Six Sigma

balik lagi ngeblog ah hehehe.... dah lama banget nih ga pernah di update blog ini, terima kasih buat temen2 semuanya yang masih sering mengunjungi blog saya walaupun saya sendiri jarang update. mudah2an ke depannya bisa update lagi secara terus-menerus seperti dulu lagi hehe..kali ini saya akan coba menulis tentang six sigma, tapi karena saya juga masih rada-rada awam jadi saya tulis dari berbagai sumber juga (tapi saya cantumkan ko sumber2nya hehe). ok ga usah banyak cincong deh, langsung aja yah..

Untuk bisa sampai pada pengertian Six Sigma, kita perlu melihat sedikit sejarah mengenai Six Sigma itu sendiri. Six Sigma dimulai oleh Motorola pada tahun 1980-an yang di motori oleh salah seorang engineer disana yang bernama Bill Smith dan dukungan penuh CEO nya Bob Galvin. Motorola menggunakan statistics tools diramu dengan ilmu manajemen menggunakan financial metrics (yaitu Return On Invesment, ROI) sebagai salah satu alat ukur dari quality improvement process. Konsep ini kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Dr. Mikel Harry dan Richard Schroeder yang lebih lanjut membuat metode ini mendapat sambutan luas dari petinggi Motorola dan perusahaan lain (www.isixsigma.com).


D. Manggala (2005 : 6) memberikan definisi Six Sigma sebagai berikut :
Six Sigma merupakan metodologi yang terstruktur untuk memperbaiki proses yang difokuskan pada usaha mengurangi variasi proses (process variances) sekaligus mengurangi cacat (produk atau jasa yang di luar spesifikasi) dengan menggunakan statistik dan problem solving tools secara intensif.

www.isixsigma.com (2010) memberikan definisi Six Sigma secara harafiah sebagai berikut :
Six Sigma (6σ) adalah suatu besaran yang bisa kita terjemahkan secara gampang sebagai sebuah proses yang memiliki kemungkinan cacat (defect oportunity) sebanyak 3,4 buah dalam satu juta produk atau jasa. Jadi intinya di banyak organisasi diartikan sebagai pengukuran kualitas yang mendekati kesempurnaan atau hampir bebas cacat.

Sementara Clyde Creveling, Lynne Humbleton, dan Burke McCharty (2006 : 8) mengatakan : “Technically, Six Sigma is described as a data-driven approach to reduce defects in a process or cut costs in a process or product, as measured by "six standard deviations" between the mean and the nearest specification limit”.

Dari beberapa pengertian mengenai Six Sigma diatas, secara statistik Six Sigma digunakan untuk menggambarkan variabilitas, atau standar deviasi, seperti cacat per unit. Gambar 2.1 menunjukkan distribusi populasi normal, dengan mean (µ) di tengah-tengah dan titik data pada kurva yang menunjukkan standar deviasi (σ) di sebelah kanan dan kiri dari mean.




Tujuan dari Six Sigma kualitas adalah untuk mengurangi variasi proses output secara jangka panjang, yang merupakan agregat pengalaman dengan proses perusahaan dari waktu ke waktu, ini yang akan menghasilkan bagian tidak lebih dari 3,4 cacat per milion peluang. Untuk proses hanya satu batas spesifikasi (atas atau bawah), hasil ini dalam enam proses standar deviasi antara mean dari proses dan batas spesifikasi pelanggan (karena itu, 6 sigma). Untuk proses dua batas spesifikasi (Hulu dan Hilir), ini diterjemahkan menjadi sedikit lebih dari enam proses standar deviasi antara mean dan setiap batas spesifikasi sehingga tingkat kecacatan sesuai dengan total setara dengan enam proses standar deviasi.

KOMPONEN UTAMA SIX SIGMA

Menurut Peter Pande, dkk, dalam bukunya The Six Sigma Way : Team Fieldbook, ada 6 komponen utama konsep Six Sigma sebagai strategi bisnis :
1. Benar-benar mengutamakan pelanggan : seperti kita sadari bersama, pelanggan bukan hanya berarti pembeli, tapi bisa juga berarti rekan kerja kita, team yang menerima hasil kerja kita, pemerintah, masyarakat umum pengguna jasa, dll.
2. Manajemen yang berdasarkan data dan fakta : bukan berdasarkan opini, atau pendapat tanpa dasar.
3. Fokus pada proses, manajemen dan perbaikan : Six Sigma sangat tergantung kemampuan kita mengerti proses yang dipadu dengan manajemen yang bagus untuk melakukan perbaikan.
4. Manajemen yang proaktif : peran pemimpin dan manajer sangat penting dalam mengarahkan keberhasilan dalam melakukan perubahan.
5. Kolaborasi tanpa batas : kerja sama antar tim yang harus mulus.
6. Selalu mengejar kesempurnaan.


FONDASI SIX SIGMA

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Six Sigma adalah suatu metoda yang sangat tersetruktur. Struktur dari Six Sigma sendiri terdiri dari lima tahapan yang singkat yang sering disebut DMAIC atau Define, Measure, Analyze, Improve, Control. Selain itu, implementasi Six Sigma ditentukan oleh kehadiran seorang (atau lebih) fasilitator yang memahami manajemen dan penggunaan statistik; fasilitator ini disebut dengan Black Belt. Namun yang terpenting dari semua itu adalah team pelaksana, yang terdiri dari anggota yang berasal dari berbagai tim/departemen yang saling terkait atau cross-functional team (D. Manggala, 2005 : 9).

Setiap tahapan mempunyai bagian-bagian yang mesti dilaksanakan ataupun mempunyai jenis-jenis konsep statistik yang bisa dipakai, walaupun sebenarnya untuk penggunaan statistik bisa cukup fleksibel, berikut adalah tahapan-tahapan tersebut (D. Manggala, 2005 : 10) :
1. Define : pada tahap ini team pelaksana mengidentifikasikan permasalahan, mendefinisikan spesifikasi pelanggan, dan menentukan tujuan (pengurangan cacat, biaya dan target waktu) serta skala prioritasnya.
2. Measure : tahapan ini adalah untuk memvalidasi permasalahan, mengukur atau menganalisis permasalahan dari data yang ada termasuk pengukuran dan analisis kapabilitas proses.
3. Analyze : menentukan faktor-faktor yang yang paling mempengaruhi proses; artinya mencari satu atau dua faktor yang apabila hal tersebut diperbaiki akan memperbaiki proses kita secara dramatis. Hal ini bisa dilakukan dengan menganalisis ukuran performansi perusahaan serta mengidentifikasi sumber dan akar penyebab masalah kualitas proses.
4. Improve : pada tahap ini di diskusikan ide-ide untuk memperbaiki sistem berdasarkan hasil analisa terdahulu, melakukan percobaan untuk melihat hasilnya, apabila sudah sesuai atau baik maka di teruskan untuk membuat standarprosedur bakunya (standard operating procedure- SOP). Secara umum tahapannya adalah dimulai dari merencanakan perbaikan kualitas, mendesain faktor dan level, percobaan dengan metode Taguchi, dan pemilihan level terbaik dari proses.
5. Control : pada tahapan ini harus di buat perencanaan dan desain pengukuran agar hasil yang sudah bagus dari perbaikan team bisa berkesinambungan. Pada tahap ini biasanya dibuat metrics untuk selalu di monitor dan di koreksi bila sudah mulai menurun ataupun untuk melakukan perbaikan lagi.

Segitu aja dulu yah, terima kasih banyak kepada D. Manggala atas ebook nya yang telah banyak menginspirasi penulisan ini dan juga para senior-senior di bidang six sigma. ke depannya saya akan menulis bagaimana Six Sigma ini di terapkan pada bidang pemasaran. Mudah-mudahan bisa cepet di selesaikan penulisannya.


Comments :

4594 komentar to “Six Sigma”
XAMthone plus mengatakan...
on 

Pertamaxx Y gan makasih share nya

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mengatakan...
on 

good post......keren

Auto Car Trends mengatakan...
on 

keren gan infonya..
salam kenal,,

rowery dzieciece mengatakan...
on 

saya suka artikel Anda sangat banyak

e-je mengatakan...
on 

terima kasih semuanya, semoga bermanfaat...

agen obat gamat resmi mengatakan...
on 

numpang komen boleh juga artikelnya gan..salam kenal dari poso sul-teng

hasan mengatakan...
on 

wah six sigma perlu jga

semendo mengatakan...
on 

Tapi six sigma ada kelemahannya juga bro, yaitu mempersempit ruang gerak inovasi :)

e-je mengatakan...
on 

@semendo : ah ga juga ko bro, buktinya motorolla tetap bisa berinovasi malahan yang lain juga yang nerapin six sigma bisa jauh lebih inovatif :)

Seminar jakarta indonesia 2011 mengatakan...
on 

ini nih yang kadang sering digunakan dalam bisnis

Pepli Teknologi mengatakan...
on 

six sigma tu apaan???

kontraktor mengatakan...
on 

thanks share infonya, slm kenal

dollar mudah gratis mengatakan...
on 

ini yang saya cari2

Videsta mengatakan...
on 

Useful information, thanks!

New Motorcycle mengatakan...
on 

info menarik Bos.. baru tau nyang kayak ginian.. hehe

Mandailing Natal mengatakan...
on 

sayang sekali ku gak ngerti

children health care mengatakan...
on 

waduh,harus baca berulang2 ni,,sebenernya ini berkaitan dengan apa sih bos?

joe mengatakan...
on 

oke gan thanks info nya

Obat darah tinggi mengatakan...
on 

wah mntap sigma X nya

pusat info dunia maya mengatakan...
on 

mantap mas,,
thx,,

kunjungi balik gan,,
http://pusatduniamaya.blogspot.com

rere mengatakan...
on 

mantab infonya gan...jadi tau apa itu six sigma...makasih ya..

Kamal mengatakan...
on 

Informasi yg sangat bermanfaat sob,

Salam kenal dari Saya Kamal Blgger Makassar
http://www.artikelkamal.com

Obat kolesterol mengatakan...
on 

ass
salam kenal gan
tak lain saya berkunjung ingin dapat backlink hihihih maaf ya

Gunung Merapi Terkini mengatakan...
on 

ditunggu neh postingan" kerenya sob ayo kapan ngeblog lagi....

e-je mengatakan...
on 

six sigma ini berhubungan dengan pengendalian kualitas yang berbasiskan statistik

flaxsee mengatakan...
on 

gua dukung ne……
So pasti man………….

tagalog mengatakan...
on 

cap cay ne loe punya….
Hebat guys………………

advent mengatakan...
on 

mantep u punya berita
Interest…………

exercises mengatakan...
on 

ne dia yang di cari2…..
I like it,,,

SCANNING mengatakan...
on 

good u blog
Good u idea…..

FENDER mengatakan...
on 

maksih bget ne buat postingan nya
Kerennn gan
3 Glad too meet u……

Grosir Pakaian Murah mengatakan...
on 

happy blogging

Jual BAtik Solo mengatakan...
on 

salam kenal

GrosIR BusAna MuslIM mengatakan...
on 

semangat di pagi hari
keep blogging

bAJU MuSLIM AnAk mengatakan...
on 

sejahtera buat kita semua

Peluang Bisnis saMpINgAN mengatakan...
on 

good info

febz chriz mengatakan...
on 

postingan yang menarik...nice info...thnkss .from....(www.goodnews-inside.blogspot.com)

Agustglory mengatakan...
on 

thanks share infonya,bang... slm kenal n sukses selalu...

Sports Shoes mengatakan...
on 

salam kenal .
makasih yaa infonya .

Berbagi Ilmu dan Informasi mengatakan...
on 

Artikel menarik bos. Saya suka. Maaf berkunjung sambil baca baca nich

Obat maag mengatakan...
on 

wah artikel yng sangat menarik than'k udah share tentang six sigma

zodiak mengatakan...
on 

nice post..http://zodiaks.blogspot.com/2010/11/puisi-patah-hati-karena-cinta.html :D

berita mengatakan...
on 

nice post

games pc pes 2011 mengatakan...
on 

ilmu tingkat tingga ya fren.:D

underwear mengatakan...
on 

Hi,
You have post good information.

money mengatakan...
on 

good content, i like it.. hmmm kunjungi balik yah plend salam kenal from me

seo mengatakan...
on 

terima kasih atas kontent yang menarik, maklum aq orang awam... nice post :)

Pulsa Elektrik mengatakan...
on 

Six Sigma itu ada perguruannya sendiri. Trus klu tamat dapat black belt. Kaya' Beladiri saja.... Hehehe...mang penting untuk bisnis sih...

cheatpointblank mengatakan...
on 

nice blog...

poles marmer mengatakan...
on 

mksh bwt info'a...

blog mengatakan...
on 

mantap tu ilmunya di sana...

Agustglory mengatakan...
on 

keren gan infonya..
salam kenal,,

Lukisan Termurah mengatakan...
on 

keren tuh infonya, terima kasih sudah berbagi...

rahasia sulap mengatakan...
on 

terimakasih atas sharenya bro.
bermanfaat sekali posting nya.
salam kenal.

Indonesia Siap Bersaing di SERP mengatakan...
on 

wah jelimet bener ilmu pemasaran

Mangidis mengatakan...
on 

Judul TA aku juga mengenai Six Sigma. Hasilnya dapet A Bro.. Good Luck..

Warteg Warung Makan Murah Masakan Berkualitas mengatakan...
on 

mantap gan...

keep share yak :)

obat alami asam urat mengatakan...
on 

wah mantap tuh six sigma,, thank aja buat infonya

xamthone plus mengatakan...
on 

terima kasih mas buat infonya,,,, langsung aja ke tkp

obat alami mengatakan...
on 

lanjutin terus gan

sepatu kulit mengatakan...
on 

waduh ga ngerti nih topilknya, hehe

obat herbal mengatakan...
on 

artikel bagus juga.
mojadi motifator gan...
lam knl ja..

Imam Rois mengatakan...
on 

good post......keren banget sob......

tuan muda kalsel mengatakan...
on 

saya malah tidak begitu mengerti....

CERITA sex mengatakan...
on 

nice article

cara dapat uang dari internet mengatakan...
on 

terima kasih artikelnya keren gan

tutorial blog mengatakan...
on 

lanjutkan perjuanganmu gan

tenagasurya mengatakan...
on 

Thanks untuk artikelnya... bagus baget...
tetaplah selalu optimis...

spesifikasi mobile phone mengatakan...
on 

sesalu semangat gan artikelnya menarik gan thanks

Brankas mengatakan...
on 

jadi pengen download ebooknya D Manggala.. ada linknya bos?

poles marmer mengatakan...
on 

six sigma ini udh ada sejak dulu ato br skr2 ni aja ya...??

tips google mengatakan...
on 

i like this info, so i comment here, thanks mate

health solution mengatakan...
on 

waaah bgus nie buat bljar.... ada ebooknya g gan ?

mobile phone mengatakan...
on 

gread job

phone mengatakan...
on 

mantep bro........
good luck

obat herbal darah tinggi mengatakan...
on 

ditunggu postingan terbarunya gan

obat alami asam urat mengatakan...
on 

waduh mantap juga tuh gan buat infonnya sangat bermanfaat gan,,

Free iPad Wallpapers mengatakan...
on 

ini dia blog bagus..nice bgt

Teguh Bayu mengatakan...
on 

maap ane belm baca males banget kepanjangan, jadi numpang komeng aja dah

aradeamarkatin mengatakan...
on 

aku agak kurang ngerti tentang ini, jadi bisa nambah referensi nih gan, di tunggu kunjungannya ya..

obat epilepsi mengatakan...
on 

mantap gan ,, aku suka artikelnya , salam kenal aja gan

Laptop Review, Software and Driver mengatakan...
on 

Laptop Review, Software and Driver

obat lupus alami mengatakan...
on 

ok juga ni gan infonya, salam kenal aja gan,,

buat web gratis mengatakan...
on 

Terima kasih informasinya, tambah pengetahuan lagi :)

buat situs gratis mengatakan...
on 

Rasanya baru melihat pembahasan hal ini , dalam artikel ini...

yopi nuyos mengatakan...
on 

Jelas sekali penjelasannya, terima kasih..

intifadah mengatakan...
on 

Bagus sekali pemaparannya..

nuyos mengatakan...
on 

Six Stigma, Nice !!! :)

Wireless mengatakan...
on 

Artikel menarik, tambah ilmu..

obat stroke alami mengatakan...
on 

terima kasih gan infonya , ini sangat berguna bagi saya

Jual Beli Paypal mengatakan...
on 

Jual Beli Paypal

produk perawatan wajah mengatakan...
on 

Like this :)

obat dibetes mengatakan...
on 

ok terima kasih gan buat six sigmanya, semoga bermanfaat, salam kenal aja gan

Obat herbal jantung koroner mengatakan...
on 

informasi artikel yang sangat bagus gan,,,

Obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...
on 

kmana z att sob, sbuk truz ya?

Satu Orang Satu mengatakan...
on 

Artikelnya sangat bermutu. Agak berat, tapi bermanfaat. Salut

squeez mengatakan...
on 

maksih buat postnya....
key........

obat liver empedu mengatakan...
on 

keren juga nih informasinya , semga bermanfaat gan , salam kenal aja gan

health insurance mengatakan...
on 

thanks for sharing.... great content

obat luka diabetes mengatakan...
on 

terima kasih nih infonya ,sangat bermanfaat sekali gan

javahostindo mengatakan...
on 

nice info thks alot

obat radang paru-paru mengatakan...
on 

thank informasinya gan,,

xamthone plus mengatakan...
on 

infonya sangat bermanfaat sekali gan , makasih ya gan

obat stroke mengatakan...
on 

keren bangett..gan informasinya ,mantap ,terussss...makasihh gannn..

sewa lcd projector surabaya mengatakan...
on 

Thx Infonya .. sangat berguna

obat asam urat mengatakan...
on 

makasih nih gan informasinya, sangat berguna bagi saya

strange creatures mengatakan...
on 

nice post....thanks

aradeamarkatin mengatakan...
on 

info yang bagus gan buat nambah-nambah ilmu

aradeamarkatin mengatakan...
on 

aku baru tau gan tentang six sigma setelah baca tulisan ini....sebelumnya l;am kenal

Nama Cantik mengatakan...
on 

salam kenal .
makasih .

agen bola tangkas online mengatakan...
on 

thnks for sharing...
nice blog...

xamthone obat herbal segala penyakit mengatakan...
on 

salam kenal sobat ,,,kunjungan perdana nich,,,
info yang sangat keren dan menarik,,,makasih dan sukses slalu,,,
mampir juga ke blog kami,,,

obat herbal penyakit jantung mengatakan...
on 

nice info,,,thanks for sharing,,

Best Review Gadgets mengatakan...
on 

Wah,,, mantapp nih sob,,, lanjut jalan2 di blog ini ahh,,,,

obat luka diabetes mengatakan...
on 

mantap bener nih informasinya,sangat bermanfaat sekali gan ,makasih buat infonya

penyakit asam urat mengatakan...
on 

keren sekali nih gan six sigmanya, makasih gan buat infonya

Pakar Bawah Sadar mengatakan...
on 

Info yang menarik ditunggu info2 selanjutnya...

harga jual blackberry iphone laptop murah mengatakan...
on 

waahh.. nice share gan...
informasinya ini baru buat ane..

DIL'S BLOG mengatakan...
on 

six sigma...
bagus artikelnya sob.

Web Komputer mengatakan...
on 

Thanks sudah share ilmunya , degan membaca postingan ini khirnya bisa lebih mengenal istilah six sigma

gogo2011 kobamusaji mengatakan...
on 

nice post, salam kenal yah

team arsitek indonesia mengatakan...
on 

..mantaps abis bos.....terima kasih...akan selalu bahasan ini terus...thank...

Ayub Adiputra mengatakan...
on 

Walah...baru tahu yang beginian. awam banget ane kalau masalah teknologi. Semoga saja besok-besok bisa tambah wawasan lagi...hehe.,.

pasang iklan mengatakan...
on 

manteeeb beneeerrrr

Obat herbal HIV AIDS mengatakan...
on 

keren sekali nih gan postingan nya, sangat bermanfaat gan salam kenal aja gan

solusi mengobati kanker darah mengatakan...
on 

saya sangat tertarik dengan artikelnya,,sangat keren dan menarik,moga bermanfaat buat smuanya,,sukses slalu,,

obat tradisional epilepsi dan tbc mengatakan...
on 

siip deh sangat bermanfaat sekali,,makasih banyak,,

obat herbal imsomnia/susah tidur mengatakan...
on 

nice info,,thanks for information,,

Obat jantung koroner mengatakan...
on 

keren sekali nih informasinya, sangat bermanfaat gan , salam kenal aja gan

jasa penerjemah mengatakan...
on 

mantapss postingan bagus bagus gan ijin numpang likn ya tks

Sejarah asal-usul gitar mengatakan...
on 

sip sob thnx untuk infonya..:-D

Unknown mengatakan...
on 

kunjungan pertama

awaaaa mengatakan...
on 

ijin baca gan

teh mahkota dewa mengatakan...
on 

artikel yang ok banget, first visit

obat keputihan mengatakan...
on 

artikelnmya mantap sekali gan , makasiuh banyak buat infonya

Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood mengatakan...
on 

nice inpho mas bro

Bry-xp mengatakan...
on 

artikel yg bgus sx,.
thx

usaha sukses mengatakan...
on 

six sigma kalo diterapkan bisa tingkatkan kualitas sampai 99.99998 persen mas.. mantap..

how to convert doc to pdf mengatakan...
on 

waduh,harus baca berulang2 ni,,sebenernya ini berkaitan dengan apa sih bos?

obat herbal kanker usus mengatakan...
on 

pengetahuan baru nih jadi nambah wawasan,,,,dan juga sangat membantu sekali,,,,makasih banyak kawan

obat tradisional jerawat mengatakan...
on 

keep blogiing moga jadi ilmu yan berguna,,,

obat herbal gagal ginjal mengatakan...
on 

keren sekali,,artikel yang sangat bermutu,,,sukses trus kawan ditunggu info selanjutnya,,

urinary tract infection antibiotic mengatakan...
on 

Tapi six sigma ada kelemahannya juga bro, yaitu mempersempit ruang gerak inovasi :)
saya sedikit setuju dengan bro ini

jelly gamat mengatakan...
on 

mantap sekali nih gan six sigmnanya , makasih banyak buat infonya salam kenal aja gan

obat alami batu ginjal mengatakan...
on 

informasi keren nih , semoga bermanfaat gan , sukses selalu ya gan

haka mengatakan...
on 

salam kenal sob,,, nice postingannya :)

Sistem Informasi Geografis berbasis Web mengatakan...
on 

info yg menarik
mantep tenan dah

obat alami diabetes mengatakan...
on 

keren sekali nih informasinya sangat bermanfaat sekali gan , salam kenal aja gan

Toyota Community mengatakan...
on 

Artikel Six Sigma membuat saya ingin belajar terus mengenai artikel ini, lanjutkan sobat agar saya bisa mengikutinya
Salam
Toyota Community

obatherbal gagal ginjal mengatakan...
on 

makasih infonya jadi tambah tau apa itu six sigma,sukses trus gan di tunggu postingan selanjutnya

obatalami asam urat mengatakan...
on 

artikel yang ok...salam kenal

facebook photo album mengatakan...
on 

info yg menarik
mantep tenan dah

xamthone plus mengatakan...
on 

sharing yang bagus........

obat tradisional liver mengatakan...
on 

moga info six sigma ini bisa menjadi insfirasi dan motivasi,,,,makasih dah berbagi infonya,,,sangat bermanfaat sekali,,,

obat tradisional stroke mengatakan...
on 

moga bisa terus menampilkan karya karya terbaiknya,,,sukses trus kawan,,salam silaturahmi,,,

obat alami hepatitis mengatakan...
on 

terimakasih banyak buat informasinya semoga bermanfaat , sukses selalu ya gan

be4rt mengatakan...
on 

dua kali aku baca,
masih juga aku ga' ngerti :(

kanker darah mengatakan...
on 

sukses selalu dengan infonya sangat menarik sekali dan mantap.lam kenal aja kunjungan perdananya.maju terus........

obat herbal keputihan mengatakan...
on 

ok banget nih informasinya sangat bermanfaat sekali gan , makasih banyak buat infonya

XAMthone plus mengatakan...
on 

keren sekali nih informasinya, sangat bermanfaat gan, makasih banyak buat infonya

Aqiqah mengatakan...
on 

Impoh bagus neh...thanks ya gan

Cetak Company Profile mengatakan...
on 

Baru sempat mampir nih!
Liat-liat dulu....
Situsnya bagus nih!
apalagi artikelnya, menarik banget!
Saya seperti disuguhi makan enak!

vector logos mengatakan...
on 

Great service. Fully appreciate the list, as collecting backlinks is definitely one of the most difficult aspects of SEO and staying online. It’s hard to find people willing to share their lists to help others, and I tip my hat to you for it.

Trik Sms Gratis | Sms Gratis Melalui Internet mengatakan...
on 

mantap gan

Tips Pencarian Tepat Di Google | Cara Pencarian Yang Benar Melalui Google mengatakan...
on 

sangat bermanfaat ilmunya

Cara Pasang Alexa Rank Di Blog mengatakan...
on 

terima kasi sob

Cara Mempercepat Mozilla Firefox mengatakan...
on 

nemu info yang menarik ni

My Opera 11.10 mengatakan...
on 

lagi googling malah nyasar di mari, untungnya artikelnya bermanfaat

Cara Pasang Adsense Di Kotak Komentar | Pasang Adsense Di Blogspot | Cara Pasang Adsense mengatakan...
on 

artikel yang menarik

PhoneSuite | Internet Melalui Modem Hp China mengatakan...
on 

wah saya bertambah pengetahuan ni

Domain Register Yahoo | Yahoo Domain mengatakan...
on 

nice info

Parse Code HTML mengatakan...
on 

berkunjung skalian liat2

obat mioma mengatakan...
on 

keep blogging sangat berguna ilmu nya,,,

obat kanker usus mengatakan...
on 

six sigma yang menarik dan bermanfaat,,makasih banyak,,

umiabie mengatakan...
on 

nice post.. thanks..

Perpustakaan Online mengatakan...
on 

salam kenal semuanya mampir buat sahabat blogger, mohon kritik dan sarannya soalnya baru bergabung dengan blogger mania. saya tunggu kehadirannya.

corporate image mengatakan...
on 

Thanks a lot for sharing the article on google. That's an awesome article. I enjoyed the article a lot while reading.

corporate image mengatakan...
on 

Hi.I am searching content on this topic from couple of days and finally got it here.Thanks for this blog this really helps me.

Mari Berkomunitas Di Faceblog mengatakan...
on 

Thanks for you share this posts...

Good Jobs sir

Damar mengatakan...
on 

nice post ^^

obat herbal kanker mengatakan...
on 

thanks for share ..
infonya bagus ..
semoga bermanfaat...

obat herbal HIV AIDS mengatakan...
on 

thanks for share... nice inpo...

xamthone plus mengatakan...
on 

emz gto ya six sigma tuh, mksih ya bwt informasi'y, bz mnambah ilmu.......

technotheory mengatakan...
on 

mantap nich..
ulasan ahli ekonomi

Technology Review mengatakan...
on 

pada point "KOMPONEN UTAMA SIX SIGMA" layak diteladani tuh

rattan mengatakan...
on 

salam.. aku mahasiswa STAIN Cirebon angkatan tahun kemarin kang... kebetulan jurusan Ushuluddin dan prodi Aqidah Dilsafat.. Brosing-browsing web ini asyik juga ya kang... Banyak banget filsafatnya.. Salam mahasiswa kang

personal image mengatakan...
on 

An attention-grabbing discussion is value comment. I believe that you should write more on this matter, it might not be a taboo topic.To the next. Cheers

obat jerawat mengatakan...
on 

info uang sangat bermanfaat dan membantu sekali,,makasih ,,

agen xamthoneplus mengatakan...
on 

simpel dan padat artikelnya,,

Ezy-bid mengatakan...
on 

Wow, really helpful, this is very inspirational. Thanks.

obat herbal keputihan mengatakan...
on 

wiihhh mantappp nih ...
nice inpo ....

XAMthone plus mengatakan...
on 

kereeeeeennnnn

body armour mengatakan...
on 

Good day! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and say I genuinely enjoy reading your articles. Can you suggest any other blogs/websites/forums that deal with the same topics? Many thanks!

obat herbal stroke mengatakan...
on 

nice inpo .. bermanfaat sekali..

sterling silver name necklace mengatakan...
on 

Nice to be visiting your blog again, it has been months for me. Well this article that I've been waited for so long. I need this article to complete my assignment in the college, and it has same topic with your article. Thanks, great share

xamthone plus mengatakan...
on 

nice info....
lm knal z ya

jelly gamat mengatakan...
on 

oke thanks atas infonya,,,
bermanfaat...

XAMthone plus mengatakan...
on 

thanks for share ...

forgery mengatakan...
on 

Saya senang membacanya. Aku seharusnya berada di tempat lain dalam satu menit, tapi aku terjebak untuk membaca cerita. Saya suka kualitas blog anda: D

obat alternatif mengatakan...
on 

sangat bermnfaat nih ilmu nya..

mksih ya..

good artikel nih..

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 4594   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik