Six Sigma Untuk Proses Pemasaran

Alhamdulillah bisa posting lagi di blog saya, sebenernya saya pengen sih posting lebih sering ya minimal satu minggu sekali lah tapi berhubung ada kesibukan, sok sibuk tepatnya :) jadi se bisa nya aja deh hehe.. ok deh langsung aja ke benang merah hehe.. seperti janji saya pada postingan sebelumnya mengenai Six Sigma, yaitu saya akan membahas mengenai aplikasi Six Sigma untuk salah satu fungsi organisasi di perusahaan, tapi karena saya suka pemasaran maka saya pilih di fungsi pemasaran aja deh. Jadi seperti yang di sebutkan sebelumnya bahwa Six Sigma itu bisa diterapkan secara keseluruhan di perusahaan atau biasa di sebut Enterprise Six Sigma atau bisa juga di terapkan di salah satu fungsi perusahaan. Biasanya sih di terapkan pada proses produksi atau di terapkan pada fungsi produksi atau operasi, tapi biar unik saya coba tulis bagaimana menerapkan Six Sigma pada proses pemasaran.

Untuk dapat menyesuaikan Six Sigma terhadap pemasaran, kita harus mulai dengan melihat secara keseluruhan cara kerja bagian pemasaran. Kita dapat melihat bahwa para pemasar profesional jarang sekali menggolongkan pekerjaan mereka terhadap pekerjaan yang berbasis proses atau orientasi terhadap proses, tetapi sering digambarkan sebagai proyek atau berbasis aktivitas. Namun, American Marketing Association (AMA) mendefinisikan marketing sebagai serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan, dan mengelola hubungan dengan pelanggan agar bisa memberikan keuntungan terhadap organisasi para stakeholders. Oleh karena itu, fungsi pemasaran harus memainkan peran kunci dalam mengelola beberapa koneksi penting antara pelanggan dan elemen kritis perusahaan, termasuk menghubungkan dengan pelanggan untuk produk, penyediaan layanan dan akuntabilitas keuangan (Christine Moorman dan Ronald Karat, 1999 : 57).


Para marketing profesional ingin menghindari tekanan kreativitas oleh peralatan dan struktur. Proses kerja sentris mungkin awalnya tampak lambat, rutin dan memberatkan. Selain itu, para pemasar mungkin berpikir bahwa analisis statistik dapat mengurangi spontanitas dan inovasi. Namun berdasarkan beberapa pengalaman justru kebalikannya. Jika diterapkan secara benar, metodologi ini terbukti sangat bagus untuk pengerjaan ulang (yang disebabkan oleh kesalahan), memastikan kelengkapan, dan memperkuat standar kualitas. Selain itu, Six Sigma dapat membantu mengatasi hal-hal yang baru, unik, dan sulit.
Manfaat mengintegrasikan Six Sigma ke proses pemasaran yaitu mendapatkan informasi yang lebih baik (manajemen berdasarkan fakta) untuk membuat keputusan yang lebih baik. Menggunakan pendekatan yang lebih kuat untuk mengurangi ketidakpastian yang melekat dalam pemasaran kreatif, disiplin dan dinamis. Salah satu cara untuk mempertahankan pertumbuhan dari waktu ke waktu adalah fokus pada “keunggulan” indikator-indikator tujuan yang anda inginkan. Leading indikator merupakan faktor yang mendahului terjadinya hasil yang diinginkan. Leading indikator bisnis melibatkan pengukuran cacat, kegagalan, dan waktu. Keunggulan indikator dapat termasuk ukuran kinerja fungsional seperti Unit Manufacturing Cost (UMC), pengukuran kualitas seperti Defects Per Million Opportunities (DPMO), dan ukuran berdasarkan waktu keandalan seperti Mean Time Between Failure (MTBF). Indikator utama untuk pemasaran meliputi pangsa pasar dan pendapatan metrik kinerja secara umum. Sebuah indikator utama yang kuat adalah kepuasan pelanggan sebelum transaksi penjualannya itu sendiri (seperti kepuasan dengan pelayanan informasi atau bagian iklan). Berbekal pengetahuan ini, pemasaran dapat memeriksa inisiatif dari perspektif yang berbeda. Untuk mendorong dan mempertahankan pertumbuhan, kinerja dan metrik kualitas diperlukan sikap yang proaktif dan bukan reaktif.
Yang harus diingat bahwa sebuah metodologi pemasaran harus memfasilitasi hubungan antara pelanggan, produk, dan keuangan. Persyaratan ini berusaha mencari lingkup tanggung jawab pemasaran yang komprehensif dari awal penawaran, melalui pengembangan penawaran untuk memberikan pengalaman kepada pelanggan. Ruang lingkup yang komprehensif ini melingkupi ruang lingkup bisnis yang strategis, taktis, dan aspek operasional. Ketiga proses dalam menetapkan cara kerja pemasaran yang menghubungkan kawasan strategis, taktis dan operasional dapat dilihat seperti gambar di bawah ini :

Pada lingkungan kerja profesional marketing sehari-hari bukanlah berbasis pada struktur alur kerja DMAIC. Hal yang fundamental dari pemasaran terdiri dari tiga kunci area, yaitu :
1. Strategic area : Proses renewal protofolio
2. Tactical area : proses komersialisasi (komersialisasi produk atau jasa tertentu)
3. Operational area : Setelah manajemen portofolio di selesaikan, sumberdaya operasi ini yang terjun langsung ke lapangan sepanjang siklus hidupnya, tentu saja di seluruh rantai nilai yang ada.

Metode unik Six Sigma untuk proses pemasaran mencakup tiga bidang, antara lain strategic, tactical, dan operational. Metode untuk membantu strategi pemasaran disebut dengan IDEA. Pendekatan untuk pekerjaan taktis disebut UAPL. Serta metode operasional secara langsung disebut dengan LMAD. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing metode tersebut (Clyde M Craveling, dkk. 2006 : 57) :
Lingkungan proses strategi pemasaran memiliki empat tahapan yang jelas, yang dikenal sebagai proses IDEA, yaitu :
1. Identify Markets; Segmentasi, dan kesempatan yang ditawarkan oleh masing-masing segmen tersebut.
2. Define portofolio requirements; alternatif portofolio produk.
3. Evaluate portofolio; alternatif terhadap tingkat kompetitif portofolio yang ditawarkan.
4. Activated; melakukan perangkingan terhadap masing-masing individu dalam proyek komersil.

Lingkungan proses pemasaran taktis memiliki empat tahapan yang berbeda, yang di definisikan sebagai proses UAPL untuk produk atau pelayanan tertentu :
1. Understand; Memahami peluang pasar dan spesifikasi persyaratan pelanggan yang diterjemahkan kedalam produk atau jasa.
2. Analyze; menganalisis preferensi konsumen.
3. Plan; Rencana keterkaitan antara rincian proses rantai nilai (termasuk pemasaran dan penjualan) untuk keberhasilan komunikasi dan peluncuran produk atau jasa.
4. Launch; Menyiapkan produk atau jasa baru dengan kontrol yang ketat terhadap peluncuran produk atau jasa tersebut.

Lingkungan operasional dalam proses pemasaran memiliki empat tahapan yang berbeda. Proses ini disebut LMAD, diantaranya adalah :
1. Launch; Memulai melakukan penawaran pada periode pengenalan produk ke pasar yang disesuaikan dengan kontrol pada proses sebelumnya.
2. Manage; Mengelola penawaran dan proses penjualan.
3. Adapt; Menyesuaikan antara tugas penjualan dan pemasaran serta alat untuk melakukan perubahan.
4. Discontinue; Menghentikan penawaran dengan disiplin, untuk mempertahankan loyalitas merk.
Selanjutnya, proses pemasaran tinggal berpegang teguh pada metode-metode yang disebutkan diatas (IDEA, UAPL, dan LMAD), dan metode tersebut harus dirancang agar bisa melakukan efisiensi, stabilitas, dan yang paling penting terukur oleh Six Sigma.

OK segitu saja dulu pembahasannya mengenai Six Sigma Untuk Proses Pemasaran nya, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Hatur Nuhun..

Comments :

4853 komentar to “Six Sigma Untuk Proses Pemasaran”
obat herbal penyakit jantung mengatakan...
on 

saya pusing gan...walawpu sudah baca tapi tetep aja ga ngerti-ngerti....

jam tangan replika mengatakan...
on 

nice share
salam kenal...

OBAT HERBAL BIKIN VAGINA KEMBALI SEPERTI PERAWAN mengatakan...
on 

Terbukti ! Bikin sek tambah nikmat, vagina berdenyut seperti perawan.

jamal mengatakan...
on 

wah ilmu yang luar bisasa dari artikel ini sering sering postingnya biar pengetahuanku bertambah terus

Agen XAMthone tegal mengatakan...
on 

six sigma memberi inspirasi buat saya thanks bro....

obat herbal HIV/Aids mengatakan...
on 

ide pemasaran yang bagus gan....

obat herbal kanker hati mengatakan...
on 

eah...mantap nih gan artikel nya.....

cerita rakyat mengatakan...
on 

ane sangt setuju sama Post Nte kawan...
lanjutkan...
salam kenal

cari kado mengatakan...
on 

biasanya sering terdengar six sigma utk proses manajemen dan produksi, blm tau ttg six sigma utk pemasaran. thanks buat artikelnya : ) keep posting

Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia mengatakan...
on 

Mantap ilmunya. Thanks sdh share ilmu yang sangat berguna.

Gosip Artis Terkini mengatakan...
on 

Mantap artikelnya gan. Thanks

antanan mengatakan...
on 

menyimak gan meskipun tidak terlalu paham..tp nice info bwt orang-orang yang membutuhkan karena trainingnya kebetulan sudah banyak bertebaran di Indonesia

auto car insurance mengatakan...
on 

Nice post...
saya setuju sama tulisan diatas..
Coba pke prestasop buat pemasaran,

yoedha mengatakan...
on 

waahhhh keren dan ane setuju gan..
happy blogging..

mahakarya blog yoedha mengatakan...
on 

mantab bro..

Software Akuntansi mengatakan...
on 

sharing nya ok, sukses y.

Software Akuntansi mengatakan...
on 

untuk emperjelas lagi komennya boleh kan? q jadi lebi banyak wawasan dan ilmu trims

obat herbal xamthone mengatakan...
on 

six sigma proses pemasaran yang sangat bagus...

udin mengatakan...
on 

alhamdulillah, akhirnya ku temukan juga ilmu yg slama ini ku cari2, thanx gan postingnya sangat bermanfaat buat saya, smoga tambah sukses

Web Hosting Anda mengatakan...
on 

Materinya bagus.. Tapi saya kurang mengerti karena mungkin gag ada contoh penerapannya. Keep writes nice articles!!

Tourism mengatakan...
on 

mas bro, kok nggak pernah meng update lagi, ni komentar dah bisa buat beli kacang atom Rp 600 lebih.

andy mengatakan...
on 

Nice post gan,
Ini dah sistem Informasi Manajemen tingkat dewa nih. hehehhe

jamal mengatakan...
on 

hebat banget isinya aku senang bacanya

Rangka atap baja ringan mengatakan...
on 

Postingan yg bagus bgt, sgt bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan, tks sudah berbagi, salam kenal...

pembalut charm berbahaya mengatakan...
on 

waduh ga ngerti saya, tapi salam kenal ya...

allshare zone mengatakan...
on 

mangstabbb

ika sma dupa mengatakan...
on 

wah kunjungan pertama langsung dpt info yg menarik gini
moga bisa bermanfa'at gan!!

Fakta Unik bahasa Inggris mengatakan...
on 

wow, panjang baget postingannya sob,

obat herbal migrain mengatakan...
on 

thanks for article.....
useful once your article...

kesehatan alami mengatakan...
on 

makasih atas info nya semoga sukses selalu

KALAGONDANG mengatakan...
on 

asswrwb,temen2 semua pabila slma ini ada slah2kata maafin ya,smoga di blan suci rhomadhon nanti amal ibadah kita dapat di terima oleh alloh swt dan di ampuni smua dosa2 kita,amiiin,

Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah mengatakan...
on 

ndag update lagi ni blog
ditinggal penghuninya... sini kasih saya ae blogna heheee

Bisma mengatakan...
on 

nice post, salam blogger.
mampir mampir ke blog saya juga :)

Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah mengatakan...
on 

yang komentar udah ratusan pemirsa nih

Mainan Helikopter Murah mengatakan...
on 

nice share,God Luck

Trik Internet Gratis | Tips Gratis Internet mengatakan...
on 

thnx gan infonya

Dofollow Blog List | Daftar Blog Dofollow mengatakan...
on 

setuju ama yang atas

Kord Gitar | Lirik Lagu mengatakan...
on 

makasi sob

Blogshow mengatakan...
on 

bermanfaat benar ni artikelnya
salam kenal gan

Home and Garden mengatakan...
on 

dengan perencanaan yang matang dan sesuai dengan pedoman six sigma, maka proses marketing atau pemasaran akan sukses...

Food Court mengatakan...
on 

yoiii....
mantep nih ilmu tentang six sigma nya...
:)

android development company mengatakan...
on 

Great post man! I always follow your blog because it is full of compelling information about various things. I like to read this post  because I met so many new facts about it actually. It's really great that I noticed this post. Thank you very much again for sharing this informative article. Many thanks,

obat herbal darah tinggi mengatakan...
on 

thanks for share,very useful info...!

itok's blog mengatakan...
on 

postingan yang mantab banget Gan,salam kenal...

ARTATEL, Solusi komunikasi hemat dan handal mengatakan...
on 

ok juga mas ... tuh sig sigma

teds woodworking review mengatakan...
on 

posting yang bissa mendidik semua blogger2
sukses trus gan!!

obat herbal alami kordinasi otot mengatakan...
on 

terimakasih atas info nya

yanst3r mengatakan...
on 

trima kasih atas pengetahuannya mas..

Xamthone Plus mengatakan...
on 

thanks for info,sangat bermanfaat sekali..! bagus banget buat tambah2 ilmu..!

cara mengobati penyakit radang paru paru mengatakan...
on 

jadi tau tentang six sigma untuk proses pemasaran,,makasih dah berbagi infonya,,,

obat luka luar dan dalam mengatakan...
on 

pembahasan yang sangat lengkap sekali,,langsung saya terapkan,,sangat bermanfaat,,makasih,,

listen mengatakan...
on 

bagus artikelnya, thanks for sharing

chanchandrue mengatakan...
on 

salam kenal bro?artikelnya bagus

wedding souvenir mengatakan...
on 

mnatap kawan....
thanks y dah share Infonya....
good luck always kawan

pebrian saputra mengatakan...
on 

makasih kawan Info nya....thanks y dah share...
salam kenal all
jgn lupa berkunjung y all ke blog cupu saya :(
sallam kenal

ejakulasi dini mengatakan...
on 

cara pemsaran baru model six sigma
bisa diterapkan nih kyakNya

jual jam tangan mengatakan...
on 

info yang menarik...
terimakasih...
salam kenal...
:D

obat herbal alami koordinasi otot mengatakan...
on 

makasih atas info nya semoga sukses

blogtronyok mengatakan...
on 

artikel yang berbobot Sob..
menambah pengetahuan di bidang pemasaran...

itok mengatakan...
on 

artikelnya lengkap dan sangat bermanfaat bagiku gan,thanks banget n salam kenal

Xamthone Plus mengatakan...
on 

thanks for share...really good info,hopefully helpful...!

iPayMu.com Pembayaran Online Indonesia mengatakan...
on 

kunjungan...
thank infonya mas...
salam kenal dan visit back yah,, follow comment saya ya heheh..

cerita rakyat mengatakan...
on 

nice Post kawan Ane sangt stuju bgt sama Post Nte...
good luck always kawan

jam tangan mengatakan...
on 

nice share..
salam kenal..
:D

Baju Kebaya mengatakan...
on 

mampirr yuuukkk

Toyota Triple Amazing Riau


Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia

obat herbal alami demam berdarah mengatakan...
on 

wah postingan yang sangat bagus nie

belajar trading emas mengatakan...
on 

Setuju Bro,
Makasihnya atas Articlenya...

al quran online mengatakan...
on 

six sigma
terobosan baru dalam bidang marketing
semoga bermanfa'at

percetakan semarang mengatakan...
on 

nice pos
perlu diterapkan nih
thanks bro

obat herbal nyeri sendi mengatakan...
on 

postingan yang sangat menarik nih,,
mkzh ya bwt share'y sangat bermnfaat sekli

fotograf mengatakan...
on 

tq infonya nih, bagus...

situs fotografi http://moonphotowork.com

Kopi Luwak Pagaralam mengatakan...
on 

Six Sigma? waahh susah tapi menantan tuh.. makasih infonya

vibiz mengatakan...
on 

postingan'a inspiratif dan cocok untuk dijadikan ilmu tambahan..
visit ane juga ya gan..

Amyreload.blogspot.com mengatakan...
on 

makasih infonya,, :) harusnya sering-sering posting dong,,

pulsa termurah indonesia mengatakan...
on 

sips posting selanjutnya ditunggu selalu gan

agussupri mengatakan...
on 

Informasinya sangat terperinci terima kasih sekali

Data mobile Phone mengatakan...
on 

mantaappp walking" sob

Business And Finance mengatakan...
on 

lam knl soob

TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia mengatakan...
on 

thnx untuk infonya gan
bisa menambah wawasan

bahasa inggris mengatakan...
on 

terobosan baru didunia marketing nih!!
mantap gan

al quran online mengatakan...
on 

inspiratif banget nih
patut dicoba

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet mengatakan...
on 

mau tanya,
six sigma ini bisa diterapkan di pemasaran online tidak ya ?
Jika "ya" bagaimana caranya ?

terima kasih atas jawabannya...

pasang iklan gratis mengatakan...
on 

informatif...
jadi tambah ilmu neh...
thanks.....

Download Software gratis mengatakan...
on 

cari backlink

imranxrhia mengatakan...
on 

komen saja dulu degh... ^^

Mainan Anak mengatakan...
on 

six sixma memang buku yang bagus. thank atas postingannya.

Laptop Mainan

Linksys E4200 Review mengatakan...
on 

sekali kunjung dapat pelajaran penting nih
makasih gan!!

jamal mengatakan...
on 

makasih ya udah mau berbagi ..
salam kenal

yatim piatu mengatakan...
on 

artikel yang bagus,
penjelasannya jelas banget dan sangat berguna
semoga nanti sy dapat memanfaatkan software ini.

xamthone plus mengatakan...
on 

infonya sangat bagus banget..! thanks for article...!

obat herbal benjolan dileher mengatakan...
on 

saya sangat setuju nie,dan makasih info nya

zahara mengatakan...
on 

nice share Gan...thanks !!

nisa mengatakan...
on 

Makasih info-nya Gan !!

admin mengatakan...
on 

Bener-bener info yang sangat berguna...makasih Gan !

bluemountains mengatakan...
on 

Makasih dah berbagi Mas Bro..!!

LINTAS TERBARU mengatakan...
on 

wah manajemen operasional banget ini, hehehe.. thx buat share nya sob :)

flynews mengatakan...
on 

nice info..

xamthone plus mengatakan...
on 

artikelnya bagus .. semangatt !!!!

percakapan bahasa inggris mengatakan...
on 

baru tau ternyata ada cara baru untuk pemasaran

kang tatang mengatakan...
on 

wah bisa dapet banyak pengetahuan dengan membaca postingan diatas...
jadi sedikit ada pencerahan nich :)

mantap.

D'pirates mengatakan...
on 

Thx....

D'pirates Pusat Penjualan DVD Terbesar & Berkualitas

Kunjungi website kita di http://dpirates.com

xamthone plus mengatakan...
on 

wow.. infonya keren

obat herbal darah tinggi mengatakan...
on 

info menarik nih

Iklan Gratis mengatakan...
on 

weh udah banyak banget komentarnya, walaupun banyak komentar tetap ringan lodingnya, salut buat si empunya blog salam sukses dah

computer repair new york mengatakan...
on 

thank you very much for such a precious information.

dylcus mengatakan...
on 

di kampus gw belum nemu nih pelajaran pemasaran sigma sigma :D

Sentra Edukasi mengatakan...
on 

Hmmm Pham gan tapi. .

obat herbal epilepsi mengatakan...
on 

makasih infonya,,

Accountants in London mengatakan...
on 

I was very impressed with your writing, and I will try to implement it,
thank you so much for this very interesting information
Well, I'm glad to hear that.

pasang iklan gratis mengatakan...
on 

mantab Boss...
tapi kok sudah lama gak update lagi postingannya....

pengobatan kanker cerviks mengatakan...
on 

wah artikel nya sangat bagus nie gan....

admin mengatakan...
on 

Maaf, gabung-nya telat Mas BRO...salam hormat !!

zahara mengatakan...
on 

Oke dech Gan...makasih atas info-nya Ya !"

nisa mengatakan...
on 

Ijin serap info-nya ya Gan...dan terima kasih !

bluemountains mengatakan...
on 

Nice info Gan...thanks !!

Toko Online Murah mengatakan...
on 

Wah dapat ilmu baru nih. Mantap banget. Makasih ya :D

obat alami luka luka mengatakan...
on 

mantap nie gan postingan nya ......

teguh mengatakan...
on 

thanks ya mas...

good luck

mulyonoaja mengatakan...
on 

saya juga suka banget six sigma, bisa diimplementasikan ke segala bidang

TEAK 123 best teak garden furniture manufacturer wholesale in Indonesia mengatakan...
on 

thanks info nya

Doedo mengatakan...
on 

thx ka bwt info'a
eh y klo bleh ane nanya blog'a kan kta'a ttg referensi n review buku y. th kaka kut program ppr (pai per review) y?
kalo iya gmn cra'a ka?
thx
doedo

XAMthone plus mengatakan...
on 

wah artikel nya sangat menarik salam kenal nie gan......

Tentang Shalat Berjamaah mengatakan...
on 

Mantap sob info artikelnya.. salam kenal dan sukses selalu...

obat herbal hepatitis mengatakan...
on 

ilmu yang bermanfaat .. terimakasih

aryanto mengatakan...
on 

posting yang ada buat sangat menarik banget,,thanks ya

Info Meranti mengatakan...
on 

Setuju sekali, ..terima kasih dan salam kenal

obat herbal jerawat mengatakan...
on 

thanks to information .. bermanfaat sekali ...

Hipnotis mengatakan...
on 

Terima kasih atas informasinya, sukses selalu...

Forum Promosi Gratis mengatakan...
on 

Six-Sigma Kalau dipraktekan dengan benar, hasilnya luarbiasa lho

obat alami mengatakan...
on 

selalu menarik untuk di pelajari...
terima kasih atas bahasan nya.

obat alami asam urat mengatakan...
on 

oke juga nie blog nya sangat menarik nie.....

kulit cantik dr.myrna mengatakan...
on 

bagus bnged postingannya gan..
mkasih ya..

computer repair new york mengatakan...
on 

keep sharing these materials because we like it.

Pem belajar forex mengatakan...
on 

bahasan yang menarik , ringan dan menambah pengetahuan ...I Like it ....

Software Online Akuntansi | Trihari mengatakan...
on 

sipp dach artikelnya. Makasih sudah mau berbagi info.

iPaymu.com Pembayaran Online Indonesia mengatakan...
on 

makasi infonya mas, saya baru tau ada software seperti ini.

obat jantung koroner tradisional mengatakan...
on 

thnks infonya yah...sukses selalu mas

adi sukma mengatakan...
on 

artikel yang sangat bagus dan sangat bermanfaat,dan ada satu penjelasan yang saya suka dari aritikel ini yaitu "marketing sebagai serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan, dan mengelola hubungan dengan pelanggan agar bisa memberikan keuntungan terhadap organisasi para stakeholders"
saya suka bgt dengan penjelasan diatas,karena kebetulan bidang kerja sya di marketing., oiya say juga ingin berbagi informasi di www.calyca2011.com semoga bemanfaat..terma kasih...

harga emping mengatakan...
on 

mampir nich kang,, salam ya

penginapan murah di jakarta mengatakan...
on 

hadoh,, kagak bakalan mudeng saya gan.. he

jual rumah jakarta selatan mengatakan...
on 

yach ikut nyimak aja saya

kayu jabon mengatakan...
on 

mudeng gak mudeng yang penting baca dulu ah

jasa ekspedisi mengatakan...
on 

salam blogger semuanya,,, khususon buat admin.. hehe

jabon mengatakan...
on 

oh iya,, seneng bgt kalo pada mau mampir ke blogku

Pelangsing mengatakan...
on 

Sekedar numpang link aja deh . . .


The Hanz, Web master Of Kosmetik | Pelangsing

Natural Vitamins Supplements mengatakan...
on 

Hi! This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche. Your blog provided us useful information to work on. You have done a extraordinary job!

aplikasi android mengatakan...
on 

SALAM KENAL...

obat herbal Insomnia mengatakan...
on 

thanks atas infonya yah mas..
salam kenal

TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia mengatakan...
on 

dunia marketing cara cepat sukses mas

LUKISAN INDO mengatakan...
on 

sangat bermanfaat...thanks.

obat herbal parkinson mengatakan...
on 

infonya sangat bermanfaat banget...thanks ya untuk sharenya....!

online high school diploma mengatakan...
on 

I was extremely happy to locate this website. I wanted to thank you with regard to this terrific read!! I certainly appreciated every little bit of it.

futures trading mengatakan...
on 

Thanks Infonya gan...
SAya setuju Sekali....,

amazon mengatakan...
on 

bingung nerapinnya bro...sampai puyeng menerjemahinnya..he..he...
BTW,nice artikel

TOP 1 Oli Sintetik Mobil-motor Indonesia mengatakan...
on 

semangat gan, mantebz artikelnya

Download Multimedia Terbaru mengatakan...
on 

waw... banyak banget komentarnya...

hosting murah mengatakan...
on 

saya juga dulu pernah coba six sigma .. memang sangat efektif dan membuahkan hasil terlebih bila six sigma dijalankan secara teliti dan hati2. six sigma selalu memenuhi aturan dan absolut

Kaya Dari Internet mengatakan...
on 

wow jarang-jarang nih ilmu suhu kayak gini, thank you :-)

Top 1 Oli Sintetik Mobil-motor Indonesia mengatakan...
on 

salam buat semua teman-teman yang ada disini. sukses untuk semua...

about healty mengatakan...
on 

wuapiik tenan gan....siip wss

Mainan Anak mengatakan...
on 

Buku yang sangat bagus.

XaOn mengatakan...
on 

setuju banget sobb

Artikel unik mengatakan...
on 

thanks deh infonya gan ,salam kenal aja ya

yudhagabel mengatakan...
on 

salam kenal gan. . .

about healty mengatakan...
on 

I love your post gan...

Didin mengatakan...
on 

Info yang keren dan bermanfaat..... lam kenal gan

Nero mengatakan...
on 

nice postingggg

KALAGONDANG mengatakan...
on 

minalaidin walfaidhin mohon maaf lahir & batin

obat herbal asam urat mengatakan...
on 

terimakasih nih sudah mau berbagi,sangat bermanfaat sekali

xampthone plus mengatakan...
on 

menginformasi..

obat herbal lemah syahwat mengatakan...
on 

bole juga nih Manfaat mengintegrasikan Six Sigma ke proses pemasaran,,jadi kepengen lebih tau lagi..

obat alternatif mengatakan...
on 

selalu menarik bahasan tentang six sigma.....

obat hepatitis tradisional mengatakan...
on 

postingannya menarik mae..
thanks infonnya..

presentations skills tips mengatakan...
on 

Terima kasih mau berbagi

wedding souvenir mengatakan...
on 

Minal aidzin walfaidzin
Mohon maff lahir dan batin

obat herbal sakit pinggang mengatakan...
on 

mempelajari dunia marketing memang susah susah gampang yaa,hee
keep blogging

Plipeo mengatakan...
on 

mampir blik teman utk informasi terbaru bagaimana meningkatkan traffic blog dengan mudah...

convention hotel bandungan mengatakan...
on 

What youre saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I also love the images you put in here. They fit so well with what youre trying to say. Im sure youll reach so many people with what youve got to say.

xamthone plus mengatakan...
on 

artikelnya sangat membantu d dunia marketing bagi pemula,makasih pencerahanya

harga emping mengatakan...
on 

mampir nich kang BOSS

bibit jabon mengatakan...
on 

wong ndeso numpang pinarak ya....

kayu jabon mengatakan...
on 

oh iya.. mampir dong kalo sempet

jasa ekspedisi mengatakan...
on 

kulonuwon....

jual rumah jakarta selatan mengatakan...
on 

dari jaksel nich sob..

VALVEN mengatakan...
on 

mampir balik ato tukar link yu: Cara Membuat Burung Twitter Animasi Di Blog

VALVEN mengatakan...
on 

MAMPIR BALIK ATO TUKER LINK YU: Cara Membuat Burung Twitter Animasi Di Blog

obat hebal epilepsi mengatakan...
on 

rumit juga yah ternyata,,makasih udah di share

agen xamthone plus bandung mengatakan...
on 

makasih bnyak infonya

jelly gamat mengatakan...
on 

sekian lama tidak posting ya,.
apa kabar??

iwank mengatakan...
on 

info menarik

agen xamthone plus bandung mengatakan...
on 

thanks infonya mas..
n good postingannya ..

agen xamthone plus bandung mengatakan...
on 

saya masih kurang wawasan tentang ilmu pemasaran, artikel ini sangat membantu karena saya juga ingin menjadi marketer yg sukses. Makasih ya udah berbagi pengetahuan

jual obat herbal mengatakan...
on 

saya suka banget nich postingan

xamthone plus obat kanker hati

agen obat herbal mengatakan...
on 

infonya menarik juga

makasih

xamthone plus Obat STroke

jual obat herbal maag mengatakan...
on 

top markotop...
salam kenal

Jelly gamat sembuhkan Obat Hepatitis

jual obat pelangsing mengatakan...
on 

sip banget postingannya...

makasih
XAMSlimer Obat Herbal pelangsing alami

agen obat herbal mengatakan...
on 

info yang menarik
makasih

agen obat alami mengatakan...
on 

pokonya

makasih infonya sangat menarik
Jelly gamat Obat Miom

contoh iklan mengatakan...
on 

terima kasih mas ilmu pemasarannya ya ...

agen xamthone plus batam mengatakan...
on 

thwnks gan info yangg bgus bngt

«Terlama ‹Lebih tua   601 – 800 dari 4853   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Silahkan isi Komennya yah...

 

.: Reader :.

e-je
Lungsin Lestari
RajaPresentasi
Banglore
Syaqila
Businternet
Diode Blog
Fikri Blog
Kolom Inspirasi
Alvino Yasmin
Maniac Download
Cute Land
Pembelajar Sejati
Simplex Talk
SNMPTN / SENAMPTN
Journal of Balinese Girl
27januari blog
O-om
Kang Rohman
Goji Geje
Devaritz
Sekolah Pramugari
exelinca
Tutorial Blogger
Pancallok Blog
Nurta San
Bams Blog
Damaniks Blog
Situs Informasi Internet
Yanuar Rastafara
Toko Boneka Bandung
Bola Ku
Fisika Mandel
Awas Blunder
Wungkal
Asa Inspiration
Arielz dot Net
PCinstaller
Free Software Downloads
Kak ega punya cerita
Psikologi Konseling
Eiger Blog
Rien Ola Blog
lafalofe blog
Bunda Medani
Miss Anna
Girls Corner
Tips ku Tips Mu
Frizzy Blog
Teguh Yulianto Blog
Catatan Vicky Blog
Speechyourm1nd Blog
Coretan Ayik
Graha Blog
Riechz Blog
Dedy Blog
UMJ Jakarta Blog
Belanja Buku Online
Formula Bisnis
Gratis Berhadiah
Komisi Gratis
Ekonurp Blog
Heartland
Grace Unleashed
Taufik Rahman Blog
Forex FBI
wandhe blog
Urzais Blog
Seelaninfo Blog
Mata Telingaku
Romeo Gadungan
Ksatria Bergitar
Hetpaard Blog
K2h Blog
Zona Teknologi
Aishareefa Blog
Padepokan Indonesia
JomBloger
Masakan Kita
Wisata Alam Danau Toba
Advertise Share
Komputer dan Internet
Ignition Starts
Tary Room
Andi Penyol Blog
The Bright Day
Health, Beauty and Fashion
Herman IT Blog
Kartolo Cyber
Game Lover
Computer Hardware
Beraskentjoer
Endonefree
Laisya and Her World
Changing LINKS
Tukar Link dan Promosi Website
free open directory
SEO Court Directory
Londovor Web Directory
MiriBlack Web Directory
Free Web Directory - TheShoppings.Com
Ablaze Directory
Web Site Gratis
Madri Kurniawan Blog
Segalanya Blog
Mengenal Otak
Eriskan Blog
Endon Free
Wandhe Blog
K2H Blog
Psikologi Konseling
Zicoe1985 Blog
Ilmu Antropologi
Perwira28 Blog
Easy Blog Trik
Brigadista
Badrun Blog
Anzu Hollic Blog
Sang Milyader
World Spy
Azwar Amril
Aldy Blog
Bee Mountain
Aa.Lil Blog
Pandu Blog
Budak Cianjur
Ayah Razy
Solovers Blog
Griya Unik
Die Silver
Zhind Blog
All Information
esukses blog
Elzenz Blog
Klik Iklan
d3nan1 blog
The Art Maker
Budi Exchange
Era Technology
Ranie Qubayla
Ayuzuricha - All About Hobibes
Ekspresi Diri - Li
Info Gigi Mulut
Cara Berbisnis Online
Warung 18
Your Online Friend
Angin Berbisik
Inblogspot
Fa`at Web
Katobengke Blog
Riding The Horse
Percetakan Sinar Buana
Bu Mulyati
Bob1remudax Blog
Cara Berbisnis Online
Rajway Blog
Aagen Blog
Rizaldha
Links Exchange Blog
Komputer One
e-pera
Jambo Ngoprek
Tips dan Trik Online
Virus Cinta 18
Bandung Tourism
Mencoba dan Belajar
Arjuna Blog
Rules of Trading
Trik-Tips Blog
Adhiets Blog
An GG Ar An Blog
All About Music
Elmarzuqi Blog
Kumaha Anjeun
abundancepress.com
Aditya Ramadhan
pukimaki2
Chord Guitar
Pit Onta
Inspirasi Gema
Ipangsan
Arul Kemuning
Phone Tutorial
Pinayin Pakistan
Kavi Broland
FReaky notes
Tampil Cantik Tak Harus Mahal
Call Me Toufan
Never Winter
Blog Pingin Belajar
Edelweis
Tukerlink dagdigdug
Dmegs Web Directory Edwin Algreen
Free Download Book
Sarah Smart Share
World Soccer News
elmarzuqi
Informasi Bisnis 88
Share Your Link!
Yess
Elzenz Blog
Profesionalitas
athul be sporty!!!
Sandiwara Kita
Kubuf Blog
Wayah Bagelen
Gome Computer
Semar Blog
Perpustakaan Teknik Sipil
Frelia Blog
The Perspective
Sibangor Blog
Informasi Komputer & Internet
Black Raptor
iphin kool
All Computer Tips
Computer Product Review
Mencoba Untuk Berarti
Ceritanya Puput
Hadits Shahih Rasul
Barang Unik