Six Sigma Untuk Proses Pemasaran

Alhamdulillah bisa posting lagi di blog saya, sebenernya saya pengen sih posting lebih sering ya minimal satu minggu sekali lah tapi berhubung ada kesibukan, sok sibuk tepatnya :) jadi se bisa nya aja deh hehe.. ok deh langsung aja ke benang merah hehe.. seperti janji saya pada postingan sebelumnya mengenai Six Sigma, yaitu saya akan membahas mengenai aplikasi Six Sigma untuk salah satu fungsi organisasi di perusahaan, tapi karena saya suka pemasaran maka saya pilih di fungsi pemasaran aja deh. Jadi seperti yang di sebutkan sebelumnya bahwa Six Sigma itu bisa diterapkan secara keseluruhan di perusahaan atau biasa di sebut Enterprise Six Sigma atau bisa juga di terapkan di salah satu fungsi perusahaan. Biasanya sih di terapkan pada proses produksi atau di terapkan pada fungsi produksi atau operasi, tapi biar unik saya coba tulis bagaimana menerapkan Six Sigma pada proses pemasaran.

Untuk dapat menyesuaikan Six Sigma terhadap pemasaran, kita harus mulai dengan melihat secara keseluruhan cara kerja bagian pemasaran. Kita dapat melihat bahwa para pemasar profesional jarang sekali menggolongkan pekerjaan mereka terhadap pekerjaan yang berbasis proses atau orientasi terhadap proses, tetapi sering digambarkan sebagai proyek atau berbasis aktivitas. Namun, American Marketing Association (AMA) mendefinisikan marketing sebagai serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan, dan mengelola hubungan dengan pelanggan agar bisa memberikan keuntungan terhadap organisasi para stakeholders. Oleh karena itu, fungsi pemasaran harus memainkan peran kunci dalam mengelola beberapa koneksi penting antara pelanggan dan elemen kritis perusahaan, termasuk menghubungkan dengan pelanggan untuk produk, penyediaan layanan dan akuntabilitas keuangan (Christine Moorman dan Ronald Karat, 1999 : 57).


Para marketing profesional ingin menghindari tekanan kreativitas oleh peralatan dan struktur. Proses kerja sentris mungkin awalnya tampak lambat, rutin dan memberatkan. Selain itu, para pemasar mungkin berpikir bahwa analisis statistik dapat mengurangi spontanitas dan inovasi. Namun berdasarkan beberapa pengalaman justru kebalikannya. Jika diterapkan secara benar, metodologi ini terbukti sangat bagus untuk pengerjaan ulang (yang disebabkan oleh kesalahan), memastikan kelengkapan, dan memperkuat standar kualitas. Selain itu, Six Sigma dapat membantu mengatasi hal-hal yang baru, unik, dan sulit.
Manfaat mengintegrasikan Six Sigma ke proses pemasaran yaitu mendapatkan informasi yang lebih baik (manajemen berdasarkan fakta) untuk membuat keputusan yang lebih baik. Menggunakan pendekatan yang lebih kuat untuk mengurangi ketidakpastian yang melekat dalam pemasaran kreatif, disiplin dan dinamis. Salah satu cara untuk mempertahankan pertumbuhan dari waktu ke waktu adalah fokus pada “keunggulan” indikator-indikator tujuan yang anda inginkan. Leading indikator merupakan faktor yang mendahului terjadinya hasil yang diinginkan. Leading indikator bisnis melibatkan pengukuran cacat, kegagalan, dan waktu. Keunggulan indikator dapat termasuk ukuran kinerja fungsional seperti Unit Manufacturing Cost (UMC), pengukuran kualitas seperti Defects Per Million Opportunities (DPMO), dan ukuran berdasarkan waktu keandalan seperti Mean Time Between Failure (MTBF). Indikator utama untuk pemasaran meliputi pangsa pasar dan pendapatan metrik kinerja secara umum. Sebuah indikator utama yang kuat adalah kepuasan pelanggan sebelum transaksi penjualannya itu sendiri (seperti kepuasan dengan pelayanan informasi atau bagian iklan). Berbekal pengetahuan ini, pemasaran dapat memeriksa inisiatif dari perspektif yang berbeda. Untuk mendorong dan mempertahankan pertumbuhan, kinerja dan metrik kualitas diperlukan sikap yang proaktif dan bukan reaktif.
Yang harus diingat bahwa sebuah metodologi pemasaran harus memfasilitasi hubungan antara pelanggan, produk, dan keuangan. Persyaratan ini berusaha mencari lingkup tanggung jawab pemasaran yang komprehensif dari awal penawaran, melalui pengembangan penawaran untuk memberikan pengalaman kepada pelanggan. Ruang lingkup yang komprehensif ini melingkupi ruang lingkup bisnis yang strategis, taktis, dan aspek operasional. Ketiga proses dalam menetapkan cara kerja pemasaran yang menghubungkan kawasan strategis, taktis dan operasional dapat dilihat seperti gambar di bawah ini :

Pada lingkungan kerja profesional marketing sehari-hari bukanlah berbasis pada struktur alur kerja DMAIC. Hal yang fundamental dari pemasaran terdiri dari tiga kunci area, yaitu :
1. Strategic area : Proses renewal protofolio
2. Tactical area : proses komersialisasi (komersialisasi produk atau jasa tertentu)
3. Operational area : Setelah manajemen portofolio di selesaikan, sumberdaya operasi ini yang terjun langsung ke lapangan sepanjang siklus hidupnya, tentu saja di seluruh rantai nilai yang ada.

Metode unik Six Sigma untuk proses pemasaran mencakup tiga bidang, antara lain strategic, tactical, dan operational. Metode untuk membantu strategi pemasaran disebut dengan IDEA. Pendekatan untuk pekerjaan taktis disebut UAPL. Serta metode operasional secara langsung disebut dengan LMAD. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing metode tersebut (Clyde M Craveling, dkk. 2006 : 57) :
Lingkungan proses strategi pemasaran memiliki empat tahapan yang jelas, yang dikenal sebagai proses IDEA, yaitu :
1. Identify Markets; Segmentasi, dan kesempatan yang ditawarkan oleh masing-masing segmen tersebut.
2. Define portofolio requirements; alternatif portofolio produk.
3. Evaluate portofolio; alternatif terhadap tingkat kompetitif portofolio yang ditawarkan.
4. Activated; melakukan perangkingan terhadap masing-masing individu dalam proyek komersil.

Lingkungan proses pemasaran taktis memiliki empat tahapan yang berbeda, yang di definisikan sebagai proses UAPL untuk produk atau pelayanan tertentu :
1. Understand; Memahami peluang pasar dan spesifikasi persyaratan pelanggan yang diterjemahkan kedalam produk atau jasa.
2. Analyze; menganalisis preferensi konsumen.
3. Plan; Rencana keterkaitan antara rincian proses rantai nilai (termasuk pemasaran dan penjualan) untuk keberhasilan komunikasi dan peluncuran produk atau jasa.
4. Launch; Menyiapkan produk atau jasa baru dengan kontrol yang ketat terhadap peluncuran produk atau jasa tersebut.

Lingkungan operasional dalam proses pemasaran memiliki empat tahapan yang berbeda. Proses ini disebut LMAD, diantaranya adalah :
1. Launch; Memulai melakukan penawaran pada periode pengenalan produk ke pasar yang disesuaikan dengan kontrol pada proses sebelumnya.
2. Manage; Mengelola penawaran dan proses penjualan.
3. Adapt; Menyesuaikan antara tugas penjualan dan pemasaran serta alat untuk melakukan perubahan.
4. Discontinue; Menghentikan penawaran dengan disiplin, untuk mempertahankan loyalitas merk.
Selanjutnya, proses pemasaran tinggal berpegang teguh pada metode-metode yang disebutkan diatas (IDEA, UAPL, dan LMAD), dan metode tersebut harus dirancang agar bisa melakukan efisiensi, stabilitas, dan yang paling penting terukur oleh Six Sigma.

OK segitu saja dulu pembahasannya mengenai Six Sigma Untuk Proses Pemasaran nya, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Hatur Nuhun..

Comments :

4853 komentar to “Six Sigma Untuk Proses Pemasaran”
Blogger mengatakan...
on 

wah ternyata sama seperti saya yang cukup lama off dari dunia blogger, he²..mempelajari ilmu marketing memang membutuhkan kesabaran untuk sebuah kesuksesan.

Indonesia Siap Bersaing di SERP mengatakan...
on 

nice info mas....ijin nyimak

Indonesia Siap Bersaing di SERP mengatakan...
on 

kunjungan perdana mas bro,
wah dapat ilmu baru tentang pemasaran tentu hal ini berguna jika terjun dalam dunia pemasaran.

sewa lcd projector surabaya mengatakan...
on 

thnks infonya yah...sukses selalu sob

Museum mengatakan...
on 

thanks yah mas,,,good luck

businessman mengatakan...
on 

thanks atas infonya yah pa..

harga komputer mengatakan...
on 

dunia marketing / pemasaran selalu menarik buat dipelajari..
terima kasih, sharing yg sangat brmanfaat

Pulsa Murah mengatakan...
on 

terima kasih artikel nya sob

Mobil Bekas mengatakan...
on 

mantapsss
ijin simak gan

poles marmer mengatakan...
on 

tenkyu for ur nice info... :-)
i like ur post... :-)

XAMthone plus mengatakan...
on 

makasih ya udah mau berbagi salam kenal ya GAN

Kristiana mengatakan...
on 

pembahasan yg ckup menarik...keep posting gan..

Lukisan Termurah mengatakan...
on 

makasih ya sudah berbagi info....

Panduan Dan Tutorial Gratis mengatakan...
on 

saya masih kurang wawasan tentang ilmu pemasaran, artikel ini sangat membantu karena saya juga ingin menjadi marketer yg sukses. Makasih ya udah berbagi pengetahuan

Obat darah tinggi mengatakan...
on 

wah meski sedikit rada mumet tentang sigma X tapi ijin baca-baca ya

rahasia sulap mengatakan...
on 

akhirnya ketemu juga blog yang infonya maknyus..
mantab pak, thanks ya..

home design elegant mengatakan...
on 

mantap gan,,,,,, tengkyu.....

Home design elegant

baca komik manga naruto/komik blaze crew mengatakan...
on 

nice info....

http://komikblaze.blogspot.com
baca komik naruto bahasa indonesia
baca komik one piece bahasa indonesia

souvenir pernikahan murah mengatakan...
on 

Salam kenal....

KODAK mengatakan...
on 

salam kenal blogger indonesia

MANFRO mengatakan...
on 

mantaff nniii,
izin baca dolo gan

LOVE mengatakan...
on 

susah di pahami gan

FUNNY mengatakan...
on 

cool
thanks bro
nambah ilmu ni

MP3TERBARU mengatakan...
on 

ADA VIDEO NYA GA?

sequen mengatakan...
on 

Coba pke prestasop buat pemasaran

christmas mengatakan...
on 

ada grafik yg mudah di pahami?

Indonesia Siap Bersaing di SERP mengatakan...
on 

ijin nyimak tapi masih bingung juga mas

obat alami asam urat mengatakan...
on 

wah info yang bagus gan...ijin menyimak dan memberikan komentarnya gan tks

Yayack Faqih mengatakan...
on 

lumayan tambah tambah ilmu.hehehe

Obat herbal kanker payudara mengatakan...
on 

info yang menarik GAN

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mengatakan...
on 

thank info software nya Gan!

ptcisme blog mengatakan...
on 

lam kenal ! numpang baca2x!

obat-kanker mengatakan...
on 

berakit rakit kehulu
berenang renang ketepian ya Gan...
makasih numpang lewat

Badr mengatakan...
on 

makasih infonya sangat bermanfat.

david yusuf mengatakan...
on 

aduh.. pusing aku...,kok kayaknya rumit banget ya....?memang lain kalo dah master, he..he...
ada yang lebih simpel nggak...?
:)

Gas Pressure Regulator mengatakan...
on 

Mumet Bos, musti dipelajari lebih lanjut nih, tapi thank untuk sharing-nya.

obat darah tinggi mengatakan...
on 

aduh pentium nih otak ku hihi di baca berulang-ulang gak masuk-masuk
ih aku nya yang oneng kali ya
thank's ya

ohgd mengatakan...
on 

makasih banyak tips nya. salam kena;

Indonesia Siap Bersaing di SERP mengatakan...
on 

Nice info...thanks.

toko online mengatakan...
on 

makin sukses ya dengan six sigmanya

Sistem Informasi mengatakan...
on 

ga id update lagi kawan? kan udah lama.. ditunggu postingan berikutnya ya.. ;)

Gas pressure regulator mengatakan...
on 

sip

Indonesia Siap Bersaing di SERP mengatakan...
on 

seppp gan,,,thank berat

healthy life care news mengatakan...
on 

jos gan mantab

belly mengatakan...
on 

Terima kasih atas info nya,,,sungguh sangat bermanfaat,,semoga berguna buat semua..

Car Air Freshener mengatakan...
on 

salam kenal .
artikelnya baggus .
makasih .
sukses .

dayat mengatakan...
on 

Artikelnya panjang banget...
jadi pusing bacanya
just a simple of blog for sharing

rega mengatakan...
on 

mantab nih artikelnya...thanks ya

Gas Turbine Flow Meter mengatakan...
on 

Terima kasih atas info nya, mudah2an bermanfaat ya ,,,

rega mengatakan...
on 

belajar marketing emang susah juga ya..trims buat infonya, kunjungi balik ya

Berik Wicaksono mengatakan...
on 

saya seorang pemasar. referensi seperti ini sangat memberikan inspirasi bagi tugas saya sehari hari. Thanks Bro

Gebyar Speedy Pekalongan mengatakan...
on 

Six Sigma, refrensi yg bagus buat toko onlineku.. makasih ya...

Gebyar Speedy Pekalongan mengatakan...
on 

Wah, mengingat kembali pelajaran ketikah kuliah dulu.. Six Sigma sangat penting dalam suatu perusahaan/pabrik..

Gebyar Speedy Pekalongan mengatakan...
on 

Wah, baru tau apa itu six sigma.. makasih udah share..

Gratisan92 mengatakan...
on 

wah info yang menarik, thanks,,,,

Museum Budaya mengatakan...
on 

salam kenal .
artikelnya bagus .
makasih .

World of Football mengatakan...
on 

wahh, mantap nih pembahasan soal six sigmanya...
keren mas...


Home Interior and Design
Great Home Improvement

Sekarung Info mengatakan...
on 

manteb ada 6 jalan menuju sukses

Redjeq mengatakan...
on 

Ini dia yang aku cari-cari selama ini..

STOP KORUPSI DAN SUAP DI INDONESIA mengatakan...
on 

info yang bemanfaat sob......

Gebyar Speedy Pekalongan mengatakan...
on 

Thanks Sobat...

mampir ke blog saya ya mas..
http://www.faikshare.com/2010/12/event-event-dalam-gebyar-speedy-akhir.html

Jasa Pembuatan Website mengatakan...
on 

Wahh.. Ilmunya keren banget.. biar blogger, tentunya tetep hrus belajar ilmu marketing :D biar blognya makin rame :D
keren keren :)

jaka mengatakan...
on 

pengetahuan yg bermanfaat...
thanks,,

nyeri lutut mengatakan...
on 

ilmu marketingnya dalem banget.tambah wawasan. thanks.

Fahrezza mengatakan...
on 

terima kasi gan atas infonya...
.
nice info

Dhian mengatakan...
on 

info bagus... bisa tambah ilmu pengetahuan ni..
.
thanks for your info

Pusat MAKANAN Sehat mengatakan...
on 

Selamat pagi
infonya bermanfaat, meski ga sebegitu ngerti tentang pemasaran, rasanya saya mulai tertarik dengan dunia pemasaran ini.

terima kasih banyak, sukses selalu
ditunggu kumjungan baliknya di http;//makanandietsehat.wordpress.com

ansi mengatakan...
on 

sy tertarik mas dengan artikelnya...
dan cukup nyambung dengan jurusan yg sy ambil, matematika...

Usaha Sukses mengatakan...
on 

Manajemen kualitas dengan six sigma harus konsisten. Karena lingkaran DMAIC harus terus berjalan, baru akan terlihat hasilnya. Thanks mas..

konveksi baju seragam mengatakan...
on 

thanks infonya, sangat berguna

infus printer epson tinta art paper mengatakan...
on 

artikel yang sangat bagus dan memberikan inspirasi dan semangat untuk maju, thanks

Imtra Admin mengatakan...
on 

Info yang sangat menarik..

Warteg Warung Makan Murah Masakan Berkualitas mengatakan...
on 

mantep nih....

obat-pegobatanalami mengatakan...
on 

rata2 orang enggan bergelut di pemasaran,tapi kalau sudah tahu ilmunya akan sangat menarik,terimakasih udah mau berbagiilmu

obat-herbal alami mengatakan...
on 

pemasaran adalah ilmu yang akan membentuk karakter kita jadi lebih kreatif dan bertanggungjawab

Cara Beriklan Di Internet mengatakan...
on 

tambah pengetahuan nih....numpang baca2 dulu ya kang....

CARA BERMAIN RUBIK mengatakan...
on 

Thanks, nice share banget, nambah ilmu saya nih.

Memories Of Entertainment mengatakan...
on 

wahh, keren euy penjelasan soal Six Sigmanya...
bahasanya mudah dimengerti...
thanks yah kang..


Happy Entertainment
Technology Update
Best Blog
Google Optimization

Pepliteknologi mengatakan...
on 

nice info

Healthy Mind mengatakan...
on 

I was very impressed with your writing, and I will try to implement it,
thank you so much for this very interesting information

mr.linkie mengatakan...
on 

Yang harus diingat bahwa sebuah metodologi pemasaran harus memfasilitasi hubungan antara pelanggan, produk, dan keuangan.

home design mild mengatakan...
on 

sep lah nie post

Game Update mengatakan...
on 

mantaplah..
six sigma for life...
hahahaha..
Happy New Year 2011 y'all!!!


Business Tips
Entertainment Center
Health Information
Home Improvement

AcerNoval mengatakan...
on 

Info yang sangat menarik..

IT and Gadget Update mengatakan...
on 

sebenernya inti dari six sigma itu soal integrasi proses kan yah?
bener kan?

:)


Technology Device
Women Lifestyle
Auto Magazine
Technology Device

CARA BERIKLAN DI INTERNET mengatakan...
on 

Sema yang sangat baik untuk diterapkan...

Diskon gila disdus.com mengatakan...
on 

Wah ak malahan baru tau hal2 seperti gini.. :)

Racun Api mengatakan...
on 

wahhh.. mangtabs! artikel marketing yg menarik.. new for me.. thanks so much! =D

Currency Trade Pro mengatakan...
on 

skema yang seru nih untuk dipraktekan...
makasih udah sharing ke kita2 nih...


Technology Update
Modern Technology
Bulletin Food and Cake
Smart Parent

Web Design Idea mengatakan...
on 

top markotop.......

PressByte mengatakan...
on 

Artikel yang bagus bagi yang pengen mencoba dunia marketing..

blogwalking mengatakan...
on 

makasih friend atas infonya, salam kenal

Home For Dinner mengatakan...
on 

mantep euy infonya...
sukses terus kang!!

Women Friendly
Leisure And Vacation
Technology Review
Traveling Information

cara dapat uang online mengatakan...
on 

thwnks gan info yangg bgus bngt

Bagus Blog mengatakan...
on 

Wah, saya harus belajar lebih tentang pemasaran disini nich.. makasih infonya gan..

Antena Tempel mengatakan...
on 

* Buat agan2 yang lain saya undang anda untuk bertukar link dengan Tukeran Link
* Jadilah komentator pertamax di kolom komentar yang berstatus Dofollow

obat herbal mengatakan...
on 

saya pernah dengar,tapi apa,sekarang sayah dah ngerti makasih infony.

Artikel Teknologi | Artikel Internet mengatakan...
on 

Makasih sudah share ilmunya. Dapat ilmu baru nihh..

Panduan SEO mengatakan...
on 

Setelah membaca postingan ini akhirnya dapat gambaran tentang Six sigma. Mungkin tahun depan ada Seven Sigma.

CERITA sex mengatakan...
on 

info yg bgus gan

cara dapat uang dari internet mengatakan...
on 

makasih dah berbagi ilmu gan

blog tutorial mengatakan...
on 

wow tambah ilmu dah aku hehehe thanks bro

Paulo Roxcy mengatakan...
on 

mantap articlenya. saya dapat juga waktu kuliah dulu

Technology And Electronics mengatakan...
on 

weeeehhh, berat amat bahasanya...
tapi manteb banget deh!!!

Traveling And Vacation mengatakan...
on 

salam kenal yah mas...
sukses selalu..

Review Technology mengatakan...
on 

hmmm, mahal nih kursus six sigma yang bersertifikatnya...
:)

Business And Money Management mengatakan...
on 

hmmm, minta diupdate lagi donk mas soal six sigmanya...
makasih..

Technology Magazines mengatakan...
on 

blogwalking siang2...
salam blogger...

giriayoga mengatakan...
on 

wah, asyik dapat ilmu baru tentang pemasaran...hehe

Status Facebook Lucu mengatakan...
on 

Artikel yang bagus,ijin nyimak dulu ya :)

spesifikasi mobile phone mengatakan...
on 

selalu semangat gan artikelnya menarik gan
thanks

Blog Gadget Review mengatakan...
on 

nice info kawan tq for sharing ya

Obat Herbal Indonesia mengatakan...
on 

selalu ada inovasi teori baru di bidang pemasaran, emang para ahli pemasaran gak ada matinya buat nelorin ide/teori baru, btw tq infonya sob

toko online mengatakan...
on 

Proses.. marketing ternyata proses yang sangat menantang di sebuah bisnis y mas

Salam kenal mas
Ezaa

sewa mobil jakarta mengatakan...
on 

wah mantap nih ilmu six sigmanya
bisa di aplikasikan nih
makasi ilmunya y mas

Women And Healthy mengatakan...
on 

wah, tulisannya bagus nih..
makasih yah udah sharing ke kita2...

Women Inspiration mengatakan...
on 

Nice post...
saya setuju sama tulisan diatas.

Nice Home mengatakan...
on 

akhirnya sampe juga disini nih...
salam kenal mas..

Business Magazines mengatakan...
on 

ijin main2 yah kang..
sukses selalu...

Travel And Hotel mengatakan...
on 

blogwalking...
permisi masss....
sukses terus...

Satria Ilham firdaus mengatakan...
on 

ajipppp. . . . continue work. . :)
don't 4geth come to me :http://aboutwindowsall.blogspot.com/

Sewa Genset mengatakan...
on 

luar biasa, meski jarang2 posting sekali posting AJIB , salam kenal kang

baju couple mengatakan...
on 

artikel yg menarik dan bermanfaat... keep posting gan.. :)

mobile trading mengatakan...
on 

Nice Info Pak...

Salam Kenal...

Miracle Home Design mengatakan...
on 

mantep nih infonya..
makasih yah udah bagi2 ke kita..
:)

My Home Inspiration mengatakan...
on 

tengkyu mas buat tulisannya...
jadi nambah2 ilmu nih..

Technology And Gadgets mengatakan...
on 

keren nih postingannya...
sukses terus mas..
kunjungan balik donk..

Women Care mengatakan...
on 

Blogwalking nih bro...
permisi yaaa..

Station Business mengatakan...
on 

ijin buat backlink yah kang...
nuhun ahh..
:D

Travel And Resort mengatakan...
on 

wah, tulisannya bagus nih..
makasih yah udah sharing ke kita2...

Unforgettable Vacation mengatakan...
on 

Nice post...
saya setuju sama tulisan diatas...

Information And Technology mengatakan...
on 

akhirnya sampe juga disini nih...
salam kenal mas.....

Life of House mengatakan...
on 

ijin main2 yah kang..
sukses selalu...

Full of Lovely Home mengatakan...
on 

blogwalking...
permisi masss....
sukses terus...

TsaniOke mengatakan...
on 

kunjungan perdana mas bro,
wah dapat ilmu baru tentang pemasaran tentu hal ini berguna jika terjun dalam dunia pemasaran. Terima kasih ya

Game News mengatakan...
on 

mantep nih infonya...
makasih yah udah bagi2 ke kita...
:)

Webmaster Area mengatakan...
on 

tengkyu mas buat tulisannya...
jadi nambah2 ilmu nih...

Investasi mengatakan...
on 

keren nih postingannya...
sukses terus mas..
kunjungan balik donk...

Go Tour mengatakan...
on 

Blogwalking nih mas...
permisi yaaa..

Travel Idea mengatakan...
on 

ijin buat backlink yah kang...
nuhun ahh..
:D

Women Matters mengatakan...
on 

wah, tulisannya bagus nih..
makasih yah udah sharing ke kita2...

Women Place mengatakan...
on 

Nice post...
saya setuju sama tulisan diatas..

Women Club mengatakan...
on 

akhirnya sampe juga disini nih...
salam kenal mas.....

Hot e-Lifesyle mengatakan...
on 

ijin main2 yah kang..
sukses selalu...

Gwen Stefani Fans mengatakan...
on 

blogwalking...
permisi masss....
sukses terus...

Technology High End mengatakan...
on 

widihhh..mantep banget nih tulisannya.
keep posting sob!

Personality Women mengatakan...
on 

ane setuju banget sama postingan ente gan!
mantep dahhh..

The Best of Technology mengatakan...
on 

jangan lupa kunjungan baliknya donk bro..
sukses terus yaa..
makasih.

Document Technology mengatakan...
on 

salam kenal dari bandung om..
:)
sukses terus!!!

Women Interest mengatakan...
on 

wah, mantap kali you punya tulisan..
sukses yaaa.

azgi mengatakan...
on 

wah thx infonya, kebetulan semester ini saya ambil matkul bisnis integent, artikel ini sangat bermanfaat gan

Musik Bawah Tanah mengatakan...
on 

makasih banyak ya Gan atas artikelnya... suses selalu buat blog ini.. salam \m/

movie trailer mengatakan...
on 

I liked your article about the application of Six Sigma in marketing

tips google mengatakan...
on 

thaks for this info. good content, i like it

health solution mengatakan...
on 

thanks gan infonya. salam knl :)

7 taman langit mengatakan...
on 

terima kasih infonya
kunjungan perdana
salam kenal

agribisnis mengatakan...
on 

Ulasan yang lengkap dan informasi yang bermanfaat bagiku. Thanks

ahid mengatakan...
on 

makasih...

Kids Typing Games | Typing Lessons mengatakan...
on 

dapat ilmu tambahan..

Kids Typing Games mengatakan...
on 

Komen dulu ah br baca biar g lupa hehehe..

mobile phone mengatakan...
on 

artikel yg bagus gan

Day Spa mengatakan...
on 

salam kenal .
nice post .
makasih .

grosir pakaian muraH mengatakan...
on 

Kunjungan siang hari

jual batik solO mengatakan...
on 

Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan Happy blogging teman teman

Modern Business mengatakan...
on 

mantep nih infonya...
makasih yah udah bagi2 ke kita...
:)

Auto Online mengatakan...
on 

tengkyu mas buat tulisannya...
jadi nambah2 ilmu nih...

Technology And Application mengatakan...
on 

keren nih postingannya...
sukses terus mas..
kunjungan balik donk...

Family Insurance Center mengatakan...
on 

Blogwalking nih mas...
permisi yaaa..

Public Insurance mengatakan...
on 

ijin buat backlink yah kang...
nuhun ahh..
:D

Insurance Corner mengatakan...
on 

wah, tulisannya bagus nih..
makasih yah udah sharing ke kita2...

Education Magazines mengatakan...
on 

Nice post...
saya setuju sama tulisan diatas..

Entertainment Now mengatakan...
on 

akhirnya sampe juga disini nih...
salam kenal mas.....

Technology System mengatakan...
on 

ijin main2 yah kang..
sukses selalu...

Strategy Marketing mengatakan...
on 

blogwalking...
permisi masss....
sukses terus...

Webmaster Club mengatakan...
on 

widihhh..mantep banget nih tulisannya.
keep posting sob!

Food Zone mengatakan...
on 

ane setuju banget sama postingan ente gan!
mantep dahhh..

Insurance Zone mengatakan...
on 

jangan lupa kunjungan baliknya donk bro..
sukses terus yaa..
makasih.

Business Resources mengatakan...
on 

salam kenal dari bandung om..
:)
sukses terus!!!

Power of Technology mengatakan...
on 

wah, mantap kali you punya tulisan..
sukses yaaa.

World of Football mengatakan...
on 

Great Post!
thanks for sharing it...

baju musLiM mengatakan...
on 

Happy blogging teman teman

baju muslim muraH mengatakan...
on 

Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

baju muslim anak mengatakan...
on 

Thxz infonya ya kawan

peluang bisnis kecil mengatakan...
on 

Keep blogging, smuga berguna ilmunya

haris mengatakan...
on 

makasih infonya. salam kenal

dunia perikanan mengatakan...
on 

Salam kenal mas, wah menarik nih artikelnya..

Unknown mengatakan...
on 

funtastik! niat mwnjalin silaturahim, mau tukar link? www.larvaputih.co.cc

phone mengatakan...
on 

makasih ya ats postinganya......

lokal aja mengatakan...
on 

salam kenal sobat blogger :)

Entertainment For You mengatakan...
on 

Great Post!
thanks for sharing it...

Entertainment Magazines mengatakan...
on 

wah, mantap kali you punya tulisan..
sukses yaaa.

Vision Jazz mengatakan...
on 

salam kenal dari bandung om..
:)
sukses terus!!!

City Car 119 mengatakan...
on 

jangan lupa kunjungan baliknya donk bro..
sukses terus yaa..
makasih.

Traveling Tips mengatakan...
on 

ane setuju banget sama postingan ente gan!
mantep dahhh..

Memories at House mengatakan...
on 

widihhh..mantep banget nih tulisannya.
keep posting sob!

Metropolis Women mengatakan...
on 

blogwalking...
permisi masss....
sukses terus...

Technology News mengatakan...
on 

ijin main2 yah kang..
sukses selalu...

Business And Financial mengatakan...
on 

akhirnya sampe juga disini nih...
salam kenal mas.....

Professional Business mengatakan...
on 

Nice post...
saya setuju sama tulisan diatas..

Great Entertainment mengatakan...
on 

wah, tulisannya bagus nih..
makasih yah udah sharing ke kita2...

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 4853   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik