Alhamdulillah bisa posting lagi di blog saya, sebenernya saya pengen sih posting lebih sering ya minimal satu minggu sekali lah tapi berhubung ada kesibukan, sok sibuk tepatnya :) jadi se bisa nya aja deh hehe.. ok deh langsung aja ke benang merah hehe.. seperti janji saya pada postingan sebelumnya mengenai Six Sigma, yaitu saya akan membahas mengenai aplikasi Six Sigma untuk salah satu fungsi organisasi di perusahaan, tapi karena saya suka pemasaran maka saya pilih di fungsi pemasaran aja deh. Jadi seperti yang di sebutkan sebelumnya bahwa Six Sigma itu bisa diterapkan secara keseluruhan di perusahaan atau biasa di sebut Enterprise Six Sigma atau bisa juga di terapkan di salah satu fungsi perusahaan. Biasanya sih di terapkan pada proses produksi atau di terapkan pada fungsi produksi atau operasi, tapi biar unik saya coba tulis bagaimana menerapkan Six Sigma pada proses pemasaran.
Manfaat mengintegrasikan Six Sigma ke proses pemasaran yaitu mendapatkan informasi yang lebih baik (manajemen berdasarkan fakta) untuk membuat keputusan yang lebih baik. Menggunakan pendekatan yang lebih kuat untuk mengurangi ketidakpastian yang melekat dalam pemasaran kreatif, disiplin dan dinamis. Salah satu cara untuk mempertahankan pertumbuhan dari waktu ke waktu adalah fokus pada “keunggulan” indikator-indikator tujuan yang anda inginkan. Leading indikator merupakan faktor yang mendahului terjadinya hasil yang diinginkan. Leading indikator bisnis melibatkan pengukuran cacat, kegagalan, dan waktu. Keunggulan indikator dapat termasuk ukuran kinerja fungsional seperti Unit Manufacturing Cost (UMC), pengukuran kualitas seperti Defects Per Million Opportunities (DPMO), dan ukuran berdasarkan waktu keandalan seperti Mean Time Between Failure (MTBF). Indikator utama untuk pemasaran meliputi pangsa pasar dan pendapatan metrik kinerja secara umum. Sebuah indikator utama yang kuat adalah kepuasan pelanggan sebelum transaksi penjualannya itu sendiri (seperti kepuasan dengan pelayanan informasi atau bagian iklan). Berbekal pengetahuan ini, pemasaran dapat memeriksa inisiatif dari perspektif yang berbeda. Untuk mendorong dan mempertahankan pertumbuhan, kinerja dan metrik kualitas diperlukan sikap yang proaktif dan bukan reaktif.
Yang harus diingat bahwa sebuah metodologi pemasaran harus memfasilitasi hubungan antara pelanggan, produk, dan keuangan. Persyaratan ini berusaha mencari lingkup tanggung jawab pemasaran yang komprehensif dari awal penawaran, melalui pengembangan penawaran untuk memberikan pengalaman kepada pelanggan. Ruang lingkup yang komprehensif ini melingkupi ruang lingkup bisnis yang strategis, taktis, dan aspek operasional. Ketiga proses dalam menetapkan cara kerja pemasaran yang menghubungkan kawasan strategis, taktis dan operasional dapat dilihat seperti gambar di bawah ini :

1. Strategic area : Proses renewal protofolio
2. Tactical area : proses komersialisasi (komersialisasi produk atau jasa tertentu)
3. Operational area : Setelah manajemen portofolio di selesaikan, sumberdaya operasi ini yang terjun langsung ke lapangan sepanjang siklus hidupnya, tentu saja di seluruh rantai nilai yang ada.
Lingkungan proses strategi pemasaran memiliki empat tahapan yang jelas, yang dikenal sebagai proses IDEA, yaitu :
1. Identify Markets; Segmentasi, dan kesempatan yang ditawarkan oleh masing-masing segmen tersebut.
2. Define portofolio requirements; alternatif portofolio produk.
3. Evaluate portofolio; alternatif terhadap tingkat kompetitif portofolio yang ditawarkan.
4. Activated; melakukan perangkingan terhadap masing-masing individu dalam proyek komersil.
Lingkungan proses pemasaran taktis memiliki empat tahapan yang berbeda, yang di definisikan sebagai proses UAPL untuk produk atau pelayanan tertentu :
1. Understand; Memahami peluang pasar dan spesifikasi persyaratan pelanggan yang diterjemahkan kedalam produk atau jasa.
2. Analyze; menganalisis preferensi konsumen.
3. Plan; Rencana keterkaitan antara rincian proses rantai nilai (termasuk pemasaran dan penjualan) untuk keberhasilan komunikasi dan peluncuran produk atau jasa.
4. Launch; Menyiapkan produk atau jasa baru dengan kontrol yang ketat terhadap peluncuran produk atau jasa tersebut.
Lingkungan operasional dalam proses pemasaran memiliki empat tahapan yang berbeda. Proses ini disebut LMAD, diantaranya adalah :
1. Launch; Memulai melakukan penawaran pada periode pengenalan produk ke pasar yang disesuaikan dengan kontrol pada proses sebelumnya.
2. Manage; Mengelola penawaran dan proses penjualan.
3. Adapt; Menyesuaikan antara tugas penjualan dan pemasaran serta alat untuk melakukan perubahan.
4. Discontinue; Menghentikan penawaran dengan disiplin, untuk mempertahankan loyalitas merk.
Selanjutnya, proses pemasaran tinggal berpegang teguh pada metode-metode yang disebutkan diatas (IDEA, UAPL, dan LMAD), dan metode tersebut harus dirancang agar bisa melakukan efisiensi, stabilitas, dan yang paling penting terukur oleh Six Sigma.
wah bagus sekali postingannya..
mantap gan
hebat gan artikenya..
nambah''hin ilmu buat diri saya..
salam kenal
nice info gan... :)
waduh kagak ngerti nih....
hehehe
proses pemesaran nya cukup panjang juga ya :D
sangat bermanfaat nih tutorial nya :D
bagus gan blognya update terus ya
Terima kasih atas blognya sangat membantu saya sekali
sangat berguna sekali ilmu yang ente share om, makasih ya :D
lomba berhadiah android )
mantapss gan
Define Health and Kamar bujanG : jangan lupa kunjungan baliknya donk bro..
sukses terus yaa..
makasih | systems health management
wah six sigma....baru dengar brow....thanks atas infonya....
koq ga pernah diupdate lagi ya
ane malah ngga ngerti gan T_T
nice gan,, salam kenal ya jangan lupa visit back dan koment baliknya ke blog saya http://www.dode-xp.com
goodluck dehh bloggingnya,,
salam kenal terimakasih infonyaa..
saya setuju sekali dengan artikel ini.
sukses selalu .
terimakasih gan infonya sangat baik dan bermanfaat, dan tak lupa ana juga setuu dengan apa yang gan utarakan dalam tulisanya salam kenal dan terimakasih banyak gan
Wahh.. Ilmunya keren banget.. biar blogger, tentunya tetep hrus belajar ilmu marketing agar sukses
makasih infonya, nanti saya coba dehh...
silahkan mampir balik mas...
makasih...
sukses kawan
nice blog terima kasih atas artikelnya
nice info....
Kisah Berkah dari Membaca Basmalah
Puisi: Hidup Baru
Blog Pembuka
sipppp dah
makasih mas info tentang six sigmanya...
bermanfaat sekali...
bagus postingan ente gan. salam
terima kasih rekomendasinya kang...
saya coba dehh...
infonya menrik sekali, salam kenal aja.... jangan lupa kunjung balik......
thank's.,.,.,.,.,.
wadouwww rumit amat ilmu pemasaran ini
selama ini yang saya tahu pemasaran adalah ada arang ada peminat dan terjadi proses jual beli
itu aja :)
salam kenal berkunjung http://www.infokerjakalimantan.com/
nice Post!
thanks for sharing it...
azip bener gan postingan serta artikel yang bermanfaat dan membantu sekali, thanks ya gan atas informasinya
menari sekali infonya...
makasih banyak mas...
makasih sekali infonya gan...
salam kenal aja...
siip dehh postingannya gan,, sukses dehh
salam kenal...
Process of six sigma is very important for the marketing and business. One can improve the revenue by that. It was a good discussion.
Blog Informasi pemasaran yang bagus gan :)
keren kali gan postinganya...
saya sangat tertarik dengan artikel mas , soalnya saya lagi belajar soal marketing .
thanks for share ,
sangat bermanfaat dan jelas artikelnya..
terimakasih salam kenal yah gann.
saya emang rada-rada gaptek juga ni ama namanya ilmu pemasaran,salam kenal dan tks infonya
It’s in point of fact a nice and useful piece of info. I’m satisfied that you shared this helpful info with us. Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.
Internet marketing Calgary
ijin menyimak disini mas, salam kenal
kunjungan perdana, sukses selalu
thank you for this post! very nice ^___^
thanks for share :)
sukses terus yaa :)
makin bagus saja bahasan'ya....
salam sukses.
banyak juga yang berkunjung....
informasi'ya berarti sangat bermanfaat.
waduuh pusaing ane, tapi thanks banget nih gan infonya :D
Mantab mas ndro....share ilmu terus
makasih ya ats postinganya......
salam kenal sobat blogger :)
blogwalking...
permisi masss....
sukses terus...
mantab nih,, rumus pemasaran yang handal
dapat ilmu baru nih buat belajar marketing.. thanks 4 sharing...
thank for info...
mantap gan infonya, thank semoga menjadi amal sholeh....
terimakasih caranya,
sanagt ,memudahkan kesulitan saya selama ini.
dengan ini saya jadi tahu tentang apa itu six sigma.
infonya bermnafaat, semoga menjadi amal sholeh....
mantep keran banget ini infonya....
mantap sekali gan...
terima kaasih ilmunya, bermnafaat sekali...
wah sangat bagus obat nya buat plangsing..
salam kenal gann..
kunjungan balik yah...
cukup lama untuk bisa mengerti bahasan tersebut, thanks atas artikelnya :D
makasih om artikelnya semoga bisa saya implementasikan di dunia kerja..
oh iya kita blm tukeran link ya
ini blog aq
http://blog.umy.ac.id/ghea
kalau bisa kabarin ya.makasih :)
Makasih bnyak buat infonya kang,,
Wah apalagi ini hehe,, mklum bkn bidangnya,,,
Oke nih infonya gan...
mantap juga nie artikel nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,
Waduh, bahasanya terlalu tinggi buat saya yang awam. Hmm,, mungkin basic pendidikanku yang tidak sesuai dengan tulisan ini
Six Sigma is One of the best marketing strategy
proses yg sulit..
pemasaran aneh..
saya sependapat dgn Uraian sigma nya gan...
thanx info nya ea gan,....
baik sekali analisinya..
mkasih gan udah bagi-bagiin ilmunya
manfaat infonya
ea matapp gan.
ea mantepp ....
makasih mah infonya,bermanfaat bangt,,
thx infonya gan..
useful bgt artikelnya :)
Thank's Infonya......
mantap deh postingannya
.
.
.
.
.
.
Wonderful web site. Plenty of helpful information here. I am sending it to a
few friends ans also sharing in delicious
thank you for your kind word! I hope to see you more here
oke juga nie sangat baguus dan sanagt menarik nie
Gan posting tentang apaan se, aq ndak ngerti........... hehehehe
Gan posting tentang apaan se, aq ndak ngerti........... hehehehe
thank's udah share!
makasih infonya sob :D
oke juga nie info nya sangat bagus dan sangat menariik nie gan,,,,
like
kerennnnnnnnnnnn
kerennn gan :)
kereeeeeeeeeennn
kerennnn
like
makasih banyak info nya gan,,,,,,,
makasih infonya sob!
sukses selalu :D
mantap tulisannya...
tahnk u ya...
oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie ,,,,,
oke juga nie info nya gan,,,,,,,,
sip gan
thnx info
bagus postingannya
makasih gan
sukses yaa..........
untuk para pedagang berarti yaa??
info yang bagus nie gan,,,,,
hemmm pas banget untuk saya yang seornag marketing..
untuk untuk proses yg lain juga..
kerenn tuh artikelnya, setuju bgt bos...
sukses slalu
thank tambahan ilmunya.
salam dari banten.......
setuju dan nice artikel....di tunggu terus postingan2 yang lain pak..salut
ilmu nya wajib di copy hehehe
kreatif juga gan semoga tetap semangat dan sukses dengan artikelnya.
ya saya setuju banget sama postingan ente keren dech...
pastingan ente sangat bagus gan saya juga setuju..
makasih...
bagus banget postingannya..
makasih infonya.,..
makasih atas senua infonya,,,,
sukses sllu,,,
nice info gan...
wah bagus tuh marketingnya, kunjungi juga ya blog saya ini.. he
makasi banyak buat info nya keren abis, good luck. salam kenal ja.
makasi banyak buat info nya keren abis, good luck. salam kenal ja.
Ini ilmu yg tinggi sob ,,,
mantepp deh gan... makasih
makasih gan untuk tipsnya . .
mantepp gan postingantnya...
setuju....nice post ;)
informasi menarik nih gan !
nice info..
mantab nh triknya
wah sama atuh saya juga baru muncul lagi di blog
wah, hebat mas...ikut nyimak
nice sharing...
postingannya menarik mas.. ma'nyos lah ..
Artikel yg bagus mas ..
artikel yg menarik mas ..
terimakasoh atas semua informasinya,,,,,,,
salam kenal,,
tetep aja bos kalo ga ada mental marketing susah di bisnis pemasaran
ilmu yang sangat bermanfaat,,,
postingnya bermanfaat sekali...
sukses selalu yah.
terimakasihh buat informasinya ..
siptt mantapp!!1
artikel yang keren
makasih gan sudah berbagi
nemu ilmu baru nih,, thnks udah di kasih tau.salam
terimakasih atas semua informasinya,,,
manfaat sangat dah,,,,
stuju gan kereeeen bgt postingannya ,,,,
izin menyimak gan..
makasih gan
artikel yang bermanfaat,thanks infonya,salam
salam kenal gan, sukses selalu
saya setuju banget gan sama postingan ente...
nice post gan....ane tunggu updatenya gi blog aga..thank's
Waaah Berguna Sekali Ini Artikel Untuk Para Marketing.
Semoga Bisa Menambah Wawasan
wah kayaknya bisa d buat skripsi hehe
numpang promo gan .. :D
slm knl z gan...
saya baru tau gan,,, makasih atas infonya gan,,,
dengan membaca artikel six sigma untuk proses pemasaran berarti menambah pengetahuna bagi saya, terimakasih
keren gan artikalnya,semoga sukses selalu amienn.
bagus gan postingannya..
ane juga setuju gan..
makasih
nice info...
makasih infonya gan...
y neh gan saya juga setujju...
manteb gan
bravo gan
ya neh saya juga setuju...
nce info...
ini baru postingan yg berbobot gan
ilmu marketing semakin berkembang, kalo tidak mengikuti ketinggalan jauh ane...
makasih masbray :)
ilmu marketing emang harus sabar ya mas..
salam sukses.
:D
ketekunan juga salah satu modal penting dalam pemasaran mas...
nice infoo gan...
ane juga setuju gan...
kereeennnn
sangat bermanfaat sekali infonya,,,
saking bermanfaatnya, komennya ampe ribuan..
keren gan..
wah ternyata sama seperti saya yang cukup lama off dari dunia blogger, he²..mempelajari ilmu marketing memang membutuhkan kesabaran untuk sebuah kesuksesan.
Blog Comment Service
info nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,
It’s usually hard to make a complicated matter seem very easy.
nice info gan...
info yang berguna gan... thx
sangat menarik untuk dipelajari
Good blog! I genuinely love how it is easy on my eyes as well as the details are well written. I am wondering how I can be notified whenever a new post has been made. I have subscribed to your rss feed which must do the trick! Have a nice day!
post ok gan menarik sekali pas ane baca...ok sukses selalu
ya deh ,, gue dukung 100%
nice sharing....
thank for your shareing :)
gan ,,, izinn baca2 postinganya yah ..:)
semoga tambah suxses gan :)
sebagai blogger kita emank harus bs jg ilmu pemasaran... thank n skss
infonya mantep gan .. terimakasihhh :)
dulu kuliah belajar ini ni....sekarang..jadi kuburan band...lupa lupa ingat
http://hendruazzam.blogspot.com/
thanks for shred,,,
mantaff fokoknya....
kembali berknjung gan ...
salam ...
thanx for shering it..