Six Sigma

balik lagi ngeblog ah hehehe.... dah lama banget nih ga pernah di update blog ini, terima kasih buat temen2 semuanya yang masih sering mengunjungi blog saya walaupun saya sendiri jarang update. mudah2an ke depannya bisa update lagi secara terus-menerus seperti dulu lagi hehe..kali ini saya akan coba menulis tentang six sigma, tapi karena saya juga masih rada-rada awam jadi saya tulis dari berbagai sumber juga (tapi saya cantumkan ko sumber2nya hehe). ok ga usah banyak cincong deh, langsung aja yah..

Untuk bisa sampai pada pengertian Six Sigma, kita perlu melihat sedikit sejarah mengenai Six Sigma itu sendiri. Six Sigma dimulai oleh Motorola pada tahun 1980-an yang di motori oleh salah seorang engineer disana yang bernama Bill Smith dan dukungan penuh CEO nya Bob Galvin. Motorola menggunakan statistics tools diramu dengan ilmu manajemen menggunakan financial metrics (yaitu Return On Invesment, ROI) sebagai salah satu alat ukur dari quality improvement process. Konsep ini kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Dr. Mikel Harry dan Richard Schroeder yang lebih lanjut membuat metode ini mendapat sambutan luas dari petinggi Motorola dan perusahaan lain (www.isixsigma.com).


D. Manggala (2005 : 6) memberikan definisi Six Sigma sebagai berikut :
Six Sigma merupakan metodologi yang terstruktur untuk memperbaiki proses yang difokuskan pada usaha mengurangi variasi proses (process variances) sekaligus mengurangi cacat (produk atau jasa yang di luar spesifikasi) dengan menggunakan statistik dan problem solving tools secara intensif.

www.isixsigma.com (2010) memberikan definisi Six Sigma secara harafiah sebagai berikut :
Six Sigma (6σ) adalah suatu besaran yang bisa kita terjemahkan secara gampang sebagai sebuah proses yang memiliki kemungkinan cacat (defect oportunity) sebanyak 3,4 buah dalam satu juta produk atau jasa. Jadi intinya di banyak organisasi diartikan sebagai pengukuran kualitas yang mendekati kesempurnaan atau hampir bebas cacat.

Sementara Clyde Creveling, Lynne Humbleton, dan Burke McCharty (2006 : 8) mengatakan : “Technically, Six Sigma is described as a data-driven approach to reduce defects in a process or cut costs in a process or product, as measured by "six standard deviations" between the mean and the nearest specification limit”.

Dari beberapa pengertian mengenai Six Sigma diatas, secara statistik Six Sigma digunakan untuk menggambarkan variabilitas, atau standar deviasi, seperti cacat per unit. Gambar 2.1 menunjukkan distribusi populasi normal, dengan mean (µ) di tengah-tengah dan titik data pada kurva yang menunjukkan standar deviasi (σ) di sebelah kanan dan kiri dari mean.




Tujuan dari Six Sigma kualitas adalah untuk mengurangi variasi proses output secara jangka panjang, yang merupakan agregat pengalaman dengan proses perusahaan dari waktu ke waktu, ini yang akan menghasilkan bagian tidak lebih dari 3,4 cacat per milion peluang. Untuk proses hanya satu batas spesifikasi (atas atau bawah), hasil ini dalam enam proses standar deviasi antara mean dari proses dan batas spesifikasi pelanggan (karena itu, 6 sigma). Untuk proses dua batas spesifikasi (Hulu dan Hilir), ini diterjemahkan menjadi sedikit lebih dari enam proses standar deviasi antara mean dan setiap batas spesifikasi sehingga tingkat kecacatan sesuai dengan total setara dengan enam proses standar deviasi.

KOMPONEN UTAMA SIX SIGMA

Menurut Peter Pande, dkk, dalam bukunya The Six Sigma Way : Team Fieldbook, ada 6 komponen utama konsep Six Sigma sebagai strategi bisnis :
1. Benar-benar mengutamakan pelanggan : seperti kita sadari bersama, pelanggan bukan hanya berarti pembeli, tapi bisa juga berarti rekan kerja kita, team yang menerima hasil kerja kita, pemerintah, masyarakat umum pengguna jasa, dll.
2. Manajemen yang berdasarkan data dan fakta : bukan berdasarkan opini, atau pendapat tanpa dasar.
3. Fokus pada proses, manajemen dan perbaikan : Six Sigma sangat tergantung kemampuan kita mengerti proses yang dipadu dengan manajemen yang bagus untuk melakukan perbaikan.
4. Manajemen yang proaktif : peran pemimpin dan manajer sangat penting dalam mengarahkan keberhasilan dalam melakukan perubahan.
5. Kolaborasi tanpa batas : kerja sama antar tim yang harus mulus.
6. Selalu mengejar kesempurnaan.


FONDASI SIX SIGMA

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Six Sigma adalah suatu metoda yang sangat tersetruktur. Struktur dari Six Sigma sendiri terdiri dari lima tahapan yang singkat yang sering disebut DMAIC atau Define, Measure, Analyze, Improve, Control. Selain itu, implementasi Six Sigma ditentukan oleh kehadiran seorang (atau lebih) fasilitator yang memahami manajemen dan penggunaan statistik; fasilitator ini disebut dengan Black Belt. Namun yang terpenting dari semua itu adalah team pelaksana, yang terdiri dari anggota yang berasal dari berbagai tim/departemen yang saling terkait atau cross-functional team (D. Manggala, 2005 : 9).

Setiap tahapan mempunyai bagian-bagian yang mesti dilaksanakan ataupun mempunyai jenis-jenis konsep statistik yang bisa dipakai, walaupun sebenarnya untuk penggunaan statistik bisa cukup fleksibel, berikut adalah tahapan-tahapan tersebut (D. Manggala, 2005 : 10) :
1. Define : pada tahap ini team pelaksana mengidentifikasikan permasalahan, mendefinisikan spesifikasi pelanggan, dan menentukan tujuan (pengurangan cacat, biaya dan target waktu) serta skala prioritasnya.
2. Measure : tahapan ini adalah untuk memvalidasi permasalahan, mengukur atau menganalisis permasalahan dari data yang ada termasuk pengukuran dan analisis kapabilitas proses.
3. Analyze : menentukan faktor-faktor yang yang paling mempengaruhi proses; artinya mencari satu atau dua faktor yang apabila hal tersebut diperbaiki akan memperbaiki proses kita secara dramatis. Hal ini bisa dilakukan dengan menganalisis ukuran performansi perusahaan serta mengidentifikasi sumber dan akar penyebab masalah kualitas proses.
4. Improve : pada tahap ini di diskusikan ide-ide untuk memperbaiki sistem berdasarkan hasil analisa terdahulu, melakukan percobaan untuk melihat hasilnya, apabila sudah sesuai atau baik maka di teruskan untuk membuat standarprosedur bakunya (standard operating procedure- SOP). Secara umum tahapannya adalah dimulai dari merencanakan perbaikan kualitas, mendesain faktor dan level, percobaan dengan metode Taguchi, dan pemilihan level terbaik dari proses.
5. Control : pada tahapan ini harus di buat perencanaan dan desain pengukuran agar hasil yang sudah bagus dari perbaikan team bisa berkesinambungan. Pada tahap ini biasanya dibuat metrics untuk selalu di monitor dan di koreksi bila sudah mulai menurun ataupun untuk melakukan perbaikan lagi.

Segitu aja dulu yah, terima kasih banyak kepada D. Manggala atas ebook nya yang telah banyak menginspirasi penulisan ini dan juga para senior-senior di bidang six sigma. ke depannya saya akan menulis bagaimana Six Sigma ini di terapkan pada bidang pemasaran. Mudah-mudahan bisa cepet di selesaikan penulisannya.


Comments :

4594 komentar to “Six Sigma”
klinik aborsi mengatakan...
on 

sangat bagus gan artikelnya.
sukses yah.

klinik aborsi mengatakan...
on 

thank's yah infonya.

klinik aborsi mengatakan...
on 

sangat bagus gan.
salam sukses selalu yah.

klinik aborsi mengatakan...
on 

nice post.. thank's yah.

klinik aborsi mengatakan...
on 

thank's yah sangat menarik artikel yang agan posting.

klinik aborsi mengatakan...
on 

kunjungan siang yang sangat bagus gan, thank's yah.

klinik aborsi mengatakan...
on 

sangat menarik artikel yang agan buat ini.
sukses selalu yah.

klinik aborsi mengatakan...
on 

mantab infonya gan.
semoga bermanfaat infonya.

klinik aborsi mengatakan...
on 

nice share.. thank's yah.

klinik aborsi mengatakan...
on 

mantab informasiya gan.
sukses selalu yah gan.
update terus gan.

klinik aborsi mengatakan...
on 

waaaah sangat bagus gan.
sukses selalu yah artikelnya.

tempat aborsi mengatakan...
on 

sukses selalu yah gan infonya. thank's yah.

tempat aborsi mengatakan...
on 

sangat bagus dan menarik infonya gan. thank's yah.

tempat aborsi mengatakan...
on 

waaaah mantab sekali artikel yang agan posting ini.
sukses selalu yah.

tempat aborsi mengatakan...
on 

sukses selalu yah infonya.
update terus yah gan.

tempat aborsi mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya yah gan.
sukses selalu yah gan.

tempat aborsi mengatakan...
on 

nice post .. thank's good.

tempat aborsi mengatakan...
on 

sangat menarik gan. semoga bermanfaat artikelnya.

tempat aborsi mengatakan...
on 

thank's yah artikelnya gan.
update terus yah.

tempat aborsi mengatakan...
on 

artikel yang menarik gan. thank's good.

Sekolah Fotografi mengatakan...
on 

jadi itu ya pengertian six sigma
makasih infonya
semoga perusahaan saya bisa lebih maju dengan pembelajaran ilmu ini
Sekolah Fotografi

Brenkzeqblog - berbagi informasi mengatakan...
on 

Nah ini dia informasi tentang six sigma yang ane cari dari lama, makasih ya...

Unknown mengatakan...
on 

Terimakasih informasinya sangat bermanfaat bagi saya.

Wasir / Ambeien dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Unknown mengatakan...
on 

I Really Like Your Blog.. http://judibolaterpercaya88.com - Judi Bola Terpercaya Asia


Very Nice Colors & Theme. Did You Design This Website Yourself Or Did You Hire Someone To Do It For You? Plz Respond As I'm Looking To Construct My Own Blog And Would Like To Know Where U Got This From. Cheers

kontraktor interior mengatakan...
on 

Terimkasih atas informasinya sangat bermanfaat

Celana Hernia mengatakan...
on 

Thanks Infonya Gan

npselalu.com mengatakan...
on 

Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

aduy mengatakan...
on 

terima kasih informasinya, ditunggu artikel lainnya

TOUR BROMO mengatakan...
on 

Terima kasih banyak. Artikelnya bagus sekali. Semoga bisa bermanfaat buat semuanya. Amin...

jaket kulit garut mengatakan...
on 

salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat dari kami pengrajin jaket kulit

Jaket Kulit garut mengatakan...
on 

ilmunya keren dan menambah wawasan para pemula seperti kami thank admin

Pusat Grosir Sepatu Murah mengatakan...
on 

terimakasih banyak gan atas informasimasinya, sangat sangat bermanfaat sekali :)

Sharingku Blog mengatakan...
on 

Mantap artikelnya

Bilik Lagu mengatakan...
on 

Keren

Agen Vimax Asli mengatakan...
on 

Nice info gan

cara menggugurkan kandungan mengatakan...
on 

thanks gan.

jasa layout buku mengatakan...
on 

wow gua gak kebagian haha..btw kalo butuh jasa layout buku silahkan berkunjung ke web ane

jaket kulit garut mengatakan...
on 

salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat dari kami pengrajin jaket kulit

Berita Riau mengatakan...
on 

Makasih infonya gan. Sukses selalu..

aplikasi twitter mengatakan...
on 

ilmu yg sangat bermanfaat, dan berguna walaupun pusing juga bacanya

Helmi Irfansyah mengatakan...
on 

nice info gan thanks :D bermanfaat sekali nih

Cara menjadi agen ace maxs di TASIKMALAYA mengatakan...
on 

terimakasih atas informasinya

Unknown mengatakan...
on 

Info yang diberikan bagus sekali, semoga cara memperbesar penis dengan mudah menjadi berkah dan bermanfaat bagi kita semua

Murah mebel mengatakan...
on 

than's atas infonya...

Sekolah Fotografi mengatakan...
on 

terima kasih banyak untuk artikelnya,
bermanfaat banget buat saya ini....

jaket kulit garut mengatakan...
on 

salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat dari kami pengrajin jaket kulit

rumah mengatakan...
on 

Belajar ekonomi lagi nih. makasi ya

asuransi mobil terbaik mengatakan...
on 

terimaksih infonya yang menarik

anak cerdas mengatakan...
on 

Makasih gan atas informasinya

anak habbats mengatakan...
on 

Ajib Gan Informasinya

Pusat Toko Grosir Obat Herbal Tradisional mengatakan...
on 

Numpang Lapak Gan, Makasih Atas Informasinya

anak hebat mengatakan...
on 

Okeh Terma KAsih atas informasinya

Produk Kesehatan mengatakan...
on 

mantap gan nie mantap sekali

Pusat Jual Herbal mengatakan...
on 

Asim dapat Pengetahuan :) makasih

Grosir Obat Herbal mengatakan...
on 

Mantap... :)

Jual Obat Traditional mengatakan...
on 

lanjutkan Mass BRo :)

toko Jual Herbal mengatakan...
on 

waaaw ,,, mantap nie gan

Jual Madu anak mengatakan...
on 

hmmm,,, sangat b ermanfaat sekali

Nutrisi Untuk cerdas mengatakan...
on 

jangan hiraukan kami, kami mendukungmu

madu dan anak mengatakan...
on 

thanks yaa gan atas informasinya

Nutrisi yang alamiah mengatakan...
on 

sipp TOP BANGET

laresawoo mengatakan...
on 

selamat menulis kembali gan .. . . .semoga sukses selalu

jasa pembuatan website mengatakan...
on 

referensi bagus mas
Thanks

Unknown mengatakan...
on 

bagus sekali artikelnya.. semoga artikelnya sukses selalu ya..

replikasi cd mengatakan...
on 

sangat bermanffat artikelnya

jaket kulit garut mengatakan...
on 

salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat dari kami pengrajin jaket kulit

ibcbet mengatakan...
on 

bagus dan keren sekali nih gan informasinya sangat membantu khalayak yang berorganisasi.

jaket kulit garut mengatakan...
on 

Ilmu yang bermanpaat menambah wawasan bagi kami dan semoga kita selalu ada dalam lindungan tuhan salam hormat dari pengrajin jaket kulit garut thank admin

hipnotis mengatakan...
on 

ini sangat keren mas bro

perumahan malang kota mengatakan...
on 

trms infonya sangat bermanfaat

jaket kulit garut mengatakan...
on 

salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat dari kami pengrajin jaket kulit

suryono adji mengatakan...
on 

Satu ilmu (six sigma) pemasaran yang menurut saya ilmu yang tinggi.,,harus dikerjakan secara team yang profesional kalau dikerjakan satu orang wow bisa retak tuh kepala...

BizriL blog mengatakan...
on 

Trims infonya. Salam kenal dari bizril

Desain Rumah mengatakan...
on 

Nice to be visiting your blog again, it has been months for me. Well this article that I've been waited for so long. I need this article to complete my assignment in the college, and it has same topic with your article. Thanks, great share

Artis Indo mengatakan...
on 

Artis IndoPostingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

Saya selalu menjelajahi Internet untuk informasi baru dan belajar apapun yang saya bisa, dan
dengan berbuat demikian saya kadang-kadang meninggalkan komentar di blog. saya tidak
melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang
besar pada teknologi baru.

Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya
temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.

Terima kasih atas postingan yang bermanfaat.

Di mana lagi orang bisa mendapatkan jenis informasi sedemikian cara yang sempurna untuk menulis? kalau bukan dari blog ini :)

Saya menemukan banyak pengetahuan setelah mengunjungi postingan Anda terima kasih atas informasinya.

Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

Saya sangat menghargai jenis topik yang diposting di sini. Terima kasih telah berbagi informasi yang benar-benar membantu.

vimax asli canada mengatakan...
on 

Info Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kita Semua
Salam Sukses

obat serangan jantung mengatakan...
on 

postingannya keren2 gan.. ditunggu postingan yang barunya.

Unknown mengatakan...
on 

Hello There, You've Done An Excellent Job. I?ll Definitely Digg It And Personally Suggest To My Friends. I'm Confident They'll Be Benefited From This Web Site.
SBOBET

TataWarna mengatakan...
on 

Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat.... Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan lebih sukses....

jaket kulit garut mengatakan...
on 

informasi yang sangat bermanfaat terima kasih admin

jon mengatakan...
on 

budaya indonesia

Terima kasih atas postingan yang bermanfaat.

Anonim mengatakan...
on 

australian essay writing service

Karimun Jawa mengatakan...
on 

terima kasih gan infonya yang sangat bermanfaat ini

Tempat Tidur mengatakan...
on 

terima kasih banyak gan infonya ya gan

Lemari mengatakan...
on 

terima kasih banyak gan atas artikelnya

Furniture Jepara mengatakan...
on 

thank gan

Furniture Jepara mengatakan...
on 

sangat bermanfaat gan, terima kasih ya

Tempat Tidur mengatakan...
on 

terima kasih banyak

Galaxy Andro-id mengatakan...
on 

Nice Info om :)

berita motogp mengatakan...
on 

lumayan bikin pusing gan

Foredi mengatakan...
on 

..emz gto ya six sigma tuh, mksih ya bwt informasi'y, bz mnambah ilmu......./

jaket kulit garut mengatakan...
on 

informasi yang sangat bermanfaat terima kasih admin

wisata bali mengatakan...
on 

wisata bali

HJKARPET mengatakan...
on 

thnaks for sharing

obat pembesar penis mengatakan...
on 

Thak You Artikel ya BAGUS

obat pelangsing badan mengatakan...
on 

ok, Thak You Artikel ya BAGUS

Cara Cepat Sembuhkan Penyakit Darah Tinggi mengatakan...
on 

salam , terimakasih gan atas postingannya, ditunggu artikel selanjutnya, sangat menarik sekali

modifikasi motor mengatakan...
on 

mantap bro ..
blog ini dan postinggannya sangat bermanfaat bagi saya ...

vidio bokep dewasa mengatakan...
on 

makasih gan,, keep post and i'm waiting your update ... :)
*BahasaInggrisnyaNgawur*

agen herbal mengatakan...
on 

info yang sangat bermanfaat. thnks

obat kuat pria mengatakan...
on 

ikut nyimak gan tapi bahasanya banyak yg gak kenal alias tak paham hehehehehe maaf ya

kursi makan jepara mengatakan...
on 

Makasih gan infonya . kunjungi toko kami di bawah ini gan .
http://www.jatijepara.com
http://desaslagi.com/
http://andhikamebel.com/
http://sandifurniture.com/

best british brand mengatakan...
on 

wah metode six sigmanya ribet banget, nih gak ada cara mempremudah
pembuatan sigma? kalo ada sharing ya informasinya bareng kita

INDONESIA MP3 DOWNLOAD TERBARU 2015 mengatakan...
on 

thnaks infonya

jual panduan belajar staad pro mengatakan...
on 

Terima kasih Gan

ichasoft mengatakan...
on 

Aplikasi Perpustakaan Sekolah | Software Perpustakaan Sekolah
Cara membuat kartu pelajar
cara membuat id card | Membuat ID card | Bikin Id card
Download aplikasi kartu pelajar | Software pembuat kartu pelajar
Software pembuat kartu pelajar
Kartu Perpustakaan | aplikasi cetak kartu siswa
Software Kartu Pelajar
Software Kartu Pelajar | aplikasi kartu siswa
Software Kartu Pelajar | Software buat kartu
Software Kartu Pelajar | Software Cetak kartu
Software Kartu Pelajar | Aplikasi Cetak kartu
Jual Tutorial photoshop
Software kartu pelajar | aplikasi kartu siswa

jon mengatakan...
on 

budaya indonesia Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi

jon mengatakan...
on 

funny video Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi

Jon13 mengatakan...
on 

cerita lucu dan gokil Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

sewa mobil jakarta mengatakan...
on 

Terima kasih informasinya, sagnat bermanfaat buat saya

obat herbal untuk hepatitis b mengatakan...
on 

Hidup hanya sekali, manfaatkan lah untuk bekal di akhirat nanti. -blogwalking nyebarin pesan ini. :D

HJ KARPET mengatakan...
on 

menarik sekali infonya .. ayo mampir order karpet murah harga grosir ..

Blog Palu mengatakan...
on 

Pengunjung blog ini sangat banyak gan, sayang kalo tidak diupdate. Ditunggu update terbarunya gan.

obat tradisional untuk membersihkan usus mengatakan...
on 

informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih :) jangan patah semangat yaa !! salam marketing online :D

mamah kradenan mengatakan...
on 

kepuasan pelanggan tetap yang utama gan

jon mengatakan...
on 

jablay bogor saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

ashtaroth mengatakan...
on 

mela barbie hot Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

bob mengatakan...
on 

cerita lucu bahasa inggris Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

Unknown mengatakan...
on 

download video dangdut hot Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

Unknown mengatakan...
on 

Rumah Artis Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

powerbanktenagasurya.com mengatakan...
on 

wah saya baru tahu... nice info ;)

ashtaroth mengatakan...
on 

foto artis korea selatan Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

burgerkill666 mengatakan...
on 

buku mimpi 2d abjad saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini

Helmi Irfansyah mengatakan...
on 

informasi yg bermanfaat

cara menormalkan hormon wanita mengatakan...
on 

informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih :) jangan patah semangat !! salam marketing online :)

wendah triana mengatakan...
on 

six sigma untuk management teori perusahaan

vimax asli mengatakan...
on 

oke thanks atas infonya,,,

radharam mengatakan...
on 

This special blog is without a doubt cool and exact. I have selected positive a lot of Useful information out of this source. I’d love to visit it more than and over again

bali seo mengatakan...
on 

numpang lapak gan

bali cheap trip mengatakan...
on 

cool blog

bali cheap travel mengatakan...
on 

keren blognya

Gejala Wasir mengatakan...
on 

woaaah

obat tradisional untuk penderita diabetes mengatakan...
on 

informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih , tetap semangat :) salam ..

Unknown mengatakan...
on 

mampir ya..
mesinpanenpadifutata.blogspot.com

Unknown mengatakan...
on 

mampir ya
mesinpanenpadifutata.blogspot.com

cara menurunkan asam lambung tinggi mengatakan...
on 

informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih , tetap semangat :)

cara menghilangkan darah tinggi mengatakan...
on 

informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih :) tetap semangat :)

Jelly Gamat Gold-G mengatakan...
on 

Terima kasih

Cat Penolak Panas mengatakan...
on 

thanks... semoga tetap maju teruusss

Willy mengatakan...
on 

Komentar di blognya banyak ya .__.
Silahkan baca ini kalau tertarik :
12 Pekerjaan yang Berprospek Bagus

obat herbal untuk ginjal rusak mengatakan...
on 

informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih :) tetap semangat :)

mankeu mengatakan...
on 

waaw, sangat bermanfaat sekali, thanks uda berbagi... salam sukses

Obat Stroke Parah mengatakan...
on 

Terima Kasih Atas informasinya

cara mengobati diabetes akut mengatakan...
on 

Thank for the informations

obat pemulihan setelah kuret mengatakan...
on 

thank you bag the information may be useful for newcomers to this blog

pengobatan gusi bengkak mengatakan...
on 

Terima kasih

pengobatan ulkus duodenum mengatakan...
on 

شكرا لك حقيبة قد تكون المعلومات مفيدة للوافدين الجدد إلى هذا بلوق

Obat Pembesar Penis mengatakan...
on 

Obat Perangsang Wanita >> Obat Pembesar Payudara >> Vagina Senter

tongkat madura mengatakan...
on 

salam kenal aja gan , sudah saya baca artikelmu di atas , trims infonya gan........

mesin penghancur plastik mengatakan...
on 

nice info gan , trims ......

Obat Pelangsing Alami mengatakan...
on 

Artikel yang inspiratif dan menarik, semoga dapat bermanfaat.

cat lantai mengatakan...
on 

trims infonya akang. semoga sukses slalu

jasa like fanpage facebook mengatakan...
on 

Makasih sharingnya gan :)

anton blog mengatakan...
on 

wah ramee jg neh yang komentar. nyimak aja deh saya

yuyun mengatakan...
on 

makasih telah menyempatkan menulis artikel.

obat herbal kisata pada rahim mengatakan...
on 

informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih :) tetap semangat !!!

Casino Online mengatakan...
on 

saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

unovegas.com mengatakan...
on 

Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

mildcasino.com mengatakan...
on 

Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

www.angka4d.com mengatakan...
on 

blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang
besar pada teknologi baru. Terima kasih telah berbagi

tangkasvip.com mengatakan...
on 

Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya
temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.

Agen jelly gamat gold-g mengatakan...
on 

artikel yang menarik dan inspiratif,semoga bermanfaat

Obat Pembesar Penis mengatakan...
on 

Thak You Makasih Artikel ya BAGUS

asuransimobil123 mengatakan...
on 

nice..sangat bermanffaaat

Liairna mengatakan...
on 

woow keren nih , makasih udah di share yah gan :)

Alat Bantu Sex mengatakan...
on 

salam sukses gan

Pembesar Penis mengatakan...
on 

nice blog salam suksess

Unknown mengatakan...
on 


Mengenal ciri perbedaan [URL="http://herbalvimax.com/vimax-kapsul-asli-obat-pembesar-penis-herbal/"]Vimax Asli[/URL] (original canada) serta kualitas [URL="http://herbalvimax.com/vimax-kapsul-asli-obat-pembesar-penis-herbal/"]vimax herbal[/URL], dapatkan diskon harga dari [URL="http://herbalvimax.com"]agen vimax[/URL] canada asli di indonesia Info 0878 7800 6798 - [URL="http://herbalvimax.com"]http://herbalvimax.com[/URL]

Hunter X Indonesia mengatakan...
on 

nice posting gan

cara menyembuhkan paru paru basah mengatakan...
on 

ditunggu informasi selanjutnya :)

jelly gamat gold garut mengatakan...
on 

wah six sigma perlu jga

agus herbal mengatakan...
on 

Wah,,, mantapp nih sob,,, lanjut jalan2 di blog ini ahh,,

toko green world mengatakan...
on 

hanks for share ..
infonya bagus ..
semoga bermanfaat...

Unknown mengatakan...
on 

dewibet-com-agen-judi-terbesar-bandar-taruhan-bola-casino-poker-domino-tangkas-togel-online-terpercaya-indonesia
saranapoker-agen-texas-poker-online-indonesia-terpercaya
senangpoker-com-agen-judi-poker-dan-domino-online-terpercaya-indonesia

modifikasi drag jupiter mengatakan...
on 

oke,, mantap ..
informasi yang sangat bermanfaat ..

diampar herbal mengatakan...
on 

makasih banyak nih gans infonya heheh

jaket kulit garut mengatakan...
on 

informasi yang sangat menarik dan bermanfaat terima kasih admin

Unknown mengatakan...
on 





KEREN GAN ARTICLE NYA..kunjungi juga blog saya ya gan
http://chaniaj.blogspot.com
kunjungi juga ya gan Royalflush99 situs judi poker online texas holdem uang asli rupiah,situs Judi poker online Utama di indonesia yang menggunakan UANG ASLI resmi dan terpercaya ,tanpa bot dan tanpa agen atau admin dengan keuntungan referal 20% serta promo-promo terbaik
Poker Online Indonesia, Poker Indonesia Online, Poker Online Resmi, Poker Online terpercaya, Judi Poker Online Uang Asli" dan lagi ada promo heboh gan ,

buruan gabung gan..dijamin aman dan terpercaya
situspoker uang asli =>http://www.royalflush99.com/rf99/index.php
blog poker online =>http://chaniaj.blogspot.com
buruan gabung gan..dijamin aman dan terpercaya




pengertian mengatakan...
on 

sip infonya gan

cara menghilangkan lemak di bokong mengatakan...
on 

ditunggu informasi selanjutnya :)

Aplikasi Edit Foto Terbaik mengatakan...
on 

Lanjut Gan,,,

DimazNissan mengatakan...
on 

thanks atas artikelnya, sangat bermanfaat...

ulfa mengatakan...
on 

infonya sangat intelektual.... sejutu deh pak

Muhammad Riza mengatakan...
on 

belajar six sigma memaang mantap

Blog Full Version mengatakan...
on 

wah keren gan artikelnya.. thanks ya
oh ya salam kenal juga ya

vimax asli mengatakan...
on 

oke thanks atas infonya,,,
bermanfaat...

jual genset mengatakan...
on 

Terima kasih atas informasi dan kesempatan memberi komentar.
Semoga sukses...

social bookmark dofollow mengatakan...
on 

oke,, mantap ..
informasi yang sangat bermanfaat ..

jasa pembuatan website mengatakan...
on 

Thanks untuk artikelnya... bagus baget...
tetaplah selalu optimis...

jasa seo profesional mengatakan...
on 

wiihhh mantappp nih ...
nice inpo ....

web hosting mengatakan...
on 

wah saya bertambah pengetahuan ni..
thanks gan

jual genset murah mengatakan...
on 

info uang sangat bermanfaat dan membantu sekali,,makasih ,,

Dwi mengatakan...
on 

Mantap

Laprak mengatakan...
on 

Terimakash

Unknown mengatakan...
on 

Very good post! We are linking to this particularly great content on our website, Keep up the good writing.
? cara mengatasi ejakulasi dini
? obat pelangsing badan
? cara alami memperbesar alat vital pria
? obat peninggi badan
? cara alami membesarkan payudara
? jual obat bius wanita
? vimax asli
? obat perangsang alami
? minyak lintah papua asli

Unknown mengatakan...
on 

Very good post! We are linking to this particularly great content on our website, Keep up the good writing.
? cara mengatasi ejakulasi dini
? obat pelangsing badan
? cara alami memperbesar alat vital pria
? obat peninggi badan
? cara alami membesarkan payudara
? jual obat bius wanita
? vimax asli
? obat perangsang alami
? minyak lintah papua asli

Cyber mengatakan...
on 

kunjungan gan

konsultan pelatihan mengatakan...
on 

salam sukses kawan..

pasang parabola mengatakan...
on 

terimakasih infonya..

baju hamil mengatakan...
on 

cantik dan modis nih girls..

«Terlama ‹Lebih tua   4001 – 4200 dari 4594   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik