Six Sigma Untuk Proses Pemasaran

Alhamdulillah bisa posting lagi di blog saya, sebenernya saya pengen sih posting lebih sering ya minimal satu minggu sekali lah tapi berhubung ada kesibukan, sok sibuk tepatnya :) jadi se bisa nya aja deh hehe.. ok deh langsung aja ke benang merah hehe.. seperti janji saya pada postingan sebelumnya mengenai Six Sigma, yaitu saya akan membahas mengenai aplikasi Six Sigma untuk salah satu fungsi organisasi di perusahaan, tapi karena saya suka pemasaran maka saya pilih di fungsi pemasaran aja deh. Jadi seperti yang di sebutkan sebelumnya bahwa Six Sigma itu bisa diterapkan secara keseluruhan di perusahaan atau biasa di sebut Enterprise Six Sigma atau bisa juga di terapkan di salah satu fungsi perusahaan. Biasanya sih di terapkan pada proses produksi atau di terapkan pada fungsi produksi atau operasi, tapi biar unik saya coba tulis bagaimana menerapkan Six Sigma pada proses pemasaran.

Untuk dapat menyesuaikan Six Sigma terhadap pemasaran, kita harus mulai dengan melihat secara keseluruhan cara kerja bagian pemasaran. Kita dapat melihat bahwa para pemasar profesional jarang sekali menggolongkan pekerjaan mereka terhadap pekerjaan yang berbasis proses atau orientasi terhadap proses, tetapi sering digambarkan sebagai proyek atau berbasis aktivitas. Namun, American Marketing Association (AMA) mendefinisikan marketing sebagai serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan, dan mengelola hubungan dengan pelanggan agar bisa memberikan keuntungan terhadap organisasi para stakeholders. Oleh karena itu, fungsi pemasaran harus memainkan peran kunci dalam mengelola beberapa koneksi penting antara pelanggan dan elemen kritis perusahaan, termasuk menghubungkan dengan pelanggan untuk produk, penyediaan layanan dan akuntabilitas keuangan (Christine Moorman dan Ronald Karat, 1999 : 57).


Para marketing profesional ingin menghindari tekanan kreativitas oleh peralatan dan struktur. Proses kerja sentris mungkin awalnya tampak lambat, rutin dan memberatkan. Selain itu, para pemasar mungkin berpikir bahwa analisis statistik dapat mengurangi spontanitas dan inovasi. Namun berdasarkan beberapa pengalaman justru kebalikannya. Jika diterapkan secara benar, metodologi ini terbukti sangat bagus untuk pengerjaan ulang (yang disebabkan oleh kesalahan), memastikan kelengkapan, dan memperkuat standar kualitas. Selain itu, Six Sigma dapat membantu mengatasi hal-hal yang baru, unik, dan sulit.
Manfaat mengintegrasikan Six Sigma ke proses pemasaran yaitu mendapatkan informasi yang lebih baik (manajemen berdasarkan fakta) untuk membuat keputusan yang lebih baik. Menggunakan pendekatan yang lebih kuat untuk mengurangi ketidakpastian yang melekat dalam pemasaran kreatif, disiplin dan dinamis. Salah satu cara untuk mempertahankan pertumbuhan dari waktu ke waktu adalah fokus pada “keunggulan” indikator-indikator tujuan yang anda inginkan. Leading indikator merupakan faktor yang mendahului terjadinya hasil yang diinginkan. Leading indikator bisnis melibatkan pengukuran cacat, kegagalan, dan waktu. Keunggulan indikator dapat termasuk ukuran kinerja fungsional seperti Unit Manufacturing Cost (UMC), pengukuran kualitas seperti Defects Per Million Opportunities (DPMO), dan ukuran berdasarkan waktu keandalan seperti Mean Time Between Failure (MTBF). Indikator utama untuk pemasaran meliputi pangsa pasar dan pendapatan metrik kinerja secara umum. Sebuah indikator utama yang kuat adalah kepuasan pelanggan sebelum transaksi penjualannya itu sendiri (seperti kepuasan dengan pelayanan informasi atau bagian iklan). Berbekal pengetahuan ini, pemasaran dapat memeriksa inisiatif dari perspektif yang berbeda. Untuk mendorong dan mempertahankan pertumbuhan, kinerja dan metrik kualitas diperlukan sikap yang proaktif dan bukan reaktif.
Yang harus diingat bahwa sebuah metodologi pemasaran harus memfasilitasi hubungan antara pelanggan, produk, dan keuangan. Persyaratan ini berusaha mencari lingkup tanggung jawab pemasaran yang komprehensif dari awal penawaran, melalui pengembangan penawaran untuk memberikan pengalaman kepada pelanggan. Ruang lingkup yang komprehensif ini melingkupi ruang lingkup bisnis yang strategis, taktis, dan aspek operasional. Ketiga proses dalam menetapkan cara kerja pemasaran yang menghubungkan kawasan strategis, taktis dan operasional dapat dilihat seperti gambar di bawah ini :

Pada lingkungan kerja profesional marketing sehari-hari bukanlah berbasis pada struktur alur kerja DMAIC. Hal yang fundamental dari pemasaran terdiri dari tiga kunci area, yaitu :
1. Strategic area : Proses renewal protofolio
2. Tactical area : proses komersialisasi (komersialisasi produk atau jasa tertentu)
3. Operational area : Setelah manajemen portofolio di selesaikan, sumberdaya operasi ini yang terjun langsung ke lapangan sepanjang siklus hidupnya, tentu saja di seluruh rantai nilai yang ada.

Metode unik Six Sigma untuk proses pemasaran mencakup tiga bidang, antara lain strategic, tactical, dan operational. Metode untuk membantu strategi pemasaran disebut dengan IDEA. Pendekatan untuk pekerjaan taktis disebut UAPL. Serta metode operasional secara langsung disebut dengan LMAD. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing metode tersebut (Clyde M Craveling, dkk. 2006 : 57) :
Lingkungan proses strategi pemasaran memiliki empat tahapan yang jelas, yang dikenal sebagai proses IDEA, yaitu :
1. Identify Markets; Segmentasi, dan kesempatan yang ditawarkan oleh masing-masing segmen tersebut.
2. Define portofolio requirements; alternatif portofolio produk.
3. Evaluate portofolio; alternatif terhadap tingkat kompetitif portofolio yang ditawarkan.
4. Activated; melakukan perangkingan terhadap masing-masing individu dalam proyek komersil.

Lingkungan proses pemasaran taktis memiliki empat tahapan yang berbeda, yang di definisikan sebagai proses UAPL untuk produk atau pelayanan tertentu :
1. Understand; Memahami peluang pasar dan spesifikasi persyaratan pelanggan yang diterjemahkan kedalam produk atau jasa.
2. Analyze; menganalisis preferensi konsumen.
3. Plan; Rencana keterkaitan antara rincian proses rantai nilai (termasuk pemasaran dan penjualan) untuk keberhasilan komunikasi dan peluncuran produk atau jasa.
4. Launch; Menyiapkan produk atau jasa baru dengan kontrol yang ketat terhadap peluncuran produk atau jasa tersebut.

Lingkungan operasional dalam proses pemasaran memiliki empat tahapan yang berbeda. Proses ini disebut LMAD, diantaranya adalah :
1. Launch; Memulai melakukan penawaran pada periode pengenalan produk ke pasar yang disesuaikan dengan kontrol pada proses sebelumnya.
2. Manage; Mengelola penawaran dan proses penjualan.
3. Adapt; Menyesuaikan antara tugas penjualan dan pemasaran serta alat untuk melakukan perubahan.
4. Discontinue; Menghentikan penawaran dengan disiplin, untuk mempertahankan loyalitas merk.
Selanjutnya, proses pemasaran tinggal berpegang teguh pada metode-metode yang disebutkan diatas (IDEA, UAPL, dan LMAD), dan metode tersebut harus dirancang agar bisa melakukan efisiensi, stabilitas, dan yang paling penting terukur oleh Six Sigma.

OK segitu saja dulu pembahasannya mengenai Six Sigma Untuk Proses Pemasaran nya, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Hatur Nuhun..

Comments :

4853 komentar to “Six Sigma Untuk Proses Pemasaran”
Unknown mengatakan...
on 

artikelnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, makasih
semoga sukses saja.. dan salam hangat buat admin blog dari ibbenk21

Noval.web.id mengatakan...
on 

mantap share nya gan

Kanal Android mengatakan...
on 

Thanks gan, nambah info soal marketing

cara mengatasi laptop yang panas mengatakan...
on 

www.goo.gl/c4Zs05

Daftar Harga Laptop Terbaru mengatakan...
on 

wah info yang menarik proses pemasarannya

Makanan Untuk Penderita Penyakit Kista mengatakan...
on 

Info yang menarik gan

Script PHP mengatakan...
on 

Wah infonya bermanfaat sekali nih sob, saya bakal berkunjung lagi nanti, semoga sukses

Obat Untuk Penyakit Alergi mengatakan...
on 

Ditunggu postingan selanjutnya,,, salam sapa sopan santun senyum semangat sukses yakin yakin yakin yakin yakin yakin yakin :D

Obat Untuk Penyakit Alergi mengatakan...
on 

Ditunggu postingan selanjutnya,,, salam sapa sopan santun senyum semangat sukses yakin yakin yakin yakin yakin yakin yakin :D

Obat Untuk Penyakit Thalasemia mengatakan...
on 

selamat siang !!

Cara Obati Penyakit Radang Telinga mengatakan...
on 

perlu di simak nih untuk nambah pengetahuan dan wawasan.

Obat Untuk Penyakit Liver mengatakan...
on 

Komentar aku hari ini,,, gak muluk-muluk... aku cuma mau bilang kalau postingannya itu bagus, dan aku haarap kedepannya semoga bisa posting lebih bagus dan lebih abik lagi dari pada postigan yang ini. ok sudah cukup, ditunggu postingan berikutnya yang lebih bagus. sukses buat mas nya dan terimakasih ! :)

seragam kerja mengatakan...
on 

seru bangat infonya

pembesar penis mengatakan...
on 

makasih infonya ya

ielts jakarta mengatakan...
on 

terus berkarya,aku doakan semoga sukses selalu

cat tembok mengatakan...
on 

selamat sore bro

Pengobatan Impotensi Secara Herbal mengatakan...
on 

terimakasi atas informasinya semoga dengan semakin banyaknya pembaca artikel ini akan semakin menambah wawasan mereka. :P

OBAT PEMBESAR PENIS mengatakan...
on 

Terima Kasih Banyak atas Informasinya, sangat bermanfaat sekali..Vimax Asli

CHIP SAKTI mengatakan...
on 

selamat malam Pulsa Murah

THALITA RELOAD mengatakan...
on 

semangat terus Pulsa Murah

TIKET PESAWAT mengatakan...
on 

super sekali tanks... Chip Sakti

manfaat buah alpukat mengatakan...
on 

terimakasih banyak informasinya sangat bermanfaat sekali.

Pengobatan Osteoporosis Secara Herbal mengatakan...
on 

izin baca artikelnya ya, salam blogger :)

Unknown mengatakan...
on 

mantap kali you punya tulisan..
sukses yaaa.

estu mengatakan...
on 

Keren Gan postingannya
Thx alot

jamu pelangsing tradisional mengatakan...
on 

thanks infonya

Obat Untuk Penyakit Ambeien mengatakan...
on 

Posting terus,,, sukses !! :)

jangan dibaca mengatakan...
on 

Jelly Gamat Gold-G adalah ramuan obat tradisional yang terbuat dari ekstrak teripang emas atau gamat gold spesies golden stichopus variegerus yang merupakan satu- satunya spesies terbaik yang memiliki kandungan gamapeptide ( tidak dimiliki spesies teripang lain). dimana kanndungan gamapeptide tersebut bermanfaat untuk mencegah inflamasi, mengurangi rasa sakit, 3x lebih cepat dalam menyembuhkan luka, mengaktifkan sel-sel otak, membuat kulit lebih muda dan meningkatkan kecantikan, menstabilkan emosi dan memelihara sirkulasi darah.

info mengatakan...
on 

postingan nya mantab gan.....
ane dari dulu pengen banget belajar six sigma tapi belum ada kesempatan..

healthy tips mengatakan...
on 

info kesehatan

Interior Design mengatakan...
on 

Banyak dapat pelajaran baru dari blog ini.....

Mas Anwar mengatakan...
on 

mantep strateginya

Obat Untuk Penyakit Kanker Pankreas mengatakan...
on 

Hai, Selamat siang !!
Apakabar hari ini ?? Mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat, dan mudah-mudahan yang sakit, cepat diberikan kesembuhan. supaya bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya, badan sehat, pekerjaan pun bisa brjalan dengan lancar dan menyenangkan. amiin,,, Semangat are you Ok !! :D Buat agan yang punya blog ini salam kenal dari aku, semoga agan selalu diberikan kesehatan lahir dan batin, lanjutkan postignan, dan berikan yang terbaik untuk pembayanya. Buat aku isi postingan yang bagus dan berisi informasi itu sangat bermanfaat. Terimakasih :)

Obat Penyakit Glaukoma Alami mengatakan...
on 

Terimakasih atas sajian informasi nya semoga bermanfaat, dan kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat " Good Job



grosir cd blank mengatakan...
on 

makasih gan

jual baju tidur transparan wanita mengatakan...
on 

good gan

jual alat pengusir tikus elektrik mengatakan...
on 

semoga bermanfaat...
thx buat admin. sukses dan jaya

jual bra set import mengatakan...
on 

uar biasa infonya gan
thanks n good luck

Pakar SEO mengatakan...
on 

Terdapat perbedaan di setiap tahapannya, sangat membingunkan -_-

gosir jilbab murah mengatakan...
on 

infonya sangat bagus sekali terimakasih

jasa-pembuatan-website-toko-online-surabaya mengatakan...
on 

Terima kasih atas informasinya.
Salam sukses selalu.

promosi online mengatakan...
on 

wah ini artikel bermanfaat gan, bisa jadi referensi buat ane yang belajar sistem pemasaran, thanks for share gan

santi mengatakan...
on 

mantep banget nih tulisannya.
keep posting sob!

Cara Menyembuhkan Batu Ginjal mengatakan...
on 

ikut baca sob infonya,

Obat Untuk Penyakit Hipotensi mengatakan...
on 

Terimakasih gan informasinya sangat menarik dan banyak memberikan informasi yang saya dapatkan, semoga anda berada dalam orang-orang yang beruntung.

Pengobatan Penyakit Asma Secara Alami mengatakan...
on 

terimakasih atas informasinya semoga kedepanya menjadikan informasi yang lebih bagus dan menarik lagi.

Cara Cepat Mengobati Penyakit TBC mengatakan...
on 

selamat sore gan ikutan nyimak artikelnya ya, salam bloger aje :)

Obat Penyakit Diabetes Melitus Herbal mengatakan...
on 

Bagus informasinya, ditunggu artikel barunya.

Pengobatan Penyakit Tipes Secara Alami mengatakan...
on 

Share artikelnya menarik, sangat bagus di publickasikan buat pengetahun para pembaca lebih maju dan semakin maju termasuk saya, ok lanjutkan terus postingannya biar tambah semangat terus baca artikelnya.

obat herpes herbal mengatakan...
on 

nice info....
mantap banget ..

jam tangan murah mengatakan...
on 

wew, program apa itu gan,, sepertinya keren banget, salam kenal ya
jam tangan murah
jam tangan online

jasa-buat-toko-online-murah mengatakan...
on 

Sungguh Bahagia Bisa Saling Berbagi.
Makasih ya .... Atas Sharing Ilmunnya.
Semoga Selalu Diberkahi Tuhan Yang Maha Kaya.

Cara Mengobati Penyakit Tumor Secara Tradisional mengatakan...
on 

Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat. semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangin lagi " salam sehat " Good Job


obat kanker darah mengatakan...
on 

makasih ka sharenya
http://goo.gl/Hln9Oy

Jasa Pembuatan Reklame / Neon Box dan Huruf Timbul mengatakan...
on 

Artikelnya sangat bagus, pemiliknya juga terbuka.
Terimakasih sudah sharing.
:)

Obat Kanker Hati Tradisional mengatakan...
on 

Terima kasih atas informasinya
Dapatkan obat kanker hati tradisional yang aman, efektif, ampuh dan tanpa efek samping di http://goo.gl/3v3NiE | http://goo.gl/yRLrkq

jasa-buat-toko-online-murah mengatakan...
on 

Sungguh Bahagia Bisa Saling Berbagi.
Makasih ya .... Atas Sharing Ilmunnya.
Semoga Selalu Diberkahi Tuhan Yang Maha Kaya.

jasa-buat-toko-online-surabaya mengatakan...
on 

Terima kasih banyak atas informasinya ya..
Semoga bermanfaat bagi kami semua.
Salam sukses...

jasa-desain-toko-online mengatakan...
on 

Artikelnya bagus dan mantap..
Semoga bermanfaat..
Sukses ya..

Obat Penyakit Parkinson Alami mengatakan...
on 

Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat " Good JOb

Obat Penyakit Parkinson Alami mengatakan...
on 

Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat " Good JOb

jasa-design-toko-online mengatakan...
on 

Infonya menarik..
Terima kasih sudah mau berbagi ilmu.
Sukses buat anda.

Jual Susu Kambing Higoat mengatakan...
on 

Terima kasih atas informasinya
http://goo.gl/yRLrkq

Juu mengatakan...
on 

oh, kalo indomaret itu pake strategi pemasaran apa ya? kok bisa laku banget

jangan dibuka mengatakan...
on 

selamat malam gan semoga makin sukses aja dengan blognya, salam blogger :)

jangan dibuka mengatakan...
on 

selamat malam gan semoga makin sukses aja dengan blognya, salam blogger :)

jasa desain toko online murah mengatakan...
on 

Postingannya bagus sekali.
Makasih.. Salam kenal dan sukses ya...

Good Bali Villas mengatakan...
on 

para komentator semunya mengatakan sangat baik. dan aku sangat setuju dengan itu semua. trimakasih bro atas informasinya. salam dari bali

Masrukin mengatakan...
on 

Ijin nyimak informasinya saya gan...
mantap...

toko aksesoris mengatakan...
on 

Informasi yang sangat berharga ini, tolong tingkatkan lagi,
salam suksus...

Cara Mengobati Penyakit Hipertiroid Secara Tradisional mengatakan...
on 

Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, semog auntuk kedepan nya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat " good Job




Cara Mengobati Penyakit Hipertiroid Secara Tradisional mengatakan...
on 

Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, semog auntuk kedepan nya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat " good Job




Cara Mengobati Penyakit Hipertiroid Secara Tradisional mengatakan...
on 

Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, semog auntuk kedepan nya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat " good Job




Obat Asma Alami mengatakan...
on 

Terima kasih atas informasinya,
jaga kesehatan dengan minum susu kambing higat
http://goo.gl/f5xdMB

Unknown mengatakan...
on 

Nice info
Share Pengetahuan

sukron mengatakan...
on 

informasi yang sangat bermangfaat, semoga makin sukses aja blognya dan salam blogger aja deh

Training Ohsas 18001 mengatakan...
on 

Sayang bgt blognya ga di urus

Herman Rizani mengatakan...
on 

Pengunjungnya sangat banyak nih

Herman Rizani mengatakan...
on 

Komentar pengunjung luar biasa. Ikut nyimak gan

LECI (Lemari Cinta) mengatakan...
on 

Thanks gan, sangat bermanfaat buat saya dan semua.

Unknown mengatakan...
on 

info yang menarik
by Share Pengetahuan

Loker Terbaru mengatakan...
on 

waaah setuju nih saya dengan pendapat anda

obat kista rahim alami tanpa oprasi mengatakan...
on 

setuju pisan gan sama artikel you

Anonim mengatakan...
on 

Nice post bro minta kunjungan balik nya donk

Obat TBC Kelenjar Leher Untuk Anak mengatakan...
on 

kunjungan malam gan semoga aktivitas malam ini lancar dan web ini ke satu di google

Obat TBC Kelenjar Leher Untuk Anak mengatakan...
on 

kunjungan malam gan semoga aktivitas malam ini lancar dan web ini ke satu di google

Obat Kista Rahim Alami Tanpa Oprasi mengatakan...
on 

terimakasih gan infonya semoga sukses selalu

Obat Kista Rahim Alami Tanpa Oprasi mengatakan...
on 

terimakasih gan infonya semoga sukses selalu

Obat Alami Atasi Cacar Air Pada Anak mengatakan...
on 

terimakasih gan infonya keren

Obat Alami Atasi Cacar Air Pada Anak mengatakan...
on 

terimakasih gan infonya keren

obat kista rahim alami tanpa oprasi mengatakan...
on 

kunjungan pagi gan semoga aktivitas hari ini lancar dan web ini ke satu di google

obat kista rahim alami tanpa oprasi mengatakan...
on 

kunjungan pagi gan semoga aktivitas hari ini lancar dan web ini ke satu di google

Obat TBC Kelenjar Leher Untuk Anak mengatakan...
on 

kunjungan pagi gan semoga aktivitas hari ini lancar
http://goo.gl/t0aCxX
http://goo.gl/608Je5
http://goo.gl/euOjFJ

Obat Alami Atasi Cacar Air Pada Anak dan Dewasa mengatakan...
on 

terimakasih infonya bermanfaat

Obat Alami Atasi Cacar Air Pada Anak dan Dewasa mengatakan...
on 

terimakasih infonya bermanfaat

obat benjolan di leher mengatakan...
on 

kunjungan malam gan semoga aktivitas malam ini lancar dan web ini ke satu di google

Perusahaan Outsourcing Tangerang mengatakan...
on 

Bermanfaat sekali :)

PT.Damarindo Mandiri Perusahaan outsourcing Tangerang penyedia dan penyalur tenaga kerja outsourcing Tangerang untuk security dan satpam Tangerang. Follow Me PT.Damarindo Mandiri

Kata Mutiara (LECI) mengatakan...
on 

nice articel..

san san mengatakan...
on 

sharing yg sangat brmanfaat

Binder Jeans Lover mengatakan...
on 

hahaa senengnyaaa dapet info pemasaran baru, makasih ya agan buat info pentingnya (y)

Mengobati Nyeri Sendi mengatakan...
on 

Hari ini saya sudah online dari pagi, coba cari informasi dari mana-mana, ternyata disini tempatnya.

Nano Spray mengatakan...
on 

niche info gan, sukses selalu

Gigih mengatakan...
on 

Makasih infonya, salam kenal Sobat

andy mengatakan...
on 

makasih gan

Obat Asma Alami mengatakan...
on 

Aduh kurang paham ane...

Obat Penyubur Sperma mengatakan...
on 

bagus infonya sangat bermanfaat sekali

Cerpen Kehidupan (LECI) mengatakan...
on 

nice post

Affif Nur Hidayat mengatakan...
on 

makasi atas infonya... bermanfaat sekali

Circle Health mengatakan...
on 

nice information,.. thank you so much

Cara Setting VPN Di Android mengatakan...
on 

terima kasih infonya kang :D

semoga bermanfaat bagi kita semua :)

Dangdut Berkoplo 2014 mengatakan...
on 

makasih kang

Sprei Anti Air mengatakan...
on 

Ulasan tingkat tinggi. ga ngerti but keep posting..

sinta mengatakan...
on 

Nice post, saya setuju sama tulisan diatas..

Obat Herbal Batuk Kering mengatakan...
on 

Artikel yang sangat menarik gan, terimakasih atas sharenya .:) Semoga dalam keadaan sukses.

razaq mengatakan...
on 

info yang sangat bagus mas, makasi uda share

Unknown mengatakan...
on 



Terimakasih gan atas Postingan yang bermanfaat ini
jika agan mau download games bisa kesini gan Gratis rip dan full Version Winkars Evolution

Unknown mengatakan...
on 



Terimakasih gan atas Postingan yang bermanfaat ini
jika agan mau download games bisa kesini gan Gratis rip dan full Version Winkars Evolution

cara mengobati kanker ovarium mengatakan...
on 

sangat setuju sekali

obat aman penurun kolesterol tinggi mengatakan...
on 

artikel yang menarik terimakasih

Jual Sepatu Harga Grosir mengatakan...
on 

setuju banget gan dengan postnya, tolong lanjutkan

Jual Sepatu Harga Grosir mengatakan...
on 

Mantabs sob, buat lagi yang lain ya

IDRPOKER.COM AGEN TEXAS POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA mengatakan...
on 

terimakasih sudah berbagi

IDRPOKER.COM AGEN TEXAS POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA mengatakan...
on 

terimakasih sudah berbagi

Obat Penyakit Batu Ginjal Alami mengatakan...
on 

Terimakasih atas informasi nya sangat membantu semoga untuk kedepan nya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat " Good job

horoskop 2014 mengatakan...
on 

nize post gan

SEOblogaf mengatakan...
on 

mantab banget mas artikelnya,,, sangat berbobot :)
Penawaran Kami :
Panduan Lengkap Optimasi Blogger
Panduan Lengkap Teknik SEO Terbaru
Panduan Lengkap Bisnis Affiliate
Panduan Lengkap Bisnis Online Terpercaya
Motivasi Dunia
Kunjungi : SEOblogaf (Situs Belajar SEO, Blogger Dan Affiliate)

Mamas_Wae mengatakan...
on 

mantab nich, mungkin perlu di coba siapa tahu berhasil
''Travel and Vacation'' || ''Gosip Artis Terkeren''





Suplier Tas Import Murah mengatakan...
on 

Six sigma memang dapat diterapkan pada semua bidang. Efisiensi dengan penerapan six sigma sangat signifikan

Juragan Koyo Kaki mengatakan...
on 

Artikel yang enak dibaca dan didiskusikan. Mantap kangbro

suci mengatakan...
on 

menambah pengetahuan saya membaca artikel ini, dan sangat membantu serta bermanfaat, jika berkenan silahkan kunjungi blog kecil saya ea :

http://palingimut.blogspot.com/
http://designhomeminimalist1.blogspot.com/
http://gambar-rumah-minimalis1.blogspot.com/

makasih ea sebelumnya ^_^

idekita.info mengatakan...
on 

setuju banget sob,,


jgan lupa singgah balik yah ?

jual cacing lumbricus rubellus mengatakan...
on 

bagus banget. makasih ya

cevy mengatakan...
on 

wiss keren artikelnya,,,,

daun teratai mengatakan...
on 

setuju sekali gan

Unknown mengatakan...
on 

mantep tuh..
mampir juga ya

http://detik-kesehatan.blogspot.com/2013/12/cara-menebalkan-alis-secara-mudah.html

obat ginjal mengatakan...
on 

kunjungan siang gan semoga aktivitas hari ini lancar

acep ilham mengatakan...
on 

Semua bermanfaat ,,,")

tutorial blogspot mengatakan...
on 

bagus nih mas

TIKET PESAWAT mengatakan...
on 

manteb banget artikelnya, izin gabung nyimak gan, Terima kasih.
www.chipsakti-tiket.com

santi mengatakan...
on 

pemasaran selalu menarik buat dipelajari..terima kasih, sharing yg sangat brmanfaat

obat ginjal mengatakan...
on 

kunjuntgan pagi gan semoga aktivitas pagi ini lancar

Obat Alami Untuk Menambah Gairah Hubungan Intim mengatakan...
on 

terimakasih atas informasinya, selamat menjelang siang aja bagi yang kebetulan baca ini artikel. :)

Coretan'e Anazt mengatakan...
on 

Seneng sekali bacanya...memang mantap..^^

Cara Mengatasi Rambut Rontok mengatakan...
on 

Sip banget nih proses pemasarannya

vitalitas pria mengatakan...
on 

sukses selalu,salam kenal gan.

Cara Menghilangkan Rematik mengatakan...
on 

informasi yang begitu bagus, terimaksih segala infonya Gan, semoga sukses selau...

komposisi kandungan wsc mengatakan...
on 

biasanya strategi ini selalu di kesampingkan usahawan kecil

sukron mengatakan...
on 

Ehhmmmmmm...... Apa ya.....?
Sebenarnya saya mau kasih komentar. Tapi saya juga ga' tau mau kasih komentar apa. Jadinya cuma numpang coret - coret saja.
Boleh ga' boleh terserah, yang terpenting saya sudah melakukanya. Di terima ga' di terima juga ga' apa - apa.
Sebenarnya saya juga ga' tau kenapa saya bisa melakukanya. Tapi inilah yang ada di kepala saya saat ini. ya walaupun cuma coret - coret bisa juga menjadi sebuah kata - kata.
Munkin sebaiknya saya jadi penulis aja kali ya. kan lumayan tuh buat tambah - tambah uang bulanan.
Mungkin saya di takdirkan bukan untuk jadi penulis kali ya, jadi saya hanya bisa menulis di sini. ya walaupun bakat itu ada. Tapi... ya sudahlah, walaupun hanya bisa menulis di sini. Hitung - hitung mengasah bakat yang saya miliki, Siapa tahu dapat inspirasi.
Kamu pasti berfikir kapan selesainya ni komentar. dari tadi ga' habis - habis. Apa maunya ni orang nulis segitu banyak apa enggak capek.?
Sebenarnya sih capek tapi mau gimana lagi. saya masih mau numpang coret - coret. Jadinya ya enggak habis - habis.
Kalau kamu ingin komentar ini cepat selesai. Kamu harus mencoba untuk bersabar. karna dengan bersabar semua masalah akan dapat terselesaikan.
Setelah membaca ini kamu pasti menggerutu dalam hati, kenapa komntar ini ga abis-abis yach. Trus kamu pasti berkata, ah bodo amat ach, apaan eh tulisannya gw ga peduli.
Tapi kmu masih terus membacanya dan berkata. Duh kapan abisnya sech ini tulisan.... Pegel tau... Km berniat untuk menyudahi bacaan ini, tapi kmu masih penasaran apa sech isi dari tulisan ini,apa sech maksudnya, apa sech makna yang terkandung di dalamnya.?
cape juga yach komentar banyak-banayak kaya begini. Ya sudahlah, Setelah membaca tulisan ini kamu pasti berfikir, akhirnya selesai juga nech komentar.
Udah lah, cape juga ngetiknya..
HaHahaHa.. -

kamar tidur anak mengatakan...
on 

strategi pemasran sangatlah penting dan sangat di perulukan oleh perusahaan. cara ini sangat membantu sekali. terimakasih atas informasinya.

tips kecantikan mengatakan...
on 

sigma itu apa ya mba?

Unknown mengatakan...
on 

ane izin blogwalking dimarih dulu ya gan.
btw keren banget blognya gan, loadingnya cepet lagi. salut ane....
template buatan sendiri kah gan?
i66m

Manfaat Propolis mengatakan...
on 

Six Sigma memang tools yang bagus utk kontrol kualitas.

Buat Kaos mengatakan...
on 

terimakasih informasinya menarik gan

perusahaan outsourcing mengatakan...
on 

makasih mas informasinya, lumayan nambah infonya:)
salam kenal.

cara mengobati leukemia mengatakan...
on 

mkasih infonya

furniture jati mengatakan...
on 

strategi bisnis yang menarik untuk di pelajari mas,,, di tunggu untuk artikel barunya gan...

Cara Cepat Mengobati Penyakit Tetanus Secara Alami mengatakan...
on 

Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, " salam sehat "



obat asam urat alami mengatakan...
on 

sip, makasih wacana nya benar2 menarik http://goo.gl/vOUoVD

obat asam urat alami mengatakan...
on 

sip, makasih wacana nya benar2 menarik http://goo.gl/vOUoVD

Cara Menyembuhkan Penyakit Virgit Dengan Bahan Alami mengatakan...
on 

informasi yang sangat bermutu, terimaksih atas artikelnya :)

Produk Kecantikan mengatakan...
on 

Wah siip postinganya gan...

cicicuit mengatakan...
on 

makasih mas |
sukses :-)

Cara Menyembuhkan Penyakit Stroke Dengan Bahan Alami mengatakan...
on 

izin nyimak artikelnya gan, aku tunggu kunjangan baliknya :) salam blogger

Agus Salam mengatakan...
on 

selamat siang, kunjungan perdana nih.
salam kenal yaa....

hosting murah mengatakan...
on 

lam kenal ajahhh yaaaa

Obat Herbal Untuk Menyembuhkan Penyakit Cacar Air mengatakan...
on 

menyimak artikel ini tidak sia-sia itu artinya bahwa share informasinya menarik dan menguntungan pembaca bertambah pengetahuan baru.

Jual Mesin CNC mengatakan...
on 

Thanks gan udha di share di mari

Cara Menghilangkan Kolesterol mengatakan...
on 

infonya siiipplah Gan...........!!!!!!!!!!!!!!!

Unknown mengatakan...
on 

potingan yang bagus :)
kunjungan balik ya http://g-landexplore.blogspot.com/

vitalitas pria mengatakan...
on 

terima kasih banyak telah mau berbagi ilmu salam kenal ya

sinta mengatakan...
on 

akhirnya sampe juga disini nih...salam kenal gan.....

teguh mengatakan...
on 

wah banyak x syrat na ea..
tpi tak pa lah..
nambah ilmu baru
marketing merupakan ujing tombah perusahaan..

qyudaf1998 update dan ternaru mengatakan...
on 

thanks bro

Bernando Munthe mengatakan...
on 

asik dapat ilmu baru dari situs e-je.
terima kasih ya gan :D

Pengobatan Herbal Penyakit Asam Urat mengatakan...
on 

artikel yang sangat berkualitas, aku tunggu postingan selanjutnya. salam blogger

INFO TASIK mengatakan...
on 

yaa elah informasinya sangat bagus bener, semoga semakin cetar membahana ajah informasinya.....gurih-gurih enyoyyy



http://goo.gl/t4TyzZ

undangan pernikahan mengatakan...
on 

mantap gan artikelnya

pulsa elektrik murah mengatakan...
on 

salut bos dengan konsistensi menulis artikelnya,,,,
Bukan hal mudah untuk kita menjaga konsistensi dalam suatu hal,

Unknown mengatakan...
on 

SUSU KAMBING ETAWA
SUSU KAMBING ETAWA EMP GOLD
SUSU KAMBING EMP

sona mengatakan...
on 

newbie ijin nyimak gan
kapan2 mungkin bisa ane praktekin

Jual Tas Online dan Murah mengatakan...
on 

mampir ke blog ane juga ya gan . .

obat asam urat herbal mengatakan...
on 

di butuhin banget nih buat ilmu online jual

Jakarta Restaurants mengatakan...
on 

terlalu ribet bro prosesnya, mending belajar sama gw bro. simple dan mudah. gw ahli dalam bisnis online.

Jasa Foto Copy Center Dan Percetakan mengatakan...
on 

saya setuju banget ama agan... jangan lupa kunjungi balik ya gan... tank's.

Model Rambut Yang Disukai Para Wanita mengatakan...
on 

sip gan.. ane setuju banget tuh...

obat herbal diabet melitus mengatakan...
on 

lmyan bkin psing jghaaa... :)

SUSU KAMBING BUBUK ETAWA mengatakan...
on 

manteb gan postingnya.... sangat bermanfaat.... nice

Unknown mengatakan...
on 

SUSU KAMBING ETAWA
SUSU KAMBING ETAWA
SUSU ALIIFA
SUSU KAMBING EMP
MANFAAT SUSU KAMBING ETAWA
SUSU KAMBING ETAWA
SUSU KAMBING ETAWA EMP GOLD

pengobatan herbal asam urat mengatakan...
on 

informasi yang sangat luar biasa, salam blogger gan

Blog Remaja mengatakan...
on 

salam kenal gan... like it

Blog Remaja mengatakan...
on 

mantap banget gan... sukses ya

THALITA RELOAD mengatakan...
on 

Keren banget informasinya.Banyak sekali informasi yang
saya dapat dari sini. Buat saya ini bagus untuk diikuti
Thalita Reload

Blog Remaja mengatakan...
on 

makasih ya ats postinganya

obat pelangsing alami mengatakan...
on 

Informasinya sangat bagus dan bermanfaat.

obat pelangsing alami mengatakan...
on 

Informasinya sangat bagus dan bermanfaat.

obat pelangsing alami mengatakan...
on 

terimakasih atas informasinya

manfaat jeruk nipis mengatakan...
on 

Tips yang sangat bagus, terima kasih atas informasinya.

sukron mengatakan...
on 

selamat sore gan, artikel anda sangat berkualitas sekali, sukses buat blognya

obat pelangsing tubuh alami mengatakan...
on 

salam sukses untuk smua

Obat Gagal Ginjal mengatakan...
on 

ijin liat-liat halamannya ya kk admin. lumyan bagus nehh.. bisa liat punya saya :D

«Terlama ‹Lebih tua   4601 – 4800 dari 4853   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik