Masih Perlu kah Forecasting??

Forecasting atau peralaman adalah suatu alat bantu untuk melakukan suatu perencanaan yang efektif dan efisien, seperti peramalan terhadap tingkat permintaan suatu produk atau beberapa produk dalam periode waktu tertentu di masa yang akan datang. (Biegel, 1992). Apabila kita melihat pengertian tersebut, sudah jelas bahwa memang suatu perusahaan memerlukan sekali yang namanya peramalan. Terus kenapa judul artikel saya seperti itu?? Baik, lebih jelasnya kita bahas saja langsung.

Sering kali forecasting atau peramalan ini diterapkan pada sebuah produk untuk melihat jumlah permintaannya di waktu yang akan datang dan ini memang sangat bermanfaat sekali bagi perusahaan agar bisa melakukan perencanaan yang efektif dan efisien. Tetapi ada juga yang salah kaprah dengan implementasinya seperti meramalkan kebutuhan dan keinginan konsumen, karena sebenarnya kebutuhan dan keinginan konsumen tidak bisa diramalkan terutama untuk keinginan konsumen karena setiap orang pastinya mempunyai keinginan yang berbeda-beda. Contoh lain adalah peramalan yang dilakukan perusahaan baru yang datanya mengambil dari BPS, selain data dari BPS yang masih dipertanyakan kebenarannya ada kesalahan yang sangat fundamental lainnya yaitu data perusahaan mana yang kita ambil?? Data perusahaan sejenis?? Boleh, tapi perusahaan sejenis yang seperti apa? Misalkan saya punya perusahaan baru di bidang operator seluler, apakah harus ngambil data perusahaan telkomsel, indosat atau XL?? Menurut saya ini sangat keliru, karena kita sebagai perusahaan baru langsung meramalkan sesuai dengan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, akhirnya hasil peramalan akan memberikan rekomendasi kepada kita agar memproduksi lebih banyak, padahal kenyataannya belum tentu marketing perusahaan saya mampu menjualnya. Sebaiknya untuk hal ini menggunakan target market yang akan kita masuki saja, seberapa besar market share yang akan menjadi target perusahaan kita, ini lebih rasional menurut saya.
Nah, maksud dari judul artikel ini adalah bahwa masih relevan kah hasil forecasting yang dilakukan pada era sekarang ini?? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Iya, karena memang metode-metode peramalan yang biasa digunakan sudah terbukti dan banyak perusahaan-perusahaan berhasil menerapkannya. Tapi bisa juga jawabannya tidak terutama pada era sekarang yang turbulensinya sangat tinggi, karena metode-metode peramalan yang ada asumsi utamanya adalah bahwa lingkungan eksternal stabil, sedangkan yang terjadi sekarang adalah perubahan bisa terjadi kapan saja. Contohnya harga minyak yang sangat berfluktuasi dan saya rasa ini melawan hukum ekonomi mikro mengenai supply and demand karena demand untuk minyak terus meningkat tetapi akhir-akhir ini harganya malah mengalami penurunan yang tajam. Ini menandakan bahwa lingkungan eksternal yang memang tidak bisa dikendalikan oleh perusahaan sangat bergejolak, setiap saat bisa saja terjadi perubahan. Perusahaan seperti General Motor pada tahun 2007 mungkin saja hasil ramalannya adalah peningkatan jumlah permintaan selama tahun 2008, tetapi kenyataannya pada akhir tahun 2008 terjadi krisis ekonomi yang sangat luar biasa dan GM menjadi salah satu perusahaan yang terkena imbasnya, dan ini bisa saja mengacaukan perencanaan GM (hasil peramalan permintaan) karena bisa saja hasil perencanaan yang dilakukan GM sudah di implementasikan dengan mempersiapkan jumlah bahan baku, jumlah jam kerja, jumlah tenaga kerja sesuai dengan perencanaan dan ini akan menambah parah keadaan karena tidak efektif dan efisien lagi. Dengan melihat hal tersebut, saya rasa memang jawaban tidak untuk hal ini bisa saja.
Tetapi apakah sebaiknya perusahaan tidak melakukan peramalan sama sekali?? Jawabannya tidak juga, karena ada solusi lain untuk hal ini. Yaitu dengan melakukan peramalan pada jangka waktu yang lebih pendek, saya rasa paling pajang yaitu tiga bulan bahkan menurut saya lebih pendek jangka waktu peramalan maka hasilnya akan lebih baik karena melihat keadaan faktor eksternal yang sangat tidak bisa diramalkan sama sekali. Sehingga kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa peramalan memang masih bisa dilakukan tetapi tidak untuk jangka panjang atau dengan kata lain hanya meramalkan untuk jangka pendek. Ada masukan lain??


Comments :

527 komentar to “Masih Perlu kah Forecasting??”
Unknown mengatakan...
on 

Setahu saya kang
Forecast itu adalah semacam target yang diberikan perusahaan ke karyawannya ya??
Kang..kemana aja..lama teu posting
sibuk ya??

nyoman mengatakan...
on 

nyimak dulu :)

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...
on 

menurut saya Forecasting masih sangat diperlukan dalam suatu perusahaan, terutama dalam membuat program-program dalam situasi yang belum menentu seperti sekarang ini.

RJ mengatakan...
on 

Menurutku forecasting itu masih perlu , coba bayangkan jika saja kita tidak forecast-kan begitu ada gejolak demand yang tinggi namun kita tidak punya stock, jadilah dukungan purna jual tidak yahuud ...bisa2 pelanggan manggud2 sambil angkat lutut cari yg lain ...wah rugi dong

e-je mengatakan...
on 

@ Setiawan dan RJ :

ya memang masih perlu, tapi jangan terlalu panjang jangka waktunya, cukup paling lama itu skitar 3 bulan lah karna lingkungan luar sekarang lagi tidak stabil dan turbulensinya terlalu tinggi untuk bisa diperkirakan. dan harus di ingat bahwa lingkungan luar ini lah yang paling susah di prediksi dan dikendalikan sehingga menurut saya mending pake peramalan yang tidak terlalu jauh jangka waktunya..

@ayu : iya yu, lagi lumayan sibuk2nya hehehehe ga tau so sibuk ini tuh..

Yanuar Catur mengatakan...
on 

mungkin kadang perlu
itung2 sebagai penyemangat pekerja lah
mungkin sich
hehehehehehe
long time no see

honda insight hybrid mengatakan...
on 

salam kenal :D

mampir ke blog saya yach!

rizky mengatakan...
on 

itu relatip yak,, tergantung kebutuhannya ajah :D

IjoPunkJUtee mengatakan...
on 

Forecasting tetep perlu bagi produsen untuk meluncurkan suatu produk, agar tidak terjadi "ke-sia2an" karena supply jauh dari demand baik + maupun -

MUngkin asusmsi forecasting yang perlu dikembangkan, mungkin oleh seorang E-JE.....

angga weblog mengatakan...
on 

tetep perlu. soal untuk jangka pendek terutama, karena risiko perubahan kecil (hampir sesuai dengan yg di forecast). Untuk jangka panjang pastinya ada metode2 peramalan tertentu dengan pendekatan berbeda

Photoshop Tutorial mengatakan...
on 

Nice POst ..Thanks For Informations

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi mengatakan...
on 

duh perlu bolak balik dlu nih bacanya, mklum baru tau yg beginian, salam kenal mas

Ian mengatakan...
on 

Tentara aja sebelum perang latihan dulu, nice post

Wisata SEO Sadau mengatakan...
on 

masih belum belum nyambung saya peralaman peramalan??

cirux mengatakan...
on 

wah....
ngk paham ane soal ginian :(

katarashop mengatakan...
on 

wah musti banyak belajar dari para master neh ...
mohon bantuannya ... ^_^

buJaNG mengatakan...
on 

Hemmm... nggak tahu nih saya kalau yang ini...

mamas86 mengatakan...
on 

Ha...? Panjang banget penjelasannya....

Wisata SEO Sadau mengatakan...
on 

kyknya perlu mas.
sekadar prediksi ap yg bakalan terjadi, biar bisa siap2.

IHSAN mengatakan...
on 

masih perlu sekali

tapi perencaan danstrategi yang matang

juga analisis SWOTnya MANTAP

wanda mengatakan...
on 

Tergantung situasi adjah
Your Friend:Myokezone

alhejawi mengatakan...
on 

Peralaman atau peramalan sih yang bener...? saya kok malah jadi tambah bingung

Ankardiansyah Pandu Pradana mengatakan...
on 

komen dulu baru baca...

Roizzz mengatakan...
on 

hheheee ramalan kayak gitu..... dijadiin motivasi ajah yah kali.... kalo ramalannya buruk, coba buat dihindari... kalo ramalannya baik, coba kita kejar... bener gak>>??

Yanuar Catur mengatakan...
on 

kange_je kemana ja nih?
kok lum nongol-nongol
hehehehe

Unknown mengatakan...
on 

ok mantap ne

matt mengatakan...
on 

good posting

susie mengatakan...
on 

gillee bener

Bahasa Markup dan Scripting mengatakan...
on 

kayakny emang tetep perlu deh..tetaapi dengan beberapa penyesuaian data:
postingan bagus:thanks

stop dreaming start action mengatakan...
on 

wah ngomong perusahaan ane pasrah deh

owner www.icakicik.com mengatakan...
on 

Artikelnya bagus sekali, terimakasih.

From:
Agung Nugroho (celunk)
Owner http://icakicik.com

Ceebook ! mengatakan...
on 

Nih.. perusahaan gw!!! Ceebook Blogz... inc.
he..he.. Nice Article

bamz-Rusli Zainal Sang Visioner mengatakan...
on 

mampir lagi mas, sudah lama gag update, mohon dukungannya di :

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Rusli Zainal Sang Visioner

Rusli Zainal Sang Visioner mengatakan...
on 

Saya kira masih mutlak perlu mas.. sangat membantu kita untuk overview kan?

Eh Mas, mau dukung saya nggak ikutan seo? kasih saya link: http://pekanbaru-riau.blogspot.com/2009/06/rusli-zainal-sang-visioner.html
dan teks: Rusli Zainal Sang Visioner
di sidebar blog ini..

Imbalannya, Mas saya kasih linkback dari blog berpr4 (http://riaudailyphoto.blogspot.com/)
gimana? jawabannya ditunggu ya..

Blogger Indonesia mengatakan...
on 

Di lihat dulu ke efketifan dan ke efisienan dari fore castng sendiri. Lalu seberapa bermanfaat fore casting tersebut bagi sebuah perusahaan. Karena tidak semua perusahaan membutuhkan secara mutlak..

kwangkxz mengatakan...
on 

Artikelnya bagus sekali sobat !!

Mencari Blogpreneur Sejati mengatakan...
on 

yang jelas forecasting sekarang , hanya untuk jangka pendek. apalagi untuk indonesia yang belum jelas aturan main, terlebih tentang dunia usaha khususnya

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...
on 

Forecasting , jika tidak memanfaat kan dengan baik , akan buang buang waktu saja .

antwa mengatakan...
on 

menurut saya sih forecasting tuh perlu =)

Free Blackberry Applications mengatakan...
on 

Menurut saya sih bole aja asal jangan kelamaan

Car Holic mengatakan...
on 

ramalan atau lebih tepatnya perkiraan memang masih dibutuhkan karena utk membuat planning yang terarah

Gadgets mengatakan...
on 

Nice Post, Sukses yaa...

Natural Beauty and Health Tips mengatakan...
on 

Menurut saya, butuh atau tidak itu tergantung pada kebutuhan dan kemampuan.

microsoft word portable mengatakan...
on 

Peramalan atau forecasting tetep perlu untuk dilakukan. sama penting seperti prototyping Sangat penting untuk memperkirakan yang akan terjadi di masa depan. Juga untuk mengurangi risiko

Astaga.com mengatakan...
on 

Dengan segenap jiwa saya meminta dukungan dari sobat! terimakasih sebelumnya.

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...
on 

kayaknya perlu juga itu

street article mengatakan...
on 

sukses selalu

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...
on 

baru tahu yang kayak ginian, nice info bos

Festival Museum Nusantara mengatakan...
on 

informasi yang menarik sobat

Piala Dunia 2010 mengatakan...
on 

thx for share, bro

Nyubi mengatakan...
on 

mampir sob

Chiropractic mengatakan...
on 

blognya keren

cara membuat blog mengatakan...
on 

maknyus artikelnya....

nowgoogle.com adalah multiple search engine popular mengatakan...
on 

Kalau menurut saya sih, Forecasting masih di perlukan,, asal jangan pake dukun aja.

NegeriAds.com solusi berpromosi mengatakan...
on 

Belum begitu paham nie tentang Forecasting. Sepertinya masih perlu belajara lagi dari artikel ini. Thanks ya!

Blog Literature mengatakan...
on 

Well its really a very informative article indeed. I hope your article is very helpful for those people who are related to this industry. They 'll definitely get something new from your article. Nice work buddy. Keep it up....

Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace mengatakan...
on 

aduh pusing... gak ngerti kaya ginian deh... :(

Koje mengatakan...
on 

PERLU...! sangat perlu malah...!
Forecasting kan salah satu seni meramal ala ILMIAH.. hehehe
http://ekos06.student.ipb.ac.id

Cell Phone Specifications mengatakan...
on 

nice article..

elementy zlaczne mengatakan...
on 

nggak tahu nih saya kalau yang ini

Adam Culler mengatakan...
on 

waaah... Forecasting sangat di perlukan. Bagus bgt artikelnya, nambah pinter aj nech.

sewa mobil mengatakan...
on 

nice info

$10 / hri mengatakan...
on 

trgntung individu

crita dewasa mengatakan...
on 

wah relatif deh kyknya

blog dofollow u comment i follow mengatakan...
on 

ngikut situasi aja

Mutiara Sempurna mengatakan...
on 

Terimakasih atas Infonya..

spesifikasi mobile phone mengatakan...
on 

selalu semangat gan artikelnya menarik gan
thanks

Best Review Gadgets mengatakan...
on 

Forecasting sangat penting ya sob,,, Nambah pengalaman bidang ekonomi nih,,,

Promosi gratis | iklan gratis mengatakan...
on 

blogwaling memang memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman, terimakasih atas pengetahuannya shob

tas murah mengatakan...
on 

artikel yg berguna.....

facebook photo album mengatakan...
on 

wah musti banyak belajar dari para master neh ...
mohon bantuannya ... ^_^

Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia mengatakan...
on 

forecast sangat penting untuk pengadaan stok

pulsa elektrik termurah mengatakan...
on 

kalau gak pake forecast, bisa saja konsumen datang dan barang kosong...bagus kalau gak ngamuk :D

Berkomunitas Di Faceblog mengatakan...
on 

Dikondisikan aja ama situasinya gan

Best garmin GPS asus a10 mengatakan...
on 

ngikuuut situasi gan

jelly gamat mengatakan...
on 

keren sekali nih dalam penerangan nya, sangat bermanfaat sekali nih, makasih banyak ya gan

Handwriting analyst mengatakan...
on 

Saya menikmati entri Anda pada Beracun Kata - pikiran yang begitu besar dan pengingat indah untuk menonton kata-kata yang saya gunakan - untuk menjadi positif dan kata-kata baik dan gunakan untuk membangun bukan merobohkan. :)

Pizza delivery bags mengatakan...
on 

That an interesting post. I never thought about this before. But, looking back at different situations, this might be right. Keep it up friend!

Network controller mengatakan...
on 

info yg bermanfaat sob :) buat afiliasi pas banget ni

Obat alami batu ginjal mengatakan...
on 

waduh mas ertikelnya bagus banget nih gan, makasih banyak yah buat infonya

obat herbal xamthone plus mengatakan...
on 

forecasting/peramalan dalam sebuah usaha memang perlu karena dengan ada nya forecasting kita bisa mengetahui perkembangan usaha kita.

obat herbal epilepsi mengatakan...
on 

thanks for info,very useful info...!

Agen XAMthone plus Bali mengatakan...
on 

bagus juga nih informasinya gan, sangat bermanfaat sekali bagi saya, makasih banyak atas infonya gan

Xamthone Plus mengatakan...
on 

duh..saya blom ngerti forecasting..! thanks for info,may be useful..!

obat kanker prostat mengatakan...
on 

forecating itu perlu,,agar bisa ada persiapn buat kdepannya

Data mobile Phone mengatakan...
on 

nice post sob lam knl

xamthone plus mengatakan...
on 

thanks for share..salam kenal ya..

indovision mengatakan...
on 

mnrt saya yg penting seimbang aja mas :)

indovision

indovision mengatakan...
on 

oh ya, menurut saya itu perlu.. :)

Kata Mutiara Islam mengatakan...
on 

Artikel yang menarik

New Gadget Specs Price Review mengatakan...
on 

salam kenal aja mas

domba murah mengatakan...
on 

kyknya perlu deh mas bro


domba murah

Belajar Forex mengatakan...
on 

infonya bagus sekali

WORLD TIPS mengatakan...
on 

masih perlu lah, siapa bilang gak??

Lowongan Kerja mengatakan...
on 

sangat bermanfaat sekali isi artikelnya

ON THE SPOT mengatakan...
on 

q rasa msih!!

Obat Kanker Payudara Herbal mengatakan...
on 

masih perlu !

payudara dibuka mengatakan...
on 

kyknya gak perlu deh.. hihihi.. sok tau!!

pantai terindah di dunia mengatakan...
on 

saya rasa tdk perlu krn saya pun tak tahu..

Agen Xamthone Plus Jakarta mengatakan...
on 

saya ga tau apa sya perlu atau tidak mas,, krna sya ga ngrti.

Obat Herbal Diabetes mengatakan...
on 

itu apa yah ?

Obat Herbal Demam Berdarah mengatakan...
on 

makasih infonya gan

Kesehatan Gigi mengatakan...
on 

informasinya menarik gan,,, thanks sudah berbagi.

Kata Motivasi, Kata Gombal, Kata Motivasi Kehidupan

cara mengobati kanker payudara mengatakan...
on 

perlu gan

cara mengobati stroke mengatakan...
on 

tidak perlu deh

cara menjadi agen xamthone plus mengatakan...
on 

kaya nya sih perlu deh

Pest Control Toronto mengatakan...
on 

Since the basic purpose of the internet is to share the knowledge and to communicate with each other, I can say that blogs and forums are playing one of the important role in sharing the knowledge and to communicate with each other.

Kisah Perang Uhud mengatakan...
on 

terima kasih atas artikel yg bermanfaat ini :)



#Semoga sehat selalu :D

obat alami jantung bengkak mengatakan...
on 

Maafkan kesalahan masa lalu, jangan sesali. Kemudian tegaslah membebaskan diri untuk hidup seutuhnya sekarang, dan dimasa depan.

obat hipertensi mengatakan...
on 

Jangan melihat masa lalu lebih baik dari saat ini, karena hanya buatmu sulit temukan bahagia tuk dirimu sendiri. Just Be Happy!

Obat Kanker Payudara Herbal mengatakan...
on 

Tertawa membuat sistem imun dalam tubuh meningkat, dan untuk 17 menit tawa, akan memperpanjang hidupmu selama 1 hari.

obat keputihan mengatakan...
on 

Jangan pernah biarkan kesedihan di masa lalu membuatmu takut tuk menerima seseorang yg baru. Percayalah kata hatimu.

Obat Vertigo Herbal mengatakan...
on 

Jangan pernah berikan harapan jika kamu tak mampu memenuhinya. Lebih baik jujur meski pilu daripada bahagia tapi palsu.

obat hipertensi mengatakan...
on 

Hanya karena mereka tak memperlakukanmu seperti yg kamu inginkan, bukan berarti mereka tak mencintaimu setulus hati.

Obat Radang Sinusitis mengatakan...
on 

Keluarga adalah salah hal terpenting yg kita miliki, yg tak akan pernah berubah dan selalu ada ketika dibutuhkan.

obat kista tradisional mengatakan...
on 

Jika target obsesi itu baik, maka memiliki obsesi bukan hanya baik, tetapi harus. Karena motivasi dari sebuah obsesi sangat kuat.

cara mengobati penyakit stroke mengatakan...
on 

Jangan menilai seseorang dari kesalahan yg pernah dia buat. Setiap orang melakukan salah, yg penting adalah belajar darinya.

Obat Radang Telinga mengatakan...
on 

Hargai dia yg membencimu, karena dia adalah penggemar yg telah menghabiskan waktunya hanya tuk melihat setiap kesalahanmu.

Obat Jantung Koroner Herbal mengatakan...
on 

Sahabat bukan tentang siapa yg telah lama kamu kenal, tapi tentang siapa yg menghampiri hidupmu dan tak pernah meninggalkanmu.

Obat Infeksi Saluran Kemih mengatakan...
on 

luar biasa sekali mas bro terimakasih yah atas infonya

cara mengobati penyakit jantung mengatakan...
on 

sungguh luar biasa sekali mas bro terimakasih atas informasinya yah aku suka banget

obat kanker rahim mengatakan...
on 

blog ini luar biasa banget bahasanya tinggi kali
ane gak paham yang sekolahnya rendah

Obat Jantung Koroner Herbal mengatakan...
on 

terimakasih infonya bermanfaat den

obat penyakit liver mengatakan...
on 

wis mantap bener niyh informasinya gan luar biasa sekali

Obat Alami Alzheimer mengatakan...
on 

perlu donk... biar mantap.....

Obat Jantung Koroner Herbal mengatakan...
on 

luar biasa mas bro...

cara mengobati penyakit jantung mengatakan...
on 

sya kira itu masih perlu soalnya harus ada penunjang

obat penyakit batu ginjal mengatakan...
on 

masih donk.. buat akun mas bro...

Agen Ace Maxs Depok mengatakan...
on 

perlu banget lah.. itu kan modalnya mas bro

cara mengobati penyakit stroke mengatakan...
on 

masih perlu

Obat Kencing Batu Herbal mengatakan...
on 

perlu banget

Obat Kanker Ganas Herbal mengatakan...
on 

sungguh luar biasa sekali// aku bilang perlu banget.

obat kista tradisional mengatakan...
on 

nice post

cara pemesanan xamthone mengatakan...
on 

luar biasa sekali mas bro

obat alami asma mengatakan...
on 

perlu

Xamthone plus mengatakan...
on 

perlu banget atuh itu mah kang

Paket Tour Wisata Istanbul Turki mengatakan...
on 

yap itu masih diperlukan bgt gan..

agen trica jus medan mengatakan...
on 

perlu gan!

sewa mobil mengatakan...
on 

salam kenal, bagus infonya

penyembuhan tradisional penyakit jantung koroner mengatakan...
on 

terimakasih atas info yang luar biasa nya gan

obat herbal infeksi saluran kemih mengatakan...
on 

terimakasih telah berbagi infonya gan, semoga blog ini tetap abadi sampai akhir nanti dan selalu jadi kebanggaan blogger2 di dunia

obat kanker usus mengatakan...
on 

informasi yang sangat luar biasa. disajikan dengan sederhana namun begitu besar manfaat yang terkandung di dalamnya

DIET PALING AMAN mengatakan...
on 

info yg menarik ..

obat stroke mengatakan...
on 

terimakasih banget yah infonya luar biasa sekali bermanfaat dan insyaallah blog ini kan selalu melekat di hati para blogger lainnya.. amin..

obat penyakit kanker usus mengatakan...
on 

terimakasih yah atas pencerahannya, ane jadi paham sekarang. memang top banget dah blog ini. i like this, hidup blogger indonesia

cara pemesanan xamthone plus mengatakan...
on 

Sungguh luar biasa sekali makna yang terkandung dalam artikel ini. Semoga isi setiap artikel agan selalu di acungin jempol oleh blogger2 lainnya

obat infeksi saluran kemih mengatakan...
on 

luar biasa gan informasinya terimakasih semoga artikelnya bermanfaat gan bagi orang lain dan semoga trafic blognya terus naik. amin.

obat kanker usus mengatakan...
on 

salam buat sahabat blogger semuanya.. besok liburan.. tapi kata kunci menyedihkan .. pulang dengan hati yang degdegan...

SITUS KENCAN GRATIS mengatakan...
on 

Its like you learn my mind! You seem to know so much approximately this, such as you wrote the book in it or something. I believe that you just could do with some % to power the message home a bit, however instead of that, this is fantastic blog. An excellent read. I'll definitely be back.

cara tradisional mengobati asam urat mengatakan...
on 

kunjungan sore gan

Obat herbal penyakit vertigo mengatakan...
on 

luar biasa sekali postingan demi postingan di blog ini, ane yakin blog ini dapat menjadi inspirasi bagi para blogger lainnya. Thank for all, nicepost..

sewa ac mengatakan...
on 

menurut ane masih perlu gan forecasting..peramalan dan perencanaan adalah kunci awal kesuksesan dalam bisnis..

obat penyakit ginjal mengatakan...
on 

menurut saya peran dari forecasting sangatlah perlu untuk menunjang perkembangan dalam hal mekanisme pasar ketika ada permintaan yang ternyata tinggi

deposit judi online mengatakan...
on 

kalo perusahaan saya sih masi pake sistem ini gan. soalnya lebih mantep

live score bola mengatakan...
on 

masih sangat diperlukan sih kayanya. banyak kok perusahaan bonafit yang memakai sistem ini

obat herbal diabetes mengatakan...
on 

kunjungan sore gan

obat ace maxs mengatakan...
on 

blogwalking

Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia mengatakan...
on 

Forecasting itu perlu lah, buat melihat bakat :D

Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

Obat Ambeien mengatakan...
on 

menurut saya masih perlu gan.

Aturan konsumsi Tricajus mengatakan...
on 

kayanya perlu gak perlu menurut saya mah.

modifikasi mobil fortuner mengatakan...
on 

dijadiin motivasi ajah yah kali.... kalo ramalannya buruk, coba buat dihindari.

judi bola online mengatakan...
on 

ambil jalan tengah aja. semangat terus postingnya, semoga bermanfaat:)

Di-TKP mengatakan...
on 

bisa kita ambil kesimpulan nih gan , bisa perlu pada saat tertentu dan bisa juga tidak.

agen bola mengatakan...
on 

kayaknya perlu.. keep posting

agen ibcbet jakarta mengatakan...
on 

kurang paham ane gan hehe sukses terus :)

taruhan bola mengatakan...
on 

kayaknya si perlu ya.. keep posting gan :)

cara mengatasi ambeien mengatakan...
on 

di tunggu berita selanjutnya

Versi On The Spot mengatakan...
on 

I know of the fact that these days, more and more people are being attracted to surveillance cameras and the industry of images. However, really being a photographer, you will need to first commit so much of your time deciding which model of camera to buy along with moving store to store just so you could potentially buy the most affordable camera of the brand you have decided to decide on. But it does not end there. You also have take into consideration whether you should buy a digital digicam extended warranty. Thanks a bunch for the good ideas I gained from your web site.

KENCAN HOT mengatakan...
on 

Great blog here! Additionally your website rather a lot up very fast! What host are you the use of? Can I am getting your affiliate hyperlink in your host? I wish my web site loaded up as fast as yours lol.

harga blackberry mengatakan...
on 

thanks mas infonya, ditunggu kunjungan baliknya

Anonim mengatakan...
on 


DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

DOFOLLOW
BLOG PAGE RANK 4

agus herbal mengatakan...
on 

makasih banyak gan

Company Profile mengatakan...
on 

thanks buat postingannya, salam kenal :)

Company Profile mengatakan...
on 

thanks buat postingan blognya :)

silvi silviani mengatakan...
on 

nice info gan

Sepatu Boot mengatakan...
on 

info yang bagus, yang pasti ya perlu lah

Yahoo US News mengatakan...
on 

This is the perfect blog for anyone who wants to know about this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I really would want...HaHa). You definitely put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just great!

Cara Menambah Kolom di Bawah Header Blog mengatakan...
on 

Cara Menambah Kolom di Bawah Header Blog

Cara menambah kolom footer di blog mengatakan...
on 

Cara menambah kolom footer di blog

SeoWaps mengatakan...
on 

Seowaps

Cara membuat iklan di bawah postingan blog mengatakan...
on 

Cara membuat iklan di bawah postingan blog

Cara membuat iklan di bawah judul postingan mengatakan...
on 

Cara membuat iklan di bawah judul postingan

Cara mengganti font judul postingan blog mengatakan...
on 

Cara mengganti font judul postingan blog

Cara Membuat Blog mengatakan...
on 

Cara Membuat Blog

Membuat Widget Blog Hanya Tampil di Homepage mengatakan...
on 

Membuat Widget Blog Hanya Tampil di Homepage

Cara Mengganti Background Post Blockquote di Blog mengatakan...
on 

Cara Mengganti Background Post Blockquote di Blog

Membuat Widget Blog Hanya Tampil di Postingan mengatakan...
on 

Membuat Widget Blog Hanya Tampil di Postingan

Cara Memasang Scroll Kotak Komentar blog mengatakan...
on 

Cara Memasang Scroll Kotak Komentar blog

Cara Membuat Efek Salju di Blog mengatakan...
on 

Cara Membuat Efek Salju di Blog

Cara Memasang Scroll pada Kategori Blog mengatakan...
on 

Cara Memasang Scroll pada Kategori Blog

Cara Memasang Yahoo Messenger di Blog mengatakan...
on 

Cara Memasang Yahoo Messenger di Blog

Cara Mengganti Favicon di Blog mengatakan...
on 

Cara Mengganti Favicon di Blog

Cara Membuat Kotak Komentar Facebook di Blog mengatakan...
on 

Cara Membuat Kotak Komentar Facebook di Blog

Cara Memasang Scroll pada Archive Blog mengatakan...
on 

Cara Memasang Scroll pada Archive Blog

Cara Memasang Counter Flag di Blog mengatakan...
on 

Cara Memasang Counter Flag di Blog

Cara Pasang Lagu di Blog mengatakan...
on 

Cara Pasang Lagu di Blog

Cara Memasang Tombol Follow Twitter di Blog mengatakan...
on 

Cara Memasang Tombol Follow Twitter di Blog

Cara Membuat Text Area di Blog mengatakan...
on 

Cara Membuat Text Area di Blog

Cara Membuat Judul Blog Bergerak mengatakan...
on 

Cara Membuat Judul Blog Bergerak

Cara Membuat Random Post di Blog mengatakan...
on 

Cara Membuat Random Post di Blog

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 527   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik