya, mencoba analisa untuk di terapkan dibisnis saya :)



domba murah

Belajar Forex mengatakan...
on 

postingannya bermanfaat banget .

obat alami asam urat mengatakan...
on 

share yang bagus thanks ya :)

recipe book mengatakan...
on 

may be read over and over again,, this actually relates to what?

WORLD TIPS mengatakan...
on 

kemana aja lama gak ngeblog lgi??

belajar forex mengatakan...
on 

terima kasih infonya

agen jelly gamat bandung mengatakan...
on 

yups,,,tambah wawasan lagi neh..

Jelly Gamat mengatakan...
on 

mantaap gan postingannya...

Rumah dijual mengatakan...
on 

thanks infonya

Obat alami encok mengatakan...
on 

info nya sangat bagus dan sanagt menarik nie gan,,,,,,,

«Terlama ‹Lebih tua   201 – 400 dari 4594   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik